Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tempat Ngabuburit di Bandung Paling Seru dan Asyik

Memasuki waktu sore hari dibulan Puasa, ngabuburit memang sudah menjadi tradisi yang tidak pernah dilewatkan oleh sebagian masyarakat. Ngabuburit sembari menunggu waktu bedug adzan maghrib memang cara paling asik dan seru untuk melupakan rasa lapar saat berpuasa. Karena dengan ngabuburit jika diisi dengan bertukar cerita atau bercanda tawa bersama teman dan keluarga maka waktu akan terasa berjalan lebih cepat.

Nah bagi kalian yang bertempat tinggal di Bandung dan sedang mencari lokasi untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga tercinta, ada beberapa referensi tempat ngabuburit di Bandung dan sekitarnya yang bisa kalian datangi sendiri dibawah ini.

10 Tempat Ngabuburit di Bandung yang Asik dan Seru

Di Bandung ada berbagai tempat yang cocok untuk kalian ngabuburit bersama teman atau keluarga. Selain suasananya nyaman, ada banyak jajanan enaknya. Jadi, selain ngabuburit kalian juga bisa berbuburu kuliner takjil yang sangat lezat untuk bekal buka puasa nantinya.

1. Masjid Raya Bandung & Alun-Alun Bandung

Tempat Ngabuburit di Bandung

Tempat ngabuburit pertama yang paling populer di B
andung adalah Alun-alun Bandung. Penampilannya yang nggak seperti alun-alun pada umumnya membuat pengjung merasa betah untuk berlama-lama disini. Jika biasanya alun-alun ditumbuhi rumput, di sini kalian hanya akan menemukan rumput sintetis dengan pola tertentu. 

Kalian bsia duduk santai di atas rumput sembari bercerita ataupun bercanda dengan teman dan keluarga. Dan juga melihat pemandangan masjid kota yang megah disitu. Di area sini juga terpadat penjual takjil yang sangat belimpah sehingga kalian tidak perlui bingung pada saat waktu buka puasa tiba. Saat adzan maghrib tiba, kalian bisa berbuka puasa bersama lalu dilanjutkan dengan menunaikan ibadah solat di masjid samping alun-alun.

2. Kawasan Jalan Braga

Tempat Ngabuburit di Bandung

Tidak jauh dari lokasi Masjid Raya Bandung, kalian bisa melanjutkan ngabuburit ke sebuah jalan yang sangat ikonik di kota Bandung yang berada di Jl Baraga Braga Kec Sumur Bandung Kota Bandung. Seperti halnya kota Tua yang ada di Jakarta, Jalan Braga juga memiliki suasana tempo dulu namun tetap asik untuk ditelusuri. Selain banyak penjaja lukisan dan bangunan lama yang unik untuk dijadikan spot foto, disini kalian juga dapat menemukan banyak tempat tongkrongan yang seru seperti resto dan cafe yang bisa jadi pilihan untuk tempat buka puasa nanti.

3. Gedung Sate & Lapangan Gasibu

Tempat Ngabuburit di Bandung

Bagi kalian ngabuburit bertujuan untuk berburu takjil, Gedung sate bisa jadi tempat yang pas buat kalian. Selama bulan Puasa pengunjung akan meningkat dua kali lipat, karena selepas Ashar hingga maghrib akan ada banyak sekali penjual makanan di sekitarnya.

Bukan hanya itu saja, kalian juga bsia menemukan pedagang di pinggiran jalan menuju Gedung Gasibu. Ada banyak macam pilihan kuliner yang bisa kalian beli untuk menu berbuka puasa nanti. Harganya pun tergolong cukup murah dan nggak akan bikin kantong kalian kempes.

4. Lapangan Tegalega

Tempat Ngabuburit di Bandung

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendapatkan suasana ngabuburit yang asik dan seru. Dengan mengunjungi destinasi wisata umum yang menarik, kalian tetap dapat menikmatinya selagi menunggu waktu berbuka puasa. Tempat ngabuburit di Bandung yang bisa kalian jadikan tujuan untuk menghabiskan waktu yaitu di Lapangan Tegalega. Di tempat ini, tak hanya berdiri monumen Bandung Lautn Api, tetapi juga ada berbagai patung lampion dinosaurus yang akan sangat disukai bagi anak-anak.

Lokasi dari Lapangan Tegalega berada di jl Moh Toha, Ciateul Kecamatan Regol Kota Bandung. Kalian dapat datang bersama teman-teman atau keluarga tercinta untuk menghabiskan waktu disini. Tempat ini buka setiap hari dari jam enam pagi sampai setengah sembilan malam.

5. Balai Kota Bandung

Tempat Ngabuburit di Bandung

Selain Taman Tegalega diatas, ada juga tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga yang murah di Bandung, yaitu di Balai Kota Bandung. Khususnya pada saat bulan puasa tiba, Balai Kota Bandung pastinya akan sangat ramai denga warga Bandung yang sedang ngabuburit. Berada di tengah Kota Bandung, Balai Kota ini sangat mudah sekali untuk dijangkau. Di sini kalian dapat jalan-jalan santai dengan menikmati pemandangan sekitar, duduk di bawah pohon yang rindang hingga berfoto di beberapa spot foto yang sangat instagramable banget disini.

