Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Cara Mudah Melacak Nomor HP Tidak Dikenal yang Masuk ke HP mu

masadi.id - Kalian pasti pernah mendapatkan telepon dari nomor yang tidak ada pada kontak ponsel kalian. Saat telepon tersebut tidak terangkat, kalian pasti akan penasaran siapakah pemilih dari nomor baru tersebut. Atau mungkin juga saat kalian mendapatkan telepon dari nomor tak dikenal tersebut, kalian males untuk mengangkatnya tapi rasa penasaran dalam diri kalian ingin tahu siapa dia.

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Jika kalian mengalami hal demikian, maka kalian tidak perlu bingung lagi untuk mengatasi hal tersebut. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui siapa pemilik nomor tak dikenal yang nyasar ke hp kalian. Nah, simak caranya melacak nomor hp yang tidak dikenal dibawah ini.

9 Cara Melacak Nomor HP yang tidak Dikenal

1. Mencari Tahu Nomor di Google

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Cara pertama yang paling mudah ialah dengan melakukan pencarian di mesin pencari Google. Cara ini cukup praktis jika kalian mendapatkan telepon dari orang yang tidak dikenal ataupun nomor panggilan perusahaan yang biasanya bukan nomor ponsel

Jika nomor tersebut merupakan nomor yang sudah terdaftar lokasi di Google Maps maupun Google Bisnis, Google akan menampilkan informasi kantor dari si pemilik nomor tersebut. Akan tetapi, tidak semua perusahaan menuliskan nomor teleponnya di Google.

Cara ini juga bisa kalian lakukan jika mendapatkan panggilan dari orang asing. Kalian bisa lalukan pencarian di laman pencarian Google, biasanya ada situs yang memberikan informasi nomor-nomor penipu. Ada juga situs yang memberikan informasi soal nomor dari telemarketing agen asuransi ataupun agen kartu kredit.

2. Mencari tahu Nomor tak di Kenal di Facebook

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Cara kedua ini hampir sama dengan cara pertama, untuk mencari informasi pemilik dari nomor asing yang masuk ponsel kalian bisa coba melalui facebook. Kita tahu bahwa facebook jejaring sosial yang sangat populer dan banyak penggunanya. Terkadang pengguna facebook juga ada yang mencantumkan informasi nomor hp, email, website dan lainnya. Dengan begitu cara ini bisa kalian coba untuk mengetahui hasilnya.

Caranya tinggal ketikan saja nomor yang tak dikenal tersebut di menu pencarian teman. Apabila pemilik nomor tersebut pengguna facebook dan menautkan nomornya di dalam akunya, maka informasi dari nomor tersebut akan terlihat siapa pemiliknya. Namu, kembali lagi sama seperti yang diatas, bahwa tidak semua orang mencantumkan informasi secara lengkap di akun facebooknya termasuk nomor HP.

3. Dengan Aplikasi Getcontact

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Cara ketiga untuk mengetahui pemilik nomor tak dikenal selanjutnya ialah dengan aplikasi Getcontact. Dengan aplikasi ini kalian bisa mengetahui idnetitas penelpon asing yang masuk ke hp kalian. Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk memblokir nomor HP yang sering masuk atau spam panggilan gak jelas di HP kalian.

Di fitur yang ada pada aplikasi Getcontact ini, kalian juga bisa mengetahui siapa nama kalian di kontak teman-teman kalian. Kalian juga bisa melaporkan nomor HP ynag terindentifikasi sebagai spam atau penipuan untuk membantu melindungi orang lain dari orang yang tak bertanggung jawab, seperti "mamah minta pulsa", atau kalian dapat hadiah jutaan rupiah yang nyatanya hanya penipuan.

4. Melalui Aplikasi TrueCaller

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Aplikasi dapat membantu kalian untuk mencari informasi pemilik dari nomor HP yang tidak dikenal. Dengan begitu, kalian bisa tahu apakah nomor yang menghubungi kalian adalah nomor penting atau tidak.

Selain itu, fitur yang diberikan aplikasi juga handal. Aplikasi dapat mengidentifikasi nomor sebagai penipu atau spam yang nantinya akan ada tanda warna merah sehingga kalian dapat bisa berhati-hati. Kalian juga dapat memblokir nomor HP yang tidak kalian inginkan, seperti span sms penipuan, ataupun spam panggilan yang mengganggu kalian. Kalian dapat mendownload aplikasi ini secara gratis di playstore namun apabila ingin memiliki fitur yang lengkap kalian bisa mendownload versi berbayarnya.

5. Menggunakan Situs Web TrueCaller

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Apabila kalian tidak ingin repot-repot mendownload aplikasi TrueCaller, kalian bisa juga memanfaatkan situs web TrueCaller yang disediakan untuk melacak nomor yang tidak dikenal tersebut. Untuk caranya kalian bisa lihat dibawah ini:

  • Kunjungi laman situ web dari TrueCaller melalui link Truecaller.com
  • Lalu masukan Nomor HP yang kamu maksud
  • Sign in dengan akun Google ataupun Microsoft
  • Lalu Klik ikon "search"
  • Tunggu beberapa saat dan Truecaller akan menampilkan data dari pemiliki nomor HP.

6. Melalui Situs Web kredibel.co.id

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Melalui laman web dari situs kredibel.co.id kalian dapat menemukan infromasi apakah nomor HP pernah digunakan untuk melakukan penipuan. Cara mengetahuianya pun cukup mudah, kalian tinggal memasukkan nomor hp yang dimaksud, lalu nantinya kalian akan melihat apakah nomor tersebut pernah dilaporkan sebagai penipuan atau berpotensi penipu atau tidak.

Dengan aplikasi ini, selain juga untuk mengetahui nomor penipu, situs ini juga membantu kalian untuk mengetahui nomor rekening yang pernah dilaporkan berpotensi sebagai tindak penipuan. Jika kalian pernah atau hanpir menjadi korban penipuan, kalian bisa memasukkan data nomor telepon atau rekeningnya ke situs kredibel.co.id untuk membantu orang lain agar terhindah dari tindak penipuan.

7. Menggunakan Aplikasi Call Control

Cara Mudah Melacak Nomor Tidak Dikenal

Sebuah aplikasi yang dapat kalian coba untuk mengetahui pemilik nomor hp yang tidak dikenal. Aplikasi ini juga akan langsung memberikan penanda begitu ada nomor asing masuk yang menelpon ke ponsel kalian, misalnya penipu, telemarketing atau HRD sehingga kalian bisa lebih berhati-hati lagi dalam menerima telepon.

Jika kalian sering mendapatkan span telepon dari nomor tak dikenal, kalian dapat langsung memblokirnya melalui Call Control sehingga nomor tersebut tidak akan mengganggu kalian lagi. Melalui aplikasi Call Control ini, kalian juga bisa langung mengindari penipuan atau apa pun bahkan sebelum orang tersebut bisa berbicara dengan kalian.

8. Melalui Aplikasi TelGuarder


Kalian juga bisa menggunakan aplikasi telGurader untuk mendapatkan peringatan secara otomatis jika ada panggilan yang teridentifikasi sebagai spam menghubungi kalian sehingga kalian bisa langsung menolak panggilan tersebut. Kalian juga dapat memblokir panggilan yang tidak diinginkan agar tidak bisa lagi menghubungi ke ponsel kalian.

Apabila kalian mengetahui nomor yang teridentifikasi penipu, kalian juga bisa melaporkan nomor tersebut unutk membantu orang lain terhindar dari tindak penipuan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

9. Melalui Aplikasi Sync.ME


Dengan aplikasi ini kalian bisa melihat foto nomor tak dikenal yang menghubungi ke ponsel kalian. Selain itu, kalian juga memungkinkan untuk mengidentifikasi panggilan spam, telemarketer, dan robocall sehingga kalian bisa langsung menolaknya.

Apabila kalian merasa terganggu dengan panggilan telepon yang terus menerus saja masuk, kalian bisa memasukkannya ke dalam daftar hitam. Dengan begitu, nomor tersebut tidak akan menelpon kalian lagi nantinya.

Nah, begitulah cara mengetahui nomor tak dikenal yang nyasar ke hp kalian. Jadi apabila suatu saat kalian mendapatkan telepon dari orang misterius dari nomor yang kalian tak kenal, kalian bisa mencoba cara diatas untuk mengetahui siapa pemiliknya.