Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Diet Saat Bulan Puasa Bisa Turun Sampai 10kg

Bulan suci ramadhan dapat menjadi momen yang tepat bagi kalian yang ingin menurunkan berat badan tapi belum kesampaian juga. Nah, maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa tips diet saat puasa yang tepat agar cara menurunkan berat badan kalian dapat berjalan efektif dan maksimal. Lalu, seperti apa cara menurunkan berat badan saat bulan puasa?

Tips Diet Sehat Saat Puasa

Banyak orang yang menganggap bahwa dengan menjalani puasa di bulan ramdhan maka dapat membantu menurunkan berat badan. Kenyataannya, tak sedikit yang justru malah mengalami kenaikan berat badan saat menjalani ibadah ini.

Pada dasarnya, cara untuk diet saat puasa sama dengan tips diet pada umumnya yang dilakukan sehari-hari di luar bulan puasa. Kalian harus tetap melakukan diet yang seimbang dengan mengonsumsi asupan berkarbohidrat kompleks, lemak dan protein yang tepat saat sahur dan berbuka puasa. Apabila hal tersebut tidak diperhatikan maka misi untuk menurunkan berat badan di bulan puasa akan sia-sia saja.

Nah, untuk menghindari hal itu, berikut ini tips diet sehat di bulan puasa yang dilansir dari laman halodoc sebagai berikut:

1. Batasi Makanan dan Minuman yang Manis

Saat berpuasa kalian tetap membutuhkan asupan gula saat berbuka puasa untuk mengembalikan energi. Hal ini karena berpuasa selama belasan jam tersebut dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi menurun, sehingga kalian perlu mengembalikannya dengan makanan-makanan atau minuman yang manis.

Namun perlu diingat juga, batasi asupan gula yang kalian konsumsi. Terlalu banyak makan-makanan atau minuman manis justru akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh dan kemudian menaikkan berat badanmu. Jadi sebaiknya pilihlah makanan berkarbohidrat kompleks untuk menambah energi berpuasa, seperti buah, sayur dan nasi merah.

2. Hindari Makan Berlebihan

Tips diet selama bulan puasa selanjutnya yaitu menghindari makanan berlebih. Meskipun kalian tidak makan dan minum seharian, bukan berarti kalian boleh "balas dendam" pada saat berbuka puasa. Makan dengan porsi yang berlebihan bisa meningkatkan gula secara drastis. Padahal, tubuh tidak memproduksi banyak insulin ketika kalian berpuasa, kelebihan gula pun akan diubah menjadi lemak di dalam tubuh.

Jadi, kalian perlu menjaga porsi makan saat sahur dan buka puasa. Supaya kalian tidak tergoda untuk makan yang berlebihan, cobalah untuk menggunakan piring yang ukurannya lebih kecil untuk makan. Selain, itu juga kalian bisa sahur atau berbuka pusa dengan makanan yang bisa bikin cepat kenyang, misalnya sup.

3. Hindari Makan Gorengan

Setelah menahan lapar seharian, gorengan adalah salah satu makanan yang tampak menggiurkan untuk disantap waktu berbuka puasa tiba. Hati-hati saja, mengonsumsi makanan yang serba digoreng yang banyak dengan lemat jahat (lemak jenuh) di bulan puasa bisa membuat kalian mengalami kenaikan berat badan.

Jadi, sebaiknya hindari makanan gorengan dan makanan yang berlemak lainnya agar berat badan saat puasa bisa berkurang. Untuk dapat memenuhi kebutuhan nutrisi saat puasa, gantilah lemak jenuh dengan lemak tidak jenuh yang lebih baik untuk kesehatan kita. Ini karena lemak tidak jenuh tidak meningkatkan kadar kolesterol dalma tubuh. Kalian bisa mendapatkan asupan lemak tidak jenuh pada alpukat, ikan dan kacang-kacangan.

4. Memperbanyak Konsumsi Serat dan Protein

Tips diet saat bulan puasa selanjutnya yaitu memperbanyak konsumsi serat dan juga protein untuk tubuh kita. Hal ini, karena makanan yang berserat tinggi akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama, sehingga kalian tidak mudah cepat lapar dan bisa tahan puasa sepanjang hari.

Makanan yang memiliki serat tinggi dan protein juga membantu menekan nafsu makan, sehingga ketika waktu berbuka puasa tiba, kalian tidak kalap dan makan secara berlebihan.

5. Cukupi Kebutuhan Air putih

Tips diet saat bulan ramadhan selanjutnya adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama berpuasa dengan minum air putih setidaknya 8 gelas per hari. Kalian bisa menggunakan rumus 2-2-2-2. yaitu dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka puasa, dua gelas setelah shalat tarawih, dan dua gelas sebelum tidur.

Menurut penelitian dalam Hournal of Cliniical Endocrinology and Metabolism, minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Hal ini baik untuk menurunkan berat badan, karena semakin cepat metabolisme dalam tubuh kalian bekerja, maka semakin banyak lemak dan kalori yang bisa dibakar oleh tubuh.

6. Tidur yang Cukup

Jika kalian ingin menurunkan berat badan saat puasa, kalian perlu mencukkupi waktu tidur yang diperlukan tubuh kalian. Pasalnya, kurang tidur saat puasa akan mengacaukan sistem metabolisme kalian. Akibatnya, tubuh tidak dapat membakar timbunan lemak secara efektig. Kurang tidur juga bisa meningkatkan kadar hormon ghrelin yang menyebabkan nafsu makan bertambah, ini bisa mneyebabkan kalian jadi kalap dan makan terlalu banyak saat berbuka puasa.

Penutup

Itulah beberapa tips diet saat puasa yang bisa kalian ikuti. Walaupun sedang diet, sebaiknya kalian tetap memperhatikan kebutuhan gizi, salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi vitamin dan suplemen. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi kita semua. Selamat mencoba, dan semoga berhasil ya.