Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Build Kuki Shinobu Genshin Impact, Artefak dan Senjata Terbaik

Build Kuki Shinobu Support/Healer - Salah satu geng Aratakai yang dapat diandalkan dan tidak ada duanya siapa lagi kalo bukan Kuki Shinobu. Karakter dengan rambut hijau nan imut ini hadir mengisi kekosongan dari Tim healer untuk element Electro. Kuki Shinobu hadir bersama kepala geng arataki yaitu Arataki Itto yang mana merupakan rerun pertamanya.

Setelah hampir dua tahun lamanya Genshin Impact akhirnya menghadirkan karaketr healer dengan element Electro. Ada banyak karakter dengan tipe healer yang ada di Genshin Impact, namun untuk element electro sendiri baru keisi pertama kalinya dengan hadirnya Kuki Shinobu ini. Jadi, bagi kalian yang merasa bosa dengan healer yang itu-itu saja, mungkin kalian perlu memasukkan Kuki Shinobu ke dalam party baru sebagai healer. Build nya bagaimana? Tenang! Dibawah ini akan kami jelaskan untuk build serta rekomendasi artefak dan senjata terbaik untuk Kuki Shinobu sebagai support healer yang bagus. Simak selengkapnya dibawah ini.

{tocify} $title={Table of Contents}

Kuki Shinobu Genshin Impact

Build Kuki Shinobu Genshin Impact

Kuki Shinobu adalah karakter baru dengan rarity B4 atau bintang empat dengan element Electro serta senjata yang digunakannya yaitu sword. Dia didesain sebagai support healer di dalam party, heal yang diberikannya bisa didapat dari Elemental Skill dan Burst damage dari Elemental Burst nya.

Sebagai karakter yang bertugas sebagai healer atau memulihkan karakter lain, ternyata Kuki Shinobu mempunyai gimmick untuk mengurangi HP-nya sendiri untuk bisa memulihkan karakter lain. Dan besarnya heal yang diberikannya berdasarkan max HP Kuki Shinobu sendiri.

Meskipun karakter satu ini cukup unik karena mengorbankan sedikit HP nya untuk memulihkan karakter lain, namun hal tersebut cukup berlawanann dibandingkan dengan karakter healer lain. Apalagi jika Kuki Shinobu benar-benar dibandingkan dengan karakter healer lain, Kuki Shinobu tidak memberikan manfaat lain selain damage dan heal saja.

Contoh saja jika dibandingkan dengan Diona yang memiliki shield dan partikel energinya, Kokomi denga aplikasi Hyrdo dan TTDS nya, Jean dan Sayu dengan efek 4 Viridescent Venerer, sampai bennet dengan buff ATK yang sangat tinggi. Bahkan Lisa dengan Prototype Amber mungkin masih memiliki manfaat yang lebih baik karena memiliki DEF Shared di Elemental Burst nya, serta hela yang langsung diberikan ke 1 party, ketimbang hanya diberikan untuk karakter aktif saja.

Nah, apakah Kuki Shinobu ini cukup buruk sebagai karakter healer? Ya tentu saja tidak, dia masih berperan bagus didalam party sebagai healer. Meskipun dengan skill seperti itu, tidak menutup kemungkinan karakter satu ini akan masuk di jajaran meta tertinggi kedepannya.

Kalian mungkin perlu ingat dengan kejadian Sangonomiya Kokomi pada waktu rilis pertama kali kan? Yang merupakan healer B5 namun jarang yang tertarik, tapi pada saat hadirnya musuh baru seperti Rifthound dimasukkan ke dalam game, atau artefak baru Ocean Hued Clam, membuat Sangonomiya Kokomi masuk dijajaran meta yang membuat para traveler menyesal tidak meng gacha Sangonomiya Kokomi. Hal yang dialami karakter ini mungkin bisa terjadi pada Kuki Shinobu di versi-versi mendatang. Maka dari itu, tidak ada salahnya kita build terlebih dahulu agar sewaktu-waktu dibutuhkan bisa langsung digunakan.

