Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Cara Mudah mengatasi Lupa Pola/PIN/Password pada HP Android

masadi.id - Sebuah ponsel pintar sekelas Android makin hari makin meningkat di era zaman modern seperti sekarang ini. Ponsel yang diproduksi setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan, baik itu dalam segi tampilan yang semakin keren maupun fitur yang di sematkan didalamnya.

Fitur yang diberikan terhadap ponsel Android tentu akan menjadi semakin canggih, termasuk juga pada fitur keamanan pada ponsel tersebut. Adapun fitur canggih yang ditawarkan ialaha berupa pengamanan ponsel dalam berupa pola yang berfungsi untuk menjaga privasi penggunanya dengan mengunci ponsel.

Menjaga keamanan ponsel milik sendiri tentu menajdi sebuah keharusan agar tidak ada yang bisa membuka ataupun membobol isi ponsel kita yang bersifat privasi atau rahasia. Nah, untuk itulah ponsel pintar sekelas Android diberikan fitur kunci layar menggunakan pola, password ataupun pin, agar penyalahgunaan data tidak mudah terjadi.

Namun, terkadang kita bisa saja melupakan pola yang sudah kita buat sendiri untuk membuka ponsel itu lagi dan mungkin ini akan jadi sedikit panik buat kalian yang tidak tahu cara membuka pola HP yang lupa.

Cara Membuka Pola HP yang Lupa

Bagi kalian yang sudah lupa atau emang sudah menjadi kebiasaan gonta ganti pola kunci hp yang jadinya lupa sendiri polanya, tidak usah khawatir, mungkin sebelum kalian melakukan reset pada ponselmu itu kalian bisa mencoba beberapa cara tertentu agar bisa membuka kunci pola HP yang lupa tanpa reset Ponsel tersebut.

Cara buka pola hp yang lupa

Ada berbagai merk ataupun jenis ponsel pintar pastunya yang sudah memiliki fitur keamanan untuk melindungi privasi si pemiliknya, seperti contohnya hp merk dari Noki, Lenovo, Oppo, Samsung, Vivo, Xiaomi da beberapa merk lainnya.

Untuk dapat mengatasi masalah lupa password atau lupa pola pada smartphone yang terkunci, kalian bisa coba melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Menggunakan Fitur Forgot Password

Kalian bisa menggunakan fitur dari Forgot Password setelah melakukan beberapa kali kesalahan saat membuka kunci HP.

  • Pertama pastikan kalian sudah login di dalam Akun Google atau Gmail di ponsel kalian
  • Kemudian tab pada bagian Forgot Password
  • Kemudian masukkan username dan Password akun Google kalian kemudian klik Sign in.
  • Akun Google yang digunakan adalah akun google yang sudah tertaut didalam hp yang terkunci tersebut sebelumnya.

2. Find My Device

Find My Device menggunakan salah satu layanan yang disediakan oleh Google untuk bisa menemukan smartphone yang hilang. Namun tak hanya itu saja, kalian juga dapat memanfaatkan cara ini untuk membuka kunci HP yang lupa polanya. Untuk caranya bisa kalian coba dibawah ini

  • Pertama buka Browser atau Peramban yang ada di Komputer atau Laptop kalian, lalu ketik Android.com/Find di bagian kolom pencarian lalu klik enter
  • Setelah itu, login dengan menggunakan akun gmail atau google dan sandi yang sama yang kalian gunakan di ponsel kalian
  • Lalu akan ada tampilan informasi tentang ponsel kalian, baik lokasi pada peta, jenis ponsel, terakhir aktif, persentase baterai, nama operator dan tiga opsi yang bisa kalian pilih untuk mengakses ponsel
  • Tiga pilihan tersebut adalah Play Sound, Lock/Secure dan Erase Device. Pilih menu Lock/Secure Device
  • Nanti akan ada tampilan halam untuk mengubah kata sandi pada ponsel kalian, ubah kata sandi atau pola baru yang akan kalian gunakan pada ponsel android
  • Setelah selesai, coba buka ponsel kalian dengan menggunakan pola yang baru saja kalian buat di situs tersebut.

Cara diatas bisa kalian gunakan pada semua merk hp android seperti Vivo, Oppo, Realme dan lainnya. Sedangkan cara untuk membuka pola pada HP yang lupa pada pengguna hp Samsung tidak jauh berbeda, yaitu dengan cara dibawah ini:

  • Pertama masuk kesitus Find My Samsung
  • Pilih menu Setting dan Security, Pilih Find My Mobile
  • Lalu login dengan akun gmail dan sandi yang kalian gunakan pada ponsel tersebut
  • Klik tombol Lock My Screen
  • Masukkan pola atau kata sandi baru lalu konfirmasi agar kalian bisa menggunakan pola baru tersebut di ponsel Samsung kalian.

3. Menggunakan Android Device Manager atau ADM

Cara membuka pola HP yang lupa berikutnya yaitu dengan menggunakan layanan dari Android Device Manager dari Google. Kini layanan tersebut lebih dikenal dengan fitur Find My Device. Oleh karnanya cara membuka password HP yng lupa pola bisa menggunakan ADM ini kurang lebih sama dengan cara saat menggunkan Find My Mobile:

  • Pertama siapkan ponsel kalian yang terkunci dan laptop ataupun komputer yang sudah terkoneksi dengan jaringan internet
  • Lalu masuk ke situs Android Device Manager atau Find My Device di Komputer melalui link https://www.google.com/android/find/
  • Selanjutnya login akun Gmail yang kalian gunakan pada ponsel yang terkunci
  • Lalu pilih Lock dari ketiga pilihan yang ditampilkan untuk mengubah pola atau kata sandi yang kalian gunakan di ponsel tersebut
  • Masukan pola yang baru, konfirmasi ulang dan setelah yakin klik Kunci atau lock
  • Tunggu beberapa saat, lalu coba masukkan pola terbaru yang kalian buat di ponsel, Selesai.

4. Membuat Locksreen Crash

Apabila kalian masih menggunakan android dengan OS androdi 5.0 sampai 5.1.1 atau Android Lolipop, ada sebuah bug yang bisa kalian manfaatkan untuk membuka pola kunci yang lupa pada ponsel kalian. Cara membuka Pola HP yang lupa ini adalah dengan memanfaatkan fitur dari Panggilan Darurat atau emergency call yang berupa celah keamanan dengan membuat locksreen tersebut menjadi crash. Nah, untuk caranya sebgai berikut:

  • Pertama buka menu Emergency Call dari layar ponsel kalian yang terkunci
  • Kemudia ketikan tanda * (bintang) pada dialer hingga karakter penuh dan tidak bisa ditambahkan lagi
  • Setelah itum kalian salin semua karakter tersebut dan buka notifikasi bar dan ketu salah satu notifikasi tersebut
  • kalian akan kembali dimintai untuk memasukkan password atau pola, lalu kalian cukup tempelkan karakter yang kalian salin tadi sehingga menyebabkan lockscreen crash
  • Lalu kalian akan langsung masuk ke tampilan utama atau Home dari ponsel kalian tersebut

5. Menggunakan Google Assistant

Fitur Android yang satu ini semakin canggih juga didukung dengan layanan terbaik dari Google. Dari segi keamanan, kalian bisa menggunakan layanan Google Assistant untuk membuka Ponsel kalian yang terkunci karena lupa polanya. Google Asistant adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google. Bahkan dapat terlibat dalam percakapan dua arah. Kalian dapat mengaktifkan fitur tersebut dengan suara kalian, yang sebelumnya sudah diatur untuk dapat dikenali dengan mudah.

Cara ini sangat praktis untuk membuka pola ponsel yang lupa, misalnya pada hp merk vivo cukup dengan ucapkan "OK Google" pada ponsel secara otomatis kunci pada ponsel tersebut akan terbuka dengan sendirinya. Namun, pastikan sebelumnya bahwa kalian sudah mengaktifkan fitur ini dalam ponsel kalian dan sudah menyetujui fitur Unlock with Voice.

6. Menggunakan Safe Mode Android

Pada cara seperti ini, biasanya kesalahan terdapat pada pola sandi yang dikarenakan aplikasi pihak ketiga, untuk masuk ke dalam mode safe mode ini tergantung pada tipe Ponsel yang kalian gunakan.

Caranya tergoling sangat mudah, setelah masuk ke dalam safe mode kalian tinggal menonaktifkan pola sandi yang berasal dari pihak ketiga tersebut. Untuk caranya sebagai berikut ini:

  • Pertama lakukan cara untuk mematikan smartphone kalian, sehingga muncul pilihan Power Off.
  • Kemudian tap dan tahan opsi Powe Off hingga muncul opsi Reboot to Safe Mode. Pilih saja Ok untuk melanjutkan prosesnya
  • HP kalian akan melalukan restart dan masuk ke dalam Safe Mode. Disini kalian bisa men-uninstall aplikasi Lokscreen pihak ketiga dan masuk kembali ke mode normal dengan melakukan Restart
  • Perlu diingat bahwa cara ini hanya bisa digunakan jika kalian menggunakan aplikasi pengunci hp sebelumnya.

7. Factory Reset

Apabila semua cara diatas tidak dapat mengatasi Pola sandi yang lupa di Ponsel kalian, maka salah satu pilihan terakhir kalian yaitu melakukan Factory Reset. Dengan cara ini otomatis semua data yang ada di dalam ponsel tersebut akan terhapus semua, menjadikan hp seperti awal lagi pada saat pertama beli. Untuk cara melakukan factory reset, kalian bisa ikuti caranya dibawah ini.

  • Pertama matikan HP kalian terlebih dahulu
  • Kemudian kalian masuk ke dalam Recovery Mode dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down bersamaan dan tahan beberapa saat. Cara ini bisa berbeda tergantung dari merk HP.
  • Setelah itu kalian akan masuk ke Recovery Mode, gunakan tombol Volume untuk menggerakan Pilihan. Kemudian kalian pilih Wipe Data/Factory Reset lalu tekan tombol Power. Ketika proses selesai, silahkan pilih Reboot System Now. Dan tunggu beberapa menit, karena proses bootingnya akan memakan waktu cukup lama, jadi ditunggu saja.

Nah begitulah tadi beberapa cara untuk membuka Pola HP, PIN atau Password yang lupa pada ponsel kalian yang bisa kalian coba sendiri.

Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru buat kalian semua. Selamat mencoba!