Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Larangan Saat Bulan Ramadhan Yang Membatalkan Puasa

Bulan Puasa atau bulan Ramadhan adalah bulan suci yang sudah selayaknya diisi dengan kegiatan amal kebaikan, yaitu kegiatan atau amalan baik yang seperti diperintahkan oleh Allah dan Rasull-Nya. Pada bulan ramadhan juga terdapat perbuatan yang tidak boleh dilakukan atau dilarang saat menjalankan ibadah puasa.

Pengertian puasa sendiri adalah menahan diri dari apa-apa yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari. Dengan niat semata-mata karena Allah SWT. Tapi, jika ada sesorang yang mendapatkan halangan, sehingga tidak dapat menjalankan ibadah tahunan ini, maka diawjibkan baginya untuk mengqada atau mengganti puasa di bulan lain selain ramadhan.

Sesuai yang saya sebutkan diawal tadi, terdapat beberapa hal tidak boleh dilakukan pada saat berpuasa. Hal tersebut jika dilakukan tentu akan membatalkan puasa kalian. Nah, kira-kira apa saja larangan yang tidak boleh kita lakukan saat bulan puasa agar puasa kita tidak batal? yuk simak selengkapnya dibawah ini.

20 Larangan Selama Bulan Puasa

Diambil dari berbagai sumber, berikut ini beberapa larangan yang tidak boleh kalian lakukan saat menjalankan ibadah puasa. Dengan mengetahui larangan tersebut, tentu kita akan hati-hati agar tidak melakukannya supaya ibadah puasa kita sah.

Hal yang bisa membatalkan puasa

1. Ghibah

Ghibah atau Ngomongin aib orang lain nyatanya memang lah sesuatu hal yang sulit dihindari. Padahal Rasulullah telah bersabda, "Barang siapa menutupi aib seorang muslin, maka Allah akan menutupi aibnya pada hari kiamat," (H.R Muslim). Orang yang membuka aib dari orang lain seperti isi dari ghibah atau gosip yang ada di televisi ialah dilarang, karena aib orang sesungguhnya adalah urusan orang itu sendiri dan manusia tidak boileh membukanya.

2. Bersetubuh di Jam Puasa

Barang siapa kaum muslimin laki-laki dan perempuan yang batal puasanya di karenakan mereka telah bersetubuh di waktu siang hari pada bulan Ramadhan, maka mereka wajib atasnya untuk mengganti puasanya di hari lain dan wajib membayar kaffarah atau denda, yaitu dengan cara memerdekakan seorang budak wanita yang beriman. Atau jika tidak mampu mereka wajib melakukan puasa selama dua bulan lamanya, atau jika terdapat sebab yang menyebabkan tidak mampu berpuasa karena mungkin dalam kondisi kurang sehat, sakit atau sudah berada di usia tua, maka sebagai gantinya wajib atasnya untuk memberi 60 orang makan yaitu kepada orang-orang fakir miskin.

Hubungan suami istri bagi pasangan yang sudah halal hanya boleh dilakukan di malam hari selain di jam puasa. Hal tersebut terdapat dalam surat Al-Baqarah ayat 187 yang artinya: "Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan siteri-isteri kamu;

mereka adalah pakaian bagimu dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu". pahala bersetubuh di bulan puasa akan didapat jika dilakukan sesuai dengan syariat islam.

3. Ejakulasi

Jika melakukan hubungan suami istri atau bersetubuh memang sudah jelas merupakan larangan bulan Puasa. Namun kalau pelukan dan ciuman masih banyak yang mempertanyakan soal hukumnya (untuk yang sudah bersuami istri). Intinya segala sesuatu yang dapat merangsang daan membuat ejakulasi tentu akan membatalkan puasa.

4. Makan dan Minum yang Disengaja

Makan dan minum dengan sengaja sudah jelas membatalkan puasa ramadhan dan jikapun dilakukan karena sednag tidak berpuasa misalnya seperti wanita yang haid hendaknya tidak melakukannya di depan orang yang sedang berpuasa. Seperti yang sudah tertulis di Al-Quran surat Al-Baqarah: 187 yang artinya: "Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malan". 

