Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Cara Jitu Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Di dalam menjalankan ibadah puasa, Nabi Muhammad SAW senantiasa menganjurkan kepada umatnya untuk menyantap hidangan di waktu sahur. Sebab, ada berkah luar biasa yang bisa didapatkan dari sahur. Makanya, umat Muslim dianjurkan untuk tidak melewatkan makan sahur karena alasan papaun, termasuk telat bangun sahur. Selain kehilangan kesempatan untuk mendapatkan berkah, melewatkan saat sahur juga akan mempengarhui kondisi tubuh saat berpuasa nantinya.

Untuk itu, selama berpuasa hendaknya jangan sampai melewatkan makan sahur karena terlambat bangun tidur. Selain akan kehilangan berkah, tidak sahur juga akan berpengaruh kepada kondisi tubuh kita selama berpuasa.

Nah, lalu bagaimanakah caranya agar tidak terlambat bangun sahur? Diambil dari berbagai sumber, berikut ini tips ampuh yang mudah untuk dilakukan agar bagun sahur tidak telat.

6 Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

1. Niat

Hal pertama yang perlu kalian lakukan adalah meniatkan bangun tidur untuk sahur dalam hati sambil mamanjatkan doa kepada Allah SWT. Mintalah perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT agar bisa bangun tepat waktu dan tidak tertinggal makan sahur. Selain itu, cobalah kalian untuk tidur dalam keadaan sudah berwudhu. Hal ini diamksudkan untuk terhindar dari belenggu jin atau setan ketika tidur.

2. Tidur Lebih Awal

Pastikan kalian memiliki waktu tidur yang cukup di malam hari agar bisa bangun lebih awal. Maka dari itu, tidurlah lebih awal agar bangun kalian tidak telat nantinya. Usahakan agar tidak tidur lebih dari jam 10 malam. Untuk itu, segeralah tidur selesai tarawih agar memiliki waktu lebih banyak untuk beristirahat.

3. Hindari Cahaya Berlebih dan Kafein

Tips yang ketiga agar kalian tidak telat saat sahur yaitu menghindari minuman kafein dan penggunaan cahaya yang berlebih pada elektronik seperti penggunaan ponsel atau laptop. Hal ini membantu kalian agar cepat tertidur. Kandungan pada kafein dan cahaya terang pada elektronik bisa membuat mata tetap terjaga sehingga sulit untuk tidur.

4. Pasang Alarm

Memasang alarm adalah cara terbaik untuk bisa membantu kalian terbangun di waktu sahur. Pasang waktu alarm 15 menit lebih awal dari waktu makan sahur yang sudah dijadwalkan. Jika menggunakan alarm ponsel, hindari penggunaan snooze yang bisa membuat kalian terbangun berkali-kali ketika tidur sehingga menyebabkan sakit kepala.

5. Tidak Makan Berlebihan

Jagalah porsi buka puasa kalian agar tidur lebih nyaman. Makan terlalu banyak saat berbuka puasa dapat memicu aktivitas pencernaan yang buruk. Hal tersebut juga bisa memicu ketidaknyamanan pada lambung ketika kalian memutuskan untuk segera tidur setelah makan. Maka akibatnya, tidur dan kesehatan tubuh juga akan terganggu.

6. Minta Bantuan Orang Lain

Terakhir yaitu dengan meminta bantuan orang lain, hal ini bisa kalian lakukan jika alarm yang kalian pasang tidak cukup efektif untuk membangunkan dari tidur. Kalian bisa meminta orang serumah seperti keluarga atau bisa juga via telpon. Kalian bisa meminta temanmu untuk menelponmu sampai kalian terbangun. Namun akan lebih efektif jika dibangunkan secara langsung. Namun, perlu di ingat juga untuk membangunkan orang perlu juga santun yang baik, tidak membangunkan dengan dikagetkan, hal ini bisa membuat kalian pusing dan sakit kepala saat bangun karena kaget.

Penutup

Itulah tadi 6 Tips agar kalian tidak telat bangun sahur pada saat bulan puasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan memberikan wawasan baru bagi kita semua. Jangan lupa untuk ikuti terus update informasi menarik lainnya diblog ini dan follow juga fanspage masadi.id.

Posting Komentar untuk "6 Cara Jitu Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur"