Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Teks Pidato Tentang Menyambut Bulan Suci Ramadhan Singkat

Contoh Pidato Tentang Menyambut Bulan Ramadhan - Untuk meningkatkan semarak pada bulan suci Ramadhan, kali ini masadi.id akan membagikan contoh dari teks pidato tentang Menyambut Bulan Ramadhan, Contoh pidato bulan Ramadhan ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi bagi anda yang kehabisan materi teks pidato tentang bulan Puasa.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini contoh pidato tentang menyambut bulan suci Ramadhan yang bisa anda pakai sebagai acuan pidato atau ceramah anda.

1. Contoh Pidato Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Assalamualaikum wr. wb

Alhamdulillahirobbil ‘alamin wabihinasta’inu ‘ala umuu riddunya wadin, wa’ala aalihii washohbihi azma’in. Amma ba’du.

Pertama-tama, Marilah kita haturkan rasa puji dan syukur kita kehadirat Allah SWT, tuhan semesta alam yang tidak henti – hentinya mencurahkan rahmat, hidayah, dan nikmat sehat kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul di dalam ruangan ini dalam kondisi sehat walafiat.

Tidak lupa shalawat serta salam selalu kita sanjungkan kepada nabi besar kita, Muhammad SAW yang telah berjasa menuntun kita keluar dari jalan yang dimurkai Allah SWT ke jalan yang diridhoi oleh Allah SWT. Semoga kita semua termasuk ke dalam golongan umatnya yang akan diberikan syafaatnya di Yaumil Akhir kelak, Amin.

Hadirin yang berbahagia,

Pada kesempatan yang baik ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato dalam rangka menyambut bulan suci ramadahan yang akan tiba beberapa hari lagi, agar kita semua dapat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan nanti dengan semangat. Semoga apa yang akan saya sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Hadirin yang berbahagia,

Marhaban Ya Ramadhan

Sebentar lagi kita akan memasuki bulan yang sangat sangat mulia. Bulan yang di dalamnya terdapat malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan. Pada bulan inilah semua pintu amal akan dibuka, semua perbuatan baik akan dilipat gandakan pahalanya, dan semua syaitan akan dikurung oleh Allah SWT.

Semua muslim di yang ada dunia sudah sangat menanti – nantikan bulan yang penuh dengan rahmat ini karena pada bulan inilah kita harus menjalankan sebuah ibadah yang termasuk ke dalam rukun islam yaitu puasa.

Puasa adalah ibadah yang wajib hukumnya bagi setiap muslim yang mampu melaksanakannya, sebagaimana yang tercantum dalam suarah Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi “Hai orang-orang yang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,”

Ayat di atas memerintah kita untuk berpuasa di bulan ramadhan, terutama bagi seorang muslim dan muslimah. Selain wajib bagi muslim dan muslimah, ada beberapa syarat sah dan wajib bagi seorang muslim yang diharuskan untuk berpuasa di bulan suci ramadhan, yaitu: baligh atau sudah cukup umur, tidak sedang dalam keadaan haids, berakal sehat, dan tidak sedang sakit.

Ibadah puasa dilakukan dengan cara menahan makan, minum, dan hawa nafsu dari terbitnya matahari hingga terbenam. Selain itu, kita juga harus mencegah dari segala macam bentuk perbuatan yang membatalakan puasa dan menghilangkan pahala puasa.

Hal – hal yang dapat membatalkan puasa adalah makan dan minum dengan sengaja selama berpuasa, melakukan hubungan suami istri pada siang hari, muntah dengan sengaja, keluarnya air mani secara sengaja, haids bagi wanita, dan hilang kewarasan.

Adapun yang mengurangi pahala puasa adalah berbohong, bergunjing, bertengkar, dan perbuatan lain yang dapat menimbulkan dosa. Jika kita melakukan perbuatan – perbuatan tersebut, maka puasa kita akan menjadi sia – sia. Yang kita dapat hanyalah rasa lapar dan dahaga tetapi tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Hadirin yang berbahagia,

Marilah kita jadikan momentum di bulan ramadhan ini dengan mencari pahala sebanyak – banyaknya karena pada bulan ini semua perbuatan baik akan dilipat gandakan pahalanya. Perbanyaklah membaca al quran dan sholat lima waktu dengan tepat waktu serta melakukan perbuatan – perbuatan baik dan menghindari perbuatan yang dimurkai oleh Allah SWT akan membuat kita mendapatkan pahala yang amat sangat banyak dari Allah SWT.