5. Sikat Gigi

Larangan di bulan puasa selanjutnya ialaha sikat gigi saat puasa. Sikat Gigi pada saat berpuasa ini sebenarnya masih jadi perdebatan karena setiap ulama atau ustadz memiliki pandangan atau pemikiran yang berbeda-beda. Saat puasa Ramadhan bau mulut memang menajdi masalah utama yang akan kalian hadapi. Beberapa ulama menyebutkan sikat gigi saat puasa adalah hal yang makruh dan bisa membatalkan puasa, apalagi jika dilakukan setelah waktu dzuhur.

Jadi alangkah baiknya, setelah makan sahur kalian bisa langsung bergegas untuk gosok gigi sebelum waktu imsak datang. Dengan begitu kalian tidak perlu sikat gigi pada waktu siangnya.

6. Mencicipi Masakan Saat Puasa Ramadhan

Ini adalah problem yang biasanya dihadapi oleh para ibu rumah tangga yang ketika masak harus mencicipi rasa masakannya. Mencicipi masakan saat puasa Ramadhan ini bisa menjadi hal yang membatalkan puasa. Apalagi jika kalian sengaja mencicipi karena tidak yakin akan rasanya. Jika memang sengaja melakukan hal tersebut banyak ulama yang menyebutkan hukumnya makruh.

7. Berkumur Saat Puasa

Sama seperti sikat gigi saat puasa, berkumur termasuk larangan di bulan ramadhan, apalagi jika dilakukan dengan sengaja dan berlebihan yang bertujuan untuk menyegarkan mulut ini tentu saja bisa membuat puasa kalian tidak sah. Seperti yang sudah diketahui bahwa niat berpuasa itu salah satunya adalah tidak makan dan minum. Sedangkan jika kalian berkumur dengan cara yang berlebihan kalian bisa saja tidak sengaja meminum airnya.

8. Puasa Tanpa Sholat Wajib

Sebuah ibadah tentunya akan dilakukan dari yang paling dasar, ketika melakukan ibadah puasa namun ia tidak menjalankan sholat wajib 5 waktu, maka sama saja ia tidak melakukan ibadah puasa. Artinya amal puasa yang dilakukannya adalah percuma.

9. Muntah dengan Sengaja

Bukan hanya makan dan minuym saja yang bisa membatalkan puasa. Muntah juga bisa membatalkan puasa, apalagi kalau muntahnya itu disengaja. Namun, jika kalian muntah karena tidak disengaja misalnya saja seperti sakit, kalian tetap bisa mekanjutkan puasamu selama kalian masih kuat ya, jangan dipaksakan. "Barangsiapa yang terpaksa muntah, maka tidak wajib baginya untuk mengqadha' puasanya, dan barangsiapa muntah dengan sengaja maka wajib baginya mengqadha' puasanya".

10. Merokok saat Puasa

Merokok merupakan satu hal yang membatalkan puasa. Meskipun tidak makan minum, merokok ini bisa membuat puasa batal. Bukan hanya saat puasa Ramadhan saja namun saat kalian melakukan puasa lainnya pun merokok tetap bisa membatalkan puasa.

11. Suntikan yang Mengandung Makanan

Diperbolehkan melakukan donor darah dibulan puasa ketika sedang berpuasa karena dinilai sama dengan bekam yang dilakukan Rasulullah, namun tidak diperbolehkan untuk melakukan suntikan yang mengandung vitamin atau makanan sebab sama seperti makan dan minum dan hal ini dapat membatalkan puasa kalian.

12. Emosi yang berlebihan

Menjalankan ibadah puasa artinya menahan hawa nafsu mulai dari terbit hingga terbenamnya matahari. Selain hawa nafsu seksual, kita juga diharuskan menahan emosi selama berpuasa. Jika seseorang yang sedang berpuuasa secara tidak sadar mengeluarkan emosi secara berlebihan, maka puasanya batal. Meski[un ada saja yang tetap melanjukan puasanya, sesungguhnya mereka hanya menahan lapar dan haus tanpa mendapatkan pahala dari puasanya itu.

