Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tempat Ngabuburit di Semarang Paling Asyik dan Seru

Ngabuburit adalah kegiatan yang pasti terjadi di setiap tahun saat bulan puasa tiba, kegiatan ini merupakan momen-momen menunggu waktu berbuka puasa dengan pergi keluar bersama teman atau keluarga ke tempat-tempat wisata ataupun tongkrongan. Pada postingan kali ini saya akan memberikan 12 referensi temat Ngabuburit yang asik dan seru yang ada di kota Semarang dan sekitarnya.

Mungkin ada beberapa orang yang masih kebingungan ketika mencari tempat untuk ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa tiba di kota Semarang. Dengan adanya postingan ini saya harap kalian sudah tidak bingung lagi untuk menentukan tempat yang asik dan seru untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga tercinta.

Lalu tempat seperti apa saja yang asik dan seru untuk ngabuburit di Semarang? Nah, untuk lebih jelasnya bisa kalian simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

Tempat Ngabuburit Seru dan Asik di Semarang

1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Semarang

Tempat ngabuburit paling asik dan seru di Semarang yang pertama yaitu masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang memiliki perpaduan gaya khas Jawa dan Arab ini memang menjadi ikon religi di Kota Semarang. Pada Saat ngabuburit kalian bisa sambangi masjid ini sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Selain dapat menikmati suasana sore, kalian juga bisa bertukar cerita bersama teman atau keluarga di kawasan masjid, jika kalian ingin melihat kota Semarang, kalian bisa loh naik ke atas menara masjid ini.

2. Simpang Lima

Simpang Lima Semarang

Selanjutnya ada Simpang Lima yang bisa kalian datangi untuk menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib tiba. Kawasan bundaran Simpang Lima adalah salah satu dari ikon kota lumpia ini. Kawasan hijau yang berada di pusat kota itu memang menjadi salah satu titik favorit warga Semarang untuk menikmati ngabuburit di bulan puasa. Pada waktu menjelang akhir pekan, warga yang datang ke tempat ini akan banyak untuk waktu berbuka.

3. Taman Menteri Supeno

Taman Menteri Supeno Semarang

Taman satu ini juga dikenal dengan nama Taman KB. Taman ini berada di Jalan Menteri Supeno, atau lokasinya tidak jaug dari SMA Negeri 1 Semarang. Di sekitar taman, kalian bisa menemukan berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa, seperti tahu gimbal dan es durina yang menjadi favorit dari warga Semarang. Selain itu, kawasan taman yang indah dan teduh ini membuat ngabuburit bersama teman atau keluarga semakin menyenangkan dan nyaman. Bagi kaliuan yang senang berolahraga, sebelum ngabuburit ke Taman Menteri Supeno, kalian bisa berolahraga terlebih dahulu di Gelanggang Olah Raga Tri Lomba Juang yang hanya berjarak sekitar 600 meter dari taman tersebut.

4. Waduk Jatibarang dan Goa Kreo

Waduk Jatibarang Semarang

Tempat ngabuburit selanjutnya di Kawasan Jl. Raya Goa Kreo, Kelurahan Kandri, Gunungpati. Ada sebuah objek wisata berupa pulau kecil seperti bukit yang dihuni banyak monyet jinak yang bernama Goa Kreo. Di Goa Kreo ini, pengunjung bisa memberi makan monyet tersebut dan berfoto di spot yang Instagramable yang sudah disediakan. Kawasan ini juga memiliki suasana yang teduh dan nyaman untuk dijadikan tempat ngabuburit kalian. Sehingga tak heran apabila warga Semarang senang menghabiskan waktu sore hari di tempat ini untuk menikmati senja. Selain itu ada juga jembatan merah yang menghubungkan antara Goa Kreo dengan Waduk Jatibarang.

5. Kota Lama

Kota Lama Semarang

Berikutnya tempat ngabuburit yang bisa kalian kunjungi di Semarang yaitu ada di Kawasan Little Netherland, yang tentunya tempat ini cocok bagi kalian yang ingin ngabuburit sambil hunting foto dengan background yang kece. Mengapa demikian? Karena di tempat ini, memiliki suasan ala Eropa dan nuansa dari kolonialnya masih terasa disebabkan bangunan lama yang beridir di kawasan ini. Selain itu karena keindahan dan nilai hsitorisnya, banyak bangunan yang direnovasi dan dialihfungsikan menjadi sebuah kafe atau kantor.

