Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakta Menarik Tentang Giyu Tomioka, Pilar Air Kimetsu no Yaiba

Fakta Menarik Tentang Giyu Tomioka - Siapa yang tidak kenal dengan salah satu Hashira yang cukup populer dari Kimetsu no Yaiba ini? Giyu Tomioka seorang Hashira Air yang memiliki tampang kalem dan gue banget, tak heran jika kepopulerannya dia sudah muncul sejak awal cerita, yang mana kepribadiannya sangat menarik untuk kita ketahui.

Nah, kira-kira apa saja sih fakta unik dan menarik tentang Giyu Tomioka, sang Pilar Air di Kimetsu no Yaiba? Ini dia sepuluh fakta menarik tentang Giyu Tomioka Demon Slayer yang wajib kalian ketahui.

9 Fakta Menarik Tentang Giyu Tomioka Demon Slayer

1. Pilar Pertama yang Muncul di Awal Cerita Kimetsu no Yaiba

Giyu Tomioka

Giyu Tomioka merupakan salah satu Hashira dari organisasi Pemburu Iblis yang pertama kali muncul di episode 1 anime Kimetsu no Yaiba, dan di bab 1 pada manga Kimetsu no Yaiba. Tak heran jika kemunculannya di awal cerita sebagai Hashira menjadi karakter yang cukup populer di Anime Kimetsu no Yaiba.

Baca Juga: 9 Pilar Kimetsu no Yaiba, Siapa yang paling Kuat?

2. Salah Satu Karakter Kimetsu no Yaiba yang mendapat spin-off

Giyu Tomioka perna mendapatkan ceritanya sendiri atau spin-off yang berjudul Tomioka Giyu:Gaiden. Dia pun jadi salah satu karakter Kimetsu no Yaiba yang pernah mendapat Spin-off yang menyorotnya. 

Karakter lain selain Giyu yang mendapatkan cerita spin-off yaitu Kyojuro Rengoku, yang berjudul Rengoku Kyojuro: Gaiden.

3. Pengisi Suara Giyu Tomioka adalah Takahiko Sakurai untuk VA Jepang

Voice Aktor Giyu Tomioka

Giyu diisi suara oleh Takahiko Sakurai di versi animenya. Karakter lain yang diisi suara oleh Sakurai antara lain seperti Sasori dari Naruto Shippuden, Rohan Kishibe dari Jojo's Bizzare Adventure: Diamond is Unbreakable, Griffith dari Berserk, Kazuya Miyuki dari Ace of Diamond, Zombieman dari One Punch Man, Suguru Etou dari Jujutsu kaisen.

4. Tanggal Lahir Giyu Tomioka adalah 8 Februari

Giyu Tomioka merupakan salah satu karakter anime yang tanggal lahirnya ditetapkan tanggal 8 bulan Februari oleh pengarangnya. Dengan tanggal lahir 8 Februari tersebut, Giyu termasuk dalam karakter anime yang berzodiak Aquarius.

Giyu diketahui berusia 19 tahun pada bab 1 Kimetsu no Yaiba, setelah time skip pada bab 28 umur Giyu adalah 21 tahun/.

Yang uniknya, lambang dari zodiak Aquarius merupakan pembawa air. Hal ini jadi sangat cocok dengan Teknik pernafasan yang digunakan oleh Giyu yaitu teknik pernafasan Air. Entah ini kebetulan atau emang sudah direncanakan oleh pengarangnya ya?

5. Merasa Tak Percaya Diri, meskipun dirinya seorang Hashira Air

Giyu Tomioka merupakan Pilar Air di anime Kimetsu no Yaiba. Namun, pada bab 130 memperlihatkan bahwa dia begitu tak percaya diri menduduki sebagai hashira, hingga ia sempat menganggap posisi tersebut sebenarnya kosong dan harus ada orang lain yang menempatinya.

