Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Blog Cepat Terindex Google

masadi.id - Jika blog yang kalian buat tidak masuk dalam Index Google, maka blog kalian akan terasa sia-sia saja. Blog kalian tidak akan muncul dalam hasil pencarian dan orang-orang tak akan tahu jika blog kalian berada di dunia maya. Maka dari itu kalian wajib cari tahu bagaimana cara agar blog terindex Google, supaya blog kalian dapat dengan mudah ditemukan oleh orang lain melalui mesin pencari Google.

Lalu bagaimana caranya agar Blog yang kita buat dapat terindeks oleh mesin Google? Ok, kali ini kita akan menjelaskan secara lengkap untuk kalian pada artikel ini agar blog kalian buat tidak sia-sia.

Tapi, sebelum itu, penting untuk kalian agar mengerti apa Itu Google Index, Bagaimana cara kerja Google Index dan kenapa hal itu penting bagi keberlangsungan Blog.

Cara Blog Cepat Terindex Google

Apa itu Google Index?

Google Index merupakan database yang berisi informasi dan halaman blog atau website yang dikumpulkan Google. Dari database itulah Google bisa menampilkan hasil pencarian kepada penggunanya.

Database tersebut didapat dari proses crawling dan indexing yang dilakukan oleh mesin Google. Indexing dan crawling ini membuat Google bisa menemukan setiap halaman-halaman blog baru di dunia maya menggunakan suatu teknologi bernama spiders. Spiders Google sendiri dinamakan Googlebot.

Bagi kalian yang masih kebingungan dengan istilah-istilah diatas, berikut kami jelaskan secara singkat dibawah ini:

  • Crawl : Diartikan sebagai suatu proses untuk mengikuti berbagai link yang ada di Internet agar bisa menemukan konten baru.
  • Indexing: Proses untuk menyimpan setiap halaman website atau blog ke dalam database agar muncul di hasil pencarian Google.
  • Spiders: Sebuah teknologi canggih yang bertugas untuk merangkak di Internet.
  • Googlebot: Spiders milik Google.

Google Index inilah yang akan menampilkan suatu blog atau website pada hasil pencarian Google. Jika suatu blog tak muncul di hasil pencarian sama sekali, maka blog tersebut belum masuk ke dalam database Google Index.

Bagaimana Cara Mengetahui Blog Sudah Terindex Google atau Belum

Untuk dapat mengetahui apakah blog kita sudah terindex di mesin pencari Google atau belum, caranya sangat mudah sekali. Kalian cukup buka Google kemudian ketikan 

"site:namadomain.com"

Apabila website atau Blog kalian sudah berhasil masuk ke Google Index, maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini,

Cara Blog Cepat Terindex Google

Namun jika blog atau website yang kalian buat belum terindex, maka hasilnya akan seperti dibawah ini.

Cara Blog Cepat Terindex Google

Cara ini juga bisa kalian terapkan untuk mengetahui setiap artikel yang sudah kalian buat dan dipublish sudah terindex atau belum. Caranya sama saja, kalian hanya perlu mengganti linknya dengan link postingan artikel yang kalian buat. Contohnya seperti dibawah ini.

Cara Blog Cepat Terindex Google

Jika blog atau artikel kalian belum terindex, kalian jangan khawatir, karena untuk melakukan perayapan, Google perlu waktu agar blog atau artikel yang kita buat ada di mesin pencari Google.

Pentingnya Blog/Website harus Masuk di Google Index

Apabila blog yang kalian buat ingin muncul di hasil pencarian Google, maka url blog tersebut harus ada di Google Index terlebih dahulu. Ada di dalam index berarti Google telah menyadari bahwa blog yang kalian buat itu ada. Namun, bukan berarti Google akan secara otomatis menaruh blig tersebut di dalam ranking tinggi pada pencarian terkait, karena index dan ranking blog itu adalah dua hal yang berbeda.

Ranking berhubungan dengan SEO atau Search Engine Optimization, sedangkan untuk masuk index terlebih dahulu sebelum bisa berkompetisi dalam ranking pencarian dan mengurusi SEO.

Jadi bisa dikatakan kalau blog kalian tidak masuk ke index Google, maka blog kalian tidak akan mendapat ranking di Google. Tentu ini akan membuat blog kalian akan sia-sia, dan orang-orang tidak akan menemukan blog yang kalian baut sebelum terindex google.

Nah begitu lah pentingnya Blog agar masuk di mesin Index Google. Ok, kita lanjut ke pembahasan intinya, Bagaimana cara agar Blog terindex Google? Simak ulasan lenkapnya dibawah ini sampai habis.

Cara Agar Blog Masuk ke Google Index dengan Cepat

Sebetulnya ada banyak cara agar blog cepat terindex Google, disini kami akan mencoba mengajarkan metode yang biasa kami gunakan agar blog baru cepat terindex google.

1. Tambahkan Blog ke Google Search Console atau GSC

Cara Blog Cepat Terindex Google

Agar blog dapat masuk ke index Google, langkah pertama yang harus kalian lakukan yaitu menambah blog atau website kalian ke Googel Search Console. Google Search Console ini merupakan alat gratis bagi para pemilik blog untuk memonitoring kinerja website.

Fungsi penting dari Google Search Console dalam proses Indexing adalah kalian dapat melihat seberapa sering Googlebot crawling ke blog kalian, masukkan sitemaps. dan memperbaiki apabili ada proses  crawl yang eror.

Lalu bagaimana cara mendaftarkan Blog di Google Search Console? tenang, kalian tidak usah khawatir, untuk caranya sangat mudah sekali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca pada postingan Cara Daftarkan Blog di Google Search Console.

2. Buat Sitemap

Cara Blog Cepat Terindex Google

Untuk memudahkan Googlebot memahami isi website atau Blog, kalian perlu untuk membuat sitemap XML, Sitemap XML ini adalah daftar dari halaman website yang ditujukan kepada mesin pencari Google agar blog kalian bisa lebih mudah ditemukan yang nantinya berefek ke blog kalian agar lebih cepat terindex.

Untuk lebih jelasnya cara submit sitemap XML di Google Search Console kalian dapat membaca postingan yang sudah saya buatkan tentang Cara Membuat Sitemap XML di Google Search Console pada Blogspot.

3. Buat Robot.txt

Cara Blog Cepat Terindex Google

Robot.txt berfungsi sebagai pemberi tahu kepada mesin pencari Google mengenai halaman mana yang perlu diindeks dan halaman mana yang tak perlu untuk diindeks. Perlu kalian ketahui juga, dalam kondisi tertentu, ada halaman yang tak perlu masuk ke index Google. Misalnya jika ada konten duplikat di blog kalian.

Keberadaan konten duplikat tersebut dapat membuat Google menghapus blog kalian dari Index. Maka dari itu apabila ada konten yang duplikat, sebaiknya tak perlu masuk ke Google Index. Untuk artikel pemabahasan tentang Robots.txt Blogger, silahkan lihat disini.

4. Perbanyak Membuat Konten

Cara Blog Cepat Terindex Google

Meskipun blog atau website yang kita baru buat belum terindeks oleh mesin pencari Google, bukan berarti kita tak bisa membuat konten sama sekali. Justru kalian harus menerbitkan konten agar bsia membantu blog kalian lebih cepat untuk mausk ke mesin Google Index.

Tapi, kalian tidak bisa membuat konten yang asal-asalan. Kalian harus membuat dan mengeluarkan konten yang berkualitas secara rutin. Hal ini menunjukan kepada Google bahwa blog yang kita buat dapat memberikan berbagai informasi baru dan up to date kepada para pengunjungnya nanti.

Konten yang berkualitas tinggi dan segar tersebut juga dapat membuat Googlebot semakin sering melakukan crawling pada blog kalian karena relevannya konten dengan apa yang sedang dicari oleh orang-orang lain.

Nah, dari 4 poin penting diataslah agar blog cepat terindek di mesin Google. Cara ini merupakan cara paling mudah dan umum untuk dapat mengindex blog kedalam mesin penulus Google.

Pada dasarnya jika kita tidak melakukan apapun dengan cara diatas, Google tetap akan mengindex blog yang kita buat. Tapi kalian tidak pernah tau kapan Googlebot akan merayapi blog kalian. Dan tentunya tanpa menggunakan metode diatas blog kita akan lama terindex oleh Google.

5. Daftarkan Blog di Google News

Google News untuk Blogger

Yang terakhir adalah dengan mendaftarkan blog kalian ke Google Berita atau Google News. Cara ini sudah terbukti dapat mempercepat index konten blog kalian ke Google gak pake lama.

Dari pengalaman saya sendiri, setelah saya menerbitkan sebuah artikel di blog, tidak sampai satu jam artikel yang saya terbitkan sudah terindex di Google. Sudah banyak suhu blogger yang mengakui dengan cara ini dapat mempercepat index blog kalian di mesin penelusur google.,

Nah bagi blog kalian yang belum terdaftar di Google News, silahkan untuk didaftarkan terlebih dahulu. Untuk caranya kalian dapat membaca artikel yang sudah saya buat tentang Cara Daftar Google News disini.

Kesimpulan

Masuk ke Google Index merupakan langkah pertama agar blog atau website kalian bisa sukses. Tanpa masuk Index Google, blog yang kita buat tidak akan muncul dalam hasil pencarian dan pada akhirnya tak ada pengunjung ke blog kita. Dengan menggunakan cara-cara diatas, semoga blog yang kalian buat dapat cepat masuk ke Google Index.

Nah setelah blog atau website kalian berhasil masuk Google Inedx, Saatnya bagi kalian berusaha untuk berkompetisi di ranking hasil pencarian melalui optimasi SEO dan perbanyak konten artikel yang menarik bagi para pembacanya.

F.A.Q

Dibawah ini adalah beberapa pertanyaan umum yang biasa orang tanyakan tentang Google Index.

1. Berapa lama blog agar terindex di Google?

Mengutip dari pernyataan John Mueller, orang dalam Google, jawabannya adalah "tergantung".

Sebuah blog atau website bisa diindex dalam waktu beberapa jam atau beberapa minggu, atau bahkan butuh waktu yang lebih lama jika ada masalah teknis terhadap blog tersebut, sehingga Googlebot akan men-skip blog kalian.

Maka pastikan blog kalian tidak memiliki masalah yang serius terutama dalam hal pengindeksan.

2. Bagaimana cara kerja Google untuk melakukan index pada blog?

Mengutip dari penjelasan resmi Google, sebetulnya proses indexing cukup simpel, Google akan berusahan memahami konten yang ada di sebuah blog atau website. Google akan menganalisa apa isi dari konten sebuah blog, apa saja yang ada didalam, kemudian jika proses ini selesai, maka Google akan menyimpan data tersebut di Index Google.

3. Kenapa tidak ada artikel di Googel?

Artikel yang kita buat sudah di publish tapi artikel tidak ada di Google?

Ada beberapa alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi.

  • Artikel kalian belum di-crawl oleh Googlebot sehingga belum terindex
  • Artikel kalian terkena penalti karena ada indikasi plagiarisme. Jika artikel yang kalian buat tidak melakukan plagiat, maka kalian cukup sabar saja karena butuh waktu untuk mengindexnya.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Blog Cepat Terindex Google"