Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Rahasia Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense

Sebagai seorang blogger pasti tahu dengan namanya Google Adsense. Ya, mungkin sebagian orang berkeinginan menjadi seorang Blogger karena sudah tahu apa itu Google Adsense. Google Adsense adalah program periklanan berbayar yang ditujukan bagi para pembuat konten, pemilik wbsite, blogger atau youtuber untuk dapat memperoleh pendapatan dari setiap kunjungan atau view dari konten yang diterbitkannya.

Di luar sana ada banyak sekali program bisnis online yang juga cukup menjajikan bagi pendapatan blogger, namun Google Adsense masih menjadi salah satu yang terbaik meskpun untuk dapat mengikutinya tidak bisa dibilang mudah.

Untuk dapat tergabung di program Google Adsense, hal yang harus kalian punyai adalah sebuah blog atau video di youtube. Tapi bukan hanya sekedar punya saja, melainkan kalian harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan mendapatkan persetujuan sebelum tergabung dalam program Google Adsense.

Agar dapat diterima Google Adsense selalu ada perjuangan yang tidak mudah, baik untuk blog ataupun youtube. Bagi para blogger ada beberapa hal yang wajib kalian ketahui terlebih sebelum daftar agar cepat diterima Google Adsense.

Tips Jitu Diterima Adsense

Berikut beberapa Tips yang bisa kalian gunakan dan terapkan pada blog yang kalian kelola agar dapat diterima dengan cepat oleh Google Adsense.

13 Tips Diterima Google Adsense dengan Mudah untuk Blog

1. Jangan terlalu Cepat Mendaftar Google Adsense

Kesalahan pertama yang sering terjadi saat mendaftar Google Adsense bagi seorang blogger adalah terlalu cepat mendaftarkan blognya. Sebelum mendaftarkan blog yang kalian miliki, sebaiknya melengkapi blog dengan banyak artikel dan pengunjung. Menurut pengalaman saya, sebuah blog akan terlihat baik jika dirawat dengan baik dan rutin dalam jangka waktu 3 bulan. Dengan waktu tersebut, blog akan memiliki pengunjung. Maka dari itu, lebih baik daftarkan blog ke GoogleAdsense jika sudah berumur lebih dari 3 bulan.

2. Membuat Konten Berkualitas

Artikel yang berkualitas adalah artikel yang bebas dari copy-paste, minimal panjang 1000 kata yang dilengkapi denga gambar yang relevan sesuai dengan isi artikelnya, serta bermanfaat bagi pembacanya. Buatlah setidaknya 20 artikel berkualitas dan posting di blog kalian. Setelah itu bagikan konten yang kalian terbitkan ke media sosial dan social bookmark seperti Twitter, Facebook, atau media sosial lainnya. Buatlah artikel yang kaya akan informasi agar artikel dan blog kalian ramai akan pengunjung.

3. Jangan Copy Paste Artikel

Seperti yang saya sebutkan diatas, artikel berkualitas adalah artikel yang tidak copy paste. Jika kalian melakukan hal tersebut, tentu akan menyebabkan blog yang kalian kelola memiliki reputasi dan kualitas yang buruk di mata Google, dan itu sangat akan sulit untuk muncul di mesin pencari Google dan sebagainya. Maka hindari membuat artikel atau konten dengan copy paste.

4. Buat Konten yang paling banyak dicari

Sebelum kalian membuat blog yang akan didaftarkan ke Google Adsense, alangkah baiknya untuk menentukan tema atau topik konten yang banyak di cari orang, dan pastinya yang kalian kuasai. Selain itu, fokuslah pada satu topi atau tema. Artinya dalam mendaftarkan blog ke Google Adsense, gunakanlah blog yang memiliki satu topik, atau satu pembahasan. Namun jika memang blog kalian berupa blog gado-gado atau blog informasi campuran, tidak ada salahnya untuk didaftarkan juga.

5. Mempercepat Loading Blog

Kecepatan sebuah loading blog adalah salah satu faktor utama yang google nilai saat untuk meranking sebuah blog. Semakin cepat blog yang kalian miliki, maka tidak menutup kemungkinan jika blog kalian akan cepat diterima adsense.

