Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Build Chongyun Burst DPS/Support Genshin Impact, Artefak dan Senjata Terbaik

Rekomendasi Artefak dan Senjata Terbaik Chongyun - Chongyun merupakan karakter Genshin Impact dengan rarity B4 yang memiliki skill cukup menarik untuk dimainkan. Chongyun adalah karakter dengan elemen Cyro yang bagus dikombinasikan denga karkater Pyro. Memang damage yang dihasilkan dari karakter Chongyun ini terbilang kecil dari Basi ATK nya, Namun damage dari Elemental Burst milinya tebilang besar.

Untuk memaksimalkan potensi dari Chongyun ini, kita sebagai players Genshin Impact tentu ingin tahu senjata dan artefak terbaik untuk Chongyun gunakan. Dengan menggunakan senjata dan artefak pilihan bagus, maka karakter yang kalian gunakan akan semakin kuat. Tapi sebaliknya, apabila kalian gunakan artefak dan senjata yang asal-asalan, maka karakter kalian akan terlihat lemah dan potensi dari karakter yang kalian gunakan akan sia-sia.

Ada banyak pemain Genshin Impact yang menggunakan Chongyun sebagai support atau Burst DPS untuk memaksimalkan potensi dari Chongyun ini. Nah, maka dari itu, di artikel kali ini kami akan share rekomendasi build artefak dan senjata terbaik untuk Chongyun Genshin Impact, kira-kira seperti apa? Simak selengkapnya diartikel ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Chongyun Genshin Impact

Build Chongyun Genshin Impact

Chongyun merupakan karakter B4 dengan senjata Claymore, ia bisa digunakan sebagai karakter Sub DPS atau hanya sebagai karakter yang mampu memberikan Cryo Infusion kepada karakter lain melalui Elemental Skill. Damage besar yang dihasilkan dari Chongyun ini terdapat pada Elemental Burst nya. Chongyun mampu membuat reaksi Melt yang baik jika digunakan dengan benar.

Sebenarnya karakter B4 satu ini bisa juga dijadikan sebagai Main DPS, namun hal itu sangatlah jarang ditemukan. Hal tersebut karena Chongyun memiliki damage Normal ATK yang terbilang rendang dibanding dengan karakter claymore lainnya di Genshin Impact.

Selain Normal ATK yang kecil, dengan Cryo Infusionnya yang statis, ia akan kesulita jika melawan musuh yang selalu berpindah tempat. Meskipun karakter Cryo, tim Freeze tidak dapat ia kases, hal tersebut karena pukulannya akan selalu memecahkan musuh yang beku, atau membatalkan seluruh kekuatan dari tim Freeze pada umumnya.

Jadi jika kalian tetap ingin memainkan Chongyun sebagai main DPS, ada baiknya jika kalian memahami dulu apa saja kelemahan Chongyun dan cara bermain dengan tepat. Meskipun sebagai main DPS Chongsun kurang diminati, namun kemampuannya sebagai Sub DPS cukup bagus untuk digunakan.

Salah satu kondisi yang membuat Chongyun sangat berguna yaitu pada saat pemain menghadapi Abuss Herald Hydro. Dengan hadirnya Chongyun ini bisa memfasilitasi karakter sword dan polearm lain, untuk dapat memecahkan shield element air tersebut dengan cukup mudah karena dapat infusion cryo dari skill nya.

Baca juga: Build Diluc DPS Paling Sakit Seteyvat Genshin Impact

Skill Chongyun Gensin Impact

Elemental Skill – Spirit Blade: Chonghua’s Layered Frost

Chongyun akan menghantam tanah dan menciptakan sebuah lingkaran, memberikan damage Cryo kepada musuh. Karakter aktif bersenjata sword, polearm, atau claymore yang berada dalam lingkaran ini akan mendapatkan Cryo Infusion pada Normal dan Charged Attack mereka

Saat karakter tersebut meninggalkan lingkaran tersebut, maka Cryo Infusion yang didapatkan akan hilang setelah beberapa saat.

Elemental Burst – Spirit Blade: Cloud-Parting Star

Chongyun akan memanggil sejumlah pedang es besar, yang akan menghantam musuh yang berada di hadapannya, memberikan damage Cryo. Musuh berukuran kecil akan terlempar saat terkena serangan ini.

Talenta Pasif 1: Steady Breathing

Kecepatan Normal Attack dari karakter bersenjata sword, polearm, dan claymore yang berada di dalam lingkaran Elemental Skill-nya, akan bertambah sebesar 8%.

