Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20+ Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya Wajib Kalian Kunjungi

Ngabuburit adalah momen yang ditunggu-tunggu saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Banyak orang yang ingin menghabiskan waktunya atau menunggu saat-saat berbuka puasa dengan mengunjungi tempat-tempat yang seru dan asik di kotanya masing-masing. Nah, bagi kalian yang bertempat tinggal di Surabaya ataupun kalian yang saat ini sedang mengunjungi kota Surabaya, banyak tempat-tempat seru yang bisa kalian kunjungi untuk menunggu waktu berbuka puasa.

 Nah kali ini saya akan membagikan beberapa referensi destinasi ngabuburit di kota Surabaya yang seru dan juga keren-keren. Selain tempatnya yang seru dan asik, tempat ngabuburit yang akan saya bagikan juga ramah bagi kantong kalian agar dompet tidak jebol hehe.

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya

20 Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya

Berikut ini daftar tempat ngabuburit yang asik dan seru yang diambil dari berbagai sumber dan referensi. Kalian dapat mengunjungi tempat ngabuburit di Surabaya dengan teman-teman ataupun keluarga kalian. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Masjid Sunan Ampel

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : Masjid Sunan Ampel

Surabaya memiliki deretan rekomendasi wisata tempat religi yang bisa dijadikan untuk ngabuburit bersama tempat dan keluarga. Salah satu tempat ngabuburit yang akan kaya dengan religi adalah Masjid Sunan Ampel. Masjid ini sangat bersejarah karena suda berdiri sejak 1421 dan didirikan oleh Sunan Ampel, yang merupakan salah satu wali dalam Walisongo. Di sekitar masjid juga terdapat makam Sunan Ampel yang ramai dikunjungi para perziarah, terutama pada saat bulan Ramadhan. Disini kalian dapat menunggu waktu berbuka puasa dengan berzikir, mengenal sejarah masjid ini dan juga berziarah ke makam Sunan Ampel.

2. Makam Sunan Ampel

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : img.gesuri.id

Seperti yang saya sebutkan diatas, di Masjid sunan ampel terdapat makam Sunan Ampel. Dimana lagi kalian bisa merasakan suasana khas Timur Tengah di Surabaya selain di Ampel? Kalian bisa ngabuburit sekaligus menambah pahala dengan kegiatan bermanfaat disini, seperti iktikaf bersama, tadarus Alquran, Ziarah Makam dan lainnya. Bahkan kalian bisa sekedar jalan-jalan untuk berburu kuliner berbuka puasa yang menarik. Bukan hanya kuliner saja, terdapat juga perlengkapan religi lainnya seperti parfum, perlengkapan salat, busana muslim dan masih banyak lainnya.

3. Masjid Al-Akbar

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : mapio.net

Masjid Al-Akbar menjadi masjid terbesar kedua di Indonesia, Masjid Al-Akbar ini adalah masjid agung di Surabaya. Memiliki bangunan yang mewah dan unik menjadikan masjid ini daya tarik tersendiri bagi wisatawan muslim. Ngabuburit di sekitar Masjid Al-Akbar ini akan terasa menyenangkan karena banyak pedagang kaki lima yang berjajar di luar area masjid. Setelah berbuka puasa, kalianpuun dapat menunaikan shalat tarwih secara berjamaah di masjid yang menjadi kebanggan warga Surabaya tersebut.

4. Masjid Cheng Ho

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : ksmtour.com

Masjid yang satu ini memang sangat berbeda denga masjid-masjid yang ada di Surabaya lainnya. Pasalnya, masjid ini memiliki arsitektur bernuansa Tionghoa yang sangat kental. Masjid Cheng Ho terletak di jalan Gading, Genteng, Surabaya. Masjid ini dibangun untuk menghormati Cheng Ho, Cheng Ho adalah seorang laksamana dari Cina yang memeluk agama Islam. Beliau datang ke Indonesia untuk berdagang serta menyebarkan agama Islam. Ketika memasuki masjid ini, terlihat jelas pintu masuknya yang tampak menyerupai bentuk pagoda. Jika kalian belum pernah berkunjung ke Masjid Cheng HO ini, tak ada salahnya untuk merencanakan ngabuburit bersama teman-teman atau keluarga ke masjid yang unik dan keren ini.

5. Food Junction Grand Pakuwon

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : Food Junction

Kepengin tempat ngabuburit yang memiliki wahana permainan sekaligus food court? Food Junction tempatnya. Wisata ini terletak di kawasan Surabaya Barat ini setiap sorenya selalu ramai oleh pengunjung. Terutama saat bulan Ramadhan, tempat ini selalu penuh. Tersedia juga spot-spot foto yang menarik dan instagramble banget, tiket permainannya pun sangat murah bagi kantong kalian. Kalian hanya perlu sediakan uang 50 ribu untuk bisa menikmati beberapa wahana di Food Junction ini. Buatr kalian yang ingin berbuka puasa di tempat ini, ada baiknya untuk datang dua jam sebelum waktu berbuka puasa tiba jika ingin mendapatkan tempat duduk.

6. G-Walk Citra Land

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : sewabussurabaya.com

Kawasan yang terletak di Surabayat Barat ini memang surganya bagi para penikmat dan pemburu kuliner. Kawasan G-Walk Citra Land berpadu dengan hunian yang sejuk dan asri. Berkunjung ke tempat ini kalian bisa menyaksikan tempat kuliner di sepanjang jalan. Tak perlu khawatir dengan harga makanan disini, harganya cukup terjangkau dan untuk urusan parkir tersedia tempat parkir yang luas juga.

7. Taman Bungkul

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : sportourism

Tempat ngabuburit asik selanjutnya di Surabaya yakni Taman Bungul. Kalian dapat mengunjungi taman bungul ini bersama keluarga atau teman-teman kalian yang terletak di Jalan Taman Bungkul, Darmo, Wonokromo, Kota Surabaya Jawa Timur. Taman Bungkul ini banyak dikunjungi warga karena tempatnya yang nyamana dan juga gratis. Taman yang berada di tengah kota ini setiap sore saat Ramadhan selalu ramai oleh pengunjung. Kalian tidak perlu mengeluarkan uang sedikitpun untuk ke tempat ini, kecuali untuk biaya parkir. Di taman Bungkul ini juga terdapat pedagang yang menjual takjil, selain itu kalian juga dapat menikmati pemandangan dan juga melihat atraksi para pemain skateboard muda disini.

8. Pantai Kenjeran

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : pantai ria kenjeran

Bagi kalian yang ingin suasana pantai, kalian dapat mengujungi tempat yang menjadi icon Surabaya yaitu Pantai Kenjeran. Pantai ini sangat pas untuk kalian yang ingin menunggu buka puasa dengan menikmati suasana pantai dan lautan luas. Berlokasi di kawasan Surabaya Timur, kawasan ini menyajikan pantai yang menarik. Tak hanya itu, pantai ini juga tersedia wahana permainan. Namun untuk menikmati wahana permainan disini kalian harus membayar tiket terlebih dahulu.

9. Surabaya North Quay

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image ; static.prindonesia.co.id

Surabaya North Quay mendadak hits dan populer dikalangan anak muda. Tempatnya memang panas karena minim akan peponahan disekitarnya. Namun disana sudah disediakan tenda yang cukup untuk menghalau dari terik matahari. Kalian bisa menikmati suasana sore sembari melihat kapal laut yang berlalu lalang karena pantai ini adalah bagian dari pelabuhan tanjung perak yang berlokasi di kawasan yang sama. Mungkin tempat ini bisa menjadi pilihan bagi kalian untuk ngabuburit bersama teman atau keluarga.

10. Jembatan Suramadu

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : i2.wp.com

Siapa sih yang gak kenal dengan Jembatan Suramadu? Jembatan kebanggan masyarakat Jawa Timur ini menghubungkan antara Surabaya dan Madura. Banyak masyarakat yang menikmati waktu ngabuburit sembari memancing ataupun hanya sekedar menikmati deburan ombak pantai. Jika kalian tertarik, kalian dapat langsung menuju Jalan Tol Suramadu, Tambak Wedi, Kenjeeran Kota Surabaya Jawa Timur.

11. Kebun Bibit Wonorejo

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : hutan bibit wonorejo

Kebanyakan mungkin yang namanya kebun bibit pasti hanya ada pemandangan yang monoton yang isinya hanya pohon saja, namun berbeda dengan Kebun Bibit Wonorejo Surabaya ini. Kebun bibit yang satu ini dilengkapi dengan tempat duduk dan kolam yang membuat tempat ini semakin sejuk dan indah. Tak salah jika kalian menghabiskan waktu sore untuk menantikan buka puasa di tempat yang sejuk ini.

12. Taman Prestasi Surabaya

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : Taman Prestasi Surabaya

Ngabuburit makin seru jika kalian berkunjung ke Taman Prestasi Surabaya yang berlokasi di Jalan Ketabang Kali. Sebuah taman yang terletak di tepi sungai ini kini menjadi ikon pariwisata di kota pahlawan ini. Bagaimana tidak, ada banyak sekali spot menarik dan instagramable di tempat ini yang wajib kalian coba. Salah saatu hal yang menjadi daya tarik taman ini yaitu adanya Monumen Pesawat Tempur dengan jenis Bomber B-26 Intruder. Kalian bisa menyusuri sungai di taman ini dnegan perahu air yang biaya tiketnya sangat terjangkau. Ditempat ini semakin malam, maka akan terlihat semakin cantik berkat adanya lampu yang berwarna-warni yang menhiasinya.

13. Monumen Kapal Selam

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : travelspromo.com

Monumen Kapal Selam atau yang akrab dengan sebutan Monkasel ini berada di sebelah pusat perbelanjaan Plaza Surabaya, tempatnya di Jalan Embong Kaliasin, Genteng. Di sini, kalian bisa ngabuburit sambil merasakan sensasi masuk ke dalam kapal selam yang pernah dilibatkan dalam Pertempuran Laut Aru dalam usaha pembebasan Irian Barat di zaman penjajahan Belanda. Monkasel ini buka setiap hari dari pukul 8 pagi sampai 9 malam. Jika kalian tertarik kalian dapat mengajak teman atau keluarga untuk ngabuburit di Monkasel ini.

14. Taman Lansia

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : wisatatempat.com

Tempat ngabuburit asik di Surabaya selanjutnya di Taman Lansia. Berada dekat dengan Stasiun Kereta Api Gubeng, Taman Lansia adalah satu dari sekian banyak taman kota yang ada di Surabaya. Sesuai dengan namanya, taman ini memang banyak dikunjungi oleh lansia yang berolahraga, namun banyak juga orang-orang di usia produktif yang berkunjung kesini. Taman lansia begitu digemari karena didalamnya terdapat track batu yang bisa dipakai untuk terapi kaki seperti pijat refleksi. Selain itu, taman ini juga ramah dengan anak-anak karena dibagian dalamnya terdapat playground.

15. Taman Persahabatan Korea-Surabaya

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : mapio.net

Sama seperti taman Bungkul, letak dari taman ini juga berada di Jantung Kota Surabaya. Bertempat di Jalan Dr. Sutomo, taman yang luasnya tidak seluas taman Bungkul ini selalu ramai dikunjungi oleh para warga Surabaya. Di taman in terdapat prasasti mengenai bentuk persahabatan yang pernah terjalin di antara Indonesia dengan Kore Selatan. Di taman ini juga terdapat ayunan dan papan seluncur yang biasa dipakai oleh anak-anak untuk bermain. Ngabuburit di Taman Persahabatan Korea-Surabaya ini akan memberikan pengalaman baru untuk kalian dan keluarga.

16. Taman AIS Nasution

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : maps123.net

Berlokasi di tengah kota, Taman AIS Nasution mungkin tidak sepopuler Taman Bungkul ataupun Taman Lansia diatas. Bahkan, sebagian orang mugkin tidak mengetahui tempat dari taman ini. Namun, jika kalian sedang mencari tempat ngabuburit gratis yang lokasinya dekat dengan ikon kota Surabaya, Bambu Runcing, maka taman inilah bisa kalian tuju. Taman yang cukup asri ini dapat disinggahi untuk bersantai. Mengingat lokasinya berada didekat dengan jalan protokol, maka kalian bakalan nggak bisa merasa tenang karena suasana disini. Hiruk pikuk dari kenadaran yang silih berganti di jalan taman ini sudah pasti akan terdengar jelas.

17. Taman Apsari

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : ugikmadyo.com

Yang satu ini adalah taman ynag cukup Populer di Surabaya, apalagi jika bukan taman Apsari. Berlokasi dekat dengan Balai Pemuda Surabaya ini membuat taman ini menjadi jujugan bagi banyak orang. Setiap sabtu malam minggu. banyak pemuda-pemudi yang tergabung di komunitas sepeda motor jenis tertentu yang singgah untuk berkumpul di taman ini. Taman Aspari menjadi lokasi ngabuburit yang cukup ideal karena lokasinya yang startegis. Selain itu, di sekitar taman juga terdapat banyak pedagang makanan kaki lima yang bisa langsung kalian kunjungiketiak waktu buka puasa telah tiba.

