Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Optimasi Blog dengan SEO On Page

Panduan Optimasi SEO On Page - Dalam dunia blogger optimasi SEO sangatlah penting, hal ini merupakan faktor yang dapat meningkatkan peringkat blog di mesin penelusuran dengan cepat. SEO di bagi menjadi dua jenis, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai apa itu SEO On Page dan bagaimana cara penerapannya di Blogger.

Cara SEO On Page pada Blog

Pengertian SEO On Page

SEO on page merupakan praktek pengoptimasi SEP yang dilakukan terhadap konten yang diterbitkan. Langkah optimasi SEO on page tersebut berfokus pada faktor-faktor yang ada di dalam konten. Sederhananya, SEP on page dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas sebuah konten agar mudah dibaca dan dipahami bagi pembaca blog atau website.

Pentingnya SEO On Page

SEO On Page yang dioptimasi dengan baik dan benar, juga akan memudahkan bagi mesin penelusur untuk dapat memahami konteks dari konten dan relevansi blog kalian dengan kata kunci yang dicari.

Google, dengan kebanyakan algoritma kompleksnya, menjadi jauh lebih baik dalam:

  • Memahami apa yang sebenarnya ditelusuri pengguna saat mereka mengetik kueri di penelusur
  • Memberikan hasil pencarian yang memenuhi maksud pengguna (informasi, belanja, navigasi).

Berdasarkan dengan perkembangan ini sangat penting, dan kalian dapat melakukannya dengan memastikan bahwa blog dan kontennya, baik yang terlihat oleh pengguna di halaman blog (teks, gambar, video atau audio) dan elemen yang hanya terlihat untuk bot mesin penacian misalnya tag HTML, data terstruktur, dioptimalkan dengan baik sesuai dengan praktik SEO terbaru.

Bagaimana Cara Membuat Konten SEO yang Baik

Sebelum kalian berfikir untuk pengoptimalan yang bersifat teknis, seperti penempatan kata kunci yang tersebar di sebagian konten, kalian juga perlu mmebuat konten yang ingin diberi peringkat oleh Google. Maka dari itu, kalian perlu kata kunci yang memiliki target utama.

Dibawah ini tips dalam membuat konten SEO yang baik

1. Relevan

Relevansi dapat dibilang bagian paling penting dari SEO On Page, dimana kalian harus menyelaraskan konten sesuai dengan maksud pencarian. Gagal memberi mesin penelusur apa yang mereka inginkan maka peluang mendapatkan peringkat pun akan semakin tipis.

2. Unik

Sangat penting untuk memberikan apa yang diinginkan mesin pencari, tetapi kalian juga perlu menghadirkan sesuatu yang baru. Jika kalian gagal melakukan ini, maka konten yang kalian buat akan sama seperti milik orang lain. Dalam pembuatan konten SEO, harus tetap ada ruang lingkup untuk beberapa kreativitas.

3. Jelas

Meskipun konten tersebut baik, tapi harus tetap selasar dengan maksud penelusuran , tidak ada yang akan mebacanya jika konten tidak jelas. Untuk dapat membuat konten yang jelas dan mudah dipahami pembacanya, ikuti tips sederhana dibawah ini untuk membuat konten jelas bagu pembacanya

  • Gunakan bullets untuk membantu metode pembaca skimer
  • Gunakan subheadings deskriptif (H2-H6) untuk herarki
  • Gunakan Gambar untuk memecahk teks
  • Gunakan kata-kata sederhana yang dapat dimengerti semua pembaca
  • Gunakan kalimat dan paragraf pendek untuk menghindari teks yang terlihat terlalu penuh
  • Gunakan font besar untuk membantu kemudahan pembacanya

Tips tersebut dapat mempermudah pengguna untuk menemukan apa yang sedang mereka cari. Jika kaliam membahas semua hal yang ingin diketahui pengguna di halaman tersebut, tetapi mereka tidak dapat menemukannya, mereka pasti akan dengan cepat menunggalkan halaman kalian dan lebih memilih konten dari blig lain yang lebih jelas dan mudah dimengerti.

Lalu bagaimana penerapan SEO On Page pada Blog yang Baik? Simak lengkapnya dibawah ini.