Padahal dari segi kemampuan bertarung, tak dapat dibantah lagi jika Giyu sekarnag memang berada di level Hashira. Dia juga adalah ahli pedang aktif pengguna pernafasan Air terkuat untuk saat ini.

6. Lulus Seleksi Terakhir karena Sabito

Salah satu alasan mengapa kepribadian Giyu Tomioka pendiam dan juga merasa tidak percaya diri menempati posisi Pilar Air yaitu karena pengalamannya di seleksi terakhir.

Giyu mengikuti ujian tersebut bersama Sabito, (pada awal-awal episode anime kimetsu no yaiba, arwah sabito memabantu Tanjiro latihan). Dalam seleksi ujian akhir, Giyu terluka di awal dan sabito menyerahkan Giyu ke peserta lain sementara dia membantai iblis.

Pada saat Giyu kemudian terjaga, ujian sudah berakhir dan dia lulus. Sebenarnya, hampir semua peserta seleksi tersebut lulus. Satu-satunya korban di seleksi tersebut hanya Sabito.

Giyu sendiri mengaku dirinya tidak membunuh satu iblis pun pada seleksi ujian tersebut. Akhirnya, meski dia diakui sebagai seorang pilar air, Giyu sendiri sempat merasa dirinya tidak layak untuk berdiri di antara Pilar lain.

Salah satu kenapa Giyu Tomioka selamat dalam ujian seleksi tersebut adalah saat dirinya terluka di awal ujian, topeng rubah Urokodaki yang diberikan kepadanya rusak. Iblis yang membunuh Sabito, yang jelas-jelas punya masalah dengan Urokodaki dan memburu para calon pembasmi iblis yang memakai topeng Urokodaki, jadi tidak mengincarnya.

Perlu kalian perhatikan, pada kilas balik, Giyu sempat terlihat sebagai anak yang ceria, Lalu kejadian dengan Sabito inilah yang membuat dia jadi sosok yang terkesan dingin seperti sekarang.

7. Pencipta Teknik Pernafasan Air Kesebelas

Meskipun Giyu sempat tak percaya diri pada kemampuannya tersebut, dia sebenarnya adalah salah satu pengguna Pernafasan Air murni terkuat di seri Kimetsu no Yaiba.

Giyu Tomioka adalah pencipta teknik kesebelas Pernafasan Air, Nagi. Teknik yang dengan mudah menumbangkan Rui, si Iblis bulan bawah kelima 12 Kizuki.

Baca Juga: 11 Teknik Pernafasan Air Kimetsu no Yaiba

8. Nama saudari Giyu adalah Tsutako

Pada kilas balik di bab 131 Kimetsu no Yaiba menunjukan bahwa nama kakak dari Giyu yaitu Tsutako. Menurut kilas balik di bab tersebut, Tsutako seharunya akan menikah keesokan harinya. Namun sang kakak mempertaruhkan nyawanya dengan menyembunyikan Giyu dari iblis dan melindunginya.

Kehilangan kakak sempat membuat Giyu merasa tidak pantas hidup dan lebih baik mati, hingga Sabito menegurnya dan menamparnya. Namun, tentu saja kemudian Sabito pun ikut mati juga, seperti yang sudah saya sebutkan diatas tadi.

9. Salah satu karakter yang selamat di Pertempuran Terakhir

Pada akhir manga Kimetsu no Yaiba, banyak sekali karakter penting yang gugur untuk membasmi para iblis. Giyu Tomioka merupakan salah satu Pilar selamat hingga akhir cerita, meskipun dia kehilangan lengan kanannya.

Organisasi Pembasmi Iblis sendiri dimusnahkan setelah Muzan dan para iblis pengikutnya dibantai. Jadi giyu juga menjadi Pilar Air terakhir dalam sejarah dari yang diketahui sejauh ini.

Nah itulah 9 Fakta menarik tentang Giyu Tomioka sang Hashira Air di anime Kimetsu no Yaiba. Gimana menurut kalian karakter dengan kepribadian yang kalem dan gue banget itu?