Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng Terbaru 2022

Tiket Masuk Kawah Sikidang - Selain tempat wisata Candi Arjuna, kawasan daratan tinggi dieng ada banyak tempat wisata menarik dieng yang patut kalian kunjungi, salah satunya yakni Kawah Sikidang. Tempat wisata kawah sikidang ini tidak jauh dari lokasi kawasan kompleks candi arjuna. Sala satu informasi yang penting dan paling di cari seputar Dieng di internet adalah harga tiket masuk.

Bagi kalian yang terbiasa merencanakan estimasi anggaran liburan sebelum berlibur, tentu merupakah hal yang penting karena bagaimanapun harga tiket sedikit banyak akan mempengaruhi biaya berlibur kalian. Nah, bagi kalian yang sedang mencari info harga tiket masuk Kawah Sikidang Dieng, disini saya akan bagikan harga tiket masuk kawah sikidang dieng pada saat saya datang berkunjung kemarin (13/07/2022).

Namun, sebelum itu seperti biasa alangkah baiknya kita mengenal dulu apa itu kawah sikidang dan beberapa informasi menarik lainnya. Hal ini akan menjadi pengetahuan bagi kalian yang datang ketempat wisata kawah sikidang dieng.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

{tocify} $title={Table of Contents}

Tentang Kawah Sikidang

Mengutip dari laman wikipedia.org, Kawah Sikidang adalah lapangan perkawahan di Dataran Tinggi Dieng yang berada paling dekat dengan kawasan percandian Dieng, lokasinya yang mudah dijangkau dan suasana keindahan alam sejuk menjadikan banyak wisatawan baik lokal maupun manca negara yang datang ke tempat wisata ini.

Kawah Sikidang terbentuk dari letusan gunung berapi yang sudah bertahun-tahun lalu lamanya, Kawah Sikidang sendiri merupakan kawah aktif terbesar yang ada di Dataran Tinggi Dieng. Kawah ini memiliki satu telaga air panas kecil dengan air yang selalu mendidih dan celah gas dengan titik-titik yang selalu berpindah-pindah di dalam suatu lapangan seluas kurang lebih 4 hektare. Berbeda dengan kawah-kawah lainnya, kawah sikidang ini berada di daratan yang cukup datar.

Nama Sikidang diambil dari kata "Kidang/Kijang" yang berarti hewan yang sering melompat-lompat. Nama ini mewakili dari karakter Kawah Sikidang sendiri dimana tiap tahunnya selalu berpindah tempat. Meskipun dikategorikan dengan kawah aktif, tempat ini aman dikunjungi,

Ditempat wisata kawah sikidang ini kalian bisa melihat secara langsung dari aktivitas vulkanik kawah sikidang. Semburan lumpur dan asap dari kawah besar ataupun kecil lainnya, abila kalian datang ketempat ini saya sarankan untuk membawa masker, karena terkadang bau asapnya cukup menyengat.

Fasilitas dan Spot Foto Keren Kawah Sikidang

Pada tahun 2021 kemarin area tempat wisata Kawah Sikidang mengalami pemugaran. Di kawah sikidang ini telah terbangun jembatan kayu yang memanjang dan berkelok. Kalian dapat berswafoto ria dengan background kawah sikidang dan jembatan kayu yang aesthetic dan keren.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba sensasi telur rebus di Kawah Sikidang, serta dikawasan ini terdapat penyewaan alat bermain seperti sepeda, motorcross, ATV dan kuda. Wisatawan dapat berkeliling menikmati pemandangan Kawah Sikidang dengan menaiki salah satunya.

Selain penyewaan alat bermain, di area kawah sikidang juga banyak terdapat penjual pernak pernik khas Dieng. Kalian dapat membeli oleh-oleh khas Dieng pada saat menuju area pulang. Tidak ketinggalan juga di area kawah sikidang juga terdapat banyak warung yang menjajakan makanan khas DIeng, seperti tempe kemul, carica, minuman purwaceng dan masih banyak lagi lainnya.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang 2022

Untuk dapat memasuki kawasan wisata Kawah Sikidang ini kalian tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Hanya dengan Rp. 20.000 per orang, kalian sudah bisa menikmati suasana sejuk dan indah dari pemandangan kawah sikidang.

Harga yang dibayarkan tersebut sudah termasuk tiket untuk mengunjungi Komplek Candi Arjuna. Jadi setelah kalian selesai dari kawah sikidang, kalian bisa lanjut ke kompleks candi Arjuna dengan gratis. Maka dari itu, tiket yang sudah kalian beli jangan sampe hilang.

Untuk jam operasional nya, kawah sikidang ini buka setiap hari dan jam bukanya mulai dari pagi sampai sore hari.

Hari Jam Buka Wisata Harga Tiket Masuk
Weekday & Weekend 07.00 - 17.00 WIB Candi Arjuna dan Kawah Sikidang 20.000

Galeri Foto Kawah Sikidang

Berikut ini saya bagikan juga beberapa foto tempat wisata kawah sikidang yang saya kunjungi beberapa waktu lalu. Kalian bisa lihat sendiri untuk area kawah sikidang mengalami perubahan atau pemugaran yang dimana sebelumnya tidak ada jembatan, sekarang sudah terdapat jembatan kayu. Hal ini menambah daya aesthetic lebih dan juga keren untuk berfoto-fotot.

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Wisata Kawah Sikidang

Lokasi Kawah Sikidang

Apabila kalian mempunyai rencana untuk datang ke tempat wisata Kawah Sikidang ini, kawasan ini berlokasi di dataran tinggi dieng, tepatnya berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah 53456.

Tidak ketinggal pula saya sertakan Google Maps untuk memudahkan kalian mencari lokasi kawah sikidang.

Akhir Kata

Nah, demikianlah informasi mengenai harga tiket masuk wisata Kawah Sikidang Dieng. Semoga artikel ini bisa membantu kalian dan bisa dijadikan referensi untuk bagi kalian yang sedang mencari info tentang harga tiket masuk Kawah Sikidang Dienga.