Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Candi Arjuna Dieng, Sejarah dan Harga Tiket Masuk Candi Arjuna Dieng

Candi Arjuna - Bagi kalian yang bertempat tinggal di wilayah Banjarnegara atau Wonosobo pasti sudah tidak asing dengan kompleks Candi Arjuna. Candi Arjune sendiri merupakan tempat wisata yang cukup populer yang ada di dataran tinggi dieng, perbatasan antara kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Sangat cocok bagi kalian yang ingin berwisata dengan pemandangan yang keren dan udara yang sangat sejuk.

Ada banyak tempat wisata menarik di yang bisa kalian datangi selain Candi Arjuna ini. Tak heran, jika banyak wisatawan lokal maupun asing yang datang untuk menikmati suasana wisata yang adem dan menenangkan.

{tocify} $title={Table of Contents}

Tempat Wisata Candi Arjuna

Harga Tiket Masuk Candi Arjua

Di tempat wisata candi Arjuna ini kalian bisa menemukan spot-spot foto menarik yang aesthetic dan tentunya instagramable banget. Nah, jika kalian tertarik untuk datang ke tempat wisata candi arjuna ini, berikut akan saya bagikan juga harga tiket masuk candi Arjuna. Namun sebelumnya, alangkah baiknya jika kita tahu tentang sejarah candi Arjuna yang ada di kompleks Candi Arjuna.

Dengan begitu, sekain kita bisa berwisata kita juga bisa mendapatkan pengetahuan edukasi tentang situs sejarah masa lalu dan fenomena alam yang ada di candi Arjuna.

Sejarah Candi Arjuna

Candi Arjuna adalah salah satu bangunan candi di Kompleks Percandian Arjuna, Dieng. Dikutip dari laman Wikipedia.org, Candi Arjuna diperkiraan sebagai candi tertua di Jawa yang dibangun pada abad ke 8 Masehi oleh Dinsati Sanjaya dari Mataram Kuno. Di kompleks candi ini juga terdapat Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa dan Candi Sembadra.

Untuk candi Arjuna sendiri terletak di bagian paling utara dari deretan percandian di kompleks tersebut. Sementara itu untuk candi Semar adalah candi perwara atau pelengkap dari Candi Arjuna. Kedua candi ini saling berhadapan. Candi-canid di Dieng ini diberikan nama oleh masyarakat dieng dengan nama tokoh pewayangan Mahabarata sebagai nama candi.

Info lebih detail tentang Candi Arjuna baik sejarah dan arsitekturnya, kalian bisa baca secara lengkap di laman Wikipedia tentang Candi Arjuna.

Harga Tiket Masuk Candi Arjuna 2022

Untuk harga tiket masuk ke tempat wisata candi Arjuna ini cukup terjangkau, kalian akan dikenakan biaya Masuk Candi Arjuna sebesar Rp. 20.000,- per orang. Namun, harga tersebut ternyata tidak hanya untuk satu tempat saja, pengunjung yang datang ke Candi Arjuna bisa masuk ke Wisata Kawah Sikidang tanpa harus membeli tiket masuk lagi.

Jadi, bagi kalian yang datang ke wisata candi Arjuna, kalian harus menyimpan tiket masuk candi arjuna setelah melakukan pengecekan oleh petugas dan jangan sampai hilang.

Harga Tiket masuk di Candi Arjuna untuk hari libur atau tanggal merah tetap sama, yakni Rp. 20.000,-.

Hari Wisata Harga Tiket Masuk
Hari Biasa/Hari Libur Candi Arjuna dan Kawah Sikidang 20.000

Rute Lokasi Wisata Candi Arjuna

Tempat wisata Candi Arjuna terletak di dataran tinggi dieng yang berada di ketinggian sekitar 2.093 mdpl. Dimana Dieng adalah dataran tinggi yang berada di antara dua kabupaten yakni Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Namun, untuk candi arjuna sendiri berada di wilayah administratif Kabupaten Banjarnegara, tempatnya di desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Apabila kalian ingin berkunjung ke kompleks Candi Arjuna, kalian bisa mengikuti petunjuk jalan menuju candi Arjuna yang terpasang hampir disetiap persimpangan Jalan. Ada 4 rute yang bisa kalian tempuh tergantung dari lokasi kalian, berikut ini rute menuju candi Arjuna.

