Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar NFT Gratis

masadi.id - Cara Daftar NFT, Nama Ghozali Everday sebagai salah satu penjual NFT (non-fungible token) di platform OpenSea tengah menjadi bahan perbincangan di public media sosial, setelah harga NFT miliknya melambung tinggi.

NFT milik dari Ghozali Everyday hanya berupa foto selfie dirinya sendiri selama 4 tahun silam, yang diambil sejak dia berusia 18 tahun, hingga saat ini umur 22 tahun. Foto selfie itu tersedia di OpenSea dengan jumplah foto sekitar 933. Semua foto tersebut dapat dibeli dengan mata uang kripto Ethereum (ETH).

Harga beli dari NFT Ghozali awalnya berkisar 0,0001 ETH atau sekitar Rp. 45.000 per foto. Namun kini harga tersebut sudah melambung setelah banyak kolektor NFT yang menawar. Satu foto selfie Ghozali Everyday saat ini berada di harga sekitar 0,3 ETH atau setara dengan Rp.14 juta. Kenaikan harga yang fantastis tersebut dari satu foto itu tentu sangat begitu menggiurkan bukan?

Sebelum kalian ikut-ikutan ingin mengikuti jejak dari Ghozali Everyday, kalian juga haru tahu apa itu NFT dan bagaiman harganya bisa melambung dan bagaimana cara menjualnya?

Cara Kerja NFT

NFT bisa dikatakan sebagai sebuah lahan penghasil cuan baru bagi orang yang ingin mencari penghasilan dari transaksi digital. Permintaan dan penawaran NFT dari tahun ke tahun kian meningkat tinggi. Ini bisa dilihat dari laporan DappRadar, pengembang aplikasi yang menggunakan skema dari Blokchain.

Untuk lebih jelas Apa itu NFT dan bagaiman Menjualnya kalian bisa baca di post sebelumnya tentang Apa itu NFT dan Cara Menjualnya.

NFT biasanya diperdangkan melalui skema lelang yang dapat kita jumpai pada beberapa situs online, salah satunya yaitu OpenSea.

Apa Itu Open Sea?

OpenSea merupakan marketplace atau pasar diamana pemilik NFT atau penjual dan kolektor atau pembeli dapat melakukan transaksi. OpenSea merupakan tempat untuk jual beli NFT pertama dan terbesar di Dunia.

OpenSea memiliki 300.000 pengguna dengan lebih dari 34 juta NFT, yang terdiri dari berbagai macam barang, seperti foto, video, dan lain sebagainya. Mayoritas penjual dan pembeli di OpenSea menggunakan mata uang digital kripto yang berjenis Ethereum untuk bertransaksinya.

Untuk melakukan transaksi di OpenSea, baik itu untuk menjual ataupun membeli, kalian harus memiliki akun terlebih dahulu, dan sebelum bisa mendaftarkan akun di OpenSea kalian harus memiliki dompet digital mata uang kripto.

Fungsi dari dompet digital itu hampir mirip dengan layana Gopay, Shopeepay atau Ovo. Dompeet digital mata uang kripto berfungsi untuk mengonversi uang kalian menjadi uang kripto.

Dan salah satu dompet digital untuk mengonversi uang kripto yaitu MetaMask, MetaMask ini banyak digunakan untuk mengakses OpenSea. Dompet digital ini dapat kalian akses melalui Browser Google Chrome sebagai extension, ponsel dengan sistem Operasi Android dan iOS.

