Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal

Cara Mendapatkan Uang dari Internet - Di era digital seperti sekarang ini, mendapatkan uang dari Internet sangatlah mudah. Semua tergantung dari kemauan kita mau belajar atau tidaknya. Pasalnya berkat teknologi yang semakin canggih membuat kalian akan jauh lebih efektif untuk dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan jumlah yang fantastis dengan hanya bermodalkan Smartphone ataupun Gadget lainnya.

Ada banyak cara mendapatkan uang dari Internet, mulai dari menjadi pengembara digital atau yang dikenal dengan istilah digital nomad, marketing, sampai wirausahawan yang sedang naik daun, dan masih banyak ide bisnis yang dapat kalian coba di rumah menggunakan smartphone atau komputer dan koneksi internet yang stabil.

Di artikel kali ini, saya akan membagikan beberapa macam cara untuk kalian agar bisa mengasilkan uang dari Internet dengan mudah, tidak terikat waktu, fleksibel, namun hasilnya cukup menggiurkan. Kemudian juga yang kalian perlukan hanyalah ketekunan, konsisten serta keseriusan dalam menekuninya hingga sampai pada titik dimana kalian berhasil dan sukses membuktikannya.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Tanpa Modal

10 Cara Mendapatkan Uang dari Internet

1. Membuat Toko Online

Dengan semakin majunya teknologi, kini situs e-Commerce atau Toko online kian semakin populer untuk menghasilkan uang dari Internet. Terlebih lagi dengan adanya platform seperti WordPress dan WooCommerce yang mempermudah dalam pembuatan toko Online.

  • Jika kalian lebih suka berjualan produk fisik, memiliki toko online sudah pasti menjadi pilihan terbaik. Terdapat dua metode yang perlu kalian pertimbangkan agar toko online bisa sukses.
  • Pertama buat dan jual produk ke target pembeli tertentu. Pastikan produknya sesuai dengan ceruk pasar (niche) yang kalian ketahui.

Beli barang-barang produsen yang lebih murah dari luar negeri. Setelah itu, beri kemasan baru dan pasarkan kembali dengan harga lbih tinggi.

Apabila merasa metode pertama terlalu berisiko, coba metode kedua. Cari produk-produk populer di sejumlah platform, seperti Shopee, Lazada, Bukalapak, Tokopedia, atau Aliexpress untuk memasarkan hingga ke luar negeri. Kemas kembali dengan nuansa yang baru dan pajang di toko online milik kalian.

2. Program Afiliasi

Program Afiliasi merupakan salah satu bentuk kerja sama dengan sebuah perusahaan dalam melakukan promosi. Apabila kalian berhasil mengajak ornag untuk membeli atau menggunakan produk dari sebuah perusahaan, kalian akan mendapatkan komisi.

Contoh bisnis Afiliasi yang paling sederhana yaitu menggunakan kode referral. Kalian akan mendapatkan bonus tertentu jika berhasil mengajak orang menggunakan suatu aplikasi dan memasukkan referral dari kalian.

Bisinis dapat dikatakan bisnis yang tidak membutuhkan modal. Kalian sebaiknya melatih kemampuan komunikasi dan cara meyakinkan orang lain untuk sukses di bisnis ini.

3. Menjadi Social Media Influencer

Ditengah maraknya social media yang meningkat, Influencer menjadi profesi baru di sebagian kalangan orang. Orang yang menjadi Influencer memiliki kewajiban untuk memengaruhi masyarakat melalui tindakannya di dunia maya.

Pada saat ini hampir semua perusahaan menggunakan jasa Influencer dimana dinilai lebih efektif dibandingkan dengan iklan seperti biasanya.

Adapun syarat untuk menjadi seorang Influencer yaitu memiliki pengikut atau followers yang jumlahnya banyak. Influencer sangat cocok sebagai ide usaha untuk para mahasiswa.

Lalu bagaimana cara atau langkah yang harus dilakukan untuk menjadi Influencer?

  • Pertama tentukan bidang yang akan kalian fokuskan
  • Buat konten yang sesuai dengan bidang yang kalian pilih
  • Ciptakan pola komunikasi yang efektif dengan pemirsa
  • Membangun reputasi atau citra yang baik

4. Menjadi Conten Creator

Content Creator pada masa sekarang menjadi salah satu profesi yang cukup digemari, terutama oleh kalangan anak muda. Youtube adalah salah satu platform content creator yang cukup populer untuk saat ini. 

Youtube dapat mendatangkan keuntungan bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan. Di Indonesia sudah banyak sekali contoh Youtuber suskes seperti Atta Halilintar, Ria Ricis dan masih banyak lagi.

Untuk dapat mendapatkan uang dari Youtube, kalian bisa mendaftarkan diri kalian di Adsense. Selain itu, kalian juga bisa menjadi Influencer di Platform berbagai video yang satu ini.

5. Blogger

Selain menjadi seorang Youtuber, kalian juga dapat menjadi seorang blogger untuk mendapatkan penghasilan dari Internet. Sumber penghasilan seorang blogger pun secara umum terbagi menjadi dua pilihan yaitu hasil dari iklan yang dibayarkan Adsense dan menjadi Influencer.

