Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Cara Menulis Artikel Yang Menarik Bagi Pembacanya

masadi.id - Apakah pernah kalian merasa penasaran dengan tata cara untuk membuat artikel menarik yang disukai Google? Lalu, sudahkahj kalian menemukan jawaban dari pertanyaan itu?

Bagi kalian yang saat ini sedang menekuni dunia digital marketing dan ingin memiliki artikel-artikel di Blog bisa tampil di halaman pertama Google. Kalian dapat membaca deretan tips menulis artikel yang baik dan menarik bagi pembacanya, pada postingan kali ini. Sebelum lanjut ke topik pembahasannya, bagi kalian yang belum apa itu artikel, yuk simak lebih dulu artinya.

Cara Menulis Artikel Yang Baik

Apa itu Artikel?

Artikel merupakan sebuah kalimat yang disusun oleh seseorang penulis dengan sebuah tujuan yang terkandung di dalam tulisan tersebut. Setiap orang berhak menulis artikel untuk mengemukakan pandangan mereka terhadap sesuatu hal. Menulis Artikel yang menarik dan berkualitas agar di sukai pembacanya, memang bukan perkara yang mudah apalagi bagi pemula yang baru terjun di dunia Blogging. Untuk itu kita perlu berlatih dan memiliki wawasan serta pandangan yang luas sehingga memunculkan ide-ide baru yang kreatif untuk bisa kita tuangkan ke dalam kata-kata artikel yang akan kita buat.

Ada banyak penulis artikel pemula yang membuat sebuah tulisan berdasarkan dengan apa yang terlintas di dalam pikiran merekalalu mereka mencoba untuk memposting di Blog milik mereka. Ada beberapa orang yang tidak mempermasalahkan hal tersebut. Namun, ada juga yang merasa hal itu belum benar. Jika ingin membuat pembaca tertarik untuk membaca artikel yang kita buat, maka kita harus memikirkan struktur artikel dan isi tulisan yang menarik serta berkualitas bagi pemabacanya. Maka diusahakan untuk membuat artikel yang Informatif, Edukatif dan tentunya bermafaat bagi si pembacanya. Dengan begitu pengunjung blog yang kita buat akan terus meningkat setiap harinya.

Ada banyak sekali keuntungan jika artikel yang kita tulis berhasil merajai halaman awal Google atau bahasa keren di dunia blog Page One, di antaranya seperti mendapatkan potensi kunjungan yang lebih besar, meningkatkan profit secara signifikan, sampai nama blog yang kita buat menjadi lebih terkenal lagi.

Akibat dari semakin populernya profesi seorang Blogger dan Influencer, saat ini masyarakat di Indonesia pun kian berlomba-lomba untuk belajar menulis artikel agar dapat tampil di Page One Google. Tek terkecuuali para pelapak offline yang mulai beranjak melebarkan bisnisnya melalui jalur online.

Nah, agar tidak semakin penasaran dengan tips-tips penulisan artikel ynag menarik bagi pembacanya dan sesuai standar Google, yuk langsung saja simak poin-poin penting untuk membuat artikel yang menarik dibawah ini.

7 Cara Membuat Artikel yang Menarik Bagi Pembacanya

1. Mencari Ide

Hal yang paling utama dalam membuat sebuah tulisan artikel adalah mencari ide yang cemerlang untuk konten yang akan kalian buat. Berpikirlah tentang ide seperti apa yang dapat membuat artikel menarik untuk pembaca. Segala hal yang besar bermula dari sebuah ide. Ide yang cemerlang dapat ditemukan dimana-mana dan kapan saja. Bisa juga kita mendapatkan ide pada saat sedang bersantai, dapat dari membaca artikel dan referensi tulisan orang lain atau dapat juga ketika kalian sedang berinteraksi dengan orang lain. Setiap Ide yang muncul sangatlah berharga dan penting, jangan lupa catat ide tersebut dalam sebuah notes agar tidak lupa.

2. Tentukan Topik Yang Menarik

Setelah mendapatkan ide, selanjutnya maka tentukan topik yang menarik untuk artikel kalian. Dalam memilih sebuah topik kalian harus dapat menentukan dengan seksama. Usahakan selain memilih topik yang menarik, pilih juga topik yang informatif dan Edukatif bagi pembacanya.