Talenta Pasif 2: Rimechaser Blade

Saat di akhir durasi Elemental Skill, akan tercipta sebuah pedang besar yang akan menghantam tanah, dan akan memberikan damage Cryo kepada musuh. Musuh yang terkena pedang ini, akan mengalami penurunan Cryo Resistance sebesar 10%.

Talenta Pasif 3: Protracted Prayers

Saat melakukan ekspedisi di Liyue, waktu yang dikonsumsi akan berkurang sebesar 25%.

Konstelasi Chongyn Genshin Impact

  1. C1: Serangan terakhir dari Normal Attack Chongyun, akan menghasilkan 3 gelombang Cryo yang akan menerjang ke depan.
  2. C2: Cooldown dari Elemental Skill dan Elemental Burst yang diaktifkan di dalam lingkaran Elemental Skill-nya, akan dikurangi sebesar 15%.
  3. C3: Elemental Burst bertambah 3 level.
  4. C4: Chongyun akan mendapatkan 1 energi untuk dirinya, setiap kali ia menyerang musuh yang terkena status Cryo terlebuh dahulu.
  5. C5: Elemental Skill bertambah 3 level.
  6. C6: Saat 3 pedang dari Elemental Burst berhasil terhujuam ke tanah, maka Chongyun akan memanggil sebuah pedang lagi untuk dihujamkan, memberikan Cryo damage. Selain itu, Elemental Burst Chongyun akan memberikan damage yang lebih besar, saat HP Chongyun berada di atas musuh HP yang sedang dilawan.

Nah setelah kalian bisa memahami skill dan kemampuan dari karakter Chongyun ini, sekarang waktunya untuk memilih senjata dan artefak terbaik untuk Chongyun sebagai Support/Burst DPS yang baik. Simak selengkapnya dibawah ini.

Rekomendasi Senjata Terbaik Chongyun Genshin Impact

Ada beberapa senjata claymore terbaik yang bisa kalian gunakan untuk Chongyun, bisa menggunakan dengan senjata B5 jika kalian punya, atau juga dengan senjata B4 dengan pilihan yang tepat. Berikut ini deretan senjata terbaik untuk Chongyun Genshin Impact:

Build Chongyun Genshin Impact

1. Wolf's Gravestone

Rarity B5, Substat ATK, Pasif: Meningkatkan 20% ATK. Saat berhasil mengenai musuh dengan HP kurang dari 30%, meningkatkan 40% ATK seluruh anggota party selama 12 detik. Dapat terpicu setiap 30 detik.

Senjata ini bisa kalian dapatkan melalui Gacha di banner event senjata ataupun di standar banner.

2. Skyward Pride

Rarity B5, Substat Energy Recharge, Pasif: Meningkatkan 8% DMG. Setelah menggunakan Elemental Burst: Normal atau Charged Attack yang mengenai musuh akan menciptakan tebasan vakum yang mengakibatkan DMG sebesar 80% ATK kepada musuh di jalurnya. Bertahan selama 20 detik, atau 8 tebasan vakum.

Senjata ini bisa didapat dari permohonan event Senjata atau melalui Standar banner.

3. Serpent Spine

Rarity B4, Substat Crit Rate, Pasif: Saat karakter bertarung, setiap 4 detik meningkatkan 6% DMG yang diakibatkan dan 3% DMG yang diterima. Efek ini dapat ditumpuk maksimum 5 lapis, dan akan berkurang 1 lapis saat menerima DMG. Efek tidak akan hilang saat karakter bertarung digantikan.

Untuk mendapatkan senjata B4 satu ini, kalian perlu membeli Battle Pass di Genshin Impact.

4. Luxurious Sea-Lord (R5)

Rarity B4, Substat ATK, Pasif: Meningkatkan 12% DMG Elemental Burst. Saat Elemental Burst mengenai musuh, ada 100% kemungkinan memanggil ikan-ikan tuna untuk menyerang musuh dan mengakibatkan DMG Area sebesar 100% ATK. Efek ini dapat terpicu setiap 15 detik.

Didapat dari event.

5. Sacrificial Greatsword

Rarity B4, Energy Recharge, Pasif: Setelah Elemental Skill mengakibatkan DMG, terdapat 40% persentase CD Skill langsung selesai. Dapat terpicu setiap 30 detik.

Bisa didapat dari semua banner event di Genshin Impact.

6. Favonius Greatsword

Rarity B4, Energy Recharger, Pasif: Serangan CRIT memiliki 60% persentase untuk memunculkan sejumlah kecil Elemental Particle yang bisa memulihkan energy karakter sebanyak 6 pt. Dapat terpicu setiap 12 detik.

Bisa didapat dari semua banner event di Genshin Impact.

