Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Tempat Ngabuburit Paling Seru dan Asik di Jogja

Sambil menunggu beduk adzan maghrib untuk berbuka puasa, paling enak itu pergi ketempat-tempat nongkrong atau tempat wisata terdekat di Jogja. Ya, selain di Jakarta dan Surabaya seperti pada postingan saya sebelumnya, di Jogja juga memiliki tempat-tempat keren dan asik untuk dijadikan tempat untuk menunggu buka puasa.

Nah, bagi kalian yang bertempat tinggal di Jogja, rasanya sayang banget kalo hanya berdiam diri dirumah gak ngapa-ngapain. Ajak teman atau keluarga kalian untuk pergi keluar ngabuburit di tempat yang asik di Jogja. Kalian bingung nyari tempat yang bagus buat ngabuburit? tenang saja, akan saya bagikan tempat ngabuburit paling asik di Jogja dibawah ini.

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

14 Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Berikut ini tempat-tempat yang saya rekomendasikan untuk kalian kunjungi bersama teman atau keluarga untuk menghabiskan waktu sambil menunggu adzan maghrib tiba. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Jalan Malioboro

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Siapa sih yang gak kenal dengan tempat satu ini? kalian pasti sudah tahu lah dengan Jalan malioboro di Jogja. Nah, tempat satu ini merupakan tempat ngabuburit di Jogja yang menjadi favorit dari masa ke masa. Bagi para wisatawan, rasanya akan kurang afdol jika berkunjung ke Jogja tapi tidak mampir ke Malioboro. Daya tarik dari jalan ini terletak pada banyaknya pedagang yang memadati sisi jalan. Selain itu, terdapat juga oleh-oleh dan aksesoris khas Jogja juga disini. Di jalan Malioboro bisa menjadi tempat ngabuburit bagi kalian dan keluarga, entah itu sekedar jalan-jalan saja atau nongkrong saja. Jika buka puasa telah tiba, kalian dapat membeli makanan di pedagang kaki lima di sepanjang jalan Malioboro.

2. Alun-Alun Kidul

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Selain jalan Malioboro, Alun-alun Kidul juga merupakan landmark kebanggaan Kota Yogyakarta. Alun-Alun yang nampak asri ini selalu tidak pernah sepi akan pengunjung. Ngabuburit sambil bertukar cerita dapat menjadi ide yang tepat untuk menunggu waktu adzan maghrib tiba. Selain itu, di Alun-alin kidul ini juga terdapat dua pohon beringin yang dijuluki sebagai Beringin Kembar. Setelah berbuka puasa, kalian dapat kembali ke Alun-alun kidul ini untuk mencoba bermain sepeda atau becak yang sudah dimodifikasi dengan lampu berwarna warni yang keren di malam hari.

3. Kampung Ramadhan Kauman

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Pasar Ramadhan Kauman jadi satu dari sekian banyak tempat untuk menghabiskan waktu sampai bedug maghrib tiba di Jogja yang bisa kalian kunjungi, Pasar Ramadhan Kauman ini hanya ada setiap satu tahun sekali selama bulan Ramdhan saja, oleh karena itu tempat ini dinamakan Pasar Ramadhan Kauman. Di tempat ini kalian bisa menemukan aneka sajian takjil yang lezat. Diantaranya seperti kue khas Kauman yang dikenal dengan nama kicak. Kue ini berbahan utama beras ketan, kelapa parut gula merah dan santan. Biasanya diatas kue kicak diberi topping buah nangka. Selain keu kicak, kalian juga dapat menemukan ragam jenis takjil, serta aneka lauk pauk untuk disantap dengan nasi saat berbuka puasa.

4. Kampung Ramadhan Jogokariyan

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Serupa dengan Kampung Ramadhan Kauman diatas, Kampung Ramadhan Jogokariyan atau KRJ juga jadi salah satu tempat untuk ngabuburit yang seru dan asik di Jogja. Disini, ada lebih dari 200 pedagang yang menjajakan aneka takjil yang enak untuk santap berbuka puasa. Mulai dari bakso tusuk, aneka sate, tempura, rujak cingur dan masih banyak lagi. Untuk masalah harga kalian tidak usah khawatir, harganya cukup ramah dikantong. Selain kalian dapat beli di pedagang, kalian juga bisa mendapatkan sajian takjil enak dari Masjid Jogokariyan yang kabarnya membuat lebih dari 2000 porsi makanan gratis untuk santapan berbuka puasa.

