Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Google News Untuk Blogger Dijamin Tayang

Google News adalah layanan dari Google yang memberikan informasi terkini dalam bentuk sebuah berita dari berbagai website atau blog di seluruh dunia, termasuk juga Indonesia. Mendaftar Google News untuk Blog atau Website merupakan cara terbaik untuk mendatangakan lebih banyak pengunjung organik dan membantu meningkatkan penghasilan dari Adsense.

Di sisi lain, Google News juga tidak hanya bermanfaat bagi pembacanya saja, tapi juuga menjadi andalan bagi permilik blog atau website. Karena dengan mendaftarkan Blog di Google News, setiap artikel di blog atau website dapat tampil di Google News, dan juga dapa mempercepat index artikel yang kita post di Blog atau Website.

Agar blog kita dapat tampil di Google News, maka kalian harus tahu dulu cara Mendaftar Google News dengan benar, sehingga setiap artikel yang kita terbitkan dapat tampil di Google News dan mendapatkan trafik oragnik yang besar.

Cara daftar Google News

Apa itu Google News?

Secara umum, Google News sangat memudahkan bagi pembaca dalam memperoleh sebuah informasi yang diinginkan, dan bisa diakses melalui smartphone atau juga komputer. Kerennya lagi, layanan Google news dapat dinikmati secara gratis. Bahkan saat ini sudha satu juta pengguna yang telah mendownload Google News di Plays Store atau Googl Play.

Bagi penggunanya, Google News menjadi salah satu pilihan yang tepat dalam memperoleh informasi atua berita berdasarkan topik, lokasi sampai sumber berita. Dengan kata lain, pengguna dapat mempersonalisasikan konten sesuai dengan keinginan.

Selain itu, Google News juga diciptakan bukan hanya bagi pengguna saja, melainkan bagi pemilik blog atau website yang mendaftarkan di Google News juga dapat menjadi pilihan terbaik. Dikarenakan ada keuntungan yang dapat diperoleh jika artikel yang dibuat mendapatkan tempat di layanan Google News.

Di setiap bulannya Google News mendapatkan kunjungan lebih dari 494 juta dari seluruh dunia. Yang artinya dapam positif yang diberikan Google News untuk blog atau website patut diperjuangkan. Kenapa begitu? Karena Google News dibuat bukan hanya untuk media berita online yang populer semata. Website berbasis Blogspot dan Wordpress juga bisa didaftarkan ke Google News.

Jadi tidak menuntup kemungkinan artikel yang kita terbitkan di blog bisa menjadi berita utama (direkomendasikan) di Google News, jika itu memang layak dan menarik dipublikasikan oleh Google News.

Manfaat Google News bagi Pemilik Blog/Website

Terdapat banyak manfaat yang dapat diperoleh jika blog yang kita kelola didaftarkan ke Google News. Nah manfaatnya apa saja? Simak dibawah ini:

1. Lebih Mudah Masuk ke Halaman Pertama Google

Apabila kalian memiliki blog berita yang unik dan berkualitas, Google News tidak akan segan-segan untuk menempatkan blog kalian dalam daftar berita utamanya. Dengan kondisi inilah, Google tentu akan menganggap blog atau website kalian juga layak berada di posisi teratas mesin penelusur. Yang artinya konten yang kalian buat memang layak untuk mendapatkan peringkat teratas di mesin pencari Google. Google News termasuk salahs atu juru jitu untuk mendapatkan peluah masuk ke halaman Google tanpa harus melakukan optimasi SEO (Search Eengine Optimization).

2. Meningkatkan Jumlah Pengunjung Blog

Semakin mudah konten-konten yang kalian buat ditemukan dimesin penelusur, semakin besar juga kemungkinan blog kalian dikunjungi banyak orang. Tidak hanya itu saja, pengunjung blog kalian bisa dipastikan berasal dari traffic yang berkualitas. Kenapa bisa demikian? Karena fitur personalized content berperan besar dalam hal tersebut. Pengguna yang mengunjungi blog kalian akan merasa senang bahwa topi yang kalian miliki relevan apa yang sedang mereka butuhkan.

