Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Build Yun Jin Genshin Impact, Artefak dan Senjata Terbaik

Build Yin Jin Genshin Impact - Di liyue selain ada musisi Rock 'n Roll (Xinyan) ternyata ada juga seorang penyanyi opera yang pandai bernyanyi dan juga menulis sandiwara, siapa lagi kalo bukan Yun Jin. Tampilan nya yang memiliki kesan elegan dan lain dari pada yang lain membuat daya tarik sendiri untuk karakter Genshin Impact satu ini.

Ngomongin soal karakter Yun Jin, gadis opera ini rilis di Genshin Impact pada versi 2.4 lalu, ia memiliki kegunaan yang cukup serba guna dalam tim, namun juga situasional di saat yang bersamaan. Nah, apakah dari kalian sudah memiliki karakter satu ini? Jika iya pasti sudah dibuild dengan baik dong? Jika kalian bisa membuild Yun Jin dengan baik, kalian bisa mengoptimalkan damage dari DPS kalian melalui karakter ini. Namun, bagi kalian yang masih bingung untuk build seperti apa, kalian bisa simak artikel ini sampai habis.

{tocify} $title={Table of Contents}

Yun Jin Genshin Impact

Build Yun Jin Genshin Impact

Yun Jin adalah karakter dengan elemen Geo ber rarity 4 yang menggunakan Polearm atau tombak sebagai senjatanya. Dia hadir untuk mengisi lineup sebagai pendukung DPS yang mana akan meningkatkan damage dari Normal Attack. Normal Attack yang dikamsudkan disini bukanlah talenta Normal Attack, melainkan kemampuan untuk karakter melakukan Normal Attack (bukan Charged Attack ataupun Plunge Attack) pada saat sedang bertarung.

Yun Jin dapat meningkatkan Normal Attack dari anggota satu tim, berdasarkan stat DEF yang dimiliki Yun Jin, sehingga dia membutuhkan stat tersebut dengan jumlah yang tinggi juga. Untuk mengaktifkan burst ini kalian cukup mengaktifkan elemental Burstnya saja, dengan begitu Normal Attack akan bertambah.

Selain itu, Yun jin juga dapat menghasilkan damage sendiri melalui elemental Skill nya. Skill ini dapat memberikan damage Geo terhadap musuh disekitarnya saat kalian pakai. Apabila kalian bisa memakai Elemental Skill tepat sesaat sebelum dia terkena serangan, maka Elemental Skill ini akan memberikan damage yang maksimum. Hampir mirip dengan skill yang dimiliki Beidou.

Hal inilah yang membuat karakter Yun Jin yang cukup serbaguna di dalam tim, namun perannya sangatlah spesifik. Hal ini juga menyebabkan komposisi dari tim Yun Jin yang cukup terbatas, dan terkadang Yun Jin dapat diganti dengan karakter lain, yang bisa memberikan damage langsung daripada mengandalkan buff Yun Jin saja.

Biasanya untuk karakter Geo didesain untuk bermain dengan karakter geo lainnya, namun berbeda dengan Yun Jin. Dimana Yun Jin memiliki Tanlenta Pasif yang akan meningkatkan buff-nya, berdasarkan jumlah elemen yang berbeda di dalam tim. Contohnya ketika di parti kalian terdapat elemen Pyro, Geo, Electro dan Anemo, buff yang dihasilkan oleh talenta pasif yun jin akan meningkat.

Build Yun Jin Genshin Impact

Nah, untuk dapat memaksimalkan buff Normal Attack yang diberikan Yun Jin terhadap tim nya, tentunya kalian perlu memikirkan build yang benar. Tapi kalian tidak perlu khawatir soal build Yun Jin ini, karena karakter ini cukup murah dan ramah untuk kita build. Kira-kira seperti apa buildnya? Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Senjata Terbaik Yun Jin Genshin Impact

Yang pertama kita mulai dari senjatanya terlebih dahulu, untuk senjata Yun Jin kalian bisa menggunakan beberapa senjata polearm yang saya rekomendasikan dibawah ini.

