Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Cara Jualan di TikTok Shop Agar Banjir Orderan

Tips Berjualan di TikTok - Berkat perkembangan teknologi kini sosial media sudah menjadi sarana yang paling ampuh untuk memasarkan bisnis dengan cepat. Media sosial yang saat ini digunakan untuk bisnis usaha online bukan hanya Facebook dan Instagram saja, namun juga tak sedikit yang memanfaatkan aplikasi hiburan yang berisikan video pendek TikTok.

Tak heran jika dengan kepopuleran aplikasi TikTok kini sudah menjadi sarana bagi para pengusaha online untuk menjajahkan atau mempromosikan produknya di TikTok ini. Dengan kita mengunggah berabagi konten video pendek yang bisa menjadi promosi pada produk yang kita punya, maka bisnis dan produk yang kita miliki akan viral dan mudah untuk mendapatkan target konsumen yang berujung dengan banjirnya orderan dari pengguna TikTok.

Cara Jualan di TikTok Shop

{tocify} $title={Table of Contents}

Tips Berjualan di TikTok agar Banjir Orderan

Nah, bagi kalian yang mempunyai usaha atau bisnis online dan ingin mencoba TikTok untuk memasarkan produk yang kalian jual, berikut ini kami sudah merangkum beberapa tips promosi produk di TikTok agar banjir orderan dari pengguna TikTok. Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga: Cara membuat TikTok Shop untuk Berjualan Online

1. Jadikan TikTok sebagai Akun Bisnis

Agar akun TikTok kalian terlihat lebih prefesional, kalian perlu dan wajib untuk menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Berikut beberapa langkah untuk membuat akun TikTok Bisnis:

  • Buka aplikasi TikTok lalu daftar akun menggunakan data bisnis, seperti email, nama akun yang sesuai dengan nama toko kalian
  • Alihkan ke akun bisnis dengan cara, klik Saya
  • Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  • Klik Alihkan ke akun Bisnis
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
  • Edit Profil mulai dari memasang foto akun yang menarik dan isi bio dengan keterangan dari bisnis kalian secara lengkap
  • Lalu tambahkan juga link jualan anda di E-commerce

2. Pahami Cara Kerja Aplikasi TikTok

TikTok menjadi salah satu platform yang memiliki fokus pada sharing konten video dan setiap video memiliki durasi 15 detik sampai 3 menitan. Kalian bisa membuat video produk, lalu gunakan latar musik yang sedang hype atau bisa menarik pengguna lain, yang nantinya pengguna TikTok lain dapat memberikan komentar, like, sampai membagikan video tersebut ke platform media sosial lainnya.

3. Buat Konten yang Lagi Tren dan Menarik

Untuk meningkatkan jumlah penonton TikTok agar bisa melihat video produk kita, maka buatlah video tema yang menarik dan juga yang sedang tren pada saat ini. Hal ini sangat penting agar dapat menarik pengunjung untuk melihat video yang ada di TikTok kita.

Kalian dapat membuat konten video TikTok secara bertahap, contohnya kalian bisa membuat konten pertama yang akan dibuat yaitu memperkenalkan bisnis kalian atau usaha kalian, lalu memperkenalkan berbagai produk yang dijual, sistem penjualan dan lain sebagainya. Agar konten promosi bisnis kalian dapat cepat viral, maka pilihlah lagu-lagu yang lagi hits, gunakan filter yang lagi tren di kalangan pengguna TikTok.

4. Buat Caption yang Menarik

Namanya juga ingin memperkenalkan produk usaha atau bisnis, tentunya kalian harus membuat caption yang jelas, bagus dan menarik dan tentunya dapat dipahami oleh penonton. Contohnya saja seperti memberitahukan nama produk, bahan produk terbuat dari apa, harga produk dan lain sebagainya. Memberikan caption sangat penting agar penonton tidak salah paham denga konten video TikTok yang kalian buat.

5. Tambahkan Hastag

Pada platform media sosial seperti Facebook dan Instagram penggunaan hastag sangatlah berpengaruh, di TikTok pun juga sama, sama pentingnya agar konten video bisnis kalian dapat dilihat banyak orang. Karena dengan adanya hastag tersebut membuat konten promosi bisinis atau barang jualan kalian di TikTok akan lebih cepat dikenal banyak orang.

Gunakanlah hastag yang sesuai dengan konten bisinis yang kalian buat. Contohnya jika konten yang diposting mengenai produk sepatu, maka gunakanlah hastag seperti #sepatuadidas #bisnissepatu #sepatusportmurah dan lain sebagainya.

