Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tempat Ngabuburit di Solo Paling Populer dan Hit

Ketika bulan Puasa tiba, ngabuburit atau sebuah kegiatan untuk menunggu waktu adzan maghrib tiba bisa dikatakan menjadi salah satu primadona yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, seperti saya misalnya. Pasalnya, kegiatan ngabuburit ini bisa menjadi kesempatan bagi kita untuk berkumpul dengan keluarga ataupun teman sambil berkunjung ke tempat tertentu sembari menunggu waktu berbuka puasa tiba.

Di Indonesia sendiri hampir semua kota pasti memiliki tempat ngabuburit nya masing-masing. Tak terkecuali seperti kota Solo atau Surakarta yang berada di Jawa Tengah ini. Di kota Bengawan ini terdapat beragam lokasi yang bisa kalian kunjungi dengan teman atau keluarga sembari menunggu waktu adzan magrib. Dari berolahraga, nongkrong ataupun mencari menu kuliner berbuka pausa juga bisa kalian lakukan di lokasi ngabuburit di Solo ini.

Lalu, dimana sajakah tempat ngabuburit yang asik dan seru di Solo? Berikut ini beberapa rekomendasi tempat ngabuburit asik dan seru yang ada di sekitar Solo.

11 Lokasi Paling Populer untuk Ngabuburit di Solo

1. Stadion Manahan Solo

Stadion Manahan Solo

Lokasi pertama yang banyak dikunjungi masyarakat Solo dan sekitar untuk menunggu waktu berbuka puasa yaiatu di sekitar Stadion Manahan Solo. Bukan hanya olahraga, di Stadion Manahan ini kalian juga bisa sambil berburu menu kuliner berbuka puasa atau takjil, pasalnya di setiap momen bulan Ramadan, banyak penjual yang menjajakan dagangannya di sekitar Stadion. Beberapa kuliner yang bisa kalian beli di sekitar Stadion Manahan seperti cakwe, gorengan, es tebu, es buah, tahu aci, cilok dan masih banyak lagi lainnya.

2. Taman Jaya Wijaya

Taman Jaya Wijaya

Selain Stadion Manaha, ada juga Taman Jaya Wijaya yang bisa kalian datangi untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga. Taman Jaya Wiajaya ini berlokasikan di Mojosongo, Jebres. Di taman ini kalian bisa jalan-jalan santai mengitari taman, sembari jalan-jalan kalian juga bisa mengajak bermain buah hati di area taman. Pasalnya, banyak fasilitas yang ramah anak di Taman Jaya Wijaya Solo ini, salah satunya yaitu ayunan. Bukan hanya itu saja, di lokasi ini juga terdapat banyak penjual yang menjajakan takjil menjelang waktu berbuka puasa.

3. Alun-Alun Kidul

Alun-alun kidul

Lokasi ngabuburit paling hit selanjutnya di Solo yaitu di Alun-alun kidul Solo. Di area ini, kalian bisa mengajak teman atau keluarga kalian untuk jalan-jalan sambil melihat kerbau bule. Bahkan, disini kalian juga bisa memberi makan kerbau peliharaan keraton Solo tersebut. Terdapat juga berbagai penjual takjil di sekitar area Alun-alun kidul. Mulai dari bakso bakar, cilok, es buah, es degan, dan lain sebagainya.

4. Gladag Food Center

Gladag Food Center

Lokasi selanjutnya yang wajib kalian kunjungi ketika bulan puasa tiba di kota Solo adalah Gladag Langen Bogan (Galabo) di daerah Pasar Kliwon tepatnya di kawasan Kedung Lumbu. Meskipun pada siang hari spot hits ini terlihat begitu sepi, namun pada menjelang sore hari tiba maka area Galabo ini akan sangat ramai dikunjungi banyak orang yang ingin berburu takjil. Banyak warga atau masyarakat solo yang datang ramai-ramai menuju Galabo ini sambil jalan santai sekaligus berburu menu berbuka puasa bahkan sampai menggelar buka bersama di tempat ini. Selain itu, dengan adanya akses wifi gratis di lokasi ini semakin membuat para pengunjung menjadi betah untuk berlama-lama di Galabo.

5. Taman Balekambang

Taman Balekambang Solo

Selain Galabo, masyarakat kota Solo juga sering berkunjung ke Taman Balekambang untuk mengisi waktu kegiatan ngabuburit sambil menikmati pepohana yang hijau. Taman kota hijau yang memiliki luas sekitar 10 hektar ini dibangun oleh KGPAA Mangkunegara VII pada tanggal 26 Oktober 1921 silam dimana spoit ini dipersembahkan untuk kedua putri tercintanya. Tak hanya memiliki pemandangan yang indah, ruang terbuka hijau ini bahkan telah dibekali dengan sederet fasilitas untuk memenuhi fungsinya sebagai taman seni, budaya, botani, rekreasi dan juga edukasi. Lokasinya berada di jln Balekambang No. 01 Kel. Manahan, Kec. Banjarsari Surakarta Jawa Tengah.