Build Yun Jin Genshin Impact

1. Skyward Spine (5✰)

  • Substat: Energy Recharge
  • Ability: Meningkatkan 8% CRIT Rate dan 12% Normal ATK SPD. Selain itu, saat mengenai musuh, Normal dan Charged Attack memiliki 50% persentase untuk memicu pisau hampa yang mengakibatkan DMG di area kecil sebesar 40% ATK. Efek ini dapat terpicu setiap 2 detik.

2. Englufing Lightning (5✰) 

  • Sub Stat: Energy Recharge
  • Ability: Mendapatkan Bonus ATK sebesar 28% dari jumlah Energy Recharge di atas angka 100%. Maksimum bisa meningkatkan 80% ATK dengan cara ini. Melancarkan Elemental Burst akan meningkatkan Energy Recharge sebesar 30% selama 12 detik.
3. Favonius Lance (4✰)
  • Sub Stat: Energy Recharge
  • Ability: Serangan CRIT memiliki 60% persentase untuk memunculkan sejumlah kecil Elemental Particle yang bisa memulihkan energy karakter sebanyak 6 pt. Dapat terpicu setiap 12 detik.

4. "The Catch" (4✰)

  • Sub Stat: Energy Recharge
  • Ability: Meningkatkan 16% DMG Elemental Burst dan 6% CRIT Rate Elemental Burst.

5. Prototype Starglitter (4✰)

  • Sub Stat: Energy Recharge
  • Ability: Setelah melancarkan Elemental Skill, meningkatkan 8% Normal dan Charged Attack selama 12 detik. Efek ini dapat ditumpuk maksimum 2 lapis.

Kita tahu bahwa Yun Jin ini merupakan karakter support, maka dari itu karakter support tidak lepas dari yang namanya energy recharger, hal ini akan mempercepat mengisi energy elemental burst agar selalu uptime pada saat bermain.

Adapun senjata polearm yang cukup cocok dan murah yakni Favonius Lance, senjata ini memiliki sub stat Energy Recharge yang cocok untuk yunjin, serta pasif senjata yang dapat memberikan partikel energi tambahan untuk yun jin. Namun, untuk menggunakan senjata ini diusahakan agar crit rate kalian bisa 50% agar pasif nya bisa keluar.

Sebagai alternatif senjata lain untuk Yun Jin, kalian bisa memakai Skyward Spine, Englufing Lightning, The Catch dan Protype Stargliiter.

2. Artefak Terbaik Yun Jin Genshin Impact

Build Yun Jin Genshin Impact

1. Husk of Opulent Dreams

  • 2 Piece: DEF +30%.
  • 4 Piece: Karakter yang mengenakan set Artefak ini akan mendapatkan efek Curiosity dalam kondisi berikut: Karakter aktif akan mendapatkan 1 lapis setelah serangan Geo-nya mengenai musuh, dapat terpicu setiap 0,3 detik. Karakter bisa mendapatkan 1 lapis setiap 3 detik jika tidak berada di medan pertempuran. Efek Curiosity dapat ditumpuk hingga 4 lapis, setiap lapis meningkatkan 6% DEF dan 6% Geo DMG Bonus. Karakter akan kehilangan 1 lapis setiap 6 detik jika tidak mendapatkan efek Curiosity baru.

2. Noblesse Oblige

  • 2 Piece: Meningkatkan 20% DMG Elemental Burst.
  • 4 Piece: Setelah melancarkan Elemental Burst, meningkatkan 20% ATK semua anggota party selama 12 detik. Efek ini tidak dapat ditumpuk.

3. Husk of Opulent Dream + Noblesse Oblige

  • 2 Piece: DEF +30%.
  • 2 Piece: Meningkatkan 20% DMG Elemental Burst.

4. Emblem of Severed Fate

  • 2 Piece: Energy Recharge +20%.
  • 4 Piece: Meningkatkan DMG Elemental Burst sebesar 25% dari Energy Recharge. Peningkatan DMG Elemental Burst maksimum yang bisa didapatkan dengan cara ini adalah 75%.

Pada bagian artefak kalian bisa menggunakan 4 set Husk of Opulent Dream, dimana artefak ini akan meningkatkan DEF secara signifikan. Dan apabila stack dari Artefak ini aktif, setidaknya dapat menambah DEF sampai 2000 an, tentu sangat menguntungkan untuk dapat menambah buff damage dari Normal Attack yang akan dihasilkan DPS kalian.