1. Rute dari arah Jogjakarta

Merupakan rute yang cukup populer untuk kalian yang ingin mengunjungi Candi Arjuna dari kota-kota besar di Indoensia seperti Surabaya dan Jakarta. Karena banyak transportasi dari dan menuju je Jogja mulai menggunakan bus, kereta ataupun pesawat terbang.
  • Apabila kalian ingin pergi dari arah Jogjakarta dengan menggunakan transportasi Bus, carilah bus dengan jurusan menuju Semarang/Magelang.
  • Lalu turun di Terminal Magelang, perjalanan memakan waktu sekitar 1,5 jam.
  • Di terminal magelang kalian bisa mencari Bus tujuan Wonosobo
  • Turun di Terminal Wonsobo, dimana perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam
  • Cari angkutan umum menuju terminal bus dieng-batur
  • Dari terminal Dieng Batur kalian bisa mencari ojek untuk mencapai Candi Arjuna

2. Rute dari arah Semarang

Selain dari arah Jogjakarta, kalian yang dari arah Semarang juga bisa dengan mudah diakses dari Jakarta ataupun Surabaya.
  • Jika kalian berada di Jakarta atau Surbaya, silaha cari Bus dengan jurusan Semarang - Wonosbo -  Purwokerto
  • Dari terminal wonosobo, kalian bisa langsung mencari terminal Dieng Batur

3. Rute dari arah Surakarta

Jika dengan menggunakan angkutan umum dari kota Surakarta memang cukup sulit. Termudah adalah kalian bisa menuju stasiun jogja dulu. Yang kemudian baru mengikuti rute dari Jogja menuju Candi Arjuna seperti rute pertama diatas. Apabila kalian ingin menggunakan kendaraan pribadi, jalur kota yang dapat kalian lalui adalah Solo ke Boyolali, Salatiga, Ambarawa, Secang, Temanggung, Parakan, Wonosobo, Dieng. Untuk selanjutnya menuju Candi Arjuna.

4. Rute dari arah Purwokerto

Untuk dapat menuju ke Purwokerto, kalian bisa menggunakan kereta api, jika kalian dari jakarta, maka rute purwokerto merupakan rute tercepat yang bisa kalian pilih. Setelah di Purwokerto, kalian bisa menggunakan bus umum jurusan Purwokerto-Wonosobo untuk selanjutnya setelah di terminal Wonsobo, kalian bisa naik bus menuju terminal dieng-batur.

Sebagai informasi tambahan, ketika kalian datang ke obyek wisata di dataran tinggi Dieng menggunakan bus Pariwisata. Dengan banyaknya peserta otomatis tidak bisa langsung menuju objek Dieng. Kalian harus transit di kota Wonosobo, baru ganti dengan shuttle bus untuk menuju wisata Dieng-nya. Alasannya karena jalan yang kecil dan medan jalan yang menanjak. Jadi tidak memungkinkan untuk Bus Besar untuk dapat melewatinya.

Galeri Foto Wisata Candi Arjuna

Dibawah ini juga saya bagikan beberapa foto dari tempat wisata Candi Arjuna yang beberapa hari lalu saya kunjungi bersama teman saya.

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Wisata Candi Arjuna Dieng

Akhir Kata

Nah, itulah tadi informasi tentang wisata Candi Arjuna dan harga tiket masuk candi Arjuna yang bisa kalian baca diatas. Berwisata di Candi Arjuna Dienga selain mendapatkan suasana yang fresh dan menyejukan kalian juga bisa mendapatkan edukasi sambil mengenal candi-candi dan sejarahnya di Indoensia.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang hendak datang ke objyek wisata dataran tinggi Dieng terutama Candi Arjuna.