Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Aman Mudik Lebaran 2022 Saat Pandemi Covid-19

Ramdhan 2022 sebentar lagi, yang artinya lebaran 2022 juga tak lama lagi. Hal ini tentu membuat masyarakat muslim bersiap untuk kembali ke kampung halaman. Pada tahun ini, pemerintah sudah tidak melarang masyarakatnya untuk mudik 2022, namun harus tetap menjalankan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19.

Sudah lebih dari dua tahun, dunia sedang menghadapi virus corona yang mengharuskan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah untuk sementara waktu. Tidak terkecuali dengan mudik lebaran yang menjadi sebuah rutinitas tiap tahunnya untuk kembali ke kampung halaman ataupun berkunjung ke sanak saudara.

Jika tahu kemarin, pemerintah melarang masyarakat untuk mudik, dengan tujuan untuk mengurangi penularan virus corona. Namun dua tahun berlalu, Bulan Ramadhan akan segera tiba, meskipun masih dalam suasana pandemi, pemerintah sudah memperbolehkan mudik 2022. Namun ada syaratnya, untuk syaratnya kalian bisa baca postingan sebelumnya di blog ini.

Baca Juga: Mudik Lebaran 2022 diperbolehkan, Namun dengan Syarat

Menerapkan protokol kesehata tetap diperlakukan menjelang mudik lebaran 2022. Jadi bagi kalian yang berniat untuk pulang kampung, maka pastikan untuk selalu mematuhi protocol kesehatan tersebut. Untuk itu, kalian butuh tips aman mudik 2022 menjelang lebaran kali ini, simak selengkapnya dibawah ini.

Tip Aman Mudik Lebaran 2022 Saat Pandemi

1. Memakai Masker

Hal yang paling wajib dilakukan kapanpun dan dimanapun yaitu memakai masker. Ini sudah menjadi kebiasaan baru yang tidak boleh dilewatkan. Pakailah masker baik saat berada di kendaraan, rest area atau setelah sampai di kampung. Masker akan menjaga kita dan keluarga dari penularan virus corona.

2. Cuci Tangan

Tak hanya memakai masker saja, hal lain yang wajib dilakukan yaitu selalu mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir baik di perjalanan, rest are atau jika sudah sampai dikampung halaman. Dan usahakan untuk selalu mencuci tangan apalagi setelah menyentuh barang yang sering disentuh oleh orang lain.

3. Membawa hand sanitizer

Dalam tas mudik kalian, pastikan juga untuk selalu membawa hand sanitizer. Gunakan setiap setelah menyentuh barang atau bersentuhan dengan orang lain. Hand sanitizer ini bisa menjadi solusi ketika tidak ada wastafel atau kran air untuk mencuci tangan. Jangan lupa untuk pilih hand sanitizer yang tepat.

4. Membawa obat dan vitamin

Karena membutuhkan perjalanan yang mungkin cukup memakan waktu karena jauh, maka tak jarang membuat tubuh kita lemah atau lelah. Oleh karenanya, pastikan untuk membawa obat dan vitamin yang sekiranya diperlukan. Sediakan juga air minum yang banyak supaya jika sewaktu-waktu butuh minum obat bisa langsung diminum dengan mudah.

5. Membersihkan kendaraan saat berangkat dan pulang mudik

Tindakan ini juga wajib bagi kalian lakukan apalagi jika kalian mudik dengan kendaran pribadi. Jangan lupa untuk membersihkan kendaraan kalian saat berangkat dan pulang dari kampung. Hal ini dikarenakan virus corona dapat hidup di udara serta menempel pada permukaan benda. Jadi, selalu haga kebersihan kendaraan pribadi kalian.

6. Kurangi Menyentuh Wajah Selama Perjalanan

Virus corona dapat menular melalui droplet yang bisa masuk ek dalam tubuh melalui hidung, mata dan tangan. Maka dari itu, untuk mengurangi menyentuh wajah selama diperjalanan. Karena kita tidak tahu apakah benda yang kita tidak sengaja sentuh itu terkontaminasi virus atau tidak.

7. Batasi Kontak Fisik

Yang terakhir yaitu membatasi kontak fisik. Di masa pandemi, sebaiknya kurangi kontak fisik dengan orang lain. Selain itu memakai masker saat bertemu orang lain, pantau terus kondisi tubuh apakah ada gejala virus corona atau tidak.

Penutup

Nah, itulah tadi beberapa tips aman mudik 2022 selama pandemi covid-19. Tentunya mudik kali ini tidak semurah biasanya karena jika kalian mudik jauh kalian perlu tes kesehatan saat berangkat dan pulang. Namun, dengan begitu kalian bisa tetap pulang kampung bertemu dengan sanak saudara dirumah.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru bagi kita semua. Jangan lupa ikuti terus update informasi menarik lainnya diblog ini. Dan jangan lupa patuhi terus protocol kesehatan yang berlaku. Salam sehat.