Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Cara Ganti Nomor M-Banking BCA Lama dengan Yang Baru, Mudah Banget!

Cara Ganti Nomor M-Banking BCA - M-Banking BCA adalah sebuah layanan yang dimiliki oleh PT. Bank Central Asia Tbk atau BCA yang diperuntukan bagi para nasabahnya. Layanan tersebut memudahkan bagi nasabah untuk melakukan aktivitas transaksi finansial ataupun non-finasial melalui smartphone mereka. Untuk dapat menggunakan layanan m-banking BCA ini, para nasabah BCA harus mendaftarkan nomor hp nya terlebih dahulu sebelum bisa meniknamti layanan transaksi didalamnya.

{tocify} $title={Table of Contents}

Cara Ganti Nomor M-Banking BCA

Cara Ganti Nomor m Banking BCA

Namun, adakalanya sebagai nasabah mengalami hal atau kejadian yang menyebabkan nasabah ingin mengganti nomor hp di m-banking, hal tersebut biasanya disebabkan karena kehilangan akses pada nomor hp yang digunakan untuk m-banking BCA, seperti hilang atau nomor hp sudah tidak aktif lagi atau juga terblokir.

Hilangnya akses kita terhadap nomor HP yang kita miliki mengakibatkan kita tidak bisa lagi menggunakan layanan m-banking BCA kembali.

Untuk dapat mengatasi hal diatas, kalian hanya perlu melakukan pergantian nomor dengan yang baru yang belum pernah didaftarkan ke m-banking BCA. Cara ganti nomor m-banking BCA sangatlah mudah, kalian hanya perlu menghubungi call center BCA atau bisa datang langsung ke kantor cabang bank BCA diwilayah kalian.

Baca juga: Cara Memindahkan m-Banking BCA ke HP Lain dengan Mudah

Untuk langkah-langkahnya kalian bisa simak pada artikel ini sampai habis.

Langkah-langkah Mengganti Nomor M-Banking BCA

Berikut ini hal yang perlu kalian lakukan untuk dapat mengganti nomor hp yang terdaftar m-Banking BCA dengan nomor hp yang baru.

1. Cara Menghapus Nomor M-Banking BCA di Call Center Halo BCA

Cara Ganti Nomor m Banking BCA

Sebagai informasi, bahwa kalian tidak bisa mengganti nomor HP yang terdaftar di BCA Mobile secara langsung, kalian perlu menghubungi call center BCA terlebih dahulu untuk penghapusan nomor yang lama. Dengan kalian menghubungi call center, petugas hanya akan membantu menghapus nomor hp yang sudah terdaftar di m-banking saja.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini:

  • Siap buku rekening tabungan BCA, kartu ATM dan KTP untuk proses verifikasi
  • Lalu hubungi nomor call center BCA di nomor 1500 888 untuk dilakukan pengubahan nomor hp.
  • Kalian akan langsung terhubung dengan customer service atau kalian berada di daftar antrian. Apabila klaian berada di daftar antrian, usahakan telepon tetap nyala sampai nanti terhubung sendiri.
  • Jika panggilan sudah terhubung, kalian tinggal sampaikan permasalahan pada petugas call center BCA.
  • Customer Service akan menanyakan beberapa pertanyaan kepada kalian untuk verifikasi data.
  • Jika datayang kalian sampaikan dianggap benar dan sesuai, petugas call center BCA akan membantu untuk penghapusan nomor di m-banking BCA kalian.

2. Cara Mengganti Nomor m-Banking BCA Lewat Mesin ATM

Cara Ganti Nomor m Banking BCA

Apabila nomor HP kalian sudah terhapus di m-banking kalian, kalian dapat mengunjungi mesin ATM terdekat untuk mendaftarkan nomor HP yang baru. Adapun cara ganti nomor m-banking BCA lewat mesin ATM sebagai berikut:

  • Kunjungi Mesin ATM BCA yang ada diwilayah kalian
  • Masukkan kartu ATM BCA ke mesin ATM
  • Masukkan Pssword ATM BCA, dan Pilih Bahasa Indonesia
  • Pilih Daftar e-banking/Autodebet
  • Pilih menu Mobile Banking, pilih menu Lanjutkan atau YA
  • Setelah itu masukkan nomor HP baru yang ingin didaftarkan, jika sudah benar, pilih menu Benar
  • Masukkan PIN yang terdiri 6 digit angka
  • Lalu Verifikasi Ulang dengan memasukan kembali PIN kalian dan klik Benar.
  • Selesai, proses penggantian nomor HP m-banking lama dengan yang baru telah kalian selesaikan, dan struk akan keluar dari Mesin ATM.