18. Museum House of Samporna

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : surabaya.panduanwisata.id

Tempat ngabuburit asik di Surabaya selanjutnya yaitu Museum House of Samporna. Di tempat ini kalian bisa ngabuburit bareng keluarga atau teman dengan nuansa Surabaya tempi doeloe. Kalian juga bisa belajar mengenai sejarah rokok kretek di Tanah Air. Di dalam bangunan khas Belanda, terpapar sejarah bagaimana awal mula hadirnya kretek Sampoerna, lengkap dengan gambar yang mendukung.  Terdapat beberapa bagian disini antara lain Auditorium, kafe, toko dan galeri seni. Setelah puas berkeliling, kalian bisa duduk sanati dan menikmati buka puasa yang tersedia di kafe tersebut.

House of Sampoerna terletak di Jl Taman Sampoerna 6, Surabaya. Tempat ini buka mulai pukul 9 pagi sampai 10 malam.

19. Perpustakaan Bank Indonesia

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : pbs.twimg.com

Apakah kalian suka membaca? Mungkin tempat ini bisa menjadi tujuan ngabuburit bagi kalian yang gemar membaca. Perpustakaan Bank Indonesia ini tidak jauh dari taman Bungkul. Bahkan untuk sampai ke tempat ini kalian hanya perlu menyebrang dari Taman Bungkul. Dahulu. perpustakaan ini merupakan bekas Museum Mpu Tantula. Di perpustakaan ini terdapat koleksi buku-buku yang cukup lengkap didalamnya. Bahkan terdapat juga ruang komputer yang dapat dipakai untuk mengundung jurnal ekonomi. Suasana dari bangunan peninggalan zaman Belanda ini terasa nyamand an asri meskipun berada di tengak kota.

20. Trans Studio Mini

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : med.bedacdn.com

Transmart di Rungkut atau Surabaya Barat ini bisa menjadi salah satu tempat ngabuburit asik dan seru. Dengan adanya Trans Studio Mini, kalian bisa bermain seharian dengan bebas tanpa khawatir akan terik matahari. Pilihan wahananya pun beragam, gak akan bosan seharian disini. Kalau kalian mau buka puasa disini juga, pastikan untuk memesan tempat terlebih dahulu. Kalau tidak, ya siap-siap saja kebingungan mencari tempat buka puasa, karena biasanya akan penuh dan ramai.

21. Mall-Mall di Surabaya

Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya
image : plaza mall surabaya

Surabaya merupakan kota yang udaranya cukup panas, tentu jika kalian mencari tempat ngabuburit yang sejuk dan nyaman, Mall adalah pilihannya. Di mall atau pusat perbelanjaan ini kalian dapat jalan-jalan dan juga bisa sambil shoping-shoping bagi kalian yang doyan shoping dan berburu diskon bulan Ramadhan.

Tujuan Plaza adalah Mall yang cukup banyak dituju oleh wisatawan dari luar Surabaya. Selain lokasi di tengah kota, Tunjungan Plaza juga merupakan salah satu mall tertua yang ada di Surabaya. Lalu ada juga Plaza Surabaya yang lokasinya tidak jauh dari Tunjungan Plaza. Royal Plaza juga menjadi sejuta umat yang tak pernah sepi pengunjung. Sementara itu kalian pun wajib berkunjung ke salah satu mal terbesar di Indonesia, Yakni Pakuwon Mall.

Penutup

Nah itu dia tadi sederetan tempat ngabuburit asik dan seru di kota Pahlawan Surabaya. Ada banyak sekali tempat ngabuburi asik lainnya di Surabaya saat bulan Ramadhan. Dari daftar diatas, kira-kira mana nih tempat yang sudah kalian pernah kunjungi? Jika masih belum, cobalah untuk datang dengan teman atau keluarga untuk mengabiskan waktu menunggu buka puasa.

Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari tempat ngabuburit di kota Surabaya. Dan juga memberikan wawasan baru bagi kita semua. Jangan lupa untuk ikuti tersu update informasi menarik lainnya diblog ini ya.

Posting Komentar untuk "20+ Tempat Ngabuburit Asik di Surabaya Wajib Kalian Kunjungi"