Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus Tahu, Ini Dia 5 Kelebihan LinkAja Syariah dan Perbedaanya dengan Reguler

Kelebihan LinkAja Syariah

Sejak kemunculannya, banyak orang yang menanyakan kelebihan LinkAja Syariah dan perbedaannya dengan regular. Dalam program yang mereka gunakan, pengguna LinkAja kini dapat beralih ke LinkAja Syariah.

Jadi Anda tidak perlu lagi menginstal aplikasi tersebut, cukup salah satu yang sudah ada di ponsel maka bisa digunakan. Lebih aman, nyaman dan menentramkan bukan?

Seperti perusahaan fintech lainnya, LinkAja baru-baru ini memperkenalkan layanan Syariah. Layanan yang tersedia untuk siapa saja. Lantas, apa perbedaan LinkAja dan LinkAja Syariah? Apa manfaatnya, dan apa fungsinya?

Apa Itu LinkAja Syariah?

LinkAja Syariah adalah jenis uang elektronik yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran yang sesuai dengan prinsip dan norma Syariah. Nantinya uang tersebut akan disimpan di dompet digital aplikasi LinkAja.

Pengguna tidak perlu khawatir menggunakan uang elektronik ini karena sudah mengantongi sertifikasi resmi dari MUI. Artinya, Anda bisa melakukan transaksi digital lebih cepat, aman dan nyaman dengan tetap mematuhi hukum Syariah.

Mengapa pengguna harus mengetahui kelebihan LinkAja Syariah? Karena tentunya berbeda dengan LinkAja regular. Adapun perbedaannya adalah:

Perbedaan LinkAja Syariah dan Reguler

1. Menyimpan Dana

Penyimpanan dana antara LinkAja Syariah dan LinkAja Reguler berbeda. Uang di LinkAja Syariah disimpan di bank syariah, sedangkan uang di LinkAja Reguler disimpan di bank konvensional.

Tentu saja ini menjadi prinsip dasar hukum Syariah, sehingga penting untuk memahami bahwa tabungan Anda aman di bank Syariah bagi pengguna LinkAja Syariah.

2. Mekanisme Diskon

Kelebihan LinkAja Syariah, pihak yang memberikan diskon harus merchant, namun di LinkAja Reguler, pengguna bisa mendapatkan diskon baik dari merchant maupun LinkAja.

3. Metode Transaksi

Proses transaksi juga berbeda antara LinkAja dan LinkAja Syariah. Metode transaksi di LinkAja Syariah mengikuti aturan dasar Syariah, sedangkan LinkAja mengikuti aturan dari metode transaksi saat ini.

4. Target Pengguna

Target pengguna LinkAja Syariah adalah umat Islam, meskipun LinkAja dapat digunakan oleh orang-orang dari berbagai budaya. Sebaliknya, siapa saja yang ingin menikmati layanan syariah yang nyaman bisa menggunakan LinkAja Syariah.

Kelebihan LinkAja Syariah bagi Umat Muslim

Mengapa Anda disarankan menggunakan LinkAja Syariah? Pastinya karena ada banyak keuntungan. Bahkan, terbuka untuk semua orang, tidak hanya Muslim. Berikut kelebihan LinkAja Syariah:

  •       LinkAja menawarkan berbagai layanan syariah, antara lain investasi dan asuransi syariah, haji dan umrah, ZISWAF, ekonomi masjid, digitalisasi pesantren, ekonomi masjid, dan lainnya.
  •      Saldo dari semua bank (konvensional dan syariah) dapat dimasukan, dan saldo tersebut akan ditagih di bank syariah.
  •          Anda akan terhindar dari transaksi riba yang telah disertifikasi oleh BI dan BSN MUI.
  •          Transaksi pengguna bisa diterima oleh semua merchant LinkAja.
  •       Pengguna bisa memanfaatkannya langsung dari aplikasi LinkAja dengan mengaktifkannya dan beralih layanan.