Kalian pun dapat membuat hastag yang sedang viral agar video TikTok kalian banyak dilihat, seperti #fyp #foryoupage #business dan masih banyak lainnya lagi. Kalian dapat melihat hastag yang viral tersebut dengan klik 'temukan'. Pada halaman tersebut bukan hanya hsatag yang viral saja, melain juga banyak hastag dari video-video viral yang bisa kalian jadikan insipirasi untuk konten produk TikTok selanjutnya.

6. Gunakan Fitur yang Tersedia dengan Maksimal

Ada banyak sekali fitur menarik yang disediakan oleh TikTok, namun hal tersebut terkadang diabaikan oleh pengguna TikToknya sendiri. Nah, bagi kalian yang memulai usaha online dengan media promosi TikTok ini, kalian perlu memanfaatkan fitur yang disediakan secara maksimal. Hal ini bisa menjadi konten yang kalian buat dapat menarik perhatian target konsumen yang kalian tuju.

Berikut ini fitur-fitur TikTok yang dapat kalian coba untuk membuat konten promosi produk usaha di TikTok agar terlihat keren dan viral, diantaranya yaitu:

  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Filter
  • Timer
  • Pakai sticker dan Effect
  • Beautify

7. Posting Konten TikTok di Waktu yang Tepat

Agar dapat video TikTok yang kita buat mudah viral dan dilihat banyak orang, maka cari waktu yang tepat dan terbaik untuk memposting produk di TikTok. Biasanya waktu yang tepat dan terbaik untuk memposting video TikTok yaitu di antara pukul 10 pagi sampai 1 siang, atau malah hari. Karena pada jam tersebut, mulai dari anak sekolah, kuliahan sampai pekerja aka mengisi waktu luangnya untuk menonton video TikTok.

8. Kerjasama Dengan Influencer TikTok

Supaya cepat memikat para konsumen salah satunya adalah dengan berkerja sama Influencer atau content creator TikTok lain. Tanpa kalian sadari, bahwa sudah banyak sekali brand ternama yang menggunakan konten crator TikTok lain atau Influencer untuk meningkatkan penjualan sekaligus awareness.

Namun kalian tidak boleh asal pilih influencer, kalian harus memperhatikan persona target konsumen dan tujuan dari promosi produk online kalian. Misalnya, kalian jualan sepatu, maka kalian bisa pilih Influencer yang fokus pada konten mengenai sepatu, contohnya seperti konten crator TikTok Olahraga misalnya.

Kalian dapat membuat video dengan influencer tersebut yang berupa testimonial sampai spek barang yang kalian tawarkan.

9. Gunakan TikTok Ads

Salah satu strategi marketing di TikTok yang tidak boleh kalian lewatkan oleh penjual online yaitu penggunaan dari iklan TikTok atau yang disebut dengan TikTok Ads. Tujuan dari penggunaan TikTok Ads ini supaya kalian bisa menjangkau audiens atau konsumen yang lebih besar lagi.

TikTok ads menyediakan empat jenis iklan yang bisa kalian gunakan untuk menjangkau lebih banyak konsumen, diantaranya yaitu:

  1. InFeed Ads: Iklan ini akan muncul ketika pengguna scroll feed
  2. Promotes Hastag Challenge: Sebuah ads yang mengajak penggunanya untuk memakai hastag challenge
  3. Branded Filter: Efek khusus yang berisi informasi menenai produk
  4. Brand Takeover: Berupa iklan eksklusif berupa image, gif, sampai video yang akan muncul satu kali sehari ketika membuka aplikasi.

Dan yang paling banyak dan sering digunakan yaitu iklan InFeed Ads, iklan ini paling menguntungkan bagi bisnis kecil yang ingin beriklan di TikTok. Ada beberapa alasan mengapa jenis iklan InFeed Ads ini menjadi pilihan bagi para penjual online di TikTok, diantaranya:

  • Budget pemasangan iklan relatif kecil
  • Iklan muncul di Feed pengguna TikTok
  • Terdapat pilihan penargetan minat dan perilaku audiens berdasarkan perilaku mereka selama 7-15 hari terakhir.

Kesimpulan

Nah, ternyata aplikasi TikTok ini tidak boleh sampai terlewatkan bagi para pengusaha online untuk berjualan produk mereka, dapat dibilang aplikasi ini dapat dipakai sebagai media promosi yang bisa memberikan banyak konsumen.

Ada banyak fitur yang bisa kalian gunakan untuk berbisnis sebagai strategi marketing berjualan di TikTok, misalnya seperti TikTok Shop dan TikTok ads.

Demikianlah informasi mengenai tips berjualan di TikTok agar mendapatkan banyak konsumen dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi kalian yang ingin mulai membangun brand bisnis produk usaha online kalian di TikTok.

Posting Komentar untuk "9 Tips Cara Jualan di TikTok Shop Agar Banjir Orderan"