5. Jalur Gaza Nikitan

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Siapa sangka, ternyata di Jogja juga terdapat Jalur Gaza juga loh. Namun bedanya dengan yang disana, Jalur Gaza di Jogja ini merupakan pasar Ramadhan yang digelar setiap tahun di kawawsan Jalan Sorogenan, Kampung Nitikan, Daerah Istimewa Yogyakarta. Nama jalur Gaza sendiri adalah singkatan dari Jalanan Lauk Pauk Gubuk Ashar Zerba Ada. Sesuai dengan namanya tersebut, disini kalian dapat menemukan banyak sekali pedagang dengan stan yang membentang hingga dua kilometer jauhnya. Pedagang di Jalur Gaza ini menawarkan aneka takjil dan jajanan seperti kolak pisang, jenang, rujak dan lain sebagainya. Bukan hanya takjil saja, di jalur Gaza Nikitan kalian juga dapat membeli aneka sayur mayur dan lauk pauknya juga.

6. Taman Lembah UGM (Wisdom Park)

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Taman Lembah UGM yang dikenal juga sebagai Wisdom Park ini adalah salah satu destinasi tempat ngabuburit yang asik dan seru di Jogja. Lokasi taman ini tidak jauh daru Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada atau UGM. Kalian bisa menunggu waktu berbuka puasa sambil bersantai, mengobrol atau bahkan berolahragga kecil di sini. Suasana tamannya sangat asri, udaranya pun sejuk yang membuat pengunjung menjadi betah berlama-lama disini. Selain itu, tempat ini juga sangat cocok untuk foto-foto bagi kalian yang gemar foto-foto. Banyak sekali spot foto khusus di Taman Lembah UGM ini yang tergolong aesthetic dan Instagenic banget.

7. Selfie Park Taman Pule

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Apakah kalian hobi berfoto-foto? Mungkin tempat ini cocok dijadikan tempat ngabuburit kalian di Jogja. Namanya adalah Selfie Park Taman Pule, lokasinya berada di kecamatan Umbulharjo. Sesuai dengan namanya, tempat ini memiliki spot-spot foto yang menarik dan unik yang terbuat dari kayu. Suasana tempat foto ini serasa seperti sedang berfoto di hutan yang cantik dan indah. Kalian bisa ajak teman atau keluarga buat ngabuburit disini. Harga tiket masuk dikenakan biaya Rp. 15.000 per orang.

8. Kawasan Jalan Glagahsari

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Kawasan Jalan Glagahsari juga kerap penuh dengan pedagang takjil dan makanan lainnya saat bulan puasa datang. Disini kalian dapat menemukan banyak aneka menu makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Mulai dari aneka minuman segar, macam-macam gorengan dan masih banyak lagi. Harga makanannyapun cukup murah, tak heran jika tempat ini penuh dengan pengunjung yang datang. Lokasi Kawasan Jalan Glagahsari ini berada di jalan Glagahsar, Warungboto, kecamatan Umbulrejo Kota Yogyakarta.

9. Hutan Pinus Pengger

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Berada di kawasan Sendangsari, Hutan Pinus Pengger menjadi spot wisata instagenic yang sangat populer akhir-akhir ini. Terdapat banyak spot foto eksotis dan menarik yang bakal mempercantik feed media sosial kalian. Selain itu, udaranya juga sejuk, nyaman dan segar. Sangat cocok untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

Hutan pinus Pengger merupakan tempat yang menarik untuk menghabiskan waktu untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga. Pada saat malam hari, kalian bisa melihat pemandangan lampu-lampu kota dari ketinggian tempat ini. Jadi, jika kalian tidak ingin melewaktan pemandangan citylights yang mengagumkan, cari saja tempat  berbuka puasa di sekitar hutan penus tersebut.

10. Alamanda Jogja Flower Garden

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Selain Hutan Pinus Pengger, Alamanda Jogja Flower Garden merupakan tempat yang tempat untuk dikunjungi saat menunggu waktu berbuka puasa. Taman cantik dan indah ini mempunyai berbagai spot foto yang keren dengan tema yang beragam. Salah satunya adalah spot foto yang bertemakan Rumah Hobbit. Selain itu, tempat ini juga semakin cantik berkat adanya bunga warna-warni yang tumbuh dengan subur. Tempat ini dikhususkan untuk yang suka berfoto-foto saja, jadi sangat cocok bagi kalian yang gemar foto-foto sambil menunggu maghrib tiba.

11. Tugu Pal Putih

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Tempat ngabuburit asik di Jogja selanjutnya yakni Tugu Pal Putih. Di tempat ini juga salah satu tempat yang cukup ramai dipadati masyarakat ketika bulan Ramadhan tiba. Tugu Pal Putih itu sendiri adalah salah satu ciri khas dan kebanggan dari masyarakat Jogja. Keberadaan tugu ini sendiri bisa dikatakan tak bisa dipisahkan dan lepas dari keberadaan Kraton Jogja. Hal ini dikarenakan yang membangun tugu tersebut adalah Kraton Jogja itu sendiri. Berbagai jajanan di sekitar Tugu juga siap dijadikan menu berbuka puasa. Bersepeda sambil menikmati keindahan kota Jogja bisa dilakukan dari Tugu Jogja sampai Malioboro Jogjakarta.

12. Titik Nol Kilometer Yogyakarta

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Titik Nol Kilometer Yogyakarta jadi spot yang cukup populer dikalangan para penggemar fotografi dan juga bagi orang yang sedang mencari spot foto instagramable. Kantor pos indonesia, kantor bank indonesia Yogyakarta, Benteng Vredeburg dan Monumen Serangan umum bisa kalian jadikan background atau latar belakang foto yang apik. Titik Nol Kilometer Yogyakarta juga kerap menjadi salah satu tempat ngabuburit asik di Jogja yang sering dipadati masyarakat hingga wisatawan. Disepanjang jalan Titik Nol Kilometer ini biasanya terdapat pedagang yang menjual jajanan untuk berbuka puasa. Jadi, pengunjung pun tidak perlu kebingungan untuk mencari jajanan guna membatalkan puasa.

13. Sindu Kusuma Edu Park

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Apabila kalian ingin ngabuburit di sekitar pusat kota Jogja, kalian bisa mengunjungi Sindu Kusuma Edu Park. Di sana kalian bisa menikmati berbagai wahana bermain sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Berbagai wahana ditawarkan dan siap menemani hingga waktu berbuka. Di bulan puasa Sindu Kusuma Edu Park juga menyediakan jajanan sehingga kalian tidak perlu berpergian kesana kemari lagi untuk mencari makan berbuka puasa.

14. Embung Donomulyo Asri

Tempat Ngabuburit Asik di Jogja

Embung Donomulyo Asri sangatlah tepat untuk dipilih sebagai tempat ngabuburit bersama teman atau keluarga. Di tempat ini kalian akan merasakan suasana tenang dan damai, Embung ini memiliki ukuran yang cukup besar. Selain itu, di beberapa lokasi disediakan tempat berteduh yang muat untuk beberapa orang. Sambil menunggu berbuka puasa, kalian pun bisa duduk santai dipinggir embung sambil menikmati hamparan air yang menenangkan.

Penutup

Nah itu dia tadi deretan tempat ngabuburit asik di Jogja yang bisa kalian kunjungi untuk menghabiskan waktu puasa kalian. Ajak teman-teman kalian atau keluarga kalian, mungkin juga pacar kalian juga boleh hehe. Pokoknya sayang banget kalo kalian hanya berdiam diri saja dirumah ya. Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjadikan referensi bagi kalian yang hendak mencari tempat untuk ngabuburit di Jogja.

Posting Komentar untuk "14 Tempat Ngabuburit Paling Seru dan Asik di Jogja"