13. Berdusta

"Barang siapa tidak meninggalkan perkataan dusta dan pengalamannya, maka Allah tidak butuh kepada perbuatannya yang meninggalkan maka dan minum" (H.R Al Bukhari). Di bulan ramadhan, jika seseorang berpuasa dan ia melakukan dusta, maka puasa yang dilakukannya adalah percuma dan ia hanya mendapatkan lapar dan haus saja, dusta memang dilarang dilakukan setiap saat, terlebih jika dilakukan di bulan ramadhan.

14. Tindak Kejahatan

Jelas bahwa di bulan puasa ialah waktunya untuk mencari ketenangan dalam melakukan ibadah, jika ia melakukan tindakan seperti kejahatan berupa apapun tentu merupakan larangan bulan puasa yang sangat wajib kalian hindari agar puasa tidak batal.

15. Berkata Kotor

Rasulullah bersabda yang artinya. "Apabila sesorang diantara kalian berpuasa maka janganlah ia berkata kotor, berteriak-teriak (bertengkar) dan bertindak bodoh. Jika ada orang yang mencela atau mengajaknya bertengkar maka katakanlah, "Sesungguhnya aku sedang berpuasa (dua kali)", (H.R Bukhari dan Muslim).

16. Membuka Aurat

Sebagaimana dengan sabda Rasulullah SAW, "Malu itu sebagian dari Iman, "Dalam hadis lainnya Rasul berkata, "Malu dan Iman adalah satu, maka apabila dicabut salah satunya maka akan tercabut yang lainnya,". Membuka aurat terlebih di bulan puasa ialah salah satu contoh perbuatan yang dilakukan dengan rasa malu yang kurang, maka hal itu merupakan perbuatan yang dosa.

17. Sengaja Berpuasa Bagi Wanita yang Haid/Nifas

Haid/Nifas ialah kodrat alami yang dialami oleh kaum wanita. Saat bulan puasa, wanita yang sedang haid atau nifas dilarang untuk berpuasa, bahkan diharamkan untuk berpuasa. Maka dari itu, meski sudha sahur dan menjalankan ibadah puasa namun tiba-tiba keluar darah menstruasi, maka puasanya akan langsung batal.

18. Memasukkan benda ke lubang tubuh

Di bulan ramadhan, agar tidak membatalkan ibadah puasa yang dilakukan, dilarang memasukkan apapun ke lubah tubuh seperti lubang dubur atau lubang lainnya yang masuk menjurus ke dalam tubuh. Sebab sama saja dnegan makan dan minum sehingga tidak diperbolehkan dalam islam dan menjadi salahs atu larangan dibulan Ramadhan dan termasuk hal yang membatalkan puasa.

19. Murtad

Murtad dalam islam adalah seseorang yang keluar dari agama islam baik itu berupa kata-kata ataupun dari hati, sebab seluruh amalan yang dilakukannya selama ini akan hilang dan ia pun berubah menjadi kaum kafir. Hal ini juga berlaku untuk penyakit kejiwaan seperti gila, maka baginya tidak diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan dan ibdahan lainnya.

20. Berkhayal

"Enam perkara yang bisa melebur amal kebaikan: .... panjang lamunan / khayalan, ...," (H.R. Ad Dailami dari Adi bin Hatim). Puasa bukan waktunya untuk bersantai atau bermalas-malasan terlebih jika seluruh waktu hanya dihabiskan untuk melamun dan berkhayal saja, melamun atau berkhayal termasuk perbuatan yang dilarang sebab di dalam islam diwajibkan untuk berusaha secara nyata, tidak dengan berandai andai atau menyesali nasib.

Penutup

Demikianlah tadi 20 Larangan Saat Puasa Ramadhan, dengan mengetahui larangan saat berpuasa tentu akan mudah bagi kita untuk menjauhi hal-hal tersebut dan puasa kita akan sah dan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Semoga informasi dapat memberikan manfaat dan wawasan baru bagi kita semua terutama bagi saya sendiri. Selamat menjalankan ibadah puasa semoga puasa kita diterima oleh Allah SWT, Amiin.

Posting Komentar untuk "20 Larangan Saat Bulan Ramadhan Yang Membatalkan Puasa"