Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harus Tahu, 6 Fitur Aplikasi LinkAja Ini Bikin Transaksi Jadi Lebih Mudah!

fitur aplikasi LinkAja

Fitur aplikasi LinkAja adalah aplikasi dompet digital milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang awalnya bernama T-Cash. Pendirian LinkAja menunjukkan komitmen pemerintah untuk mendorong fintech di Indonesia.

Beberapa fitur LinkAja, seperti pembayaran tagihan, pembelian pulsa, dan pembayaran pajak, juga tersedia dalam program ini. Padahal saat ini sudah banyak aplikasi dompet digital yang tersedia, seperti DANA, OVO, GoPay, ShopeePay, dan lainnya.

Namun, LinkAja telah menunjukkan kemampuannya untuk berkembang dan bersaing dalam menarik banyak pengguna dan transaksi. Nyatanya, ada berbagai fitur unik yang hanya tersedia di aplikasi LinkAja.

6 Fitur Aplikasi LinkAja Terbaik

Berbagai fitur dan layanan yang dimiliki oleh LinkAja menjadi nilai jual yang kuat bagi mereka. Diantaranya adalah:

1. Beli/Bayar Tagihan

Seperti dompet digital lainnya, fitur aplikasi LinkAja menyertakan pembayaran tagihan. LinkAja memungkinkan Anda membayar tagihan Listrik, PDAM, TV Kabel, Internet, Gas, Koperasi, Virtual Account, Pasar Online, Properti, Pendidikan dan Telepon.

Jangan lupakan kebutuhan telekomunikasi, seperti pulsa/data, pembayaran pascabayar, dan paket roaming. Yang menarik dari hal ini adalah ketersediaan pembayaran tagihan properti, pendidikan, dan pasar online.

Jelas, hanya sedikit dompet digital lainnya yang menawarkan ketiga layanan tersebut. Namun, aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk membayar invoice bagi linked partner yang bekerja sama dengan LinkAja.

2. Bayar Transportasi

Dompet digital ini unik karena dapat digunakan untuk membayar biaya transportasi. Dengan fitur aplikasi LinkAja, pengguna bisa membayar apa saja, termasuk kapal, kereta api, taksi, bus, pesawat, dan mobil online.

Selain itu, pengguna bisa menggunakan aplikasi ini untuk membayar parkir dan bensin. Itu fantastis, bukan?

LinkAja berkolaborasi dengan Gojek dan Grab untuk otomotif online. Ini menguntungkan karena, seperti yang dikatakan sebelumnya, kedua penyedia mobil online tersebut memiliki/bermitra dengan berbagai dompet digital.

Bagaimana dengan parkir dan bensin? Apakah benar Anda bisa melakukan pembayaran melalui LinkAja? Itu benar. LinkAja bekerja sama dengan Parkee, Reska Parking, dan Sky Parking untuk menyediakan layanan parkir. Sedangkan untuk bahan bakar, mereka bekerja sama dengan SPBU milik Pertamina.

3. LinkAja Syariah

Fitur aplikasi LinkAja Syariah adalah solusi bagi Anda yang berhati-hati dalam urusan beragama. Ya, Anda tidak perlu lagi takut menggunakan dompet digital karena takut melanggar standar syariat Islam.

Karena LinkAja Syariah menganut prinsip Syariah dalam semua transaksi, promosi, dan money management. Selain itu, LinkAja Syariah menawarkan beberapa fitur tambahan yang tidak ada di LinkAja Reguler, diantaranya adalah:

  •         Zakat
  •         Infaq Wakaf
  •          Haji
  •          Umrah
  •          Investasi Syariah
  •          Asuransi Syariah
  •          Biaya untuk sekolah Islam dan pesantren
  •         Pinjaman Syariah

4. Bayar Pajak & Retribusi

Apakah Anda ingin membayar pajak dengan dompet digital? LinkAja adalah jawabannya. Program ini juga memungkinkan pengguna membayar e-samsat dan biaya selain pajak dan layanan pajak lainnya.

Fitur aplikasi LinkAja  Retribusi adalah biaya yang dibayarkan oleh pengguna fasilitas kepada pemilik/pengelola fasilitas. Terlepas dari kenyataan bahwa layanan ini tersedia, hanya beberapa wilayah yang menerima pembayaran dengan LinkAja.

Artinya, pembayaran belum tersedia di seluruh wilayah Indonesia. Pertimbangan krusial lainnya adalah Pelayanan Pajak. Anda bisa menggunakan berbagai jenis layanan, termasuk:

  •          Urus STNK Tahunan
  •         Urus STNK 5 Tahun
  •          Balik Nama STNK
  •          Blokir Plat
  •          Mutasi (Cabut Berkas)
  •          Mutasi (Sumbit Berkas)

5. Penuhi Semua Kebutuhan Keuanganmu

Adanya multiple financial services menjadi fitur aplikasi LinkAja terbaik selanjutnya. PayLater, bayar tagihan Multifinance, Pinjaman, Pegadaian (Tabungan Emas, Cicilan Mikro, Redeem Gadai, Gadai Ulang), Rekening Online, Asuransi, BPJS, dan Reksa Dana adalah beberapa layanan keuangan yang mereka sediakan.

Perlu diingat bahwa PayLater dan Pinjaman sepertinya tidak cocok untuk Anda yang masih mengikuti aturan Syariah. Hal ini disebabkan karena kedua jasa keuangan tersebut memiliki komponen riba. Karenanya, Anda cukup mengaktifkan LinkAja Syariah untuk memastikan semuanya sesuai dengan aturan Islam.

6. Login Tanpa Aplikasi

Dompet digital tidak dapat diakses karena kurangnya jaringan internet. Masalah ini sering muncul saat Anda berada di pedesaan tanpa sinyal. Tapi jangan khawatir, pengguna bisa menggunakan E-wallet ini meski tidak memiliki akses internet.

Kehadiran fitur login tanpa aplikasi adalah pendekatan yang ramah pengguna. Bahkan Anda bisa mengaksesnya dengan ponsel yang sudah ketinggalan zaman. Luar biasa bukan?

Full Service LinkAja

Sedikit informasi lebih lanjut mengenai Full Service LinkAja. Meskipun ini bukan fitur aplikasi LinkAja, ini adalah bentuk akun terverifikasi. Itu artinya, jika akun Anda telah ditingkatkan ke layanan full service, Anda akan memiliki akses ke fitur dan manfaat tambahan. Diantaranya adalah:

1. Penarikan Uang

ATM Himbara (Perhimpunan Bank-Bank Milik Negara) seperti BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri dapat digunakan untuk menarik saldo tunai pengguna.

2. Kirim Uang

Pengguna bisa mengirim uang ke sesama pengguna LinkAja atau langsung ke rekening bank dengan layanan lengkap.

3. Limit Saldo Lebih Banyak

Rekening LinkAja Reguler hanya bisa menampung hingga Rp 2.000.000. Sedangkan limit saldo full service dinaikkan menjadi Rp 10.000.000.

Untuk mengupgrade akun Anda ke layanan Full Service LinkAja, pilih tombol Akun, lalu klik Jenis Akun. Setelah itu, cukup klik Upgrade Now dan ikuti petunjuk seperti memfoto e-KTP, masukkan data diri, dan foto wajah.

Penutup

fitur aplikasi LinkAja

Itulah beberapa fitur aplikasi LinkAja yang berguna dan memudahkan berbagai transaksi para penggunanya. Terlepas dari hal itu, tetap berhati-hatilah saat melakukan transaksi karena sistem keamanan yang diberikan oleh pihak aplikasi bukan menjadi jaminan. Jadi, selamat mencoba!