Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu NFT? Bagaimana Cara Menjualnya? Ini Penjelasannya

masadi.id - Baru-baru ini banyak ramai jadi pembicaraan public di media sosial tentang sesorang mahasiswa yang menjual foto selfienya di NFT hingga bernilai miliaran rupiah. Dia adalah Gustaf Al Ghozali (22) seorang mahasiswa Studi Animasi D-4 Universitas Dian Nusawantoro (Urdinus) Semarang.

apa itu nft

Lalu apa itu NFT? dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Apa Itu NFT?

Pengertian NFT secara harfiah NFT atau Non-Fungible Token adalah token yang tidak dapat dipertukarkan.

Dilansir dari CNN, NFT adalah item digital yang dapat diperjualbelikan dengan teknologi blockchain dalam mata uang kripto.

Tak seperti benda atau aset lain yang diperjualbelikan dengan nilai sepadan, NFT memiliki nilai jual yang tidak sepadan. Sesuai dengan arti namanya, ini yang membedakannya dengan aset lain.

Misalnya foto-foto selfie milik Ghozali yang dihargai 0,3 hingga 66,346 ETH (Ethereum) yang bernilai sangat besar jika dirupiahkan.

Item yang dijual tidak melulu sebatas gambar digital, ada juga yang menjual di NFT berupa bahan virtual.

Investor yang membeli NFT tidak akan menerima produk yang dibayarkannya melainkan akan mendapatkan sertifikat kepemilikan item tersebut yang tercatat di blokchain.

Bagaimana Cara Menjual NFT?

Seperti layaknya mata uang kripto lainnya, NFT diperjualbelikan di platform-platform khusus. Salah satunya adalah OpenSea sebagaimana yang digunakan oleh Ghozali yang dikenal sebagai platform marketplace terbaik untuk NFT.

Setelah membeli NFT, sesorang investor akan mendapatkan sertifikat kepemilikan dari item yang dibeli. Sertifikat itu bisa berupa beragam bentuk dan apa pun bentuknya, sertifikat kepemilikan harus disimpan dengan baik di dompet digital.

Untuk membeli NFT, dompet digital tersebut harus berisi cukup mata uang kripto  yang relevan, misalnya ETH jika orang tersebut ingin membeli token di blokchain Ethereum.

Satu item NFT terkadang menjadi fenomena yang diperebutkan oleh orang-orang. Item tersebut kontan akan memiliki harga jual yang mahal.

Tapi bagi pihak-pihak yang membantu menaikkan pamor suatu NFT, biasanya akan diberi dengan harga yang lebih murah.

Penutup

Secara garis besar NFT ini bisa disebut sebagai investasi yang jauh dari kata kepastian. Nah, jadi seperti itulah pengertian Apa itu NFT, dan bagaiman Cara Menjualnya. Semoga dapat membantu kalian yang sedang mencari informasi tentang apa itu NFT ini.