3. Media Branding yang Efektif

Apabila Blog atau Website kalian menawarkan konten yang bagus, dampaknya akan sangat positif. Pengunjung akan sering datang ke blog kalian lagi nantinya. Selain itu, ulasan yang kalian buat tentang topik tertentu, blog kalian akan dianggap ahli sesuai bidangnya. Di sinilah letak kaitannya dengan membantu sekaligus membangun brand utnuk blog melalui Google News.

4. Bisa Mendapatkan Backling yang Banyak

Salah satu opitimasi SEO Off Page adalah mendapatkan backlink yang berkualitas. Sebagai seorang Blogger, tentu kalian mengetahui secara umum dari fungsi backlink dalam meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap sebuah situs. Kredibilitas blog itu bisa didapat dari Google News. Ketika konten atau artikel yang kalian buat direkomendasikan oleh Google, maka konten tersebut juga dijadikan referensi bagi orang lain sebagai sumber yang terpercaya. Bisa jadi, salah satu sumber itu merupakan konten atau artikel yang berasal dari blog kalian. Semakin banyak backlink yang diperoleh, maka besar kepercayaan pengguna terhadap blog yang kalian kelola.

5. Mengiklankan Blog secara Gratis

Memanfaatkan iklan untuk dapat mempromosikan sebuah blog adalah hal yang wajar. Tapi, jika kalian bisa mendapatkan hasil yang sama tanpa harus mengeluarkan modal, tentu hal tersebut lebih baik. Google News berpotensi mendatangkan organic traffic ke blog atau website kalian. Organic traffic merupakan kunjungan yang berasal dari mesin pencari dan kalian tidak perlu mengeluarkan moda sepeserpun untuk hal tersebut.

Syarat Daftar ke Google News

Untuk bisa mendapatkan semua manfaat dari Google News, kalian perlu bergabung dengan layanan ini terlebih dahulu. Secara umum, kalian hanya perlu melakukan dua hal, yaitu mendaftarkan blog kalian dan memenuhi kriteria atau syarat yang telah ditentukan.

Nah sebelum kalian melangkah ke cara daftar blog ke Google News, dibawha ini saya jelaskan sedikit syarat untuk mendaftar ke Google News.

1. Membuat Blog Berita

Beberapa orang beranggapan bahwa salah satu syarat untuk mendaftarkan blog ke Google News adalah dengan membuat blog berita. Tapi, tak hanya blog berita saja yang bisa didaftarkan ke Google News. Blog biasa saja pun dengan subdomain bisa bergabung dalam layanan Google News ini.

Seperti blog saya ini misalnya, blog pribadi ini isinya bukan berita, melainkan kebanyakan adalah tutorial dan info-info lainnya yang yang saya tulis disini. Intinya adalah proses dari seleksi setelah mendaftar Google News akan dilakukan secara manual oleh pihak Google. Pihak Google akan selektif dalam memastikan sebuah blog atau website yang sesuai dengan tujuan mereka buat, yaitu menyediakan berita terbaru dan penting.

Jadi, jangan pernah berhenti mencoba untuk mendaftarkan blog kalian ke Google News, meskipun blog yang klian buat bukan blog berita sekalipun. Ringkasnya, buatlah konten yang berkualitas yang dibutuhkan dan bermanfaat bagi pembacanya.

2. Membuat isi Konten yang Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah kunci utama untuk mendapatkan peringkat teratas di halaman pertama Google. Hal tersebut juga berlaku jika kalian ingin mendaftarkan blog kalian ke Google News. Lalu apakah yang dimaksud dengan konten yang berkualitas?