Baca juga: Rekomendasi Senjata dan Artefak Terbaik Chongyun

Skill Tanlenta Kuki Shinobu Genshin Impact

1. Normal Attack: Shinobu's Shadowsowrd

  • Normal Attack: Melancarkan hingga 4 serangan berturut-turut.
  • Charged Attack: Mengonsumsi sejumlah Stamina untuk melancarkan dua tebasan pedang.
  • Plunging Attack: Menerjang dari udara untuk menghantam tanah, mengakibatkan DMG pada musuh di jalur terjangan dan mengakibatkan DMG area saat mendarat.

2. Sanctifying Ring

Menciptakan Grass Ring of Sanctification dengan mengorbankan sebagian dari HP-nya, engakibatkan Electro DMG kepada musuh di sekitarnya.

Grass Ring of Sanctification: Mengikuti Karakter aktif. Mengakibatkan Electro DMG kepada musuh di sekitar setiap 1,5 detik dan memulihkan HP Karakter aktif di dalam Area efeknya berdasarkan Max HP Kuki Shinobu. HP yang terkonsumsi akibat penggunaan skill ini akan mengurangi HP Shinobu sampai batas 20% maksimum.

3. Gyoei Narukami Kariyama Rite

Menancapkan pedang pengusir roh jahat di tanah, dan membuat perisai yang membersihkan area yang kotor, mengakibatkan Electro DMG secara berkelanjutan kepada musuh di dalam Area efeknya berdasarkan Max HP Kuki Shinobu. Jika HP Shinobu kurang atau berada pada 50% saat skill ini digunakan, perisai akan bertahan lebih lama.

Passive Talents Kuki Shinobu

  • Protracted Prayers: Ketika dikirim untuk melakukan ekspedisi di Inazuma selama 20 jam, hadiah yang didapatkan akan bertambah 25%.
  • Breaking Free: Saat HP Shinobu tidak lebih dari 50%, maka bonus pemulihannya meningkat 15%.
  • Heart's Repose: Kemampuan Sanctifying Ring akan menguat berdasarkan Elemental Mastery milik Kuki Shinobu: Jumlah pemulihan akan meningkat sebesar 75% dari Elemental Mastery:, DMG yang diakibatkan akan meningkat sebesar 25% dari Elemental Mastery.

Constellations Kuki Shinobu

1. C1-To Cloister Compassion

Meningkatkan 50% area serangan Gyoei Narukami Kariyama Rite.

2. C2-To Forsake Fortune

Meningkatkan 3 detik durasi Grass Ring of Santification

3. C3-To Sequester Sorrow

Meningkatkan 3 level Sanctifying Ring. Maksimum: Lv. 15.

4. C4-To Sever Sealing

Saat Normal, Charged, atau Plunging Attack dari Karakter yang terpengaruh oleh Grass Ring of Sanctification milikShinobu memukul musuh, maka Thundergrass Mark akan muncul di posisi musuh dan mengakibatkan Electro DMG Area berdasarkan 9,7% Max HP Shinobu. Efek ini dapat terpicu setiap 5 detik.

5. C5-To Cease Courtesies

Meningkatkan 3 level Gyoei Narukami Kariyama Rite. Maksimum: Lv. 15.

6. C6-To Ward Weakness

Saat Kuki Shinobu menerima DMG mematikan, DMG tersebut tidak akan membuatnya gugur. Efek ini terpicu secara otomatis saat HP-nya mencapai 1 dan dapat terpicu setiap 60 detik. Saat HP Shinobu turun sampai di bawah 25%, Shinobu akan mendapatkan 150 Elemental Mastery selama 15 detik. Efek ini terpicu setiap 60 detik.

Rekomendasi Senjata Terbaik Kuki Shinobu

Senjata Terbaik Kuki Shinobu Genshin Impact

1. Favonius Sword (B4)

  • Subs Stat: Energy Recharge
  • Special Ability: Serangan CRIT memiliki 60% persentase untuk memunculkan sejumlah kecil Elemental Particle yang bisa memulihkan energy karakter sebanyak 6 pt. Dapat terpicu setiap 12 detik.

2. Iron Sting (B4)

  • Sub stat: Elemental Matery
  • Special Ability: Mengakibatkan Elemental DMG akan meningkatkan 6% DMG selama 6 detik. Maksimum 2 lapis. Dapat terpicu setiap 1 detik.

