Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

masadi.id - Isra Miraj adalah suatu peristiwa penting bagi umat muslim diseluruh dunia. Pentingnya peristiwa Isra Miraj bahkan dijadikan sebagai hari libur nasional di kalender Indonesia. Banyak orang yang akan membawakan pidato bertemakan Isra Miraj pada hari perayaannya. Peristiwa ini begitu penting karena ada peristiwa ini berlangsung Nabi Muhammad SAW menerima pesan yang sangat agung unutk umat manusia.

Biasanya masyarakat di Indonesia sering merayakan hari besar Isra Miraj dengan berkumpul bersama dalam suatu majelis sambil mendengarkan beberapa tausiah atau pidato. Selain diperingati ileh beberapa majelis, instansi lain juga turut memperingati peristiwa penting ini, Beberapa diatnaranya seperti sekolah dan beberapa lembaga lainnya.

Bagi anda yang sedang mencari ide atau materi untuk pidato pada hari peringatan Isra Miraj tapi belum menemukan yang pas, Anda tidak perlu khawatir. Pada postingan ini akan saya berikan contoh pidato Isra Miraj yang bisa dijadikan sebagai referensi untuk berpidato nantinya.

6 Contoh Pidato Ringkas Peringatan Hari Isra Miraj

Dibawah ini ada 6 contoh yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk materi pidato pada peringatan hari Isra Miraj, silahkan anda pilih yang menurut anda pas. Contoh pidato ini diambil dari laman manjaka.

1. Pidato Isra Miraj Singkat

Assalamualaikum WR WB.

Hadirin para kaum muslimin dan muslimat yang insya Allah dirahmati oleh Allah. Alhamdulillah atas segala nikmat yang telah Allah karuniakan untuk kita sehingga  dapat kembali berkumpul untuk sama-sama memperingati perayaan Isra dan Miraj di tempat yang mulia ini.  Semoga dengan hadirnya kita pada acara Isra Miraj ini, senantiasa dapat meningkatkan kualitas iman dan islam kita serta memberikan manfaat bagi kehidupan kita sehari-hari.

Perjalanan panjang Isra Miraj yang dilakukan oleh Baginda Rasulullah SAW merupakan bukti kekuasaan Allah. Tiada daya dan upaya yang dapat kita lakukan selain dari restu dan ridha Allah SWT. Perjalanan panjang baginda nabi Muhammad SAW dari masjidil Haram ke Masjidil Aqsha tidak mungkin bisa dilakukan semalam tanpa kuasa dan izin Allah SWT.

Selain mengagungkan bentuk kebesaran Allah, perjalanan Isra Miraj juga membawa pesan penting bagi umat manusia diseluruh dunia. Perintah  sholat lima waktu diperintahkan melalui peristiwa ini. Sholat menjadi pesan yang sangat penting dan menjadikannya pedoman jiwa serta perilaku umat muslim di dunia.

Menjadi cerminan perilaku manusia, mereka yang sholatnya baik, maka baik pula lah seluruh amal perbuatan mereka begitupun sebaliknya.

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga senantiasa menjadi pengingat bagi kita akan peristiwa agung Isra Miraj dan perintah penting mendirikan shalat. Akhirul kalam Wassalamualaikum Wr.Wb.

2. Pidato Isra Miraj pada Lembaga Pendidikan

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah puji serta syukur marilah senantiasa kita panjatkan kepada Allah SWT.  Atas segala nikmat yang telah dikaruniakan kepada kita hingga kita dapat berkumpul bersama untuk memperingati Isra dan Miraj di sekolah yang kita cintai ini. Sholawat serta salam tak lupa pula kita sanjungkan kepada keharibaan baginda kita Nabi Muhamad SAW.  Sosok teladan bagi seluruh umat muslim di dunia, semoga kelak kita senantiasa mendapatkan syafaatnya di yaumil qiyamah Aamiin Yaa Rabbal Alamiin.

Anak-anak yang saya banggakan.

Perlu kita ketahui bahwa peristiwa Isra Miraj tidak hanya sekedar peringatan perjalanan Baginda Nabi kita Muhammad SAW saja. Perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa dengan mengendarai buraq , namun perjalanan Isra Miraj merupakan pembelajaran tentang ketaatan baginda. Ini menjadi bentuk ketaatan Nabi akan segala perintah yang di perintahkan oleh Allah SWT.

Perjalanan singkat nabi dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa tidak bisa kita hitung dengan menggunakan rumus fisika maupun matematika. Peristiwa ini tidak hanya menjadi dongeng saja, lebih dari itu peristiwa ini mengajarkan kita tentang perkembangan ilmu. Apabila ilmu berlandaskan nilai agama akan menjadi sinyal kuat agar kita selamat di dunia dan di akhirat.

Anak-anakku yang saya cintai, serta para hadirin yang saya muliakan. Mari sama-sama kita menjaga sekaligus mewarisi acara peringatan Isra Miraj ini dengan aktivitas yang bermanfaat. Aktivitas yang dapat menambah nilai keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah serta kecintaan kita kepada Nabi Muhammad..

