Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Tips Menulis Artikel Tanpa Kehabisan Ide

Kita sebagai seorang Blogger pasti sering mengalami dimana msasa-masa blog yang kita kelola serasa tidak ada perkembangan atau stak untuk beberapa saat, yang disebabkan oleh kehabisan ide dalam menulis sebuah artikel baru.

Sebagai seorang Blogger, terlebih lagi bagi kalian yang menjadikan blogging sebagai kegiatan atau penghasilan utama, setiap harinya otak akan dituntut untuk lebih bisa memunculkan ide dan inspirasi baru, karena dengan adanya konten atau artkel baru maka posisi blog yang kita kelola dapat semakin berkembang dan memiliki peringkat yang baik di mata Google. Selain itu juga, jika konten tersebut memiliki nilai dalma artian berkualitas, tentu blog kalian akan lebih dilirik oleh mesin pencari Google.

Namun, nyatananya tidak semua orang memiliki kemampuan yang sama dalam berpikir dan memunculkan ide-ide baru dalam setiap harinya, terutama jika orang itu sama sekali tidak mempunyai latar belakang sebagai seorang penulis.

Tips Membuat Artikel Tanpa Kehabisa Ide

Nah, maka dari itu saya akan mencoba membagikan beberapa tips dan cara agar kalian tidak kehabisan ide dalam menulis artikel di blog yang kalian kelola. Dengan menemukan ide-ide baru, tentunya artikel yang dibuat setiap harinya akan lebih produktif lagi.

9 Tips Agar tidak Kehabisan Ide dalam Menulis Artikel Blog

1. Sering Membaca

Membaca, ini adalah tips pertama yang perlu kalian lakukan jika kalian kehabisan ide. Seorang penulis yang aktif dan kreatif harus sering membaca untuk memberikan otak kita asupan. Kalian dapat membaca berbagai buku dari berbagai sumber yang dapat menginsipirasi kalian dalam menemukan ide-ide baru nantinya. Jika kalian memiliki waktu luang, gunakan waktu tersebut untuk membaca sesuatu. Klian dapat membaca majalah, novel, koran, jurnal onile atau kamus. Apapun yang kalian baca untuk dapat membuat otak senantiasa aktif. Dengan begitu kalian akan lebih mudah menemukan ide-ide baru yang bisa kalian tuangkan dalam tulisan.

2. Manfaatkan Riset Keyword

Kata kunci atau keyword adalah sebuah elemen penting dalam pembuatan artikel blog, hal tersebut diakrenakan dengan keyword yang tepat akan semakin memudahkan blog berada dijelajahi oleh robot mesin pencari. Kalian dapat memanfaatkan tool riset Keyword gratisan dari Google Trends atau juga bisa dari Ubersuggest sebagai sarana pencarian referensi keyword yang populer dan tepat untuk artikel yang ingin kalian buat.

3. Membaca Artikel yang Sedang Trending

Daripada kalian bingung gak ngpai-ngapain mending kalian luangkan waktu untuk mencari dan membaca artikel yang sedang trending di internet. Dengan membaca artikel terbaru yang sedang hangat biasanya akan terlintas dengan mudah menginsipirasi dan tak jarang ide baru akan muncul dengan sendirinya dalam benak kita.

4. Belajar dari Lingkungan Sekitar

Pada dasarnya ide bisa dapat muncul dimana saja dan kapan saja. Jadi cobalah kalian pelajari dengan teliti lagi dalam mengamati lingkungan disekitar kalian. Bisa di lingkungan kampus, tempat kerja ataupun lingkungan tempat nongkrong kalian bersma teman-teman kalian. Biasanya ide akan muncul dengan begitu saja dari kejadian-kejadian yang gak kalian snagka-sangkah. Nah, dengan begitu kalian bisa segerra mencatat ide-ide kalian itu untuk dijadikan sebuah bahan artikel untuk blog yang kalian kelola.

5. Bawa Buku Catatan Kecil

Ini berkaitan dengan poin ke empat diatas, terkadag ide atau inspirasi datang pada saat-saat yang tidak dapat diprediksi. Jadi bawalah buku catatan kecil kemana-kemana agar pada saat kalian terlintas ide di pikiran kalian, tanpa pikir panjang lagi catatlah di dalam buku tersebut. Itu akan menjadi tabungan ide yang berguna sewaktu-waktu ketika kalian mualai kehabisan sebuah ide. 

Oh ya, di jaman yang serba modern ini, jika kalian tidak ingin membawa buku catatan kecil, kalian juga dapa mencatatnya di hp kalian.

6. Mencari ide melalui nonton Youtube

Kebanyak orang akan lebih mudah mencerna isi video daripada bacaan, padahal dalam kasus tersebut, jika seorang blogger malas membaca, mending tidka usah sekalian membuat blog. Namun, meskipun rajin dan suka membaca, kekuatan dari video memang sangat luar biasa, video memang lebih mudah dicerna dna lebih mudah untuk memberikan ispirasi, oleh karenanya snagat disarankan untuk sering melihat video-video yang ada di youtube, terlebih video yang ada kaitannya dengan topik pada blog kalian.

7. Pilih waktu yang tepat untuk menulis

Setiap penulis pasti memiliki jadwal menulis tersendiri, ada yang nyaman untuk menulis di pagi hari sambil meminum segelas kopi, atau ada juga yang sennag menulis di tengah malam karena suasana menjadi lebih tenang dan membuat inspirasi menjadi lancar didapatkan, atau ada pula yang senang menulis pada siang hari. Semua mempunyai waktu favorit versi masing-masing. Itu cukup membantu bagi kalian dalam menuangkan ide-ide apa saja yang ingin ditulis ke dalam artikelnya.

8.Ketahui Apa yang Ingin Ditulis

Dalam kegiatan menulis, pasti kalian akan mendapati kapan kalian akan selesai menulis untuk hari ini. Saat kalian telah menulis, berhentilah pada suatu titik di mana kalian merancang apa saja yang akan kalian tulis di artikel untuk keesokan harinya. Kethauilah apa yang akan kalian bahas pada artikel selanjutnya dan data apa saja yang akan kalian butuhkan pada artikel selanjutnya. Sehingga kalian tidak akan membuang waktu dengan bengong dan ktia mengetahui apa saja yang akan kalian tulis selanjutnya.

9. Jangan Porsis Otak Kalian

Apabila kalian benar-benar buntuk dan kehabisan ide untuk menulis artikel, maka jangan paksa otak kalian untuk terus berkerja keras memikirkan ide-ide yang belum pasti. Sempatkanlah istirahat agar pikiran kalian kembali segar. Jika perlu kalian dapat mencari suasana baru agar kalian tak jenuh dengan rutinitas menulis. Kalian juga dapat seskali bermain game baik itu sendiri ataupun mengajak teman, hal ini dapat membuat pikiran kalian lebih have fun dan nantinya dapat berpikir lagi dengan segar.

Penutup

Nah bagaimana, semoga tips menulis artikel tanpa kehabisan ide diatas dapat membantu kalian agar dapat mendapatkan ide-ide yang kreatif utnuk dapat ditulis di blog kalian. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru untuk kalian para penulis handal di blogger. Tetap semangat dalam menulis dan teruslah berkreasi.

Posting Komentar untuk "9 Tips Menulis Artikel Tanpa Kehabisan Ide"