3. Freedom Sworn (B5)

  • Sub stat: Elemental Mastery
  • Special Ability: Bagian dari "Millennial Movement" yang mengembara di tengah angin. Meningkatkan DMG sebesar 10%, dan saat Karakter yang menggunakan senjata ini memicu Reaksi Elemental, Karakter akan mendapatkan Sigil of Rebellion. Efek ini dapat terpicu setiap 0,5 detik dan bisa terpicu walaupun Karakter tersebut tidak berada di lapangan. Saat kamu mempunyai 2 Sigil of Rebellion, semuanya akan terkonsumsi dan semua anggota party di sekitar akan mendapatkan efek "Millennial Movement: Song of Resistance" selama 12 detik. "Millennial Movement: Song of Resistance" meningkatkan 16% DMG Normal, Charged dan Plunging Attack, serta meningkatkan 20% ATK. Ketika efek ini sudah terpicu, kamu tidak akan mendapatkan Sigils of Rebellion lagi selama 20 detik. Dari sekian banyak efek "Millennial Movement", efek dengan jenis yang sama tidak bisa ditumpuk.

4. Skyward Blade (B5)

  • Sub stat: Energy Recharge
  • Special Ability: CRIT Rate meningkat sebesar 4%. Saat menggunakan Elemental Burst akan mendapatkan Skypiercing Might dengan efek: Meningkatkan 10% Movement SPD, dan 10% ATK SPD. Lalu saat Normal dan Charged Attack mengenai target, akan mendapatkan tambahan DMG sebesar 20% ATK. Skypiercing Might bertahan selama 12 detik.

5. Primodial Jade Cutter (B5)

  • Sub stat: Crit Rate
  • Special Ability: Meningkatkan 20% Max HP, dan memberikan Bonus ATK sebesar 1,2% dari Max HP pengguna.

Salah satu pilihan senjata terbaik Kuki Shinobu adalah Favonius Sword. Senjata ini akan memberikan utility tambahan bagi Kuki Shinobu, dengan memberikan sejumlah partikel energi untuk 1 party. Kalian juga perlu perhatikan untuk Crit Rate agar pasif senjata ini dapat aktif secara konsisten.

Selain senjata Favonius Sword, kalian juga bisa menggunakan Iron Sting yang bisa dibuat melalui Crafting. Efek pasif dari senjata ini hanya sedikit membantu damage yang dimiliki oleh Shinobu, yaitu tambahan substat dari Elemental Mastery nya.

Adapun senjata Elemental Mastery lainnya yang bisa kalian gunakan yaitu Freedom Sworn, yang bisa memberikan buff ATK untuk 1 party. Bisa juga menggunakan Skyward Blade jika kalian membutuhkan Energy Recharge dan substat nya, dan primodial Jade Cutter yang bisa memberikan tambahan stat HP dari efek pasifnya (meskipun PJC ini akan lebih baik jika diberikan ke karakter DPS Sword lainnya).

Rekomendasi Artefak Terbaik Kuki Shinobu

Artefak Terbaik Kuki Shinobu Genshin Impact

Artefak terbaik yang bisa digunakan Kuki Shinobu adalah 4 set Tenaciy of the Millelith. Artefak ini sangat cocok digunakannya karena akan memberikan tambaha HP serta memberikan buff ATK dan kekuatan Shield dalam satu party, Terlebih jika kuki shinobu sudah membuka konstelasi 2 atau C2 akan memiliki uptime hampir 100% untuk Elemental Skill nya.

Apabila kalian ingin healing lebih kuat, kalian bisa menggunakan set artefak dari Ocean Hued Clam. Efek kedua dari set ini cocok untuk Kuki Shinobu yang tidak ingin berlama-lama berada di area permainan.

Selain itu kalian juga bisa menggunakan 4 set Nobesse Oblige apabila dalam satu party kalian belum ada yang menggunakan set artefak ini. Atau juga bisa dengan 4 Instructor yang dapat memberikan buff Elemental Mastery untuk 1 party. Kuki Shinobu dapat memicu buff tersebut melalui aplikasi Electro off-field miliknya dengan mudah dari elemental skill nya pada saat digunakan dan berganti karakter.

Adapun alternatif lain yang bisa kalian gunakan yaitu dengan mengkombinasikan artefak 2 set Tenacity of the Millelith, 2 set Ocean Hued Clam/Maidens Beloved, 2 Emblem of Severed Fate ataupun 2 Wanderer Troupe.