Selain itu, pada bulan ramadhan ini terdapat satu malam yang lebih baik daripada malam seribu bulan yaitu malam Nuzul Quran, hari dimana diturunkanny Al – Qur’an sebagai pedoman hidup bagi kita semua. Perbanyaklah ibadah pada malam agar kita mendapatkan malam lailatul qadar.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan kali ini. Apabila ada kesalahan – kesalahan dalam pengucapan kata saya mohon maaf dan terimakasih atas perhatiannya.

Wabilaitaufik walhidayah wassalamualaikum wr. wb. Source: kakakpintar,id

2. Contoh Pidato Menyambut Bulan Suci Ramadhan ke dua

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahilladzii kholaqol mauta wal hayata linabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu kepala….

Yang terhormat, Bapak Ibu…

Serta rekan-rekan yang berbahagia

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat mulai dari nikmat iman, nikmat islam, nikmat, sehat, hingga nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini seraya bergembira menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Shalawat dan salam tiada lupa kita kirimkan kepada Nabiyullah khatamul anbiya, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di hari akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Tiada terasa tinggal menghitung hari kita bakal tiba di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022.

Sebagai seorang muslim yang taat, sudah sepatutnya kita berbahagia seraya bersyukur kepada Allah karena insyaAllah akan diberikan kesempatan umur oleh Allah untuk beribadah di bulan Ramadhan.

Jujur saja, di luar sana, saudara-saudara kita barangkali tidak lebih beruntung daripada kita. Mereka juga akan tiba di bulan suci Ramadhan, tapi sayangnya tidak bisa berpuasa karena sakit.

Mereka diberi kesempatan umur untuk singgah di bulan Ramadhan yang penuh ampunan, namun Allah belum berikan hidayah kepada mereka atas pentingnya memanfaatkan waktu jelang bulan Ramadhan.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Bulan Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Kata “Ramadhan” berasal bahasa Arab yaitu ramada atau ar-ramad yang berarti panas yang menghanguskan atau kekeringan.

Maksudnya, Ramadan juga merupakan momentum di saat terjadinya musim panas yang sangat menyengat.

Lebih daripada itu, makna panas di bulan Ramadhan ibarat matahari yang begitu panas dan mampu menghapus dosa-dosa umat muslim. Kita juga diperintahkan oleh Allah untuk melaksanakan puasa wajib di bulan ini.

Dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 185, Allah berfirman:

 شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ

Bacaan Latin:

Syahru romadhoonalladziiiii unzila fiihil qur’aanu hudal-linnaasi wa bayyinaatim-minal hudaa wal furqoon.

Artinya:

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

Rekan-rekan yang berbahagia;

Bulan Ramadhan adalah bulan suci yang spesial dan istimewa, maka darinya kita pula perlu menyambut bulan yang mulia ini dengan gembira.

Gembira bukan berarti euforia, melainkan melakukan persiapan-persiapan yang matang dan mantap sehingga bisa memaksimalkan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Bila kita hanya menyambut bulan yang berkah ini dengan biasa-biasa saja, tidak ada rasa bahagia, atau bahkan tidak terlalu memedulikannya, maka niscaya kita akan termasuk orang-orang yang merugi.

Dikatakan oleh Rasulullahs SAW dalam hadis riwayat Ahmad dalam Al-Musnad (2/385): Yang artinya:

Rasulullah SAW Memberikan kabar gembira kepada para sahabatnya tentang kedatangan bulan Ramadhan seraya beliau bersabda: ‘Telah datang kepada kalian Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan atas kalian berpuasa di dalamnya. Di bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka dan pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu. Di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan. Siapa yang dihalangi dari kebaikannya, maka sungguh ia terhalangi.