Cara Mengaktifkan LinkAja Syariah

Setelah mengetahui kelebihanLinkAja Syariah, pembahasan selanjutnya adalah cara mengaktifkan layanan LinkAja Syariah langsung dari aplikasi LinkAja. Adapun caranya adalah:

  • Pengguna bisa langsung membuka aplikasi dan menemukan tombol "LinkAja Syariah". Bisa dilihat di pojok kanan bawah.
  • Lalu, langsung pilih menu "Aktifkan" dan baca syarat dan ketentuan yang ada.
  • Lanjutkan dengan membuat PIN, dan proses aktivasi akan selesai. Kini pengguna bisa berpindah layanan ke aplikasi LinkAja.

Lalu bisakah pengguna mengembalikan layanan LinkAja Syariah yang sudah beroperasi ke LinkAja? Tentu saja bisa, dan caranya juga sangat mudah. Diantaranya adalah:

  • Silahkan masuk ke aplikasi lalu pilih opsi "Akun".
  • Dari menu 'Semua’, pilih "LinkAja Syariah".
  • Ketika Anda mengklik "Syariah" lagi, Anda dapat memilih pilihan pertanyaan di nomor 5 yaitu cara menutup akun LinkAja Syariah.
  • Silakan pilih alasan menonaktifkan layanan sebelum melanjutkan dengan mengklik "Nonaktifkan LinkAja Syariah". Setelah Anda memasukkan kembali pin LinkAja, maka migrasi telah selesai.

Bukankah caranya sangat mudah? Dengan kelebihan LinkAja Syariah ini, Anda dapat berpindah layanan kapanpun Anda mau, dan tentu saja, satu aplikasi sudah cukup tanpa perlu menginstal yang lain.

Fitur Khusus LinkAja Syariah

Kelebihan LinkAja syariah memang cukup memuaskan. Pengguna tidak perlu takut lagi menggunakan dompet digital karena takut melanggar standar syariat Islam.

Karena LinkAja Syariah menganut prinsip Syariah dalam semua transaksi, promosi, dan money management. Selain itu, LinkAja Syariah menawarkan beberapa fitur tambahan yang tidak ada di edisi regular. Diantaranya adalah:

  1. Zakat
  2.  Infaq
  3. Wakaf
  4. Haji (coming soon)
  5. Umroh (coming soon)
  6. Investasi Syariah
  7. Asuransi Syariah
  8. Iuran Sekolah Islam / Pesantren
  9. Pinjaman Syariah (coming soon)

Full Service LinkAja

Meskipun ini bukan fitur, ini adalah kelebihan akun terverifikasi. Meski begitu, jika akun Anda telah ditingkatkan ke layanan full service, Anda akan memiliki akses ke fitur dan manfaat tambahan lainnya. Diantaranya adalah:

Tarik Tunai. ATM Himbara (Perhimpunan Bank-Bank Milik Negara) seperti BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri dapat digunakan untuk menarik saldo tunai Anda.

Kirim dana. Dengan layanan full service, pengguna bisa mengirim uang ke sesama pengguna LinkAja atau langsung ke rekening bank.

Limit Saldo Lebih Banyak. Rekening LinkAja Reguler hanya dapat menampung hingga Rp 2.000.000. Sedangkan limit saldo full service dinaikkan menjadi Rp 10.000.000.

Penutup

Kelebihan LinkAja Syariah

Manfaatkan layanan LinkAja Syariah untuk semua kebutuhan transaksi keuangan Anda. Tentunya dengan sistem syariah yang aman dan menentramkan.

LinkAja merupakan layanan Telkomsel yang mendorong inklusi keuangan di Indonesia sesuai dengan konteks masyarakat setempat. Kelebihan LinkAja Syariah ini tentu memenuhi kebutuhan ekonomi syariah bagi semua individu yang membutuhkan.