Adapun alternatif lain yang bisa kalian gunakan yakni 4 Set Noblesse Oblige apabila belum ada yang memakainya dalam satu party. Namun, jika sudah ada yang memakainya, kalian bisa menggunakan alternatif lainnya seperti 2 Set Husk of Opulent Dream dengan 2 Set Noblesse Oblige.

Main Stat Artefak yang perlu dicari:

  • Sands: DEF%
  • Goblet: DEF%
  • Circlet: DEF% atau Crit Rate%

Prioritas Sub Stat: ER% > DEF% > Crit Rate% > Flat DEF

3. Komposisi Tim Yun Jin Genshin Impact

Sesuai yang sudah saya bilang sebelumnya, Yun Jin hanya memberikan buff untuk Normal Attack berdasarkan jumlah DEF yang dia punya, jadi karakter yang cocok untuk di support dengan Yun Jin ialah semua DPS yang mengandalkan Normal Attack.

Contoh DPS Bintang 5 yang cukup umum damage yang dikeluarkan melalui Normal Attack yakni Yoimiya dan Kamisato Ayato untuk saat ini.

Kalian dapat memasangkan karakter Yun Jin kepada DPS B5 yang saya sebutkan diatas apabila kalian mempunyainya. Namun, jika kalian belum memiliki karakter B5 yang cukup, kalian bisa menggunakan karakter DPS B4 yang kalian punya.

Contohnya seperti menggunakan Fiscl sebagai DPS nya, karena fiscl sendiri jika digunaka sebagai main DPS dia berfokus pada damage Normal Attack yang dapat menghasilkan Physical Damage yang cukup tinggi. Dan untuk sisa karakter yang tersisa kalian bisa memakai karakter pendukung lainnya seperti Diona, atau Xingqiu.

Baca juga: Build Xinyan DPS Genhin Impact

4. Hal Yang Perlu Diketahui dari Yun Jin

  • YunJin mampu memberikan sebesar 30 Stack tambahan DMG untuk Normal ATK. Yang diambil berdasarkan DEF YunJin selama karakter tersebut dilingkari bendera Flying Cloud Flag.
  • Jika menggunakan 4 Husk dan dalam keadaan stack terpenuhi, seharusnya bisa mendapat 2000 DEF atau lebih.
  • DEF yang diambil dihitung dari angka putih (Base DEF) dan angka hijau (DEF yang dinaikan oleh artefak) di Stats karakter.
  • Buff Normal ATK YunJin lebih direkomendasikan untuk karakter dengan Normal ATK cepat.
  • Shield Yunjin tidak bisa dibagikan, karena shieldnya seperti Shield dari skill milik Tidecaller Beidou, hanya muncul sementara dan hanya untuk melindungi YunJin sendiri.
  • Crit Rate diprioritaskan jika menggunakan Favonius Lance.
  • Crit DMG juga bisa dinaikan juga untuk membuat DMG Skill YunJin terasa sakit. Karena DMG Skill Yunjin diambil berdasarkan DEFnya jika diimbangi dengan Crt DMG yang baik mampu menghasilkan DMG diatas 10K walau dengan talent yang masih rendah.
  • C2 optimal untuk Support. Tapi C0 pun sudah cukup baik.
  • User Claymore bisa saja menggunakan Support Yunjin, hanya saja tidak banyak yang terpakai dari 30 Stacknya. memerlukan C6 YunJin.

Akhir Kata

Dengan memaksimalkan build Yun Jin sebagai buff Normal Attack DPS, akan meningkatkan damage dari DPS yang kita miliki. Jadi jangan salah build untuk karakter yang elegan satu ini, apalagi sampai kalian build dijadiin DPS, ya tentu sangat kurang untuk karakter yang didesain menjadi support seperti Yun Jin ini.

Nah, demikianlah informasi tentang rekomendasi build Yun Jin Genshin Impact yang dapat saya bagikan untuk kaliaan. Semoga dapat membantu kalian agar bisa mengoptimalkan potensi dari karakter Yun Jin tersebut. Nantikan build Genshin Impact lainnya di sini.