  • Pertama tidak Menjiplak Konten Orang Lain
  • Fokus pada satu jenis Berita atau Tema
  • Terus Update Konten Secara Rutin
  • Jangan membuat konten yang dilarang oleh Google
  • Perhatikan Struktur Blog kalian
  • Gunakan URL yang Unik dan Tidak Berubah
  • Sajikan Tampilan Blog yang Menarik dan Responsif
  • Navigasi Blog mudah
  • Menjelaskan identitas Blog kalian dengan Baik

Untuk poin-poin diatas kiranya tidak usah saya jelaskan, karena mungkin kalian sudah paham dan mengetahuinya secara umum. Jika belum juga kalian dapat mencari artikel tentang Konten Berkualitas di blog ini.

Cara Daftar Blog ke Google News

Setelah beberapa syarat di atas sudah kalian penuhi, langkah selanjutnya adalah mendaftarkan blog kalian ke Google News. Dibawah ini adalah cara daftar Google News untuk Blogger atau Blogspot:

  • Login Ke Akun Google, Pertama login ke akun Google Kalian, terus buka halaman Google News Disini.
  • Setelah masuk ke halaman Google News, kalian pilih Tambahkan Publikasi, selanjutnya kalian isi form yang disediakan, isi kolom yang disediakan dengan nama publikasi, domain blog kalian dan lokasi. Setelah itu klik Tambah Publikasi.
Cara Daftar Google News
  • Selanjutnya kalian klik Setelan Publikasi yang ada di pojok kanan atas. Nanti kalian disuruh untuk mengisi form lagi. Isi semua kolom yang disediakan, lalu klik berikutnya.
Cara Daftar Google News
  • Pada bagian Gaya Visual, uploud logo blog kalian yang berukuran Persegi dan juga Persegi Panjang. Untuk ukurannya silahkan lihat pada keterangan yang tertera.
Cara Daftar Google News
  • Nah, setelah itu klik Simpan. Lalu kalian balik lagi ke halaman depan Google News
  • Pada halaman depan kalian pilih pada Menu Google Berita
Cara Daftar Google News
  • Lalu pilih Edit.
Cara Daftar Google News
  • Setelah itu isi detail publikasi, kalian bisa mengisinya dengan tentang deskripsi blog kalian,
Cara Daftar Google News
  • Barikutnya pada bagian rubik, kalian pilih Feed lalu masukkan link sitemap blog kalian contoh: https://www.namablogmu.com/sitemap.xml atau juga bisa dengan https://www.namablogmu.com/atom.xml, nah setelah di isi nanti beberapa saat pada kolom sebelah kanan Google Berita akan terlihat Feed atau Post yang sudah dipublikasikan oleh Blog kalian. lalu klik Berikutnya.
Cara Daftar Google News

Cara Daftar Google News
  • Pada bagian terakhir, kalian tinjau semua yang dibutuhkan seperti peryaratan layanan dan lainnya. Nanti jika sudah semua terisi, dan post feed kalian telah muncul di bagian kanan halaman, tombol Publikasi akan tersedia. Dan klik tombol Publikasi.
Cara Daftar Google News
  • Selesai. Sekarang kalian tinggal menunggu peninjauan untuk di terima oleh Google News. Estimasi peninjauan sekitar 1-2 minggu. Terkadang ada juga yang tidak sampai 1 minggu sudah bisa tayang.
Cara Daftar Google News
  • Jika aplikasi kalian yang diajukan belum di terima, nanti akan dapat email tentang apa yang harus dibenahi lagi.

Kesimpulan

Nah begitulah cara daftar Google News untuk Blogspot. Cukup mudah bukan? Dengan mendaftarkan blog kalian ke Google News dapat membantu konten-konten artikel yang kalian terbitkan akan dengan cepat terindex Google. Selain itu, kesempatan untuk menduduki posisi teratas di mesin pencari juga terbuka lebar, terlebih bagi kalian yang memiliki blog dengan kriteria yang berkualitas di mata Google News.

Semoga artikel ini dapat membantu blog kalian agar lebih berkembang lagi, dan bermanfaat. Jangan lupa untuk ikuti terus update informasi menarik lainnya di blog ini ya.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Google News Untuk Blogger Dijamin Tayang"