Rekan-rekan yang berbahagia;

Ada banyak keberkahan yang Allah siapkan di bulan Ramadhan di mana pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, serta setan-setan dibelenggu. Ada pula malam lailatul Qodar, yaitu malam yang lebih baik dibandingkan seribu bulan.

Maka darinya, marilah kita berdoa kepada Allah agar dipersampaikan dengan bulan Ramadhan, diberikan kesempatan umur, serta juga kesehatan fisik maupun rohani untuk menjalankan kewajiban puasa.

Mari kita jaga kesehatan, mulai meninggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat, membayar utang puasa bagi para perempuan yang masih punya utang, serta saling memaafkan antar sesama muslim agar bisa menyambut Ramadhan yang penuh berkah dengan hati yang lapang.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijirah tahun 2022. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, dan kepada Allah mari kita sama-sama bermohon ampun.

Saya akhiri, wa billahi taufiq wal hidayah wa ridho wal inayah;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Source: gurupenyemangat,com

3. Contoh Pidato tentang Malam Lailatul Qodar

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillah rasa syukur kepada Allah SWT kita panjatkan. Karena, sampai detik ini masih diberikan kenikmatan berupa kesehatan, hidayah, iman dan takwa, sehingga kita semua bisa berkumpul disini.

Tidak lupa shalawat serta salam selalu tercurah kepada junjungan nabi besar Muhammad SAW, yang telah memberikan petunjuk kepada umatnya, sehingga saat ini kita bisa keluar dari zaman jahiliyah.

Hadirin yang dirahmati Allah, Bulan Ramadhan begitu spesial, salah satunya hadir malam Lailatul Qadar yang nilainya lebih dari 1000 bulan. Disini juga Allah melipatgandakan pahala dan mengampuni dosa kamu.

Oleh karena itu, marilah manfaatkan benar malam penuh kemuliaan tersebut dengan beribadah. Kapan lagi, bisa mendapatkan pahala yang melimpah kalau dikonversi seperti sholat selama 80 tahun.

Seperti yang sudah disampaikan dalam salah satu surat Al-Qur’an, Al-Qadr ayat 1-5. Memjelaskan secara menyeluruh bagaimana malam Lailatul Qadr tersebut. Betapa seluruh umat muslim menantikan benar kehadirannya.

Demikian pidato singkat mengenai malam Lailatul Qadar yang hanya ada 1 kali dalam satu tahun. Semoga apa yang disampaikan bermanfaat dan menambah iman kita di bulan ramadhan ini. Assalamualaikum Wr. Wb. 

4. Contoh Pidato tentang Manfaat Puasa

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Alhamdulillahi Rabbil Alamin rasa syukur mari kita panjatkan kepada Allah SWT. Atas nikmat berupa iman, hidayah, kekuatan, keberuntungan dan kesehatan yang masih diberikan selama ini.

Tidak lupa shalawat serta salam selalu tercurahkan kepada junjungan nabi kita Muhammad SAW yang punya jasa besar, mengeluarkan umatnya dari zaman jahiliyah. Semoga kita selalu mendapatkan syafaatnya di hari akhir nanti.

Hari ini, semua umat muslim serentak mengadakan puasa, bila dikupas ternyata manfaatnya bukan soal iman saja. Melainkan, tentang kesehatan tubuh, khususnya penyakit jantung, sangat berguna sekali.

Hadirin yang dirahmati Allah, dengan menahan lapar dahaga dari pagi sampai petang membuat kadar kolesterol dalam darah turun. Inilah alasan mengapa ibadah ini sangat penting dilakukan setiap tahunnya.

Saya kira cukup sekian, pidato tentang keindahan bulan ramadhan singkat mengenai manfaat besar puasa. Jika ada salah kata atau penyampaian kurang berkenan, mohon maaf sebesar-besarnya, Assalamualaikum. Wr. Wb

Nah itu dia tadi beberapa contoh pidato untuk menyambut bulan suci ramadhan yang bisa dijadikan referensi bagi anda semua. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi kita semua. Jangan lupa untuk ikuti terus informasi menarik lainnya di blog ini.

Posting Komentar untuk "4 Contoh Teks Pidato Tentang Menyambut Bulan Suci Ramadhan Singkat"