Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Tips Ampuh Agar Tubuh Selalu Fit Saat Puasa

Bulan suci ramadan menjadi bulan yang paling ditunggu-tunggu umat muslim. Selain berusaha untuk memperbanyak amalan ibadah dan beramal baik, mejaga asupan makan di kala berpuasa juga perlu diperhatikan.

Berpuasa merupakan salah satu cara untuk melakukan proses detoksifikasi atau pembuangan zat-zat beracun dari dalam tubuh kita secara alami. Namun proses ini tidak akan maksimal jika tidak diimbangi dengan penerapan agaya hidup sehat dan fit pada saat puasa.

Maka sebab itu asupan dari makanan saat kita sahur dan berbuka puasa serta kebiasaan yang dilakukan selama puasa sangat penting untuk kita perhatikan. Hal ini dilakukan agar kalian tetap sehat dan fit pada saat berpuasa.

Menjaga tubuh agar tetap bugar dan fit saat puasa tentulah tidak mudah, terlebih bagi kalian yang tidak terbiasa berpuasa. Sebab, terjadi perubaan pola makan yang drastis yaitu tidak makan dan minum selama 12 jam sehingga butuh adaptasi tubuh untuk bisa menyesuaikan dengan aturan makan saat puasa.

Cara Agar Tubuh Tetap Fit saat Puasa

Tips Agar Tubuh Tetap Fit Saat Berpuasa

Dirangkum dari berbagai sumber. berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan selama bulan puasa agar tubuh tetap fit saat berpuasa

1. Jangan lupa Sahur

Cara sederhana agar tubuh tetap fit saat berpuasa adalah jangan lupa untuk sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi bagi tubuh kita selama seharian sampai waktu berbuka. Makanlah yang benar pada saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat komleks, serat dan protein.

Kalian dapat mengonsumsi makana seperti beras merah, agndum dan oat yang membuat kenyang lebih lama. Asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari kurma, biji bijian, kentang, sayuran dan hampir semua buah terutama aprikot, plum pepayan dan juga pisang.

Sedangkan untuk asupan protein bisa kalian dapat dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak yang membantu menambah energi tubuh kalian sepanjang hari.

2. Cukupi kebutuhan Cairan

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan tentu kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Maka, minumlah setidaknya 8012 gelas air putih agar fit saat menjalankan puasa. Kalian bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tetap terhirasi tubuhnya.

Selain itu, ada baiknya kalian utnuk menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang mebuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan yang ada dalam tubuh kita cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara belebihan selama bulan ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

3. Makan Secukupnya

Pada saat berpuasa atau bulan ramadan, waktu yang sangat dinanti-nanti adalah saat waktu berbuka puasa. Namun, sayangnya banyak orang yang kalap ketika menyantap hidangan berbuka puasa. Langsung memakan banyak makanan saat berbuka puasa yang mengakibatkan perut kembung dan begah, Itu sebabnya makan secukupnya dan dianjurkan saat berbuka puasa agar fit.

Kalian bisa makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti buah-buahan, es buah, kurma, atau air putih. Nah setelah beberapa jam kemudian barulah makan besar.

4. Hindari Makanan yang Berminyak

Saat berbuka puasa ketika kita melihat menu gorengan, tentu sangat menggoda sekali bukan. Namun, ada baiknya kalian menghindari segala bentuk makana yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak agar tubuh kita tetap fit saat berpuasa. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan resiko kenaikan kolesterol dalam tubuh kita.

5. Mengurangi Makanan dan Minuman yang manis

Kalian juag diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis serta produk olahraga agar fit saat puasa. Banyak orang yang keliru mengartikan bahwa maksud dari berbuka dengan yang manis. Makanan atau minuman yang manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan gula darah pada tubuh kita. Hanya saja, kalian harus memperhatikan porsi makana atau minuman manis tersebut saat dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis itu terbuat dari gula.

Karena, tanpa disadari, minuman dan makanan manis yang kita konsumsi secara rutin selama bulan puasa justru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Kalian harus ingat, utnuk memastikan tubuh fit saar bulan puasa, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

6. Lakukan Olahraga Ringan

Menunaikan ibadah puasa bukan berarti menjadi halangan bagi kita untuk melakukan aktivitas fisik. Kalian dapat melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa agar tubuh kita fit, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya. Lakukan olahra selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh kalian.

7.Tidur yang Cukup

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidu juga merupakan salah satu hal penting lainnya untuk menjaga tubuh tetap fit saat berpuasa. Mengantuk selama berpuasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena kalian memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya kalian tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak begitu penting. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah salat tarawih. Sebab kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga menghambat aktivitas kalian nantinya.

Penutup

Nah itulah tadi tips menjaga tubuh agar tetap fit saat berpuasa yang dilansir dari hellosehat. Dengan menjaga pola makan saat sahur atau berbuka, melakukan olahraga ringan dan beristirahat yang cukup dapat membuat tubuh kita tetap bugar dan sehat saat menjalankan ibadah puasa di bulan ramadan.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua, dan memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru bagi kita semua. Jangan lewatkan untuk melihat update informasi menarik lainnya diblog ini.