Anak-anakku yang saya banggakan serta hadirin dan hadirat yang dirahmati oleh Allah. Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan keagamaan Nabi Muhammad SAW yang wajib kita jadikan landasan dan motivasi. Sebagai bukti bahwasanya kebesaran Allah sesungguhnya melampaui segala apapun yang ada di muka bumi ini. Oleh karenanya, janganlah kita bersikap sombong, angkuh terhadap saudara-saudara kita terlebih ke sesama muslim.

Pada penghujung penutup pidato ini, marilah kita sama-sama meningkatkan kualitas ibadah kita, terutama ibadah sholat lima waktu yang menjadi dasar landasan agama islam. Demikian pidato yang dapat saya sampaikan kurang dan lebihnya saya mohon maaf, Wallahu muafiq ila aqwaamith thariq, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

3. Pidato Isra Miraj Tentang Sejarah Isra Miraj

Assalamualaikum Wr.Wb

Hadirin dan hadirat yang sama-sama dirahmati oleh Allah SWT.

Pertama-tama dan yang paling utama, marilah sama-sama kita panjatkan puja serta puji syukur kita kehadirat Ilahi Rabbi yang telah memberi kita nikmat sehat wal afiat sehingga dapat berkumpul di tempat yang berbahagia ini. Shalawat teriringkan salam tak lupa kita sampaikan keharibaan baginda kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari alam kegelapan hingga ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Nabi Muhammad SAW adalah panutan bagi kita semua, sosok yang amat bersejarah bagi kita umat muslim di seluruh dunia. Kesucian jiwanya mengantarkannya menembus langit ketujuh bertemu dengan para nabi dan rasul sekaligus menyaksikan beberpa peristiwa yang akan datang. Ini merupakan bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT. Tiada daya dan upaya melainkan dengan takdir dan kuasanya. Allahuakbar.

Allah mengutus Jibril Alaihissalam mendampingi Nabi Muhammad menembusi sidratul muntaha melakukan perjalanan spritual yang sangat luar biasa. Pada perjalanan Isra dan Miraj, Nabi Muhammad tidak hanya bertemu dengan para Nabi dan Rasul terdahulu melainkan Allah perlihatkan beberapa peristiwa gambaran syurga dan neraka setelah mati.

Hanya dengan keimanan yang teguh kita mampu menerima semua peristiwa yang terjadi saat Isra dan Miraj. Oleh karenanya, peringatan Isra dan Miraj menjadi hal yang sangat penting agar kita mengetahui sejarah Isra dan Miraj. Demikianlah pidato singkat sejarah Isra dan Miraj yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Wassalamualaikum Wr.Wb.

4. Pidato Isra Miraj di Masjid

Assalamualaikum Wr.Wb

Alhamdulillah segala puji dan syukur senantiasa kita panjatkan tiada henti kepada Allah SWT. Tuhan pemilik semesta Alam, dengan kasih sayang dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama di tempat yang mulia ini dalam rangka memperingati peristiwa agung Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW.

Shalawat serta salam senantiasa tercurah limpahkan kepada junjungan kita Baginda Nabi besar Muhammad SAW. Sosok teladan yang selalu menjadi panutan muslim di seluruh dunia. Semoga kelak kita selaku umatnya mendapatkan syafaatnya di hari akhir. Aamiin Ya Rabbal Alaamiin.

Hadirin serta hadirat yang dirahmati oleh Allah. Masjid menjadi simbol yang sangat penting atas peristiwa Isra dan Miraj yang Allah perintahkan melalui Nabi Muhammad SAW. Perintah Allah dalam Isra dan Miraj adalah mewajibkan umat muslim untuk beribadah shalat lima waktu. Di masjid yang mulia ini, kita bersama-sama mencari keridhoan Allah melalui acara peringatan peristiwa Isra dan Miraj.

Kelak seluruh anggota badan kita akan dimintai pertanggungjawabannya di hari akhir, kaki kita, mata kita, tangan kita, sudahkah kita mengajaknya pergi ke tempat yang mengandung nilai-nilai kebaikan. Mari kita sama-sama mengintropeksi diri kita masing-masing, Mulailah dari memperbaiki ibadah kita terutama dalam ibadah shalat lima waktu.

Shalat menjadi pesan penting dalam peristiwa Isra dan Miraj, shalat juga menjadi amalan yang paling utama di hisab kelak di akhirat. Peristiwa Isra dan Miraj menjadi tanda penting bahwa Allah SWT memilih umat islam sebagai umat yang terbaik yang di perintahkan mampu menjalankan ibadah shalat sehari semalam lima waktu. Kita patut bersyukur, mari sama-sama kita jaga ibadah shalat kita, jangan sampai kita melalaikan perintah sholat terlebih meninggalkannya.