Cara Optimasi SEO On Page

Membuat jenis konten yang ingin dilihat Google dan mesin pencari lain memang cukup sulit, apa lagi bagi pemula yang baru terjun di dunia blogging. Untuk dapat optimasi SEO On Page, kalian hanya perlu mengoptimalkan hal-hal teknis seperti meta tag dan URL. Hal tersebut dapat membantu memperjelas Google dan mesin pencari bahwa halmana kalian adalah hasil yang terbaik. Dibawah ini beberapa cara optimasi SEO On Page:

1. Menyematkan Kata Kunci di dalam Judul Konten

Judul konten biasanya dirangkum dalam tag H1. Mungkin inilah sebabnya memasukkan keyword atau kata kunci ke dalam judul telah menjadi salah satu kunci dalam pengoptimalan SEO. Memang terkadang akan tidak selalu masuk akal untuk menggunakan kata kunci yang tepat dalam judul, tetapi kalian dapat mengakalinya dengan menggunakan varian yang mirip. Penting juga untuk kalian menjaga agar judul tersebut tetap natural, sehingga gunakan kata sambung dna hapus kata-kata yang tidak diperlukan.

2. Gunakan URL Sederhana

Strategi SEO On Page satu ini mengutamakan URL singkat dan deskriptif yang membantu mesin penelusur untuk memahami tentang apa halaman itu sebelum mengklik. Contohnya sebagai dibawah ini:

https://www.masadi.id/2022/03/seo-on-page-54560.html

https://www.masadi.id/2022/03/panduan-seo-on-page-lengkap.html

Dari kedua URL diatas yang lebih baik dan mendeskripsi isi artikel yang mana? tentu URL yang ke dua kan? Kejelasan dalam URL dapat memberi tahu kalian tentang apa halaman itu, sehingga membuat hasil SERP bisa lebih jelas dan memperbesar potensi mendatangkan klik lebih banyak.

Untuk blogger, kalian dapat mengubah premalink konten pada saat kalian sedang menulis konten pada menu sebelah kanan, kalian dapat mengaturnya agar sesuai dengan kata kunci yang tertarget dengan optimal.

3.  Mengoptimalkan Title Tag/Judul

Tag judul atau title tag merupakan sebuah tag HTML yang ada dibagian awal dari setiap halaman blog, memeberikan isyarat atau konteks utama tentang materi pokok topik dari masing-masing halaman tersebut. Tag ini ditampilkan di halaman hasil mesin pencari (biasanya digunakan sebagai link yang dapat diklik).

4. Tulis Meta Deskripsi yang Menarik

Google sering menampilkan deskripsi meta halaman sebagai cuplikan deskripsi di SERP. Meskipun google menyatakan meta deskripsi memang tidak terlalu membantu dalam menentukan peringkat, tidak ada salahnya utnuk tetap mengoptimalkannya. Karna teknik SEO On Page ini akan muncul pada SERP di aman akan berpengaruh apda klik dan trafik.

5. Tambah Gambar

Konten yang berisi teks saja tentu akan sangat membosankan bagi pembacanya. Selain membosankan, konten tanpa media visual apapun akan melelahkan untuk dibaca. Jadi pastikan kalian menambahkan setidaknya satu atau dua gambar pada setiap konten yang kalian buat.

6. Pengoptimalan Gambar

Setelah kalian menambahkan gambar pada konten yang kalian tulis, jangan lupa untuk optimasi gambar tersebut. Hal tersebut dapat meningkatkan kualitas SEO on page, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan.

Pertama, pastikan size atau ukuran gambar tidak terlalu besar. Gambar yang terlalu besar hanya akan memperlambat loading blog, oleh karnanya kalian perlu mengkompres atau mengecilkan ukuran gambar tersebut. Setidaknya ukuran satu gamabr tidak lebih dari 100kb.

Kedua, berikan nama file yang sesuai dengna fokus keyword atau kata kunci yang kalian targetkan. Nama file yang sesuai dengan fokus kata kunci dapat membantu gambar tersebut untuk muncul di Google Image Search.

Ketiga, ubah alt text sesuai focus keyword. Alat text atau alternative text berfungsi untuk membantu Google mengidentifikasi topik yang kalian bahas di konten. Selain itu, alt text yang tepat juga memudahkan gambar untuk muncul di hasil pencarian gambar.

