Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website

Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung Blog - Semua pemilik blog pasti menginginkan blognya selalu dibanjiri dengan pengunjung setiap hari. Pada saat ini, jagat internet benar-benar penuh dengan berbagai macam konten. Blogger dan pemiliknya harus memastikan bahwa mereka dapat bersaing dengan blog lain sehingga bisa mendapatkan traffic atau pengunjung yang stabil.

Cara Meningkatkan Traffic Blog

Apa itu Traffic?

Traffic adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah blog atau website, halaman yang mereka lihat dan durasisaat pengunjung melihat atua membaca halaman-halaman di blog tersebut. Ketika seseorang mengunjungi sebuah blog yang kalian buat, kunjungan tersebut serta semua link yang mereka klik dan folliw akan direkam oleh domain milik blog kalian. Yang nantinya angka-angka inilah bisa memberi kalian ide tentang seberapa populernya blog kalian.

Pentingnya Traffic bagi Blog

Jika sebuah blog tidak dikunjungi oleh banyak orang, maka blog yang kalian buat itu akan terancam tergelam dan tergeser oleh blog-blog lain yang ada di internet. Setiap blog atau website membutuhkan traffic. Seberapapun bagusnya sebuah blog, jika tidak ada pengunjungnya, blog dan bisnis yang kalian kerjakan mungkin akan tidak bisa bertahan lagi. Pada dasarnya, blog yang kalian buat akan hanya bertahan jika ada traffic flow yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa kalian perlu mempertimbangkan kepentingan traffic blog, terutama dalam e-commerce:

Traffic dari pengunjung yang tertarik dengan isi blog atau produk-produk kalian akan lebih mungkin untuk menghabiskan lebih banyak waktu di blog yang kalian buat dan memberi tahu tentang blog tersebut ke orang banyak.

Jika orang menghabiskan lebih banyak waktu diblog klaian, ada kemungkinan mereka akan mendaftarkan diri untuk newsletter blog kalian atau menerima konten promo yang nantinya bsia membuat mereka menjadi konsumen untuk jangka waktu yang lama.

Untuk bisnis, kalian perlu mendapatkan traffic blog untuk mendapatkan keuntungan dan memastikan bahwa bisnis kalian berjalan lancar.

Cara Meningkatkan Pengunjung Blog

Dibawah ini adalah cara meningkatkan pengunjung blog yang harus kalian perhatikan

1. Headlines atau Judul

Cara meningkatkan pengunjung blog yang pertama adalah headlines atau judul artikel. Headlines adalah hal pertama yang menarik perhatian orang-orang untuk membaca konten blog kalian, terutama jika kalian membagi konten kalian di media sosial. Pastikan judul yang digunakan menarik perhatian dan menggambarkan dengan jelas isi dari konten tersebut.

2. Long-tail Keywords

Salah satu cara meningkatkan pengunjung blog adalah dengan memastikan fokus memilih long-tail keywords. Pastikan keyword yang digunakan relevan dan berhubungan dengan topik setiap artikel yang kalian buat.

3. Isi Konten Berkualitas

Memiliki konten yang berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan pengunjung sebuah blog. Perlu diperhatikan bahwa konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif sehingga perlu dilakukan riset yang mendalam. Hal tersebut untuk memastikan bahwa isi konten terperinci, menarik dan unik.

Kalian juga bisa menggunakan multimedia seperti gambar, video dan infografik untuk membuat konten yang menarik. Artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif. Beberapa hal yang perlu diingat dalma membuat konten, yaitu hindari copy paste, gunakan sinonim sehingga klaian tidak menggunakan kata yang sama berulangg kali, hidnari pembahasan di luar topik dan buat artikel yang profesional.

4. SEO On Page

Jangan lupa untuk menerapkan teknik SEO On Page sebagai cara meningkatkan traffic blog secara organik. Gunakan keyword yang tepat, memberi nama alt text pada gambar postingan dan memberi external dan internal link pada postingan yang berkaitan. SEO On Page tidak membutuhkan banyak waktu untuk diaplikasikan dan masih emrupakan salah satu hal yang terpenting untuk dapat meningkatkan pengunjung blog kalian.

5. Link Building

Link Building merupakan kegiatan dimana kalian mencoba meningkatkan jumlah backlinks ke blog kalian. Teknik biasanya di sebut juga dengan SEO Off Page. Jika blog menerima backlinks dari blog lain, maka mesin pencari akan melihat blog kalian sebagai blog yang terpercaya di bidangnya. Dengan demikian, mesin pencari akan meletakkan blog kalian di posisi lebih tinggi di halaman pencarian Google.

Jika blog kalian berada di halaman pertama google, tentunya orang akan lebih tertarik untuk mengunjungi blog kalian dan membaca konten milik blog kalian.

6. Internal Linking

Internal Lingking merupakan link dari satu halaman blog menuju halaman lain di blog yang sama. Perlu diperhatikan juga bahwa untuk internal linking, hanya digunakan pada postingan atau artikel dari blog yang isinya masih berhubungan dnegan artikel yang akan di publikasikan.

Internal lingking menjadi cara meningkatkan pengunjung yang baik karena membantu Google untuk menjelajahi halaman blog kalian. Internal link juga memungkinkan para pengunjung blog untuk menemukan informasi yang terkait dengan apa yang sedang mereka baca saat itu. Hal ini dapat meningkatkan waktu pengguna saat menjelajahi blog kalian.

7. Rutin Update Konten

Rutin dalam menerbitkan sebuah konten adalah salah satu langkah untuk menjamin bahwa blog kalian selalu up to date. Hal ini yang sering jadi pertanyaan bagi sebagian orang tentang seberapa sering kalian harus menerbitkan konten di blog.

Menulis secara rutin bukanlah perkara yang gampang, ada banyak blogger atau pemilik website yang tidak konsisten dalam menerbitkan konten baru. Hal ini menyebabkan fluktuasi di domain authority mereka. Pengunjung blog akan meningkat jika kalian rutin menerbitkan sebuah konten.

8. Gunakan Media Sosial

Tidak hanya cukup dengan membuat konten berkualitas, cara meningkatkan pengunjung blog lainnya adalah aktif mensosialisasikan konten untuk membuat orang-orang membacanya. Jika kalian membagi konten kalian di situs media sosial seperti Instagram, Facebook dan twitter, kalian bsia mendapatkan audience baru untuk blog kalian. Apalagi jika konten kalian miliki berkualitas, konten tersebut bisa mendapatkan lebih banyak share dan berkemungkinan untuk menjadi viral.

9. Konsisten dan Sabar

Menjaga agar konsisten terhadap blog yang kita punya adalah faktor penting. Jika konsistensi kalian terhaga maka domain authority blog juga akan meningkat. Kalian juga harus bersabar karena SEO tidak akan berhasil hanya dalam waktu singkat. Butuh waktu sebelum akhirnya kalian bsia melihat hasilnya.

Penutup

Nah itulah beberapa cara untuk meningkatkan pengunjung blog kalian. Dengan konten yang berkualitas, kalian akan mendapatkan peningkatkan traffic blog, domain authority, organic search dna juga ranking blog. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru buat kalian yang baru terjun di dunia blogging.

Posting Komentar untuk "9 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog atau Website"