Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus Tahu, Ini Dia Cara dan Aktifkan LinkAja Syariah Untuk Kartu Prakerja

LinkAja Syariah


LinkAja Syariah merupakan layanan uang elektronik berbasis aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi nontunai dengan mudah, efisien, dan praktis.

Anda bisa memanfaatkan layanan aplikasi ini dengan cara yang sama seperti layanan keuangan berbasis digital lainnya. Layanan ini bisa menyelesaikan berbagai operasional keuangan Anda dengan cepat dan mudah.

Aplikasi LinkAja sebelumnya bernama Telkomsel Cash atau TCASH yang merupakan layanan keuangan digital yang dioperasikan oleh Telkomsel dan anggota Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam bentuk e-money atau uang digital.

Selain LinkAja, anggota Kartu Prakerja juga bisa memilih dan mengaktifkan Link Aja Syariah sebagai rekening tempat penyimpanan uang insentif Kartu Prakerja. Ingin tahu lebih lanjut mengenai cara menyambungkan akun Link Aja  Syariah ke Kartu Prakerja? Simak ulasannya dibawah ini!

Cara Mengaktifkan LinkAja Syariah

Menggunakan Link Aja Syariah, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu di program LinkAja. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  •         Masuk ke aplikasi LinkAja yang sudah diunduh ke smartphone.
  •         Di pojok kanan bawah, pilih menu "Akun".
  •          Kemudian, pilih "LinkAja Syariah".
  •          Lalu pilih "Aktifkan".
  •         Baca "Syarat dan Ketentuan Layanan" sebelum menandai dan mengetuk "Aktifkan Layanan".
  •          Silakan masukkan PIN LinkAja Anda.
  •        Tunggu beberapa saat hingga layar smartphone menampilkan notifikasi yang menandakan Link Aja Syariah telah berhasil diakftifkan

Cara Meng-Upgrade LinkAja Syariah Menjadi Full Service

Setelah Link Aja Syariah teraktivasi dengan baik, langkah selanjutnya adalah mengupgrade ke Full Service agar bisa didaftarkan pada Kartu Prakerja. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  •          Pilih menu "Akun" di aplikasi LinkAja, lalu "Jenis Akun" dan "Tingkatkan Sekarang".
  •         Ambil foto e-KTP dan pastikan terlihat jelas dan menempati ruang yang tersedia.
  •          Isi informasi pribadi Anda dan ambil foto selfie.
  •         Kirim berkas pengajuan Full Service dan tunggu verifikasi data selesai.
  •          Tunggu notifikasi status pengajuan terbaru.
  •         Status prosedur pengecekan dapat dilihat pada menu "Akun" di aplikasi LinkAja.

Cara Sambung Rekening LinkAja Syariah ke Kartu Prakerja

Setelah berhasil melakukan upgrade ke layanan Full Service, akun Link Aja Syariah harus terhubung dengan Kartu Prakerja. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

1. Kunjungi Halaman Dashboard Peserta Kartu Prakerja

Masuk ke halaman dashboard dengan mengunjungi https://www.prakerja.go.id/. Jika Anda belum menghubungkan akun Anda, kolom "Akun" di halaman utama akun akan menampilkan informasi "Tidak Terhubung". Di kolom yang sama, klik "Hubungkan Akun" untuk mulai menghubungkan akun atau e-wallet pilihan Anda.

2. Pilih E-Wallet Atau Rekening

Setelah memilih untuk menghubungkan rekening, rekening bank atau e-wallet akan ditampilkan sebagai lokasi pembagian uang insentif Kartu Prakerja. Terdapat pilihan LinkAja Syariah di area e-wallet yang bisa dipilih dengan memilih tombol “Connect”.

3. Verifikasi Nomor Telepon

Sebelum terhubung ke e-wallet, pastikan akun Link Aja Syariah sudah beroperasi dan statusnya sudah terupdate ke Full Service. Jika Anda sudah memiliki akun Layanan Full, Anda bisa menggunakan akun Link Aja Syariah untuk mendapatkan insentif Kartu Prakerja.

4. Verifikasi PIN dan Kode OTP

Untuk melanjutkan proses koneksi e-wallet, data peserta akan dikonfirmasi dengan memasukkan PIN LinkAja dan kode OTP yang diberikan ke nomor ponsel.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak menyenangkan, jaga kerahasiaan PIN LinkAja dan nomor OTP yang dikirimkan. Lalu untuk memastikan proses koneksi e-wallet berjalan, pastikan nomor ponsel yang digunakan pada Kartu Prakerja dan Link Aja Syariah sama.

5. Proses Sambung Rekening Selesai

Dari Linkaja, peserta akan menerima notifikasi koneksi akun berhasil jika seluruh proses sebelumnya berhasil dijalankan dan tidak ada kendala.

 Cek kembali halaman utama akun Kartu Prakerja untuk memastikan akun LinkAja Syariah sudah terhubung. Rekening Link Aja Syariah Full Service memiliki batas penyimpanan dana sebesar Rp. 20 juta dan limit transaksi bulanan Rp. 40 juta.

Cara Kirim Dana Insentif Prakerja dari LinkAja Syariah ke Bank Syariah

LinkAja Syariah


Dari rekening Link Aja Syariah, peserta program Kartu Prakerja bisa memanfaatkan pembayaran insentifnya untuk mengirim uang ke bank syariah untuk berbagai tujuan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  •          Buka aplikasi LinkAja.
  •          Arahkan ke menu "Kirim Uang".
  •         Selanjutnya, pilih "Rekening Bank".
  •          Klik "Pilih Bank Tujuan".
  •          Cari atau ketik Syariah Mandiri.
  •         Masukkan nomor rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) yang akan menerima dana melalui LinkAja Syariah, lalu klik "Lanjutkan".
  •     Masukkan nominal yang akan ditransfer (minimal Rp 10.000), lalu tekan tombol centang merah.
  •      Periksa kembali apakah nama bank, nama pemegang rekening, dan nominal sudah benar. Jika Anda yakin, ketuk "Konfirmasi".
  •         Terakhir, masukkan PIN LinkAja Anda dan tunggu transaksi selesai.

Harap diingat bahwa transfer uang dari LinkAja Syariah ke bank syariah akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 6.500 (sama dengan transfer ke lembaga non-HIMBARA). Oleh karena itu, pastikan saldo Anda cukup untuk menyelesaikan transaksi ini.

Syarat Transfer Saldo Rekening LinkAja Syariah ke Bank Syariah Indonesia

Untuk memastikan transaksi berjalan dengan baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. LinkAja Syariah Full Service

Pastikan akun Link Aja Syariah telah melalui verifikasi KTP atau telah dipromosikan ke level Full Service. Untuk melakukannya, buka aplikasi LinkAja dan arahkan ke opsi "Akun", lalu pilih "Jenis Akun". Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan data untuk prosedur verifikasi.

2. Saldo Minimal

Seperti disebutkan sebelumnya, biaya administrasi untuk transaksi ini adalah Rp 6.500. Untuk melakukan transaksi, Anda harus memiliki minimal Rp 16.500 (asumsi transfer minimal Rp 10.000). Transaksi ini tidak bisa diselesaikan jika jumlah yang tersisa kurang dari Rp 16.500.

Penutup

Itu dia langkah-langkah yang diperlukan untuk menautkan akun LinkAja Syariah ke Kartu Prakerja. Mari gunakan Link Aja Syariah agar penggunaan dana insentif Kartu Prakerja Anda lebih berkah dan sesuai syariat Islam. Selamat mencoba!