Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Ibadah Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Menahan lapar dan haus selama berjam-jam pada saat beribadah puasa ternyata memiliki manfaat bagi kondisi kesehatan tubuh. Puasa sudah lama terbukti bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bahkan, puasa disebut dapat memberikan dampak yang baik secara psikis.

Orang yang menjalankan ibadah puasa disebut lebih mammpu dalam mengatasi stres dan depresi, Itu adalah dampak dari "belajar mengendalikan diri" selama berpuasa. Selain itu, berpuasa juga bisa memberi manfaat sehat lain untuk tubuh kita.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Selama ini sebagian orang mungkin menganggap puasa adalah salah satu ritual yan dijalani untuk memenuhi tuntutan agama atau tradisi semata. Tapi, siapa sangka, ternyata dibalik ibadah puasa untuk menahan lapar dan haus terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Selain itu, puasa juga kerap dilakukan sebagai salah satu metode untuk diet yang disebut dengan puasa interminten.

Ketika berpuasa, tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama waktu berpuasa. Untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi, tubuh membutuhkan waktu sektiar 6-8 jam. Yang artinya, tubuh mampu berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu.

Maka dari itu, pentingnya untuk makan sahur yang bergizi sebelum menjalankan puasa dari terbit hingga tenggelamnya matahari.

Pada kondisi normal, sumber energi utama tubuh adalah gula yang diperoleh dari metabolisme kaborhidrat atau gula yang disimpan di hati dan otot. Selama berpuasa, asupan gula tersebut akan digunakan untuk menghasilkan energi yang diperlukan tubuh. Selain gula, jaringan lemak juga bisa diolah menjadi sumber energi.

Apabila sumber-sumber energi tersebut masih belum cukup, tubuh akan membaakar protein otot untuk menghasilkan energi. Fase terakhir ini disebut dengan fase kelaparan. Namun, ini hanya terjadi jika sesorang berpuasa selama berhari-hari tanpa berbuka.

Manfaat Ibadah Puasa bagi Kesehatan Tubuh

Dikutip dari laman alodokter, beragam manfaat puasa bagi kesehatan yang bisa kalian peroleh adalah sebagai berikut ini:

1. Menurunkan berat badan

Manfaat puasa yang cukup banyak diketahui yaitu untuk membantu menurunkan berat badan tubuh. Tak hanya itu, puasa juga baik untuk menjaga berat badan agar tetap ideal. Penelitian menyebutkan bahwa puasa dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga pembakaran kalori dan lemak di dalam tubuh ikut meningkat. Hal tersebut bisa membuat berat badan menurun. Dengan begitu, kalian juga akan terhindar dari resiko obesitas.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Beberapa riset menunjukan orang yang rutin berpuasa selama sekitar satu bulan terlihat memiliki resiko lebih rendah untuk terkena penyakit jantung, kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi, dibandingkan dengan orang yang tidak menjalani puasa. Hal ini diduga karena orang yang sedang berpuasa bisa mengatur pola makannya dengan lebih sehat, tidak mendapatkan asupan kolesterol dan kalori yang berlebihan, dan memiliki metabolisme yang baik. Oleh karenanya, puasa bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung kita.

3. Mengurangi Resiko terkena Diabetes

Salah satu manfaat lain berpuasa adalah menurunkan resiko terjadinya diabetes. Hal tersebut berkaitan dengan efek puasa yang dapat merangsang perbaikan metabolisme tubuh dan meningkatkan kinerja insulin, yakni hormon yang mengatur kadar gula darah. Tak hanya itu, ada juga riset yang mengatakan bahwa berpuasa dapat membantu mencegah resistensi insulin dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini dapat menurunkan resiko terjadinya penyakit diabetes pada orang yang berpuasa.

4. Mengurangi Resiko munculnya Kanker

Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa berpuasa bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Pasalnya selama berpuasa, laju pembelahan sel dalam tubuh, termasuk sel-sel kanker akan berkurang akibat terbatasnya asupan nutrisi. Selain itu, metabolisme yang lebih baik juga diduga turut berperan dalam membuat sel kanker lebih susah untuk tumbuh pada orang yang berpuasa. Meskipun demikian, manfaat puasa yang satu ini masih perlu diteliti lebih lanjut lagi.

Ingat, untuk mencegah kanker, kalian juga dianjurkan untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, istirahat yang cukup, rutin berolahraga, mengurangi stres dan tidak merokok serta menjauhi minuman beralkohol.

5. Menjaga kesehatan Mental

Puasa ternyata tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, puasa juga bermanfaat bagi kesehatan mental. Pasalnya, puasa dapat membantu menurunkan kadar hormon sters atau kortisol serta merangsang hormon endorfin yang baik untuk meredakan rasa cemas. Hal tersebut juga berkaitan dengan efek puasa yang dapat memperbaiki metabolisme tubuh.

Tak hanya itu, puasa juga akan membuat seseorang merasa lebih dekat dengan Sang Pencipta. Hal ini bisa membuat perasaan dan suasana batin menjadi lebih tenang, sehingga pikiran akan lebih jernih.

Memahami Puasa Interminten

Seperti yang disebut diawal tadi, puasa juga bisa menjadi salah satu metode diet atau puasa interminten. Puasa interminten memiliki pola yang mirip dengan puasa Senin-kamis. Kesamaanya ini terletak pada konsep diet yang diterapkan, yakni konsep diet 5:2 atau 5 hari tidak berpuasa dan 2 hari berpuasa. Tujuan puasa ini biasanya adalah untuk menurunkan berat badan.

Saat menjalani puasa interminten, kalian juga perlu membatasi asupan kalori dengan mengonsumsi hanya sekitar 500-600 kalori saja.

Puasa memang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh, tapi perlu diperhatikan juga bahwa puasa pun bisa menjadi berbahaya, jika kalian melakukannya tanpa makan sahur atau saat kondisi tubuh sedang tidak sehat.

Penutup

Nah itulah informasi tentang manfaat dari berpuasa bagi kesehatan tubuh kita, dengan berpuasa kita akan mendapatkan pahala sekaligus kesehatan bagi tubuh kita ini. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan wawasan baru dan ilmu baru kita semua. Jangan lupa untuk terus ikuti informasi menarik lainnya diblog ini.