Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Artikel Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Cara Membuat Blog Muncul di Halaman Pertama Google - Bagi kalian pasti menginginkan blog yang dibuat muncul di halaman pertama Google. Posisi di halaman satu atau paling atas di halaman pertama Google disebut dengan page one Google.

Ketika memiliki blog atau artikel dengan kata kunci pendek atau sedang adalah sebuah kebanggan tersendiri jika blog kita atau artikel kita yang dipublikasikan berada di halaman pertama Google.

Lalu bagaimana caranya agar Blog atau artikel kita tampil di halaman pertama Google? Tentunya hal ini bukanlah masalah yang mustahil bagi para blogger seperti kita. 

Pada dasarnya, semua cara agar blog kita dapat nangkring di page one Google disebut dengan search engine optimization atau SEO. Nah, dibawah ini akan saya sampaikan langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk menrapkan SEO pada blog atau artikel yang kalian buat akan nangkring di halaman pertama Google.

Cara Blog di Halaman Pertama Google

Cara Membuat Artikel atau Blog Muncul di Halaman Pertama Google

Para pemilik blog pasti akan bersaing dengan menggunakan berbagai cara atau teknik untuk membuat artikelnya supaya masuk di halaman pertama search engine, misalnya sewa domain dan hosting, bertukar bakclink dengan blogger lain, meng-iklankan blog ke google adwords dan masih banyak lagi cara-cara lainnya. Nah dibawah ini saya uraikan secara sederhana agar blog kita dapat masuk ke page one dengan SEO.

1. Riset Keyword

Blog tidak muncul dihalaman pertama google, ada kemungkinan adalah karena konten atau halaman tidak memiliki kata kunci yang banyak digunakan dalam pencarian google. Untuk itu, kalian harus melakukan rise keyword sebelum posting blog atau artikel untuk halaman blog. Terdapat 3 kriteria dalam penentuan kata kunci yang tepat.

Yang pertama adalah volume pencarian. Kata kunci dengan volume tinggi sering digunakan dalam pencarian google, tapi perlu diingat bahwa semakin tinggi volume pencariannya, maka semakin tinggi juga kompetisi yang kalian hadapi untuk memunculkan blog di halaman pertama. Nah, ini dinamakan dengan tingkat kesulitan keyword yang merupakan kriteria kedua.

Kriteria keempat yaitu SERP (search engine result page), SERP merupakan istilah yuang digunakan untuk menyebut 10 blog teratas dalam hasil pencarian sebuah kata kunci. Dengan mengetahuinya, kalian dapat mempelajari konten milik situs-situs tersebut dan membuat yang lebih baik lagi dan lengkap.

2. Memilih Judul yang tepat

Pemilihan kata kunci pada judul sangat menentukan visitor untuk datang ke blog kita. Jadi jika salah menentukan maka sebagus dan selengkap apapun artikel yang kita bikin, maka akan sulit ditemukan oleh pencarian google. Maka dariitu untuk membuat judul dengan semenarik mungkin dengan melakukan riset terlebih dahulu.

Tempatkan kata kunci utama didepan seperti salah satu contohnya "Cara Membuat Artikel Page One di Halaman Google". Cara membuat Artikel Page One adalah kata kunci utama dan dengan sangat mudah adalah kalimat tambahan yang dapat membantu nilai dalam SEO du judul artikel. Dengan begitu artikel yang kita tulis mempunyai target yang tepat.

3. Kata Kunci atau Keyword di 100 kalimat pertama

Usahakan dalam membuat artikel, untuk menempatkan kata kunci tersebut dalam 100 kata pertama dalam artikel. Semakin awal semakin bagus karena robot google biasanya hanya akan merambah artikel 100 kata pertama. Namun bukan berarti kalian boleh menumpuk keyword pada 100 kata pertama artikel tersebut. Algoritma google semakin lama semakin ketat, bisa-bisa malah menurunkan rangking hingga anlok ke paling bawah, maka lalukan sewajarnya saja.

4. Gunakan Gambar yang Relevan

Menambah Gambar di setiap postingan blog juga mempengaruhi artikel yang kalian buat. Semakin lengkap yang kalian sajikan maka semakin bagus SEO artikel yang didapat. Untuk gambar yang gratis kalian bsia mengambilnya di situs pixabay.com, atau juga bisa membuat desain sendiri jika kalian jago desian. Lalu jika kalian mengambil gambar dari sumber lain, saran saya agar mencantumkan sumber gambar tersebut.

5.Artikel Original

Banyak blogger yang membuat artikel dengan cara rewrite milik orang lain bahkan melalukan Copy Paste sebagian artikelnya. Cara ini sangat buruk bahkan bukan hanya menjatuhkan blog sendiri tetapi bisa juga membuat kita jadi seorang pemalas. Stop melalukan hal tersebut dan mulailah dengan sesuatu yang baru dengan membuat tulisan hasil pemikiran sendiri.

Gaya penulisan atau bahasa yang kita buat tentu akan berbeda dengan tulisan milik orang lain dan yang paling penting adalah mudah dipahami. Tanpa harus mengecek artikel tersebut plagiat atau tidak maka bisa dipastikan bisa langsung di publikasikan. Semakin banyak tulisan original maka Google akan lebih cepat membaca bahka jika sudah dipercaya dapat bersaing di beranda terdepan google dengan cepat.

6. Backlink

Backlink juga salah satu menjadi kekuatan tersendiri untuk dapat meningkatkan performa blog yang kita buat. Tetapi ada pernyataan bahwa lebih baik mempunyai backlink sedikut tapi berkualitas dari pada backlink banyak tatpi dianggap spam oleh Google. Buatlah artikel yang baik dan bermanfaat bagi banyak orang sehingga artikel tersebut banyak di share di media sosial atau blog orang lain sehingga kalian mendapatkan backlink yang baik.

7. Cek Kecepatan Blog

Kecepatan loading blog adalah salah satu faktor ranking blog. Oleh karnanya, meningkatkan kecepatan loading blog adalah salah satu cara agar blog dapat muncul di Google. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kecepatan blog. Yang pertama adalah pastikan ukuran file-file penunjang blog (HTML,JavaScript dan CSS) tidak memperlambat loading blog. Kedua kalian perlu mengkompres atua mengecilkan ukuran file gambar yang digunakan di blog.

8. Blog Mobile Friendly

Dijaman sekarang aktivitas browsing melalui perangkat mobile kiat meningkat. Kebanyak sekarang trafik blog datang berasal dari perangkat mobile. Yang artinya, blog kalian harus siap untuk pengunjung yang  menggunakna smartphone dan tablet, baik dari segi tampilan atua kecepatan. Ditambah lagi Google telah menetapkan kecepatan loading pada perangkat mobile sebagai salah satu faktor ranking blog.

9. Membuat Sitemap

Sitemap merupakan sebuah file yang berisi daftar semua halaman pada blog yang kita punya. Selain itu, file ini juga bisa berisi segala informasi tentang halaman-halaman bloig kita, termasuk kapan terakhir kali sebuah blog direvisi, jumlah revisi yang dilakukan serta jenis konten yang ada didalamnya.

Terdapat dua jenis sitemap, yaitu sitemap HTML dan Sitemap XML. Sitemap HTML adalah versi yang diperuntukan bagi pengunjung blog, sedangkan sitemap XML ditujukan untuk mesin pencarian.

Sitemap XML wajib kalian miliki karena membantu Google untuk dapat melakukan perayapan terhadap halaman-halaman blog yang kita buat. Hal ini sangat penting bagi blog kita aggart teridneks atau muncul di hasil penelusuran Google.

10. Daftar Google Search Console

Google memiliki tool gratis yang dapat membantu kalian untuk memahami performa blog, yaitu Google Search Console. Google Search Console dapat membantu kalian mengetahui performa blog di pencarian google. Informasi diberikan tool ini seperti:

  • Artikel terpopuler di blog kalian
  • Kinerja blog kalian di perangkat mobile
  • Ada atau tidkanya link rusak
  • Masalah keamanan blog
  • sumber backlink yang didapat

Selain itu, kalian juga dapat menggunakan Search Console untuk memasang sitemap dan menentukan kata kunci atau keyword yang tepat bagi blog kalian. Untuk dapat menggunakn Search Console silahkan baca pada artikel panduan Google Search Console.

Penutup

Nah demikian lahh cara membuat aritkel tampil di halaman pertama Google. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dan dapat memberikan manfaat yang baik untuk kalian semua. Semoga dengan mempelajari tips atau cara diatas dapat membuat blog atau artikel yang kalian buat nangkring di page one Google.

Posting Komentar untuk "Cara Agar Artikel Blog Muncul di Halaman Pertama Google"