Nah, bagi kalian yang bernia ingin menjadi seorang blogger kalian dapat membuat Blog terlebih dahulu, sebelum mengisi konten-konten pada blog tersebut. Kalian dapat membaca Panduan Cara Membuat Blog di Blogger pada postingan saya sebelumnya.

6. Menjadi Penulis Freelance

Salah satu profesi ini sangat cocok bagi kalian yang suka atau hobi menulis. Kalian dapat bergabung dengan website ataupun perusahaan-perusahaan yang memang memiliki kepentingan tertentu untuk kebutuhan perusahaanya. Jika dilihat saat ini bahwa hampir 90% perusahaan yang ada dipenjuru dunia menggunakan strategi content marketing untuk bisa melakukan penjangkauan terhadap konsumennya dengan tujuan peningkatan kualitas penjualan suatu produk.

Untuk dapat menjadi seorang penulis lepas atau istilahnya freelancer, kalian bisa bergabung dengan situs atau Website yang membutuhkan penulis yang memberikan peluang untuk kalian hobi menulis agar bisa mendapatkan uang.

7. Desain Grafis

Desainer Grafis saat ini juga menjadi salah satu peluang bisnis online yang cukup ramai. Desainer banyak dibutuhkan oleh perusahaan dan industri menyusul budaya digitalisasi yang kini semakin marak.

Untuk mendapatkan pekerjaan terkait, kalian dapat bergabung dengan situs-situs freelancer di Internet. Selain itu, kalian juga bisa menjual desain karya kalian di website seperti Shutterstock dan Freepik. Kalian akan mendapatkan komisi dari setiap karya yang diunduh.

8. Menjual Tema dna Plugin

Saat ini perkembangan webstie sangat cepat, bahkan digunakan hampir di seluruh lapisan masyarakat. Nmaun hal tersebut tak diiringi dengan peningkatan kemampuan pengembangan website sehingga masyarakat lebih memilih untuk menggunakan tema dan plugin yang sudah jadi.

Kondisi inilah dapat kalian jadikan sebagai ladang bisnis. Terutama bagi kalian yang memiliki kemampuan coding dan fokus pada pengembangan website. Plug in dan tema yang kalian buat bisa dipasarkan melalui marketplace seperti ThemeForest.

9. Membuat Jasa Kursus Online

Ini adalah prosfesi yang membutuhkan keahlian tinggi dan ingin berbagi ilmu. Manfaatkan keahlian kalain atau ilmu kalian untuk membuat kursus online. Kalian bisa membuat website atau aplikasi kursus sendiri layaknya Ruang Guru yang saat ini tengah naik daun.

Lalu bagaiman cara membuat kursus online kalian dapat menarik di mata masyarakat?

  • Pertama pilih tema yang akan menjadi fokus pembahasan dalam kurusu kalian
  • Usahakan untuk memilih topik yang sedang banyak dicari
  • Buatlah konten yang unik dan mengundang perhatian orang
  • Sediakan banyak pilihan pembayaran untuk menbuat pengguna merasa lebih nyaman

10. Menjual Produk Dropsip

Dropship adalah cara berjualan tanpa adanya modal dan tanpa harus memiliki stok barang dirumah. Jadi, kalian hanya berperan sebagai penghubung antara konsumen dengan supplier barang jualan kalian.

Kalian akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga barang yang kalian tawarkan dengan harga supplier tawarkan.

Dibawah ini langkah-langkah utnuk memulai bisnis dropsip,

  • Tentukan jenis produk yang akan dijual
  • Memilih supplier yang reputasinya baik
  • Menentukan platform untuk berjualan
  • Menyusun strategi promosi

11. Berjualan Software

Kalian mempunyai kemampuan untuk mengembangkan software atau aplikasi? Hasilkan pundi-pundi uang dari kemampuan kalian tersebut itu.

Untuk mendapatkan uang, kalian dapat bergabung di situs freelancer untuk mendapatkan pekerjaan. Selain itu, kalian juga dapat mengembangkan aplikasi secara mandiri dan mengunggahnya di AppStore ataupun Playstore.

12. Menjual Karya Foto Digital

Perlu kalian ketahui, bahwa hampir semua karya yang berbentuk digital memiliki nilai ekonomis, tak terkecuali sebuah karya dari foto. Sehingga disini kalian bisa memanfaatkan untuk menjual karya berupa foto agar mendapatkan keuntungan.

Kebanyakan fotografer menjual karyanya di situs pihak ketiga seperti shutterstock, iStockphoto, dan Etsy. Hasil karya foto kalian akan dimuat di situs tersebut setelah memenuhi persyaratan. Pelajari maisng-masing situs karena mereka memiliki standar yang berbeda.

Dengan mengunggah karya di 3 situs tersebut, kalian akan mendapatkan komisi dari pembelian foto. Semakin banyak diunduh akan semakin besar pula keuntungan yang kalian dapatkan.

Penutup

Nah, itu dia beberapacara mendapatkan uang dari Internet yang patut kalian coba, selain terkesan fleksibel kalian juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan jumlah fantastis. Pastikan juga konsisten dan banyak mempelajari hal baru untuk memperluas jaringan serta wawasan kalian.

Posting Komentar untuk "12 Cara Mendapatkan Uang dari Internet Bagi Pemula Tanpa Modal"