Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Penempatan Iklan Adsense Terbaik untuk Blog

Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik - Pada artikel sebelumnya saya sudah pernah menyampaikan apa itu Adsense dan bagaimana mendaftarnya. Bagi kalian yang sudah diterima sebagai publisher Google Adsense, berarti blog kalian sudah bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Meskipun sudah diterima bukan berati dibiarkan saja, tapi tetap perlu adanya optimasi yang lebih baik lagi. Salah satunya adalah menempatkan iklan pada blog dengan posisi yang tepat.

Tips posisi iklan adsense

Nah kali ini kita akan membahas penempatan iklan Google Adsense yang baik pada blog agar mendapatkan klik dan juga cpc yang lumayan. Sebagai publisher Google Adsense, seorang blogger tentu berharap bahwa blog yang dikelolanya dapat memperoleh pendapatan yang tingi dari penayangan iklan Adsense.

Jika selama ini blog kalian merasa bahwa pendapatnya masih rendah, padahal trafik blog cukup tinggi, mungkin ada yang kurang tepat terkait penempatan posisi iklan. Hal ini memang bukan satu-satunya faktor yang membuat pendapatan adsense renah. Faktor lain yang tidak kalah penting yaitu tema pembahasan dari blog tersebut. Blog yang mengusung tema atau topik finance atau keuangan disebut oelh banyak publisher sebagai tema dengan cpc tinggi di iklan adsense.

CPC merupakan kependekan dari cost per click, yang merupakan istilah paid advertising tentang nilai yang perlu dibayarkan pengiklan kepada publisher untuk setiap klik yang didapat dari sebuah iklan.

Lalu bagaimana jika blog yang kita kelola bukan blog yang mengusung tema atau topik keungana atau topik lainnya yang bernilai cpc tinggi? Solusinya adalah dengan teknik penempatan posisi iklan yang baik sehingga berpotensi mendatangkan klik oleh pengunjung blog.

Untuk penempatan iklan adsense yang bagus sebenarnya tergantung dari template blog yang digunakan, selain mempercantik blog itu sendiri, iklan tidak mengganggu navigasi penting dalam blog sehingga mengindari terjadinya kesalahan klik yang tidak disengaja dari pengunjung.

Selain itu yang paling penting adalah tidak mengganggu kenyamanan pembaca karena pengalaman pengguna sangat di utamakan, berdasarkan kebijakan dari adsense sendiri.

Tips Penempatan Iklan Google Adsense Terbaik

Dibawah ini penempatan iklan yang baik pada bagian halaman isi artikel yang bisa kalian terapkan pada blog kalian.

Tips penempatan Iklan Adsense yang baik

1. Awal Artikel

Iklan Adsense yang ditempatkan pada posisi awal artikel berpeluang lebih banyak mendapatkan kilik dari pengunjung blog. Letakan kode iklan display pada awal paragraf tersebut dengan ukuran responsif. Namun banyak yang menyarankan untuk menggunakan ukuran 300 x 250 untuk awal artikel.

2. Tengah Artikel

Penempatan iklan kedua adalah pada posisi di tengah artikel. Ini merupakan posisi terbaik kedua setelah penempatan di awal artikel. Bagi kalian pengguna wordpress kalian dapat menggunakan bantuan plugin untuk setting penempatan iklan ditengah artikel. Namun bagi kalian pengguna blogspot, hal ini cukup mudah. Karena kebanyakan template blogspot atau blogger, sudah mendukung tata letak penempatan iklan di tengah artikel melalui menu tata letak blogger.

3. Akhir Artikel

Letak penempatan iklan adsense selanjutnya adalah di bagian akhir artikel. Pada area ini disarankan untuk memilih iklan display yang responsive dengan ukuran besar dan lebar. Hal ini bertujuan agar pengunjung dapat melihat tampilan iklan secara langsung setelah selesai membaca artikel ataupun ketika sedang scroll menuju akhir halaman.

4. Sidebar dan bawah Header

Kita juga bisa menempatkan iklan di bawah header blog dan sidebar. Jika kalian menempatkan iklan pada bawah header blog, usahakan untuk tidak menghalangi navigasi blog yang ada. Hal ini juga merupakan kebijakan dari google adsense sendiri. Pada bagian sidebar, kalian dapat menempatkan iklan berukuran 300 x 250 atau ukuran responsive lainnya.

Sebenernya penempatan iklan yang paling bagus adalah pada area postingan atau di artikelnya. Karena kebanyakan pengunjung blog yang datang pasti selalu fokus pada artikel yang ada. Cara tersebut sudah terbukti efektif untuk mendatangkan klik iklan adsense. Ini juga tips yang sudah lama diterapkan oleh para master adsense untuk mendongkrak penhasilan yang didapat.

Jika kita memasang 2 atau 3 unit iklan di area postinga, sebaiknya pemasangan di header atau sidebar cukup 1 iklan saja, hal ini berdasarkan jumlah aturan maksimal pemasangan iklan yang ditetapkan pihak adsense. Namun, pada peraturan terbaru Google Adsense, sekarang kalian sudah bisa menempatkan iklan berapapun pada blog yang kalian punya. Meskipun menampilkan banyak iklan bukan berarti pendapatan kalian akan naik, mungkin bisa jadi cpc malah semakin kecil. Jadi tempatkanlah jumlah iklan yang sewajarnya saja.

Penutup

Demikianlah tips penempatan iklan Google Adsense terbaik yang paling efektif menarik banyak klik dari pengunjung. Dengan penempatan iklan diatas dapat dipastikan pendapatan kalian akan naik dan cpc juga ikut naik. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru kita semua para pejuang adsense. Jangan lupa untuk terus ikuti update terbaru seputar informasi menarik di blog ini ya.

Posting Komentar untuk "Tips Penempatan Iklan Adsense Terbaik untuk Blog"