6. Membuat Halaman Pendukung pada Blog

Buatlah halaman pendukung pada blog kalian seperti About Us, Contact, Privacy Policy, Term of Service dan Disclaimer. Dengan adanya halaman pendukung ini akan membuat blog kalian terlihat profesional. Google Adsense juga memperhatikan pertimbangan ini sebagai salah satu keseriusan kalian sebagai seorang blogger.

7. Pastikan Navigasi Mudah dan Jelas

Selain membuat halaman pendukung seperti yang saya sebut diatas, kalian juga harus memperhatikan Navigasi pada blog yang kalian miliki. Navigasi merupakan bagian yang penting dalam sebuah blog. Dengan adanya navigasi ini sangat menentukan kenyamanan pengunjung. Semakin mudah dan jelas navigasi suatu blog, maka semakin baik juga pengalaman pengguna yang diberikan.

Setidaknya ada tiga hal yang perlu kalian pertimbangakn berkaitan dnegan navigasi, yaitu keterbacaan, penataan dan fungsi. Contoh seperti blog dengan tema wisata yang baik penataan navigasinya seperti ini "Beranda > Tujuan > Galery > Ulasan > Tentang Kami". Tapi kalian dapat menentukan navigasi sesuka kalian asalkan pengunjung bisa dengan mudah memahami dan berinteraksi dengan sis blog kalian.

8. Optimasi SEO pada Blog

Apakah kalian tahu apa itu SEO? ternyata SEO sangat berdampak signifikan bagi blog yang kalian kelola untuk dapat diterima oleh Google Adsense. Pada saat ini SEO dijadikan tolak ukur untuk memonetisasi blog oleh Google Adsense, sebab bagus atau tidaknya kualitas sebuha blog dinilai dari Page Autority dan Domain Autority yang dimiliki oleh sebuh blog.

Ada dua jenis SEO yang dapat kalian terapkan di blog kalian, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Kalian dapat mempelajari SEO untuk Blog pada artikel yang saya buat sebelumnya.

9. Gunakan Google Search Console utnuk Blog

Setelah blog kalian memiliki beberapa artikel, jangan lupa untuk mendaftarkan blog ke Google Search Console. Hal ini akan berdampak bahwa blog yang kalian kelola akan di index lebih cepat dan kalian dapat submit sitemaps blog di Googel Search Console ini.

10. Jangan Pasang Iklan Lain saat Proses Pendaftaran

Jika kalian ingin menjadi publisher Adsense, saat mendaftarkan usahakan tidak sedang menggunakan iklain lain pada blog yang sedang didaftarkan. Setelah kalian diterima adsense barulah kalian dapat mendapingkannya dengan iklan lain.

11. Gunakan Template Friendly

Sebisa mungkin gunakan template yang frendly, artinya memiliki tampilan yang bagus, memiliki navigasi yang mudah digunakan serta loading yang cepat. Rekomendasi template untuk digunakan bagi para pengguna Blogger yaitu Evomagz atau Viomagz.

12. Menggunakan Top Level Domain (Domain TLD)

Blog yang memiliki domain TLD akan berpeluang lebih besar daripada blog dengan subdomain. Untuk top level domain/TLD, kalian bisa menggunakan domain seperti .com, .net, dan domain lainnya. Selain itu, jika kalian menggunakan Domain TLD maka blog yang kalian kelola akan terlihat lebih profesional hal ini tentu saja Google akan lebih menyukainya.

13. Patuhi Kebijakan dan Kelayakan Google Adsense

Karena Google Adsense telah memiliki kebijakan dan kelayakan yang harus kalian taati, maka bagi kalian yang ingin bergabung sebagai Publihsernya silahkan untuk mematuhi kebijakan dan kelayakannya. Jangan sekali kali melanggar kebijakan google seperti membuat blog download software ilegal atau blog yang mengandung unsur konten dewasa.

Penutup

Nah kurang lebih seperti itulah tips agar diterima Google Adsense untuk blog yang kalian kelola. Pentingnya membangun blog terlebih dahulu agar terlihat lebih layak untuk didaftarkan Google Adsense merupakan faktor penting juga yang harus kalian perhatikan. Jika hanya blog yang dibuat asal-asalan maka jangan harap kalian bisa menjadi bagian dari Google Adsense.

Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi para blogger pemula seperti saya. Jangan lupa untuk ikuti update informasi menarik lainnya di blog ini.

Posting Komentar untuk "13 Rahasia Termudah Agar Blog Diterima Google Adsense"