Hindari penggunaan senjata yang memiliki substat seperti DEF%, HP% atau Physical DM Bonus. Contohnya seperti Snow-Tombed Starsilver yang tidak bagus digunakan oleh Chongyun, meskipun dari sisi estetika jika digunakan oleh Chongyun cukup pas.

Rekomendasi Artefak Terbaik Chongyn Genshin Impact

1. 4 Pc Noblesse Oblige

Sebagai karakter Sub DPS, Chongyn adalah karakter yang tepat untuk menggunakan artefak 4 set Noblesse Oblige. Dengan skill burst yang memiliki cooldown yang rendah, sehingga mampu menghasilkan efek dari Artefak tersebut dengan mudah dan konsisten.

2. 4 Pc Emblem of Severed Fate

Adapaun pilihan lain jika didalam party kalian sudah ada yang menggunakan 4 set Noblesse Oblige, yaitu menggunakan Emblem of Severed Fate. Empat set Emblem of Savered Fate dapat meningkatkan damage personal dari Chongyun.

Selain artefak yang direkomendasikan diatas, kalian juga bisa menggunakan artefak alternatif lainnya yang bisa digunakan yaitu, 2 Blizzard Strayer + 2 Gladiator Finale atau 2 Noblles Oblige + 2 Blizzard Staryer.

Main stat Artefak yang perlu kalian gunakan adalah HP%, ATK, ATK%/Elemental Mastery (Khusus Tim Melt), Cryo DMG%, Crit Rate/DMG%. Sedangkan untuk substat disetiap artefaknya prioritaskan untuk Crit Rate/DMG%, ATK%,Elemental Mastery (Melt party) dan Energy Recharger.

Rekomendasi Party Chongyun

1. Tim Melt

Chongyun mempunyai skill yang hanya bisa dimanfaatkan oleh karakter melee saja. Jika Chongyun dimainakn sebagai suport, kalian harus menggunakan karakter melee untuk Main DPS kalian dalam party.

Main DPS paling cocok untuk Chongyun yaitu karakter Pyro seperti Diluc atau Hu Tao. Karena serangan Pyro akan sangat sinergi dengan elemental Skill yang dimiliki Chongyun sehingga menghasilkan Cryo DMG. Jadi kalian bisa gunakan serangan Pyro dan Cryo secara bergantian untuk menghasilkan reaksi Melt. Untuk Supportnya kalian bisa membawa Xingqiu untuk menghasilkan reaksi Frozen sekaligus heal yang mumpuni.

Namun, jika kalian belum mempunyai karakter B5 Pyro seperti Diluc atau Hu Tao, kalian bisa menggunakan Xiangling dan juga Bennet didalam Party kalian.

2. Tim Freeze

Untuk tim freeze yang beranggotakan Chongyun biasanya berisikan karakter yang bisa memanfaatkan Cryo Infusion nya. Kalian bisa membawa karakter Kaeya atau Rosaria yang sudah dibuild sebagai main DPS. Dan untuk support kalian bisa membawa Xingqiu sebagai hydro applier dan juga Diona sebagai karakter healer.

3. National Tim

Komposisi line up terbaik lainnya dari Chongyun yaitu dengan National Tim yang berisikan 3 karakter liyue Chongyun, Xiangling, Xingqiu dan ditambah Bennet sebagai buffer dan juga healer. Tim ini sudah menjadi sorotan banyak players genshin karena performanya yang dihasilkan cukup mampu untuk menyamai komposisi karakter B5.

Baca juga: Rekomendasi Senjata dan Artefak Terbaik Kamisato Ayato

Tips Chongyun Genshin Impact

  1. Jangan pasangkan Chongyun dengan karakter yang menghandalkan damage Physical dalam satu Party, contohnya seperti Eula dan Razor. Selain karakter Physical, Keqing juga sebaiknya tidak dipasangkan denga Chongyun, Hal tersebut karena Electro Infusion akan tertimpa oleh Cryo Infusion milik Chonyun saat didalam burst areanya.
  2. Pada saat melawan Abyss Herald, kuhsusnya pada saat memecahkan shield Hydro nya, kalian kombinasikan dengan karakter yang memiliki ATK Speed yang cepat, seperti Xiangling contohnya.

Penutup

Itulah build terbaik Chongyun Genshin Impact sebagai support DPS yang bisa kalian coba. Dengan pemilihan artefak dan senjata serta memahami skill yang dimiliki chongyun maka kita bisa memanfaatkan potensi dari karakter Chongyun tersebut.

Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang build Chongyun Genshin Impact. Nantikan informasi seputar Genshin Impact lainnya di blog ini.