3. Aktivasi M-Banking BCA

Setelah kalian selesai melakukan perubahan pada nomor hp di m-banking BCA, kalian akan diminta untuk melakukan aktivasi ulang untuk dapat menggunakan aplikasi BCA Mobile, berikut ini cara aktivasi ulang m-banking BCA setelah mengganti nomor hp:

Cara Ganti Nomor m Banking BCA

  • Buka BCA Mobile di HP kalian
  • Pilih menu "m-BCA" di apliaksi BCA Mobile
  • Lalu pilih menu "m-Admin" pilih "OK"
  • Kemudian pilih "Aktivasi"dan tekan "OK"
  • Setelah itu kalian akan melihat syarat dan ketentuan dari m-BCA pada layar HP kalian, jika sudah klik "Accept" pada bagian bawah.
  • Langkah terakhir, kalian harus memasukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA yang nantinya digunakan untuk registrasi m-BCA, Klik OK
  • Masukkan PIN m-BCA dan pengguna akan menerima pesan di layar HP "Selamat datang di Layanan m-BCA".
  • Setelah itu kalian akan menerima sebuah SMS verifikasi dari BCA, selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan kode akses yang terdiri dari 6 karakter kombinasi dan angka.

Sampai disini kalian sudah berhasil mengganti nomor HP M-Banking BCA kalian dan sudah dapat digunakan untuk aktivitas non-finasial di BCA Mobile pada HP kalian. Aktivitas non-finasial ini hanya sebatas cek saldo, cek mutasi dan aktivitas non-finasial lainnya, Jadi kalian tidak bisa pakai m-banking kalian untuk transfer ke sesama BCA atau antar bank lain.

Nah, untuk dapat membuka semua fitur tersebut di BCA Mobile, kalian harus melakukan langkah terkahir agar bisa melakukan aktivitas finansial di BCA Mobile kalian.

4. Cara Aktivasi Layanan Fnansial mBCA tanpa ke Bank

Untuk dapat melakukan aktivitas finasial di m-banking BCA setelah mengganti nomor HP, kalian perlu menghubungi CS Hallo BCA. Dengan begitu kalian bisa melakukan transfer ke sesama BCA, Antar bank, top up, bayar tagihan dan lainnya.

Caranya dengan menghubungi kembali CS Hallo BCA di nomor 1500888. Lalu sampaikan kepada CS bahwa kalian ingin mengaktifkan kembali transaksi finansial M-Banking BCA setelah ganti nomor hp m-banking.

Setelah itu, pihak BCA kana menginformasikan bahwa kalian perlu mengirim beberapa berkas melalui email. Silahkan kalian ikuti petunjuk dari CS tersebut.

Biasanya untuk proses aktivasi fitur finansial ini membutuhkan waktu hingga 3 hari kerja. Nantinya kalian akan mendapatkan notifikasi langsung melalui M-Banking BCA setelah aktivasi kalian berhasil dilakukan.

Sekarang kalian sudah bisa menggunakan m-banking BCA kembali untuk aktivitas finasial ataupun non-finansial seperti biasa.

Dengan langkah-langkah diatas kalian tidak perlu datang ke kantor cabang bank BCA untuk mengantri.

Namun, apabila anda merasa kurang yakin atau lebih baik minta CS bank langsung, kalian bisa langsung datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan pergantian nomor hp m-banking. Untuk prosesdurnya kalian bisa lihat dibawah ini.

Cara Ganti Nomor M-Banking BCA di Kantor Cabang Bank BCA

Cara Ganti Nomor m Banking BCA

Cara kedua yang bisa kalian lakukan untuk mengganti nomor hp m-banking BCA kalian adalah dengan langsung datang ke kantor cabang Bank BCA. Kalian dapat menyampaikan secara langsung maksud dan tujuan kepada pegawai bank BCA.

Selain itu, proses aktivasinya juga bisa langsung dilakukan hari itu juga tanpa perlu menunggu 3 hari kerja seperti cara pertama tadi.

Untuk mengganti nomor hp, nanti pihak bank akan membantu kalian untuk dapat mengganti nomor m-banking BCA dengan mudah. Yang perlu kalian siapkan hanyalah beberapa dokumen seperti Buku Tabungan Rekening BCA, Identitas diri (KTP) dan nomor HP yang baru.

Baca juga: Cara Bayar Wifi Indihome lewat m-Banking BCA dengan Mudah

Dengan cara ini, kalian tidak perlu melakukannya di mesin ATM, apalagi yang masih belum paham caranya, dan membuang pulsa untuk menghubungi CS Hallo BCA, dan juga kalian tidak perlu menunggu 3 hari kerja untuk dapat menikmati fitur finansial di BCA Mobile, karena di hari itu juga pada saat mengganti nomor di CS Bank kalian sudah bisa menggunakan fitur finansial dan non-finansial.

Penutup

Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara ganti nomor m-banking BCA denga mudah. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua, apabila kalian memiliki kendapa dan pertanyaan silahkan hubungi call center Hallo BCA melalui telepon di nomor 1500888, atau bisa juga mengirim email ke halobca@bca.co.id.