6. Taman Srigunting

Taman Srigunting Semarang

Berikutnya ada Taman Srigunting yang bisa kalian sambangi bersama teman atau keluarga tercinta untuk ngabuburit di Semarang. Taman ini masih berada di kawasan Kota Lama. Gedung yang sudah berumur ini adalah peninggalan dari Belanda yang menjajah Indonesia di masa lalu. Dalam kawasan taman ini berada di area yang sangat luas dengan pepohonan yang rindang dan teduh. Selain itu, kalian juga dapat memilih banyak tempat untuk makan berbuka pusa sesuai selera kaluan. Menariknya lagi pada tempat ini akan disuguhi dengan berbagai jenis kafe bernuansa tempo dulu. Sehingga membuat suasana buka puasa menjadi lebih seru dan menyenangkan.

7. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang

Jika kalian ingin ngabuburit dengan suasana pantai di Semarang, mungkin Pantai Marina bisa jadi pilihannya. Ngabuburit di tepi pantai sambil menikmati angin yang sepoi-sepoi dan deburan ombak memang cukup menyenangkan. Jadi kalian yang berada di Semarang, bisa nih ajak teman atau keluarga untuk datang dan menikmati sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Kalian juga tak perlu khawatir untuk masalah biaya masuknya, kalian cukup dengan membayar tiket kurang dari Rp.10.000,- per orang kalian bisa masuk ke pantai ini. Namun, jika kalian hendak berbuka puasa di tempat ini, saya sarankan untuk membawa bekal atau membeli makanan terlebih dahulu. Sebab di area pantai ini tidak ada pedagang yang berjualan.

8. Lawang Sewu

Lawang Sewu Semarang

Berlokasi di Jalan Pemuda, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah, Kota Semarang, Lawang Sewu adalah bangunan bersejarah yang seru untuk kalian sambangi selagi menunggu waktu buka puasa tiba. Bangunan yang dikenal dengan Seribu Pintu ini tidak pernah sepi akan pengunjung yang datang. Jadi tidak salah jika kalian memutuskan untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga ke tempat ini. Kalian juga bisa berwisata di tempat ini dengan menyewa pemandu dengan tarif sektiar Rp.70.000.

9. Tugu Muda Semarang

Tugu Muda Semarang

Tempat ngabuburit lainnya yang ada di Semarang yang bisa kalian sambangi yaitu Tugu Muda Semarang. Tempat ini merupakan monumen yang dibangun untuk mengenang jasa dari pahlawan yang gugur di Pertempuran Lima Hari. Tugu Muda inni berada dtak jauh dari Lawang Sewu yang berlokasi di Jalan Yudistira No 5 Pendrikan Kidul Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang. Pemandangan di sini akan tampak cantik saat malam hari tiba. Tugu muda dihiasi dengan lampu warna warni dan air mancurnya yang mengalir dengan deras di sekeliling tugu. Di tugu Muda ini, kalian bisa menikmati Suasana Indah Kota Semarang saat menjelang malam hari.

10. Taman Tabanas Bukit Gombel

Taman Tabanas Bukit Gombe Semarang

Buat kalian yang menyukai suasana senja, kalian perlu ngabuburit ke tempat Taman Tabanas Bukit Gomgbel. Berlokasi di sekitaran delapan kilometer dari Tugu Muda Semarang, tepatnya di Jalan Setiabudi. Di sini kalian bisa menikmati indahnya kota Semarang dari ketinggian. Lalu pada saat menjelang senja, tepatnya saat matahari terbenam akan terlihat snagat indah dan keren di tempat ini. Apalagi pada saat malam hari, kalian bisa melihat kilauan lampu kota dari atas. Apabila kalian hendak mencari takjil untuk berbuka puasa juga, kalian tidak akan sulit menemukannya disini. Sebab di Tabanas terdapat kafe dan juga restoran yang bisa  kalian datangi untuk berbuka puasa.

