Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi WhatsApp Web Sulit Diakses Dengan Mudah

WhatsApp Web Sulit di Akses - Apakah kalian sedang mengalami masalah WhastApp Web sulit diakses? Kalian tidak usah khawatir, disini masadi.id akan membagikan cara mengatasi masalah tersebut diaman kemungkinan terkendala oleh jaringan.

Ada beberapa kemungkinan yang menjadikan WhatsApp Web sulit diakses di laptop kalian karena beberapa faktor, termasuk koneksi jaringan yang mungkin sedang buruk.

Whatsapp Web susah di Akses

Aplikasi WhatsApp

Aplikasi WhatsApp tidak hanya dapat diakses melalui HP (Android/iOS) saja. Kalian juga bisa menggunakan WhatsApp dengan segala fitur menarik lainnya melalui laptop ataupun komputer.

Aplikasi WhatsApp Web

WhatsApp untuk komputer atau laptop terdapat dua versi, yaitu WhatsApp Web dan WhatsApp Desktop. Kedua versi tersebut terlihat serupa namun tidak sama. WhatsApp Web jauh lebih mudah untuk diakses dan praktis untuk digunakan.

Sebab WhatsApp Web adalah aplikasi berbasis web yang dapat kalian akses melalui browser.

Aplikasi WhatsApp Desktop

Sementara untuk WhatsApp Desktop adalah aplikasi yang harus kalian download dan install terlebih dahulu sebelum menggunakannya di laptop atau komputer. Namun kalian tidak perlu khawatir, karena keduanya memiliki fitur yang mirip.

Baca juga: Cara Menggunakan WhatsApp di 4 Perangkat Sekaligus

Cara Mengatasi WhatsApp Web Tidak Bisa di Akses

Nah, bagi kalian para pengguna WhatsApp Web, mungkin terkadang mengalami kendala saat membukanya atau WhatsApp Web tidak dapat dibuka sama sekali untuk login. Berikut ini beberapa solusi dan penyebab whatsapp web sulit diakses.

1. Tidak Dapat Terhubung ke WhatsApp Web

Jika kalian menemukan masalah whatsapp web tidak dapat terhubung, hal ini menyebabkan pengguna tidak bisa mengirim ataupun menerima pesan.

Berikut ini cara mengetahui apakah kalian mengalami permasalahan kesulitan mengakses WhatsApp Web di laptop:

Pertama buka whatsapp web, jika muncul notifikasi dengan spanduk kuning yang berisi pesan kesalahan "Komputer tidak terhubung", periksa dan pastikan bahwa koneksi internet laptop kalian dalam keadaan aktif. Pastikan juga jika terhubung menggunakan tethering HP, kuotanya masih tersisa.

Jika koneksi internet di laptop ataupun komputer normal namun tidak dapat mengirim dan juga menerima pesan, silahkan refresh atau muat ulang halaman whatsapp web kalian.

Jika masalah masih berjlanjut, kalian juga dapat menutup tab di browser dan membuka lagi link web.whatsapp.com.

Pihak whatsapp sendiri sudah menyarankan untuk menggunakan browser berikut ini untuk membuka whatsapp web. Berikut ini daftar browser yang dapat digunakan untuk membuka whatsapp web:

  • Google Chrome
  • Mozilla Firefox
  • Microsoft Edge
  • Opera
  • Safari

Pastikan juga browser yang kalian gunakan sudah terupdate ke versi yang baru.

2. Koneksi Wi-Fi Mungkin Menjadi Kendalanya

Jika kalian pengguna Wi-Fi yang dikelola, seperti di kantor, perpustakaan ataupun kampus, jaringan tersebut mungkin di setting atau di setel untuk memblokir atau membatasi ke situs WhatsApp Web.

Meskipun demikian, kalian dapat mengunjungi link alternatif WhatsApp Web seperti dibawah ini:

  • web.whatsapp.com
  • whatsapp.net
  • web.wahatsapp.com

Jika masih belum bisa terhubung, silahkan melakukan komplain dan menghubungi pihak terkait untuk dapat menangani jaringan Wi-Fi tersebut.

Penutup

Demikianlah permasalahan yang kemungkinan kalian temui ketika mengakses WhatsApp Web. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu kalian dan bisa dijadikan referensi bagi kalian yang sedang mencari solusi whatsapp web eror.