Terakhir, saya ucapkan terimakasih atas segala bantuan dan donasi dari para donatur sehingga acara ini dapat terselenggara dengan baik dan penuh khidmat. Mohon maaf apabila banyak kesalahan dan kekurangan dalam penyampaian, akhirul kalam Wassalamualaikum Wr.Wb

5. Pidato Isra MIraj Pesan Inti dari Peristiwa Isra dan Miraj

Assalamualaikum Wr.Wb

Hadirin hadirat yang dirahmati oleh Allah SWT. Alhamdulillah pada kesempatan yang berbahagia ini, kita sama-sama masih diberikan nikmat sehat yang begitu luar biasa oleh Allah sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam perayaan peringatan Isra dan Miraj Nabi Muhammad SAW.

Shalawat dan salam tak lupa pula senantiasa kita haturkan kepada baginda kita, pendekar padang pasir sayyidina wa maulana Muhammad SAW, yang telah membawa kita umatnya dari zaman kegelapan menuju zaman yang terang benderang penuh dengan ilmu pengetahuan.

Isra merupakan perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Baitul Maqdis hingga naik ke langit ketujuh (Mi’raj). Perjalanan Isra Miraj dilakukan oleh Nabi Muhammad pada malam 27 Rajab 621 M. Perjalanan ini dilakukan Nabi Muhammad dengan jiwa dan ruhnya, semua itu terjadi atas kehendak dan kuasa Allah SWT.

Pesan inti dari perjalanan Isra dan Miraj yang dilakukan Nabi Muhammad yakni perintah akan kewajiban shalat lima waktu.

Dalam perjalanan panjangnya menembus langit ketujuh, Nabi Muhammad bertemu dengan para Nabi dan Rasul. Selain perintah shalat, pada saat Miraj (Diangkat kelangit ketujuh) Nabi Muhammad secara langsung bertemu dengan kehadirat Allah SWT, pernyataan ini disepakati oleh para jumhur ulama bahwa Nabi Muhammad melihat Allah dengan mata hatinya.

Perjalanan Isra Miraj menjadi bukti kecintaan Allah terhadap Nabi Muhammad SAW. Oleh karenanya sudah sepatutnya kita selaku umat muslim untuk mengikuti suri tauladan Nabi Muhammad SAW, dengan cara mengikuti segala sunnah-sunnahnya. Semoga dengan hadirnya kita pada pada acara peringatan Isra dan Miraj hari ini, menjadikan kita pribadi yang lebih baik lagi dan senantiasa menekuni suri tauladan baik baginda Nabi Muhammad SAW.

Sekian pidato Isra Miraj yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat Billahi Taufiq Wal Hidayah Wassalamualaikum Wr.Wb

6. Pidato Isra Miraj untuk Anak Sekolah

Assalamualaikum wr.wb

Hadirin yang saya hormati,

Perkenalkan saya (nama lengkap) dari kelas XX akan membacakan pidato bertema Isra Mi’raj untuk memperingati perjalanan Nabi Muhammad Saw.

Isra Mi’raj bukanlah peristiwa yang biasa. “Isro” maknanya adalah perjalanan yang dilakukan Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsho.

Sedangkan “Mi’raj” adalah peristiwa pengangkatan Nabi Muhammad Saw. dari Masjidil Aqsho menuju Sidratul Muntaha, yaitu tempat di langit ke tujuh.

Peristiwa Isra Mi’raj memang tidak terjadi di zaman kita, tetapi wajib kita imani. Dari perjalanan yang ditempuh Nabi Muhammad Saw. tersebut, perintah shalat 5 waktu diturunkan.

Mulanya, umat Nabi Muhammad Saw. diminta menunaikan 50 waktu shalat dalam sehari semalam. Tentu hal tersebut memberatkan umatnya, apalagi kondisi iman seseorang berbeda-beda.

Dengan kemurahan Allah Swt., akhirnya 50 waktu shalat dipangkas menjadi 5 waktu dalam sehari semalam. Sayangnya, masih banyak di antara kita yang malas-malasan ketika mendengar adzan dan diminta mendirikan shalat.

Alangkah malunya kita pada Nabi Muhammad Saw. yang telah memintakan keringanan, tetapi justru kita remehkan. Oleh karena itu, di momen peringatan Isra Mi’raj tahun ini, saya mengajak teman-teman dan bapak-ibu guru sekalian untuk melihat kembali kualitas shalat kita.

Jangan sampai di usia kita yang selalu bertambah dari hari ke hari justru tidak tecermin dari shalat kita yang masih belum sempurna.

Akhir kata, saya memohon maaf apabila ada kesalahan dalam penyampaian pidato ini.

Billahi Taufiq Wal Hidayah Wassalamualaikum Wr.Wb

Ada banyak sekali pesan yang dapat diberikan seseorang dalam pidatonya pada peringatan hari Isra Miraj. Semua bisa anda sesuaikan dengan kondisi dan keadaan para jamaah yang akan mendengarkannya. Pada akhirnya semua isi dari pidato berisi pesan yang bermanfaat untuk para pendengar.

Demikianlah beberapa contoh dari pidato Isra Miraj yang mengandung banyak pesan kebaikan dan dapat dijadikan sebagai rujukan atau referensi bagi anda yang sedang mencari materi pidato. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita semua.


Posting Komentar untuk "6+ Contoh Pidato Singkat Tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW"