Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghubungkan Layar Laptop Ke Proyektor Dengan Sangat Mudah

masadi.id - Menghubungkan Laptop ke Proyektor mungkin ada sebagian orang yang masih mengalami kesulitan atau belum paham betul untuk cara menghubungkan laptop ke proyektor, baik untuk keperluan presentasi maupun kepentingan lain seperti untuk nobar bersama nonton bola atau film.

cara menghubungkan proyektor ke laptop

Apa itu Proyektor?

Proyektor

Proyektor merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memproyeksikan gambar, video ataupun teks pada bidang datar yang memungkinkan gamabr, video ataupun teks tersebut dapat terlihat lebih besar. Biasanya bidang datar yang sering digunakan yaitu berupa layar putih ataupun dinding bangunan.

Proyektor merupakan perantara yang digunakan untuk menampilkan gambar dari layar laptop atau komputer untuk diteruskan pada bidang yang lebih halus. Sehingga gambar yang tadinya hanya bisa dilihat oleh satu orang saja, dengan bantuan proyektor gambar tersebut dapat dilihat juga oleh banyak orang.

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor

Biasanya kesulitan yang dialami adalah mengenai bagaimana cara menghubungkan laptop ke proyektor. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena pada dasarnya settingan penggunaan LCD Proyektor ini cukup mudah dan bisa kalian lakukan sendiri dirumah jika sudah paham. Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa perangkat utama dan pendukung agar laptop kalian dapat terhubung ke LCD Proyektor.

1. Peralatan yang Dibutuhkan

Untuk menghubungkan laptop kalian dengan proyektor, ada beberapa peralatan yang perlu kalian siapkan terlebih dahulu. Berikut ini beberapa perangkat yang kalian butuhkan yaitu :

  • LCD Proyektor
  • Laptop dengan koneksi VGA atau HDMI
  • Kabel Power
  • Kabel VGA atau HDMI
  • Kabel Terminal Listrik (opsional)

2. Petunjuk Praktis Pemasangan Proyektor ke Laptop

Setelah semua peralatan sudah tersedia, selanjutnya kalian tinggal menghubungkan semua perangkat yang ada tersebut. Berikut ini adalah cara untuk menghubungkan Laptop ke LCD Proyektor:

  1. Pertama-tama, nyalakan dulu laptop kalian, lalu pastikan memiliki baterai yang cukup.
  2. Hubungkan Kabel Power dengan LCD Proyektor dan Sumber listrik terdekat, lalu pencet tombol power pada LCD Proyektornya
  3. Arahkan cahaya proyektor dari LCD Proyektor ke screen putih atau tembok dan atur zoom serta fokusnya
  4. Selanjutnya kalian hubungkan Laptop dengan LCD Proyektor dengan menggunakan kabel VGA atau kabel HDMI sesuai dengan ketersediaan. Pastikan juga kalian memasang kabel lubang input di Proyektornya.
  5. Setelah Laptop dengan Proyektor tersambung, biasanya proyektor akan secara otomatis mencari sumber gambar atau video, baik dari VGA ataupun dari HDMI.
  6. Jika belum muncul juga, pencet tombol Source pada LCD Proyektor atau remote untuk mencari sumber secara manual.
  7. Selesai. Kalian sudah siap untuk menampilkan gambar dari video melalui proyektor.
Koneksi VGA Laptop ke Proyektor

3. Mengatur Tampilan Proyeksi Gambar

Terdapat beberapa opsi untuk proyeksi gambar dari proyektor setelah terhubung dengan laptop. Kalian cukup pencet tombol keyboard dengan logo Windows dengan huruf P. Kemudian akan muncul beberapa pilihan diantaranya yaitu:

  • PC Screen Only, artinya kalian hanya akan menampilkan gambar di Laptop kalian sementara di LCD Proyektor tidak akan memunculkan gambar.
  • Duplicate, artinya Poryektor akan memunculkkan gambar yang sama dengan tampilan pada Laptop kalian
  • Extend, yaitu kalian seolah-olah memiliki dua layar yang berbeda, yaitu layar laptop (utama) dan tampilan dari LCD Proyektor. LCD Proyektor hanya akan menampilkan gambar atau video yang telah kalian tentukan. Caranya yaitu dengan memindahkan atau drag gambar/video tersebut dari layar utama (laptop) ke tampilan LCD Proyektor.
  • Second Screen Only, artinya kalian hanyan akan menampilkan gambar pada proyeksi LCD Proyektor saja, layar laptop kalian nantinya akan berwarna gelap karena tidak menayangkan apapun.

