Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen Terbaru 2022

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen - Siapa sih yang tidak kenal dengan pantai terindah di Kebumen ini? Ya, namanya Pantai Menganti Kebumen, pantai ini sangat terkenal di dengan keindahan dan kepopulerannya di Kebumen apa lagi bagi kalian yang bertempat tinggal di wilayah Kebumen Jawa Tengah pasti sudah tidak asing lagi.

Pantai Menganti adalah salah satu pantai terindah di Jawa Tengah yang patut kalian kunjungi. Terletak di Kabupaten Ayah, Kebumen dengan keindahan dari panorama bukit yang menakjubkan dan pasir pantai berwarna putih memberikan kesejukan bagi siapapun yang memandang. Tempat wisata Pantai Menganti ini sangat terawat oleh Pemerintah setempat, sehingga akses atau rute untuk menuju lokasi pantai menganti terbilang cukup mudah. Selain akses jalan, ada juga fasilitas lain yang juga cukup lengkap disini, seperti lahan parkir, tempat makan, bahkan penginapan juga ada disini.

Tak ketinggalan juga, dilokasi ini juga terdapat banyak sekali spot-spot menarik untuk dijadikan background selfie yang keren dan tentunya sangat instagramable banget.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti

Tentang Pantai Menganti dan Sejarahnya

Sebelum pantai ini dikenal sebagai pantai menganti, pantai ini terlebih dahulu dikenal sebagai dermaga nelayan. Para nelayan setempat mendaratkan perahunya setelah mencari ikan di lautan lepas. Sebenarnya pantai ini juga masih berfungsi untuk dermaga bagi nelayan, namun pemerintah menambahkan fasilitas pantai sebagai objek wisata. Pemerintah pun dengan sigap menambahkan fasilitas yang membuat kenyamanan para pengunjung pantai.

Sejarah pantai menganti berasal dari kisah seorang panglima perang yang melarikan diri dari kerajaan karena hubungannya dengan seorang wanita tidak direstui oleh sang ayah. Wanita tersebut bukan berasal dari kalangan rakyat biasa. Wanita tersebut tidak lain adalah seorang putri raja. Maka tidak heran jika hubungan asmara dari keduanya tidak direstui. Namun gelora asmara yang memuncak dan tidak bisa dipendam meruntuhkan segala ketakutan. Sepasang kekasih tersebut pun memiliki tempat rahasia untuk berjumpa. Mereka memilih pesisir pantai sebagai tempat pertemuan rahasia mereka berdua di pantai ini.

Pantai Menganti Kebumen

Panglima tersebut menunggu sang putri diatas bukti kapur dengan pasir pantai yang putih bersih nan indah. Setipa hari panglima tersebut menanti sang putri sembari menatap laut jauh-jauh. Penantian tersebutlah yang dijadikan sebuah nama pantai yaitu Pantai Menganti. Menganti berasal dari kata penantia yang diartikan menunggu atau menanti.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Saloka Park Semarang 2022

Wahana yang ada di Pantai Menganti Kebumen

Pantai menganti ini memang merupakan objek wisata alam utamanya, namun kalian jangan salah, ditempat wisata Pantai Menganti ini juga ada beberapa tambahan wahana yang bisa kalian nikmati bersam teman atau keluarga. Cek selengkapnya dibawah ini.

1. Jembatan Merah

Salah satu spot foto yang sangat instagramable banget di Pantai Menganti ini ya di Jembatan Merah ini. Jembatan ini membentang sepanjang 300m yang bisa kalian lalui untuk jalan-jalan dan berfoto selfie disini.

2. Balon Udara

Selanjutnya ada balon udara, wahana ini sangat cocok bagi kalian yang ingin menikmati pantai dari ketinggian. Kalian cukup membayar Rp. 15.000 untuk menaiki wahana tersebut. Dengan menaiki balon udara ini, kalian dapat menikmati pemandangan dari atas ketinggian dari pantai Menganti.

