Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buat Ukuran Sampul Facebook Yang Pas

Ukuran Sampul Facebook - Facebook atau yang biasa di kenal dengan fb merupakan media sosial yang sangat ramai didunia. Ada jutaan pengguna facebook yang setiap saat online di media sosial facebook ini. Setiap pengguna atau akun facebook,pastinya memiliki sebuah profil atau tampilannya sendiri. Di dalam profil tersebut terlihat jelas informasi seperti nama, tanggal lahir, foto profil, foto sampul dan informasi lainnya.

Ukuran Sampul Facebook

Agar profil facebook terlihat menarik, tidak lupa pengguna menambahkan foto di bagian profilnya seperti foto diri pada foto profil dan juga foto sampul facebook. Nah, agar profil fb terlihat keren kalian juga perlu tahu ukuran sampul facebook dan juga foto profil fb. Karena jika kalian menggunakan ukuran sampul fb yang salah, bisa-bisa ada beberapa bagian foto yang tertutupi atau tidak pas dengan bidangnya.

Ukuran Sampul Facebook, Foto Profil dan Sampul Group

Maka dari itu, supaya foto sampul fb dan profil kalian terlihat bagus dan pas dilihat, alangkah baiknya untuk membuat foto sampul fb dan profil fb dengan ukuran yang di tentukan, dibawah ini akan saya bagikan dan jelaskan bagaimana mengatur ukuran dari foto sampul fb.

1. Ukuran Sampul Facebook

Untuk ukuran sampul facebook memiliki ukuran lanscape, foto sampul facebook melebar ke samping bukan ke atas atau kebawah. Ukuran foto sampul fb yang direkomendasikan kalian bisa cek dibawah ini.

Ukuran Sampul Facebook

  • Ukuran sampul facebook untuk komputer yang direkomendasikan yaitu 851px x 315px, untuk format gambarnya disarankan JPG atau PNG untuk hasil yang maksimal.
  • Lalu untuk sampul fb yang ditampilkan di HP setidaknya berukuran dengan 640px x 360px
  • Adapun ukuran maksimal yang dapat digunakan untuk sampul fb yaitu 2037px x 754px

2. Ukuran Foto Profil Facebook

Selanjutnya untuk ukuran foto profil fb yang pas yaitu dengan memakai bentuk persegi. Sehingga lebar dan tingginya harus memiliki besaran yang sama. Adapun ukuran foto profil facebook yang direkomendasikan sebagai berikut ini:

  • Ukuran berapapun yang kalian uploud, nanti akan dipotong secara otomatis menjadi persegi
  • Ukuran foto profil fb yang direkomendasikan ialah 170px x 170px untuk perangkat komputer dan 128px x 128px untuk HP.
  • Untuk format gambarnya kalian bisa menggunakan PNG untuk hasil lebih maksimal atau juga menggunakan format JPG.
  • Meskipun ukuran idealnya hanya 170x170px, kalian bisa uploud foto profil dengan ukuran yang lebih disarankan, contohnya ukuran 2048px x 2048px. 

3. Ukuran Foto Sampul Group Facebook

Selain kalian dapat mengatur foto sampul fb dan juga profil fb, bagi kalian yang memiliki group fb juga dianjurkan untuk memakai foto sampul group yang pas agar gambar terlihat bagus dan enak dilihat. Foto sampul group sendiri memiliki ukuran yang lebih luas dari pada profil akun fb.

Nah, untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat ukuran yang direkomendasikan dibawah ini:

  • Ukuran sampul group facebook 1640px x 856px

Jika kalian memiliki group facebook, kalian bisa menggunakan ukuran yang sesuai diatas. Agar anggota group atau orang lain yang melihat group kalian bisa melihat sampulnya dengan jelas.

Cara Mengatur Ukuran Foto Sampul Facebook

Bagi kalian yang bingung atau masih awam mengenai cara mengatur ukuran foto sampul fb, dibawah ini juga akan saya bagikan tutorial merubah ukuran gambar yang pas dengan ukuran yang direkomendasikan.

Kalian bisa mengeditnya melalui berbagai cara baik dari hp ataupun komputer, disini akan saya kasih contoh dengan menggunakan program paint yang ada di komputer.

  • Pertama buka progmram paint
  • Masukkan gambar yang ingin digunakna sebagai foto sampul facebook
  • Klik Resize pada menu atas
Ukuran Sampul Facebook
  • Setelah itu, ubah satuan menjadi Pixel dan hilangkan centnag pada Maintain Aspect Ratio
  • Lalu, masukkan ukuran yang sesuai direkomendasikan diatas
  • Setelah itu barulah simpan dengan format JPG atau PNG. Caranya klik menu File > Save As > Tulis Nama File > Ganti Save as type sesuai format yang sudah dijelaskan diatas, lalu save.

Selanjutnya kalian tinggal uploud gambar yang sudah kalian atur ukurannya ke sampul fb kalian.

Cara ini juga bisa kalian gunakan untuk merubah ukurna foto profil facebook dan juga foto sampul group fb, kalian tinggal sesuaikan ukurannnya saja seperti yang ada diatas.

Dan bagi kalian pengguna hp, kalian juga bisa mengganti ukuran sampul fb dengan bantuan aplikasi foto editor yang ada di hp kalian, misalnya seperti PicsArt Pro atau aplikasi edit foto yang ada di Google Play Store ataupun Apps Store.

Baca juga: Cara Jitu Report Akun Facebook Palsu

Dengan mengatur ukuran foto sampul fb ataupun foto profil fb menjadikan tampilan lebih enak dilihat dan terkesan prefesional. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian semua, nantikan update informasi lainnya hanya di blog ini.