11. Taman Kota Pleret

Taman Kota Pleret Semarang

Jika kalian ingin ke Taman Kota Pleret maka datanglah ke pinggir Sungai Banjir Kanal Barat. Karena tidak ada yang menyangka bahwa jika disini dapat digunakan untuk menjadi tempat yang seru untuk ngabuburit. Kalian juga bisa menjadikan keindahan air yang disinari dengan adanya matahari sore hari. Meskipun tempat ini belum begitu ramai pengunjung tentu saja hal inilah yang menjadi kelebihannya dan disukai oleh masyarakat Semarang. Fasilitas yang ada disini memang sangat memadai, sebab hanya digunakan untuk nongkrong atau bersantai saja.

12. Puri Maerokoco

Puri Maerokoco Semarang

Selanjutnya ada Puri Maerokoco. Tempa yang menjadi TMII dari Semarang ini memberikan berbagai kemudahan bagi pengunjung unutk melihat berbagai jenis rumah adat yang ada di Jawa Tengah dan fasilitas hiburan. Jadi tempat ini sangat cocok apabila kalian hendak menunggu waktu berbuka atau ngabuburit di tempat ini. Terdapat fasilitas hiburan yang dapat kalian pilih seperti bianglala, kolam pemancingan, perahu dan pasar apung. Jika kalian hendak masuk ke sini, kalian hanya perlu mengeluarkan uang Rp. 10.000 saja untuk tiket masuk.

13. Pasar Takjil Jalan Pahlawan

Pasar Takjil Jalan Pahlawan Semarang

Salah satu tempat ngabuburit di Semarang yang sangat populer lainnya adalah Jalan Pahlawan. Bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu senja dengan mencari aneka kuliner makanan dan takjil, Jalan Pahlawan adalah pilihan yang tepat. Di sini ada banyak sekali pedagang yang menawarkan berbagai menu makanan untuk berbuka puasa. Mulai dari yang segar-segar seperti aneka es, sampai lauk pauk juga ada disini. Selain pilihannya banyak, harga juga ramah di kantong.

14. Pasar Sendangmulyo

Pasar Sendangmulyo Semarang

Selain Pasar Takjil Jalan Pahlawan, kalian juga bisa ngabuburit sambil berburu takjil di Pasar Sendangmulyo yang berada di Jalan Bukit Bougenvil Raya, Kota Semarang. Di tempat ini kalian bisa menemukan banyak sekali pedagang takjil yang menawarkan ragam jenis makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Sebut saja ada aneka es, salah satunya adalah es campur yang segar dan nikmat. Bukan hanya takjil saja yang ada disini, kalian juga bisa membeli aneka makanan berat untuk menu sahur ataupun makan malam nantinya. Harga makanan takjil disini cukup murah, hanya dengan uang Rp. 20.000 saja kalian sudah bisa membawa pulang banyak menu makanan.

15. Mall

Mall Semarang

Selain beberapa tempat wisata keren yang asik di semarang, kalian juga bisa datang ke Mall yang ada di Semarang. Di tempat ini memang tersedia banyak sekali tempat untuk menjual makanan dan minuman yang dpaat menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Pilihan menu buka puasa di Mall juga ada banyak. Bisa dimulai dari makanan siap saji sampai makanan berrat. Selain itu tempat ini juga menjadi tempat favorit untuk dikunjungi karena memiliki mushola yang ada didalamnya.

Beberapa Mall yang ada di Semarang diantaranya Mall Ciputra, Paragon, Java dan masih banyak lainnya. Jadi apabila kalian ingin buka bersama, maka kalian bisa memilih mall sebagai tempat tujuan ngabuburit kalian dan keluarga.

Penutup

Demikianlah ulasan tentang 15 tempat ngabuburit paling asik dan seru yang ada di Semarang yang bisa disampaikan pada postingan ini. Semoga beberapa tempat ngabuburit di semarang ini bisa menjadi referensi buat kalian yang hendak merencanakan bukber dengan teman atau keluarga tercinta.

Posting Komentar untuk "15 Tempat Ngabuburit di Semarang Paling Asyik dan Seru"