3. Sepeda Gantung

Nah, bagi kalian yang ingin foto yang agak berbeda dari yang lain di Pantai Menganti ini, kalian dapat menaiki wahana sepeda gantung ini. Selain hasil foto yang keren, adrenalin kalian juga pasti akan tertantang dan pastinya akan seru banget.

4. Tanjung Karang Bata

Gungung api purba tanjung karang bata merupakan wahana berikutnya yang dapat kalian kunjungi di Pantai Menganti. Selain pemandangan yang sangat apik dan indah, di tempat ini juga memberikan kesejukan lewat semilirnya angin pantai menganti.

5. Bukit Sigatel

Salah satu bukit indah yang tidak jauh dari pantai menganti, yang bisa di jadikan wisatawan untuk menikmati pemandangan sunset.

6. Spot Memancing

Bagi kalian yang hobi memancing, tempat ini bisa dijadikan tempat untuk memancing. Wahana atau tepatnya area memancing di laut selatan yang tak ada salahnya untuk kalian coba.

Selain wahana diatas, sebenarnya masih ada banyak lagi wahana yang dapat wisatawan temukan disana.

Fasilitas Pantai Menganti

Untuk fasilitas yang disediakan di pantai menganti ini, sangatlah lengkap. Mulai dari toilet, kamar ganti, mushola sampai tempat makan ada disini, Tempat makan ini lah yang istimewa di Pantai Menganti. Selain wisatawan dapat memilih langsung ikan segar yang akan dimasak, pengunjung juga akan disediakan tempat untuk makan berupa gasebo. Gasebo ini berada di lereng-lereng bukit yang menghadap langsung ke laut. Jadi akan sangat lezat ketika menikmati kuliner seafood di pantai ini. Bagi kalian yang ingin bermalam di pantai ini, juga terdapat homestay yang nyaaman untuk semua anggota keluarga.

Penginapan Pantai Menganti

Pengelola Pantai Menganti telah membuka sebuah penginapan atau homestay di pantai menganti ini. Pengunjung bisa menyewa sebuah kamar dengan harga yang cukup terjangkau. Biaya penginapan satu malam berkisar antara Rp.100.000 sampai Rp. 200.000.

Harga Tiket Masuk Pantai Menganti Kebumen 2022

Untuk dapat menikmati keindahan panorama alam Pantai Menganti ini, kalian cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp. 17.500,-. Dengan biaya sebesar itu pengunjung bisa menikmati pantai sepuas hati. Selain itu bagi pengunjung yang ingin memasuki wahana yang disediakan seperti diatas tadi, pengunjung cuma akan dikenakan biaya sebesar Rp.15.000 di bebrapa wahana yang disediakan.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Marawa Beach Club Padang

Jam Buka Pantai Menganti Kebumen

Mengenai jam operasional pantai menganti kebumen, kalian dapat berkunjung selama 24 jam non stop di Pantai Menganti ini.

Lokasi Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti terletak sekitar 40 km dari pusat kota Kebumen dengan jarak tempuh sekitar 60 menit. Alamat tepatnya di desa Karangduwur, Kecamatan Ayah. Rute perjalanan menuju Pantai Menganti ini memang terbilang sedikit agak berat. Karena pengunjung yang ingin datang kesini perlu melewati jalan naik dan berkelok. Pastikan bahwa kendaraan kalian yang digunakan dalam keadaan baik, cek terlebih dahulu sebelum berangkat ya.

Berikut ini sudah kami sedikana lokasi melalui Google Maps untuk Pantai Menganti Kebumen:

Galeri Foto Pantai Menganti Kebumen

Tak lupa juga kami bagikan beberapa spot foto atau gambar Pantai Menganti Kebumen di bawah ini.

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Pantai Menganti Kebumen

Penutup

Pesona Pantai Selatan memang tidak ada tandingannya. Selain kalian dapat mengunjungi Pantai Menganti banyak juga keseruan yang bisa kalian lakukan di Pantai ini.

Demikianlah informasi mengenai harga tiket masuk pantai menganti di kebumen yang indah yang wajib kalian datangi jika berada di kebumen jawa tengah.