6. Taman Sekartaji

Taman Sekartaji Solo

Selain taman Balekambang, masyarakat kota Solo juga senang untuk menghabiskan waktu menjelang buka puasa dengan berkunjung ke ruang terbuka hijau di kalan Tentara Pelajaar nomor 77 ini. Dan menurut masyarakat Solo, taman yang diresmikan oleh Bapak Joko Widodo ini diklaim sebagai salah satu runag terbuka hijau yang paling mewah di kota keraton tersebut. Berlokasi di pinggir kali Anyar dekat rumah sakit Dr.Oen membuat taman Sekartaji ini mejadi mudah diakses. Jadi tak heran jika pada hari biasapun spot ini akan selalu ramai dikunjungi orang.

7. Pabelan

Berada di kawasan kampus Muhammadyah ternama di Kota Surakarta membuat tempat yang satu ini menjadi salah satu spot untuk ngabuburit paling ramai dikunjungi oleh anak-anak muda. Ramainya kawasan tersebut bukan hanya karena banyaknya pengunjung namun kehadiran dari puluhan pedagang barang maupun kuliner juga turut meramaikan spot ngabuburit satu ini. Bagi kalian yang ingin berburu menu berbuka puasa yang enak, maka tak ada salahnya untuk berkunjung ke sekitar lokasi tersebut.

8. Gerbang Institut Seni Indonesia

Gerbang Institut Seni Indonesia

Terkenal sebagai salah satu kota studi di Indonesia dan memiliki banyak kampus terkenal, maka tak heran jika hampir sebagian besar tempat tongkrongan di Solo ini kebanyakan berada di daerah mahasiswa. Setelah Pabelan, tempat untuk ngabuburit berikutnya yang asik dan seru berada di sekitar area kampus yaitu Gerbang Institut Seni Indonesia di jalan Ki Hajar Dewantara 19. Jika bulan puasa telah tiba, gerbang kampus yang mirip seperti perahu ini akan selalu ramai dikunjungi setiap harinya, bukan hanya dari kalangan anak-anak muda.

9. Ngarsopuro Night Market

Ngarsopuro Night Market Solo

Berada di jalan Diponegoro Kelurahan Keprabon, Banjarsari Kota Surakarta, Ngarsopuro Night Market mungkin bisa jadi salah satu alternatif bagi kalian yang ingin ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ngabuburit di tempat tongkrongan anak muda kota solo ini bakal lebih terkesan karena kita akan dihibur oleh sederetan event menarik seperti festival clothing, jenang atau acara lainnya. Selain menikmati event yang diadakan, di Night Market ini kalian juga bisa berburu makanan khas kota Solo atau bahkan bersantai sambil menikmati Wifi Gratis.

10. Kawasan Keprabon

Kawasan Keprabon

Kawasan ini bisa dibilang adalah surganya kuliner khas kota Solo. Selain ngabuburit di Ngarsopuro Nigt Market, kalian juga bisa datang ke tempat ini untuk mencari takjil berbuka puasa. Kebanyakan takjil di sini adalah menu tradisional khas solo. Salah satunya timlo. Harga makanan di tempat ini nggak begitu mahal. Jika kalian tertarik kalian bisa datang ke Kawasan Keparbon yang beralamat di Kawasan Keparbon, Kota Surakarta Jawa Tengah.

11. Kawasan Uniervistas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret

Selain Gerbang Institut Seni Indonesia dan Pabelan, kawasan kampus Universitas Sebelas Maret ini juga bisa menjadi tempat ngabuburit paling ramai dikunjungi terutama oleh para anak muda. Tak hanya sekedar untuk nongkrong saja, di kawasan ini juga kita bisa berwisata kuliner untuk menu berbuka puasa dengan harga yang murah meriah ala kantong mahasiswa.

Penutup

Demikianlah 11 tempat ngabuburit di Solo paling asik dan seru bagi masyarakat kota Solo. Apakah kalain tertarik untuk berkunjung ke sana? Jika iya, ajak teman atau keluarga kalian untuk keliling sembari menunggu bedug adzan maghrib tiba.

Semoga informasi tempat ngabuburit di Solo ini bermanfaat dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang hendak keluar untuk menghabiskan waktu menunggu buka puasa tiba bareng teman atau keluarga.

Posting Komentar untuk "11 Tempat Ngabuburit di Solo Paling Populer dan Hit"