Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Sitemap XML di Blogspot

Cara Submit Sitemap XML di Google Search Console  - Sitemap merupakan file yang memberikan informasi tentang halaman, gambar, video dan file lain yang ada di dalam blog kalian, serta hubungan di antara file-file tersebut.

Sitemap dapat membantu mesin pencari Google untuk dapat menemukan halaman-halaman blog yang kalian miliki. 

Mesin pencari seperti Google dan Bing akan membaca sitemap untuk memudahkan mereka dalam proses merayapi atau meng-crawl blog kalian. Sitemap dapat memberi tahu Google mengenai halaman dan file mana yang penting menurut kalian.

Didalam sitemap juga terdapat beberapa informasi seperti kapan halaman itu terakhir diperbarui, seberapa sering halanan diubah, berapa jumlah gambar yang terdapat dalam halaman tersebut dan lain sebagainya.

Cara Buat Sitemap XML di GSC

Terdapat dua jenis sitemap di Blogger atau Blogspot. Jenis yang pertama adalah HTML, jenis ini dibuat untuk pengunjung blog atau website. Lalu jenis yang kedua adalah XML, sitemap jenis ini dibuat untuk membantu mesin pencari seperti Google dalam merayapi halaman-halaman blog yang milik kalian yang akan membantu dalam proses index.

Seperti pada judul diatas, di postingan ini yang akan kita bahas adalah sitemap jenis yang kedua yaitu XML.

Cara Mendaftarkan Sitemap XML ke Google Search Console

Berikut ini cara submit sitemap xml blog ke Google Search Console agar blog dapat dirayapi oleh mesin pencari Google untuk mendapatkan proses index yang maksimal.

sitemap xml google search console
  • Kemudian pada kolom yang tersedia isi dengan https://www.namadomainmu.com/sitemap.xml atau jika masih menggunakan blogspot https://namadomainmu.blogspot.com/sitemap.xml
sitemap xml google search console
  • Klik Kirim
  • Setelah itu kalian cek, apakah ada eror atau tidak, jika tidak brarti sitemap xml kalian sudah sukses di submit.
sitemap xml google search console
  • Selesai

Simpulan

Sitemap sebenarnya tidak wajib tapi sangat penting bagi blog yang kalian kelola. Jadi pastikan bahwa blog kalian sudah memilikinya.

Lakukan pengecekan secara reguler terhadap kondisi sitemap pada Google Search Console untuk menghindari masalah dalam proses perayapan Google.

Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi kalian semua, jika ada pertanyaan silahkan cantumkan di kolom komentar yang tersedia.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Sitemap XML di Blogspot"