3. Menentukan Judul Artikel

Menentukan Judul dari artikel yang akan kita buat sesuatu yang sangat penting. Judul adalah penentu apakah artikel kita akan dibaca atau tidak. Sebaik apapun tulisan artikel yang dibuat, tidak akan berguna jika salah mencantumkan judul. Judul yang baik adalah terdapat subjek, objek dan predikat yang jelas namun hal seperti ini jarang dilakukan oleh blogger karena dianggap terlalu panjang dan tidak dapat memikat para pembacanya. Tulis judul yang dapat membuat pembaca penasaran dengan isi artile kalian contohnya "3 Tips Jitu Jago Bahasa Jepang dalam Seminggu" dengan judul seperti inimenekankan bahwa pembaca dapat menguasai bahasa jepang hanya dalam waktu yang sangat singkat.

4. Buka dengan Kalimat yang Menarik

Kalimat pembuka dalam sebuah artikel dapat membuat pembaca lebih tertarik jika ditulis dengan baik. Kalimat pembuka pada artikel jangan terlalu panjang, sisipkan pertanyaan yang membuat si pembacanya menjadi penasaran. Tulis kalimat awal yang membuat pembacanya penasarran karena hal ini dapat menarik pembaca untuk dapat membaca artikel kita lebih lama.

5. Pasang Gambar yang Menarik

Mencantumkan sebuah gambar ke dalam artikel adalah salah satu cara agar tulisan kita bisa lebih disukai pembacanya. Selain itu, visualisasi artikel yang kita buat akan menjadi lebih berwarna dan tidak monoton yang berisi teks semua. Keberadaan gambar serta ilustrasi yang unik dan menarik di sebuah artikel nantinya juga bisa menambah traffic yang lumayan potensial karena Google mengindek file tersebut di halaman pencarian google. Gambar pada artikel juga harus disesuaikan dengan isi artikel yang kita tulis.

6. Gunakan Heading

Heading sangat penting untuk pembacanya, heading berfungsi untuk menyusun level-level heading dan subheading pada website. Heading mempermudah pembacanya untuk memahami informasi dari artikel yang dibuat karena pengunjung blog kita tidak selalu membaca semua text di dalam artikel yang kita buat. Dalam sebuah blog dengan menggunakan tag heading dapat mempermudah google dan mesin pencari lainnya untuk mengindex tulisan yang kita buat, selain itu juga mempermudah pembaca untuk datang ke blog kita. Heading juga mempermudah pengguna untuk menyortir halaman agar lebih cepat.

7. Isi Konten Yang Berkualitas

Artikel yang kita tulis akan sia-sia jika tidak ada pembacanya. Tulisan yang berkualitas tidak akan berputar-putar terlalu jauh dan selalu fokus pada point tujuan masing-masing. Berikan data dan fakta yang jelas ketika menulis sebuah artikel. Tulislah konten artikel yang akurat dalam menyampaikan sebuah informasi. Artikel tidak harus panjang yang terpenting semua informasi dapat tersampaikan secara baik dan benar dan gunakan kata "anda" "kalian" "kita" agar terlihat lebih akrab dengan pembacanya. Buatlah artikel yang memorable bagi pembacanya sehingga membuat mereka kembali datang ke blog kita untuk membaca artikel dan merekomendasikan artikel yang kita buat ke teman-temannya.

8. Meminimalisir Kesalahan Penulisan (Typo)

Dengan tidak terjadinya kesalahan kata dalam membuat artikel, akan membuat pembaca lebih nyaman dan tidak terganggu. Kesalahan penulisan di dalam sebuah artikel sedikit banyak juga mampu membuat pembacanya kurang nyaman, meskipun dalam beberapa kejadian masalah Typo masih bisa ditoleransi. Jadi sebelum mempublikasikan artikel yang kita buat, usahakan untuk dicek terlebih dahulu sebelum artikel diterbitkan.

9. Tutup Artikel dengan Kalimat Yang Berkesan

Ketika membuat kalimat pembuka yang menarik maka kalimat penutup pun juga harus terkesan menarik bagi pembacanya. Jika diawal memberikan sebuah pertanyaan maka di akhir artikel dapat memberikan sebuah jawaban. Pada akhir artikel kalian juga dapat membuat kesimpulan yang mempermudah pembaca untuk mengambil inti dari artikel yang dibuat.

Kesimpulan

Nah demikianlah informasi cara membuat artikel yang baik dan menarik bagi pembacanya. Setelah kalian mempelajari cara membuat artikel yang baik di atas, saatnya bagi kalian untuk mencoba mempraktekkan tips di atas secara langsung ke dalam blog atau website pribadi kalian. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba untuk menyusun artikel yang menarik dan unik.

Posting Komentar untuk "8 Tips Cara Menulis Artikel Yang Menarik Bagi Pembacanya"