Cara Daftar MetaMask, dompet Digital Ethereum

  • Jika kalian ingin memiliki dompet digital uang kripto, simak cara daftar MetaMask dibawah ini:
  • Perta download terlebih dahulu MetaMask melalui link berikut ini, iOS, Android, Google Chrome dan instal.
  • Setelah selesai menginstall, buka aplikasi MetaMask klik pilihan "Persiapan" lalu pilih "Buat dompet baru".
  • Nanti akan muncul formulir syarat dan ketentuan, kemudian kalian kli "Saya setuju".
  • Masukan kata sandi untuk membuat akun MetaMask, dengan susunan 8 karakter kombinasi angka dan huruf, lalu masukkan kembali kata sandi itu di kolom setelahnya untuk mengkonfirmasi nya.
  • Selanjutnya klik pilih "Buat kata sandi".
  • Selanjutnya kalian akan diminta untuk membuat Frasa Pemulihan Rahasia, yang berfungsi mirip seperti autentikasi dua faktor. Frasa pemulihan Rahasia harus dirahasiakan dan diingat dengan baik, untuk mulai membuatnya klik "Mulai".
  • Frasa Pemulihan Rahasia terdiri dari12 kata yang diberikan otomatis oleh MetaMask, kalian harus menyimpannya dengan baik. Setelah kata tersebut muncul klik "Lanjutkan".
  • Kemudian susun kembali 12 kata itu ke dalam kolom kosong yang disediakan MetaMask untuk mengkonfirmasi Frasa Pemulihan Rahasia kalian.
  • Jika sudah selesai klik "Selesaikan Pencadangan"
  • Jika kata frasa yang dimasukan benar, maka akun MetaMask kalian sudah selesai dibuat.

Setelah kalian selesai membuat akun MetaMask, kalian dapat membeli Ethereum dengan klik "Beli" yang berada di halaman awal aplikasi. Kalian dapat menukarkan uang yang kalian miliki dari kartu Debit atau Kredit yang mendukung layanan Visa. Saat proses membeli Ethereum, MetaMask juga akan memberikan tinjauan perhitungan konversi mata uang biasa rupiah dengan mata uang digital kripto.

Tapi, jika kalian ingin menggunakan kartu Debit/Kredit, kalian haurs registrasi dulu dengan mengisi beberpaa informasi data diri kalina, seperti nomor telepon, tanggal lahir, alamat tinggal, alamat email aktif dan lainnya.

Setelah pengisian informasi selsai, MetaMask akan mengirim pesan ke email kalian untuk verifikasi lebih lanjut. Klik pesan masuk tersebut, kemudian lakukan foto tanda pengenal resmi seperti KTP atau Paspor.

Selanjutnya, kalian bakal diminta juga untuk verifikasi wajah, setelah proses verifikasi selesai, tunggu beberapa saat hingga MetaMask mengkonfirmasi lagi. Setelah itu kalian dapat melakukan pembelian Ethereum menggunakan uang yang ada di kartu debit/kredit kalian.

Cara Daftar OpenSea


Ketika kalian sudah memiliki dompet digital mata uang kritpo, kalian dapat memulai untuk transaksi NFT di OpneSea. Sebelum memulai transaksi tersebut, kalian harus mendaftarkan diri kalian di OpenSea. Berikut ini cara daftar akun OpenSea:

  1. Pertama buka link https://opensea.io, bisa lewat browser laptop atau hp, sesuaikan dengan dimana kalian menginstall dompet digital.
  2. Untuk mulai daftar akun OpenSea, klik dompet atau ikon foto Profil kemudian pilih opsi "Connect Wallet"
  3. Pilih dompet digital yang telah kalian gunakan, misalnya MetaMask
  4. Kemudian buka extension MetaMask yang telah kalian install di Google Chrome denga klik ikon Puzzle yang biasa berada di samping kolom pencarian situs.
  5. Lalu klik "Connect Wallet".
  6. Kemudia dompet digital MetaMask kalian akan terhubung dengan OpenSea
  7. Selanjutnya klik "Account" kemudian klik opsi "Profile" untuk melakukan pengaturan profil klaian di OpenSea
  8. Masukkan username, alamat email kalian dan sebagainya kemudian klik "Save"
  9. OpenSea akan mengirim pesan ke alamat email kalian, lalu buka pesan tersebut untuk memverifikasi permintaan pembuatan akun OpenSea.

Sekarang kalian sudah memiliki akun OpenSeea dan siap untuk menjual serta membeli NFT di marketplace tersebut.

