Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli dan Ciri-Cirinya

Pengertian Sistem Politik - Definisi dari politik terkait erat dengan pembagian kekuasaan dalam suatu negara ataupun masyarakat. Lalu, apa saja pengertian sistem politik menurut para ahli dan seperti apa ciri-ciri umumnya maupun ciri khas dari sistem politik yang diterapkan di Indonesia? Dibawah ini akan kami jelaskan yang sudah dirangkum dari beberapa sumber.

Terdapat banyak jenis sistem politik yang diterapkan oleh bangsa-bangsa yang ada di dunia, mulai dari demokrasi, federasi, feodalisme, parlementer, presidensial, semi-parlementer, semi presidensial, teokrasi, monarki, republik, negara-kota, meritokrasi, direksional, sampai kediktatoran bahkan anarkisme.

Di negara kita, Indonesia sendiri pernah menerapkan jenis sistem politik yang berbeda dari waktu ke waktu, termasuk beberapa kali pergantian sistem politik dari awal kemerdekaan Indonesia sampai akhir Orde Lama, kemudian berlanjut rezim Orde Baru, era Reformasi sampai saat ini.

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

{tocify} $title={Table of Contents}

Pengertian dari Politik

Apa itu Politik? Menurut Ari Wibowo dalam tesis berjudul "Implementasi Kebijakan Pelarangan Buku Era Reformasi di Indonesa" (2014) menyebutkan, politik pada awal kemunculannya merupakan sebuah usaha untuk menuju kehidupan yang lebih baik. Filsuf Yunani Kuno seperti Plato dan Aristotles menamakannya sebagai en dam onia atau the good life.

Di dalam praktiknya, sebuah hidup yang ideal tidak pernah benar-benar ideal bagi semua orang. Niccolo Machieveli meyakini bahwa setiap orang mempunyai kepentingan-kepentingan yang tidak rasional. Hal ini membuat politik hanya sebagai alat untuk mencapai kepentingan segolongan tertentu saja.

Politik menurut Niccolo Machiavelli adalah cara untuk meraih kekuasaan. Machiavelli menekankan bahwa penguasa dapat menghalalkan segala cara untuk melanggengkan kekuasaanya.

Meskipun begitu, politik sejatinya bukan hanya sekedar jalan untuk mencapai kepentingan golongan tertentu saja. Menurut Peter Merkl, definis dari politik dalam bentuk yang paling baik merupakan cara untuk mencapai tatanan sosial yang baik dan berkeadilan.

Pengertian Sistem Politik Secara Umum

Pengertian Sistem Politik secara umum adalah semua kegiatan politik dalam sebuah negara ataupun masyarakat yang berupa proses alokasi nilai-nilai dasar kepada masyarakat dan menunjukkan pola hubungan yang fungsional di antara kegiatan-kegiatan politik tersebut.

Pengertian Sistem Politik Menurut Pendapat Para Ahli

Para ahli memiliki beberapa perbedaan mengenai pengertian sistem politik. Berikut ini beberapa pengertian sistem politik menurut para ahli yang disajikan oleh Nuryadi dan Tolib dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (2017), simak ulasannya dibawah ini:

1. David Easton

Menurut David Easton, pengertian dari sistem politik adalah sistem interaksi dalam masyarakat yang diambil dari seluruh perilaku sosial dan dialokasikan secara otoritatif kepada seluruh lapisan masyarakat.

2. Rusadi Kantaprawira

Menurut Rusadi Kantaprawira, pengertian sistem politik adalah berbagai macam kegiatan dan fungsi yang bekerja dalam suatu unit dan kesatuan yang berupa negara atau masyarakat.

3. Jack C. Plano

Sistem politik adalah pola hubungan masyarakat yang terbentuk berdasarkan keputusan-keputusan yang sah dalam lingkungan masyarakat tersebut.

4. Robert A. Dahl

Menurut Robert A. Dahl, sistem politik mencakup dua hal, yakni pola hubungan yang tetap antar manusia dan melibatkan sesuatu yang luas tentang kekuasaan, aturan, serta kewenangan.

Ciri-Ciri Umum Sistem Politik

Sistem politik merupakan satu dari sejumlah sistem sosial yang berlaku di dalam tatanan sosial masyarakat. Terdapat ciri-ciri yang membedakan sistem politik dengan sistem sosial lainnya, berikut ini ciri-ciri sitem politik yang bisa kalian simak:

  • Daya jangkauan yang universal, meliputi setiap anggota masyarakat
  • Adanya kontrol yang bersifat mutlak terhadap pemakaian kekerasan fisik
  • Hak membuat keputusan-keputusan yang mengikat dan diterima secara sah
  • Keputusannya bersifat otoritatif atau memiliki kekuatan hukum dan kerelaan yang besar.

Ciri-ciri Sistem Politik di Indonesia

Dari awal kemerdekaan Indonesia, para pendiri negara telah merumuskan sistem politik yang paling cocok untuk digunakan di Indonesia dan yang paling sesuai dengan jatidiri bangsa.

Terdapat 7 Prinsip pokok dalam karakteristik sistem politik Pancasila. Ida Rohayani dalam buku Modul Pembelajaran SMA PPKn Kelas X (2020) menjabarkannya sebagai berikut ini:

  1. Mengakui persamaan kedudukan bagi seluruh rakyat Indonesia
  2. Mengutamakan keseimbangan antara hak dan kewajiban
  3. Menjamin pelaksanaan kebebasan yang bertanggung jawab secara moral kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  4. Mewujudkan rasa keadilan sosial
  5. Pengambilan keputusan dengan musyawarah mufakat
  6. Mengutamakan persatuan nasional dan kekeluargaan
  7. Menjunjung tinggi tujuan dan cita-cita nasional

Di Indonesia, Pancasila adalah falsafah sekaligus pedoman dan dasar negara yang dijunjung tinggi dalam setiap penerapan sistem sosial. Untuk itu, pemberlakuan sistem politik harus mengandung nilai-nilai Pancasila.

Nah, itulah informasi mengenai pengertian sistem politik secara umum dan juga pengertian sistem politik menurut pendapat para ahli. Semoga membantu dan bisa dijadikan referensi bagi kalian semua, serta menambah ilmu yang bermanfaat. soource: tirto id