7. Memanfaatkan Heading dan Subheading (H2,H2)

Untuk dapat memudahkan pengunjung dalma membaca konten yang kalian buat, kalian perlu membuat struktur konten yang jelas dan mudah untuk dipahami pembaca. Salah satunya denga cara membuat struktur konten yang mudah dipahami adalah dengan memanfaatkan heading dan sub headding.

Heading dan subheading berfungsiuntuk memecahkan artikel kalian menjadi beberapa bagian. Sebenarnya, heading dan subheadng adalah bab dan subbab seperti dibuku. Dengan adanya ini, pembaca akan lebih mudah untuk menemukan poin-poin penting yang mereka butuhkan.

Selain itu, heading dan subheading juga dapat membantu mesin penelusur untuk memahami konten yang kalian buat. Heading memudahkan search engine bot untuk melakukan perayapan di konten dan melihatnya sebagai pokok bahasan konten.

8. Letakan Kata Kunci/Keyword di 100 Kata Pertama

Selain meletak keyword di judul, paragraf pertama juga harus memberikan kesan peratma yang baik bagi pembacanya. Kalian harus to the point mengenai apa yang akan kalian sampaikan pada isi konten tersebut. Maka sebaiknya letakkan focus keyword di 100 kata pertama jika memungkinkan.

9. Menggunajan Tema Responsif (Mobile Friendly)

Maksud dari tema responsif atau mobile friendly adalah tema yang kalian pakai di blog dapat kompatibel dengan perangkat apa pun. Baik dibuka dengan desktop, tablet ataupun dari mobile, blog kalian tetap berjalan dengan baik dan responsif.

10. Menambahkan Link Internal dan Eksternal

Menautkan link ke sumber daya internal dan eksternal yang relevan dapat membantu pengunjung blog untuk menavigasi blog dan menemukan informasi lebih lanjut. Tentu saja bukan berarti kalian haru menautkan di mana saja demi menggunakan cara ini. Cukup tautkan ke halaman internal dan eksternal yang masuk akal seperti sumber, rekomendasi atau unggahan blog terkait.

11. Menambah Tombol Share Media Sosial

Meskipun share di media sosial tidak berpengaruh secara langsung ke kualitas SEO,kalian tida bisa mengabaikannya begitu saja. Media Sosial bisa membantu kalian menjangkau dan membangun audiens baru di berbagai platform. Apalagi maysarakat Indonesai dikenal aktif di media sosial.

12. Panjang Konten

Tidak ada angka pasti untuk berapa jumlah panjang kata dalam sebuah konten. Sebab penentu jumlah kata selalu berbeda tergantung kata kunci yang ditargetkan dan konten kompetitor. Dalam dunia blogger, para ahli mengatakan memiliki banyak kata akan lebih baik dari pada sedikit. Semua tergantung dari kata kunci yang kita ambil. Bisa saja kalian menargetkan kata kunci A kalian perlu membuat konten dengan 800 kata, sedangkan untuk kata kunci B kalian perlu membuat konten 200 kata.

Kalian perlu mengukur berapa panjang konten yang harus kalian buat. Caranya yaitu dengan melihat kata pada konten kompetitor di keyword yang kalian targetkan. Setelah itu kalian buat konten yang jumlah katanya sama atua lebih dari jumlah kata kompetitor.

13. Kecepatan Loading Blog

Loading blog lambat hanya akan mebuat pengunjung frustasi lalu meninggalkan blog kalian. Semakin banyak yang meninggalkan blog kalian, maka tinggi bounce rate nya. Bounce rate yang tinggi tentu akan berpengaruh buruk pada kualitas SEO kalian.

Kesimpulan

Meningkatkan SEO On Page sangatlah penting bagi kemajuan blog yang kalian kelola. Dengan optimasi SEO On Page yang benar, dapat memberikan hasil blog yang baik di mata mesin penelusur google. Tentu hal tersebut akan berdampak pada naiknya pengunjung ke blog kalian, karena blog yang kalian terasa bermanfaat bagi pembacanya.

Setelah kalian menerapkan SEO On Page dengan baik, selanjutnya untuk meningkatkan lagi blog kalian, kalian perlu optimasi SEO yang kedua, yaitu SEO Off Page. Bagaimana caranya? Simak di artikel cara Optimasi SEO Off Page pada Blog atau Website.

Posting Komentar untuk "Cara Optimasi Blog dengan SEO On Page"