Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja: Sakit, Alasan Keluarga, PNS dll

 Cara Membuat Surat Izin Sakit Kerja - Sakit adalah hal yang manusiawi bagi kita semua, terkadang tubuh kita kurang enak dan kurang fit saat melakukan berbagai aktivitas. Namun, bagi seorang pekerja, sakit tentu akan terasa cukup merepotkan dimana kita sebagai seorang pekerja di tuntut untuk hadir dan bekerja sesuai jadwal. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan, jika kalian sakit, kalian bisa membuat surat izin sakit kerja untuk istirahat dan memulihkan kembali badan kalian beberapa hari.

Dengan membuat surat izin karena sakit, tentu akan meringankan pekerjaan kita yang ditinggalkan serta memberi tahu atasan kalian jika kalian sedang sakit. Selain itu, surat izin tidak masuk kerja ini juga masuk sebagai bentuk profesionalitas kalian karena telah meninggalkan perkerjaan untuk sementara. Jadi, kalian akan tetap dinilai baik di perusahaan yang kalian tempati.

Lalu, bagaimana cara membuat surat izin sakit kerja yang baik dan benar? Cara membuat surat izin sakit kerja cukup mudah, kalian bisa lihat beberapa contoh surat izin sakit kerja yang akan kami bagikan dibawah ini. 

Cara Membuat Surat Izin Sakit Kerja

Namun, sebelum itu ada beberapa point yang perlu kalian perhatikan dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja, poin-poin tersebut yaitu:

1. Masukkan Tempat dan Tanggal

Hal yang pertama kali kalian lakukan saat menulis surat izin tidak masuk kerja yakni perlu mencaatumkan tempat dan tanggal surat kerja pada surat tersebut.

2. Masukkan Tujuan Penerima

Selanjutnya, tulis tujuan penerima surat izin tersebut, penerima yang dimaksud bisa berupa atasan kalian atau HRD.

3. Menuliskan Salam Pembuka

Menulis salam pembuka seperti 'Dengan hormat', merupakan ucapan salam yang ditulis untuk memunculkan kesan profesionalitas sebagai karyawan kerja.

4. Isi Data Diri

Di dalam surat izin tidak masuk kerja, cantumkan juga data diri kalian sebagai pekerja di perusahaan kalian. Contohnya seperti nama, divisi, dan nomor pokok kepegawaian jika ada.

5. Tanggal Izin Kerja

Pastikan kalian mencantumkan tanggal dan hari mengajukan izin dengan benar. Dengan begitu, pihak atasan kalian akan mencatat izin. Selain itu, hal tersebut diperlakukan untuk mengetahui apakah terdapat tenggat pekerjaan tertentu yang perlu dihibahkan ke teman kerja yang lain selama kalian tidak masuk kerja.

6. Tuliskan alasan izin

Surat izin yang kalian buat tentunya harus memiliki alasan, jika izin karena skait maka jelaskan apa penyakit yang sedang kalian alami. Sebagai tambahan, kalian juga bisa menyertakan surat dari dokter dan juga resep obat dari dokter.

7. Salam Penutup

Salam penutup berisi ucapan terima kasih dan permohonan kesediaan pemberian izin. Salam penutup harus dituliskan untuk menjalin hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja kalian.

Tips Membuat Surat Izin Tidak Masuk Kerja yang Baik dan Benar

Setelah kalian memahami cara membuat surat izin sakit kerja diatas, selanjutnya kalian perlum mengetahui juga tips-tips untuk membuat surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar. Ada pun tips tersebut bisa kalian lihat dibawah ini:

  1. Pertama, surat izin yang kalian tulis harus terstruktur. Struktur yang dimaksud yakni tempat dan tanggal, penerima surat, salam pembuka, data diri, tanggal izin, alasan izin, dan salam penutup. Jadi struktur surat akan lengkap dan jelas.
  2. Yang kedua yaitu menggunakan kata-kata atau penulisan surat yang baik, hindari kesalahan tulis dan jangan menggunakan kata-kata yang disingkat.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Apabila kalian masih bingung dalam pembuatan surat izin tidak masuk kerja, atau bingung untuk menyusun kata-kata yang cukup susah, apalagi yang belum pernah membuat surat izin seperti ini sebelumnya. Kalian bisa melihat beberapa contoh surat izin sakit kerja untuk digunakan sebagai referensi pembuatan surat izin kalian.

Berikut ini kumpulan contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar:

1. Contoh Surat Izin Kerja Karena Sakit

Sakit merupakan suatu alasan yang cukup umum dan manusiawi yang bisa kita alami kapan saja. Nah, sebagai seorang karyawan tentu kita harus membuat surat izin kerja karena sakit agar diketahui oleh atasan kita. Namun, ada beberapa perusahaan yang membuat aturan dalam mengajukan surat izin tidak masuk kerja karena sakit, yaitu ada yang harus menyertakan surat dokter ada juga yang tidak, asalkan tidak lebih dari sehari dan lainnya.

Nah, untuk contoh surat izin tidak masuk kerja kalian bisa lihat contohnya dibawah ini:

Banjarnegara: 20 Desember 2021

Perihal : Permohonan IzinTidak Masuk Kerja

Kepada yang terhormat,

Kepala Bagian SDM (Sumber Daya Manusia)

PT. Tetap Maju Bersama

Jalan Raya Klampok, Klampok, Banjarnegara


Dengan hormat,

Memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 20 Desember 2021 sehubungan dengan kondisi badan yang kurang baik (sakit).

Saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas pada hari ini.

Apabila besok kondisi badan masih belum baik, saya akan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter atau hasil pemeriksaan dokter..

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Sudarsem

2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Umum

Dibawah ini contoh dari surat izin tidak masuk kerja pada umumnya yang memiliki format yang sama dengan surat-surat izin lainnya. Berikut contohnya:

Purbalingga, 24 September 2025

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Yang terhormat,

Kepala Bagian Personalia

PT. Mangkat Pon Kliwon

Jalan Raya Babakan, Purbalingga


Dengan ini saya memberitahukan bahwa pada hari Selasa, 24 September 2025 saya tidak bisa masuk untuk bekerja seperti biasanya dikarenakan ada kepentingan keluarga yang sangat mendesak.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal tersebut.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Sin tae yong

3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja karena alasan Keluarga

Selain sakit, alasan lain yang umumnya terjadi bagi karyawan perusahaan untuk tidak masuk kerja yaitu karena adanya urusan keluarga yang tidak bisa ditinggalkan. Contohnya seperti adanya anggota keluarga yang menikah, melahirkan, anak sedang sakit dan lain sebagainya.

Nah, jika kalian berencana tidka masuk kerja karena hal-hal tersebut, kalian bisa mengajukan izin tidak masuk kerja, adapun contoh surat tidak masuk kerja karena alasan keluarga yaitu sebagai berikut:

Banjarnegara, 12 Januari 2022

Perihal  : Surat IzinTidak Masuk Kerja

Kepada yang terhormat,

Kepala Bagian Human Resources Department (HRD)

PT. Ngetan Ngulon Ngalor

Jalan Sidodai, Klampok, Banjarnegara


Dengan hormat,

Dengan surat ini memohon izin untuk tidak masuk kerja pada tanggal 16 dan 17 Januari 2022 karena adanya kerabat kandung (kakak kandung) yang melangsungkan pernikahan di Jakarta.

Saya memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu pemimpin untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas di kantor pada tanggal-tanggal tersebut.

Demikian permohonan izin tidak masuk kerja yang saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksananya saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Andika Nur Bambang

4. Contoh Surat Izin Kerja untuk PNS

Sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil atau dikenal sebagai PNS, tentunya memiliki aturan tersendiri pada saat tidak masuk kerja. Berbeda dengan perusahana swasta, biasanya surat izin tidak masuk kerja untuk PNS akan seidikit lebih rumit. Namun, secara keseluruhan surat izin tidak masuk kerja harus ditulis seorang PNS saat tidak masuk kerja rata-rata hampir sama dengan surat izin tidak masuk kerja pada umumnya.

Jakarta, 29 Mei 2077

Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Kerja

Lampiran : 1 Lembar

Yang terhormat,

Kepala Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat

Di Tempat

Dengan ini, saya memberitahukan bahwa pada hari Senin, 29 Mei 2077 hingga Selasa, 30 Mei 2077 saya tidak bisa masuk bekerja seperti biasanya dikarenakan sakit dan diharuskan beristirahat oleh dokter selama 2 (dua) hari.

Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud untuk memohon izin untuk tidak masuk kerja pada hari yang sudah disebutkan di atas. Saya juga melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

Demikian surat izin saya sampaikan dengan sebenar-benarnya. Atas perhatiannya saya  ucapkan terima kasih.

Hormat saya,


Nina Nur Nani

5. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja Tulisan Tangan

Surat izin tidak masuk kerja bisa ditulis juga dengan tulisan tangan, karena ada beberapa perusahaan yang mungkin mewajibkan surat izin lebih baik ditulis tangan. Hal ini untuk mengindari adanya copy-paste surat izin atau memudahkan HRD untuk dapat menganalisis dari surat izin yang kalian berikan.

Surat Izin Tidak Masuk Kerja
Image: mamikos

Surat Izin Tidak Masuk Kerja lebih Baik Ditulis Tangan atau Ketik Komputer?

Mungkin ada yang bertanya-tanya, surat izin lebih bagusnya diketik lewat komputer atau denga tulisan tangan saja? Jawabannya, semua kembali lagi pada kebijakan atau aturan dari perusahaan yang kalian tempati untuk bekerja.

Nah, bagi kalian yang baru pertama kali membuat surat izin tidak masuk kerja, kalian bisa tanyakan terlebih dahulu sebelum membuatnya. Kalian bisa tanya dengan teman kerja kalian yang sudah pernah membuat surat izin atau atasan kalian secara langsung untuk mengetahuinya.

Baca juga: 7 Aplikasi Trading Terdaftar OJK

Penutup

Demikianlah beberapa contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar yang bisa kalian gunakan. Kalian bisa gunakan beberapa contoh seperti surat izin kerja karena sakit, surat izin kerja alasan keluarga atau keperluan lainnya yang bisa kalian sesuaikan dengan kondisi kalian.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kalian serta dapat dijadikan referensi untuk memudahkan kalian dalam pembuatan surat izin yang baik.