Untuk dapat menjual NFT, kalian perlu memiliki NFT terlebih dahulu, jika kalian belum memilikinya kalian dapat membuat NFT dengan cara sebagai berikut:

Cara Membuat NFT di OpenSea

  • Pertama pada halaman OpenSea klik "Create"
  • Masukkan atau unggah File yang ingin kalian jadikan NFT, bisa berupa gambar, video dan lainnya
  • Masukkan nama NFT dan beberapa pengaturan lainnya seperti pengaturan sebagai konten dengan muatan sensitif dan pengaturan blockchain yang akan kalian gunakan.
  • Apabila sudah selesai mengatur, selanjutnya klik "Create" yang berada di bagian bawah halaman OpenSea.

Nah dengan cara begitu kalian sudah membuat NFT dan siap untuk dijual. Untuk dapat bisa menjualnya, simak cara menjual NFT dibawah ini:

Cara Menjual NFT di OpenSea

  • Buka "My Collection" pada ikon foto Profile yang ada dipojok kanan atas halaman OpenSea
  • Pilih NFT kalian, kemudian klik "Sell"
  • Lalu pilih skema penjualan yang akan kalian gunakan. Apabila kalian ingin menjual langsung klik saja pilihan "Fixed Price", sedangkan untuk skema lelang klik opsi "Time Auction"
  • Masukkan harga NFT dengan mata uang kripto Ethereum yang kalian inginkan di kolom "Price"
  • Kalian dapat mengatur berapa lama kalian akan menjual NFT tersebut di kolom "Duration"
  • Setelah selesai mengatur, klik "Complete Listing".

Selanjutnya, OpenSea akan membuka extension MetaMask kalian untuk melakukan konfirmasi pendaftaran penjualan NFT. Perlu kalian ketahuim untuk bisa mengkonfirmasi penjualan NFT, kalian harus memiliki setidaknya saldo sebesar 0,05 Ethereum di MetaMask.

Lalu setiap kali transaksi di OpenSea akan ada biayanya sebesar 2,5% yang diambil dari hasil penjualan NFT. kalian juga bisa memperoleh royalti dari hasil penjualan NFT hingga maksimal 10%.

Selain menjual, kalian juga dapat membeli NFT yang tersedia di OpenSea. NFT tersedia dapat kalian simpan dan dapat dijual lagi kemudian hari. Beberapa orang juga menganggap bahwa membeli NFT sama dengan investasi, mengingat harganya yang bisa melambung tinggi.

Cara membeli NFT di OpenSea sangat mudah sekali, kalian dapat menyimaknya dibawah ini

Cara Membeli NFT di OpenSea

  • Pertama pastikan kalian memiliki saldo di dompet digital mata uang kripto yang telah terhubung dengan OpenSea
  • Buka link https://opensea.io
  • Pastikan bahwa kalian telah login ke dalam akun OpenSea
  • Kemudian, Cari NFT yang ingin kalian beli
  • Klik opsi"Explore" yang ada dihalaman awal OpenSea
  • Setelah menemukan NFT yang cocok, apabila NFT menggunakan skema lelang klik "Place Bid" kemudian masukkan penawaran harga Ethereum kalian.
  • Lalu tunggu sampai waktu lelang selesai, jika kalian mendapatkannya silahkan klik "Checkout" dan konfirmasi pembayaran kalian melalui dompet digital mata uang kripto.
  • Apabila menggunakan skema jual langsung, klik opsi "Buy Now" kemudian klik "Checkout" dan lakukan konfirmasi pembayaran lewat dompet digital mata uang kripto milik kalian.

Penutup

Nah begtiulah cara mendaftar NFT di OpenSea dengan gratis, denga begitu kalian bisa memulai bertransaksi NFT untuk mendapatkan pundi-pundi cuan seperti Ghozali Everyday. Semoga dapat membantu kalian, selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Cara Daftar NFT Gratis"