6. Kiara Artha Park

Tempat Ngabuburit di Bandung

Taman yang mempunyai luas sekitar 2.9 hektar ini memadukan konsep bisnis, komersil, hunian dan wisata yang bertemakan taman kota, tapi punya sentuhan yang sangat moderen di dalamnya. Selain tampak jelas dari arsitekturnya, fasilitas yang disediakan juga sangat modern dan menarik perhatian bagi para pengunjungnya. Kalian dapat menemukan air mancur menari, kereta Trem Khas Eropa, hingga kampung Korea yang sejenak akan membawa kalian pada sensasi berada di Korea Selatan. Kebetulan disini juga berjajar kafe dan tempat makan yang dapat kalian datangi saat berbuka puasa nanti. Jadi kalian tidak perlu repot-repot memikirkan tempat berbuka puasa lagi kalau datang ke tempat ini. Lokasinya berada di Jl Banten, Kebonwaru, Kecamatan Batununggal Kota Bandung.

7. Taman Makam Pahlawan Cikura

Tempat Ngabuburit di Bandung

Jika ingin ngabuburit sambil mengenang bukti dari perjuangan kemerdekaan Indonesia, Taman Makam Pahlawan di kawasan Cikutra ini bisa kalian datangi. Selain merupakan tempat dimana ribuan pahlawan kemerdekaan dimakamkan, taman ini juga merupakan bentuk dari dedikasi pemerintah Indonesia terhadap para pahlawan perjuangan. Kalian bisa tau nama-nama pahlawan yang dimakamkan di tempat ini sebut saja Prof. Dr. Moestopo, Dr. Danudirja Setiabudi dan masih banyak lagi. Selain makan, kalian juga akan disambut dnegan dinding tinggi yang bertuliskan nama-nama pahlawan yang dimakamkan disini.

8. Taman Lansia

Tempat Ngabuburit di Bandung

Mungkin kalian tidak asing lagi dengan tempat ini, sesuai dengan namanya Taman Lansia, awalnya tempat ini adalah fasilitas dari pemerintah kota Bandung untuk para Lansia. Namun, sampai sekarang ternyata taman ini banyak juga dikunjungi bukan hanya dari kalangan lanjut usia saja. Mulai dari anak-anak sampai muda mudi juga sering menghabiskan waktunya di taman yang penuh dengan pepohan rindah ini serta sungai buatan. Taman lansia tentu bisa dijadikan spot untuk ngabuburit kalian bersama keluarga ataupun teman-teman kalian.

9. Kawasan Lanud Husein

Tempat Ngabuburit di Bandung

Menikmati pemandangan pesawat yang terbang ataupun mendarat juga hal yang menarik untuk dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Tentu saja, tempat ini paling cocok jadi spot untuk menyaksikan pemandangan adalah kawasan landasan udara. Di Bandung sendiri, spot yang cukup populer bagi orang-orang yang suka menyaksikan pesawat adalah kawasan Lanud Husein. Bahkan, saat menjelang sore di bulan puasa, kawasan ini akan dipenuhi para pedagang kaki lima yang menjajakan kuliner untuk menu berbuka puasa.

10. GOR Saparua

Tempat Ngabuburit di Bandung

Ingin ngabuburit sambil berolahraga? Mungkin kalian perlu datang ke kawasan GOR Saparua ini. Selain terletak di pusat Kota Bandung, kawasan ini juga menyediakan berbagai peralatan atau fasilitas olahraga seperti jogging track, lapangan basket dan bulu tangkis, trek sepatu roda hingga alat peraga olaharaga sederhana. Gelanggang olahraga ini cukup populer dan ramai dikunjungi masyarakat sekitar. Terutama pada pagi dan sore hari.

11. Monumen Perjuangan Rakyat Bandung

Tempat Ngabuburit di Bandung

Tempat ngabuburit asik di Bandung selanjutnya yaitu Monumen Perjuangan Rakyat Bandung. Salah satu yang cukup menarik dari tempat ini yang perlu kalian datangi. Terdapat banyak relief yang menggambarkan bagaimana perjuangan Rakyat Jawa Barat mulai dari era kerajaan hingga masa perjuangan menuju kemerdekaan. Monumen ini sering disebut sebagai taman Monju, letaknya berahadapan dengan Gedung Sate.

12. Peta Park

Tempat Ngabuburit di Bandung

Beralamat di jalan Peta No.229, Suka Asih, Bojongloa Kaler Kota Bandung Jawa Barat, Peta Park memiliki daya tarik tersendiri untuk kegiatan ngabuburit bersama teman atau keluarga untuk menikmati suasana sore di sebuah tempat yang indah dengan taman bunganya. Kemudia menikmati suasana sore dengan udara yang sejuk. Tidak hanya itu saja, di kawasan Peta Park ini kalia juga bisa membeli aneka sayuran atau tanaman buat kalian bawa pulang, yang memang sudah disediakan disini.

Penutup

Nah itu dia beberapa Tempat Ngabuburit asik di Kota Bandung yang bisa kalian sambangi bersama teman atau keluarga tercinta. Semoga rekomendasi tempat ngabuburit di Bandung ini bisa menjadikan alternatif tujuan wisata di bulan puasa bagi kalian yang menantikan adzan maghrib bersama orang-orang terdekat kalian.

Posting Komentar untuk "12 Tempat Ngabuburit di Bandung Paling Seru dan Asyik"