Nah begitulah penjelasan mengenai Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor dan Pilihan proyeksi gambar yang dapat kalian atur sendiri sesuai dengan kebutuhan presentasi atau kebutuhan lainnya.

Beberapa pilihan proyeksi gambar diatas bisa kalian coba sesuai dengan kebutuhan kalian. Hal ini akan memberi kemudahan bagi kita yang ingin menampilkan sesuatu pada LCD Proyektor tanpa harus merasa bingung dengan caranya. Akan tetapi, selain dari cara diatas ternyata masih ada lagi langkah untuk menghubungkan laptop ke proyektor yang bisa kita coba.

Menghubungkan Laptop Ke Proyektor di Windows 7/10/Vista/XP

1. Windows 10

Ada beberapa langkah untuk menghubungkan laptop ke proyektor di Windows 10 yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Secara garis besar, langkah yang dilakukan sama saja, akan tetapi ada sedikit perbedaan yang tampak sesuai dengan windows yang dignakan oleh laptop.

Pada Windows 10 yang merupakan versi terbaru misalnya, biasanya tampil dari proyektor akan muncul secara otomatis sesuai dengan tampilan pada laptop. Jika tidak muncul secara otomatis, dapat dilakukan beberapa langkah antara lain seperti berikut:

  • Tekan Windows + P pada keyboard
  • Setelah itu akan ada tampilan pada layar. Nyalakan laptop serta tunggulah sampai mulai. Nanti laptop secara otomatis akan mendeteksi monitor serrta menyesuaikan diri pada layar. Bila layar monitor tetap saja hitam, pada laptop kalian akseslah "Display Function".

Ikon dari Display Function yang bisa kita temukan adalah segi empat yang disertai dengan dua garis vertikal di sekitarnya. Tekan satu kali untuk aktivasi monitor. Jika sudah, aturlah pengaturan pada laptop. Di bawah ini ada beberapa versi dalam menghubungkan laptop ke proyektor sesuai dengan windows yang digunakan.

2. Windows 7

Tekan Start - Control Panel - Appearance and Personalization, lalu cari Adjust Screen Resolution, lalu klik satu kali. Window kecil akan muncul dengan adanya 2 monitor dengan label 1 dan 2. Pilih drop-down menu pada bagian samping Multiple Displays-Extend these displays - terapkan. Dekstop pun diperluas, kita bisa menyesuaikan Resolution dan Orientation jika ada pengaturan khusus.

3. Windows Vista

Pilih Start - Control Panel - Personalize - Display Settings, jika sudah klik Identify serta I besar pun akan tampak pada layar 2 besar tampak pada monitor lain. Pilih Kotak centang Extend My Desktop to This Display, kemudian terapkan.

4. Windows XP

Klik kanan di Dekstop, pilih Properties, lalu klik tab Settings. Pilihlah ikon Identify pada bagian bawah window. Ingatlah angka yang tampak berkedip pada layar monitor yang terpasang. Pilih satu kali untuk menyorot, pilih pada kotak centang dengan label Extend my WIndows dekstop on to this monitor. Jika sudah klik Apply - OK. Kalian sudah bisa keluar dari pengaturan/

Cara Menghubungkan Laptop ke Proyektor Sesuai dengan Merk Laptopnya

Setelah kalian mengetahui cara menghubungkan laptop ke Proyektor seperti yang ada diatas. Kalian bisa juga menerapkan cara yang tak kalah mudah berdasarkan dari merk laptopnya. Berikut ini cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan mudah tersebut.

  1. F7: Apple.
  2. Fn + F10: Fujitsu.
  3. Fn + F8: Epson dan Dell.
  4. Fn + F7: Sony dan Lenovo.
  5. Fn + F6: Toshiba, Sharp, HP, dan Acer.
  6. Fn + F3: Nec dan Panasonic.

Kalian bisa menerapkan beberapa cara untuk menghubungkan laptop ke proyektor di atas dengan mudah. Dengan begitu cara pengaturannya pun tidak akan membuat kalian ribet.

Nah begitulah cara menghubungkan laptop ke proyektor dengan mudah. Dengan begitu kalian bisa melakukan presentasi atau untuk kegiatan nobar bersama untuk nonton bola bersama teman kalian. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru buat kalian. Source: proyektorid