Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Ngabuburit? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya dan Asal-Usulnya

Ngabuburit, kalian pasti sudah tidak asing lagi jika mendengar kata ngabuburit? Ya, ngabuburit adalah sebuah kata yang identik dengan bulan puasa atau bulan ramadhan. Lalu, apakah kalian tahu apa arti dari Ngabuburit tersebut? dan juga asal-usul dari istilah ngabuburitnya? Nah, bagi kalian yang belum tahu tentang ngabuburit tersebut, dan pas bulan puasa kalian cuma ikut-ikutan 'ngabuburit' tapi gak tahu artinya, yuk simak asal mula dan pengertian dari tradisi tersebut muncul di masyarakat.

Apa itu ngabuburit

Pengertian Ngabuburit

Secara sederhananya atau singkatnya, pengertian dari Ngabuburit adalah kegiatan menunggu waktu berbuka puasa. Kegiatan ngabuburit ini sangat populer, khususnya oleh kalangan anak muda untuk membunuh waktu saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan.

Asal-Usul Kata Ngabuburit

Asal-usul dari kata ngabuburit sendiri berasal dari bahasa Sunda. Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), kata ngabuburit secara lengkap diambil dari kalimat "ngalantung ngadagoan burit" yang memiliki arti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Kata dasar dari istilah ngabuburit adalah "burit" yang berarti "sore hari". Hal ini dikarenakan kegiatan dari ngabuburit yang memang sering dilakukan pada saat sore hari menjelang jam buka puasa tibba. Hal tersebut membuat banyak yang berpendapat bahwa morfologi kata ngabuburit berasal dari kata "burit" saja sehingga bisa diartikan secara sederhana menjadi "menunggu waktu sore".

Seiring dengan kepopuleranya istilah ini, kata dari ngabuburit kemudian menjadi banyak pula digunakan di berbagai daerah lain di Indonesia. Namun, ada juga beberapa daerah yang teteap memiliki istilah daerahnya masing-masing seperti halnya dari bahasa Minang yaitu "Melengah Puaso" yang berarti melakukan kegiatan untuk mengalihkan rasa haus dan lapar karena berpuasa.

Tradisi Ngabuburti di Indonesia

Kegiatan ngabuburit di Indonesia umumnya dilakukan menjelang sore hari dengan berbagai kegiatan-kegiatan khas yang juga cenderung ada pada saat bulan Ramadhan tiba seperti mengikuti pesantren, berburu takjil di pasar-pasar kaget bulan Ramadhan, sampai berwisata religi atau melakukan kegiatan sosial.

Dengan berjalanya perkembangannya tradisi ngabuburit juga semakin memiliki variasi kegiatan modern seperti dengan pertunjukkan musk, sampai sekedar acara untuk berkumpul-kumpul bersama keluarga ataupun teman kalian.

Penutup

Nah itu dia tadi informasi mengenai apa itu ngabuburti, dan bagaimana tradisi tersebut muncul atau ada. Dengan begini kalian sudah tahu kan? Apa itu ngabuburit, jadi sekarang kalian sudah paham dan tahu akan hal tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi kita semua. Jangan lupa ikuti terus update informasi lainnya di blog ini.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Ngabuburit? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya dan Asal-Usulnya"