Namun, lebih direkomendasikan untuk menggunakan artefak Tenacity of the Milelith, selain bisa menambah scaling HP, artefak ini juga bisa memberikan buff ATK didalam satu party.

Adapun main stat artefak yang perlu kalian cari yaitu:

  • Sans: HP% / Elemental Mastery
  • Goblet: HP% / Elemental Mastery
  • Circlet: Healing Bonus% / HP% / Crit Rate% (Jika menggunakan Favonius Sword)

Prioritas Sub Stat: Crit Rate (Khusus Favonius Sword) > HP% > Elemental Mastery > ER% > Flat HP

Energy Recharge yang direkomendasikan: 160-180%

Baca juga: Build Gorou Genshin Impact, Senjata dan Artefak Terbaik

Rekomendasi Tim Kuki Shinobu

Sebagai karakter healer, Kuki Shinobu dapat ditempatkan di berbagai tim yang ada, namun alangkah baiknya jika Kuki Shinobu ini tidak ditempatkan pada tim Freeze, hal ini bisa merusak elemental dari tim tersebut. Kalian bisa memasukkan Kuki Shinobu di dalam party Superconduct atau Electro Charger.

1. Tim Superconduct

Tim ini sangat cocok bagi kalian yang memiliki Eula dna Raiden Shogun. Eula sebagai main DPS, Raiden Shogun sebagai SubDPS, Kuki Shinobu sebagai healer serta party keempat kalian bisa menambah Diona/Bennet/Rosaria/Zongli sebagai tamhahan supportnya. Namun jika kalian tidak memiliki Eula dan Raiden Shogun, kalian bisa mengkombinasikan dengan Rosaria sebagai main DPS dan digabungkan dengan Fischl sebagai sub DPS.

2. Tim Elector Charged

Untuk tim electro Charged sendiri kalian bisa memasukkan Kuki Shinobu sebagai support didalam party Ayato/Tartaglia sebagai main DPS, Raiden Shogun atau Fischl sbeagai Electro Sub DPS, dan Xingqiu atau Anemo CC seperti Sucrose sebagai tambahan support. Kalian juga bisa mengkombinasikan dengan karakter di party yang kalian punya.

Tips Kuki Shinobu Genshin Impact

Untuk dapat memaksimalkan potensi kuki shinobu dalam permainan, berikut beberapa tips yang bisa kalian gunakan untuk Kuki Shinobu.

  • Jangan membawa Kuki Shinobu sebagai healer didalam party untuk melawan Rifthound. Kita tahu bahwa rifthound sendiri merupakan musuh yang mengharuskan pemain untuk membawa healer. Namun dikarenakan cara bermain Kuki Shinobu yang memaksanya untuk mengorbankan HP nya seidiri cukup rendah, maka disarankan untuk memakai healer lain. Bisa dipastikan kuki shinobu mungkin akan menjadi karakter yang pertama kali mati di dalam tim.
  • Partikel Energi yang dihasilkan Kuki Shinobu tidaklah konsisen. Peluang untuk menghasilkan energi yakni sebesar 50%. Hal tersebut menjadikan dia sebagai karakter baterai yang buruk didalam tim, khususnya jika dipasangkan dengan karakter Electro lain yang membutuhkan energi yang tinggi seperti Yae Miko atau Beidou.
  • Perbedaan main stat HP dan Elemental Mastery di Kuki Shinobu yaitu untuk stat HP akan memaksimalkan healing yang dimiliki Kuki Shinobu. Sedangkan untuk artefak dengan main stat Elemental Mastery akan meningkatkan damage dari elemental reaksi seperti Overload dan Electro Charged. Namun main stat Elemental Mastery masih memiliki keefektifan healing sekitar 75% berkat talenta pasifnya, jika dibandingkan dengan artefak main stat HP%.

Penutup

Nah itulah build Kuki Shinobu Genshin Impact yang bisa kalian terapkan. Dengan menentukan senjata serta artefak yang baik, karakter yang biasa saja pasti akan ada gunanya juga.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu kalian untuk dapat mengoptimalkan Kuki Shinobu di dalam permainan Genshin Impact. Jangan lupa share build kuki shinobu ini ke teman-teman kalian juga ya, dan nantikan informasi menarik lainnya di blog ini.