Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Blog dengan SEO Off Page

Panduan Cara SEO Off Page di Blogger - SEO (Seearch Engine Optimization) merupakan teknik yang dilakukan untuk menaikkan peringat sebuah blog atau website di mesin pencarian. Terdapat dua jenis SEO yang biasanya diterapkan oleh para pengelola Blog atau Website, yaitu SEO On Page dan Off Page. SEO On Page sendiri sudah saya bahas pada postingan sebelumnya. Nah di artikel ini kita akan membahas apa itu SEO Off Page dan bagaimana penerapannya di blog.

Pengertian SEO Off Page

Cara Menerapkan SEO Off Page

SEO Off Page merupakan cara optimasi blog atau website yang dilakukan dari luar, maksudnya adalah cara ini lebih tertuju pada promosi konten yang sudah kita buat. Tujuan dari promosi konten ini untuk mendapatkan backlink atau melakukan link building.

Berbeda dengan SEO On Page yang proses optimasinya dilakukan di halaman blog itu sendiri atua secara internal.

Perbedaan yang mencolok antara kedua metode SEO ini justru dianggap sebagai pelengkap proses optimasi blog atau website. Meskipun cara dalam SEO Off Page lebih kompleks dalam implementasinya.

Pentingnya Optimasi SEO Off Page bagi Blog

Alasan SEO Off Page penting adalah teknik ini ikut menentukan penilaian ranking blog di mata Google. Google sendiri menggunakan banyak faktor untuk menilai suatu blog atau website yang meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor tersebut kemudian dihitung dengan formula yang dimiliki Google dan tidak banyak dipublikasikan secara jelas.

Namun beberapa riset seperti dilakukan Moz, perusahaan yang bergerak dibidang SEO, menunjukan bahwa SEO Off Page bisa memperngaruhi 50% penilaian Google. Jadi, kalau kalian mengabaikan SEO Off Page karena menganggap SEO On Page sudah cukup, maka kalian perlu melakukannya mulai dari sekarang.

Tak hanya itu saja, SEO Off Page juga bermanfaat untuk membangun kredibilias sebuah blog atau website. Karena upaya SEO Off Page dilakukan di berbagai platform, maka jika kalian berhasil, blog atau website yang kalian kelola akan semakin sering ditemukan pada mesin penelusur, terutama pada konten yang relevan. Pada akhirnya, kondisi ini akan meningkatkan kredibilias kalian di mata netizen dan Google.

Cara Optimasi SEO Off Page

Sebelum kalian menerapkan cara optimasi SEO Off Page, ada baiknya kalian menyelesaikan terlebih dahulu tahap optimasi SEO On Page. Tanpa kualitas SEO On Page yang bagus, maka website lain tidak akan tertarik untuk merujuk ke website kalian.

Dengan demikian potensi utnuk memperoleh inbound link atau backlink ke blog kalian akan semakin kecil. Kalian harus membenahi SEO On Page secara tuntas lalu menerapkan cara Optimasi SEO Off Page secara maksimal. Dibawah ini beberapa hal yang bisa anda terapkan untuk SEO Off Page, antara lain:

1. Link Building

Cara yang paling umum yang digunakan dalam penerapan optimasi SEO off page adalah link building. Fungsi linkbuilding adalah untuk meningkatkan authority sebuah blog atau website sehingga dianggap baik di mata Google. Semakin tinggi Authority, maka peluang blog kalian masuk ke halaman pertama Google semakin besar. Hingga saat ini linkbuilding masih dianggap faktor penting dalam optimasi sebuah blog.

Beberapa cara link building yang umum digunakan adalah dengan cara natural dan outreach. Cara natural adalah sesorang dengan sukarela memberikan link ke blog kalian. Hal tersebut bisa terjadi karena konten yang kalian buat berkualitas sehingga layak dijadikan sebagai rujukan.

Sedangkan outreach dilakukan denan cara mengontak pemilik blog atau website. Cara ini lebih tepatnya melakukan promosi untuk mendapatkan backlink dari blog lain.

2. Meningkatkan Domain Authority (DA)

Domain authority menunjukan tingak seberapa baik website kalian dipercaya oleh mesin pencari. Unutk meningkatkan Domain Authority langkah pertama yang dilakukan adalah membuat konten yang berkualitas. Semakin banyak backlink yang kalian dapatkan, maka Domain Authority juga akan meningkat. Jadi, kembali lagi bagaiman kemampuan kalian dalam membuat konten dan melakukan promosi untuk mendapatkan backlink. Selain itu, lebih seringlah dalam membuat konten, cara ini juga ampuh dalam meningkatkan Domain Authority.

3. Brand Mention

Dalam perkembangan SEO, brand mention juga menjadi salah satu faktor penting dalam SEO Off Page. Brand mention menunjukkan seberapa terkenal nama brand atau produk kalian.

Lalu bagaimana cara menerapkan brand mention?

Kalian dapat memanfaatkan Google My Business atau Google Bisnisku. Google Bisnisku adalah layanan listing gratis dari Google bagi pengguna yang ingin mendaftarkan bisnisnya.

Dengan mendaftar pada Google My Business, maka brand kalian dapat muncul di pencarian Google. Jika brand kalian nantinya memiliki interaksi dengan banyak pelanggan, brand kalian akan mudah direkomendasikan oleh Google.

4. Bagikan Konten Lewat Sosial Media

Faktor penting lainnya dalam SEO lainnya yaitu penyebarkan konten melalui sosial media. Semakin banyak yang membaca konten kalian, maka brand awarness bisnis kalian akan terbangun. Oleh karena itu, pastikan konten kalian juga di share di media sosial agar menambah interaksi.

Kesimpulan

Dari beberapa cara optimasi SEO Off Page diatas, dapat ditarik kesimpulan bahwa peran dari konten yang berkualitas dan promosi adalah kunci keberhasilan dari penerapan teknik ini. Jadi, pastikan dalam membuat konten kalian melakukan rise keyword dengan tepat.

Nah, begitulah cara Optimasi SEO Off Page yang dilakukan pada umumnya, semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi kalian semua.

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Blog dengan SEO Off Page"