Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Internet Banking BRI (BRIMO) dengan Mudah tanpa Ribet

masadi.id - Bank merupakan salah satua saran publik yang banyak dikunjungi oleh masyarakat di setiap harinya. Seperti melalukan transaksi finansial mentransfer uang, menabung, membuat ATM atau membuat Internet Banking.

Namun sekarang kalian sudah tidak perlu lagi ke Bank jika ingin membuat Internet Banking, terutama untuk bank BRI yang akan kami bahas disini. Kalian bisa membuat Internet Banking secara mandiri tanpa harus ke Kantor Cabang BRI.

Dengan Internet Banking BRI dapat mempermudah kalian dalam bertransaksi di era milenial seperti saat ini. Seperti mentransfer sejumlah uang antar bank, cek saldo, membayar listrik, membeli pulsa dan masih banyak lagi yang kalian dapatkan dari layanan Internet Banking BRI tanpa harus pergi ke ATM atau ke Bank. Nah bagaimana cara mendaftar Internet Banking BRI? untuk caranya silahkan simak dibawah ini.

Cara Daftar Internet Banking BRI dengan Mudah

Cara daftar internet Banking BRI dapat kalian lakukan dengan mudah. Dikutip ddari buku Layanan Internet Banking dan  Mobile Banking di Bank KB Bukopin yang ditulis oleh Jeffry Nelwan, dkk (2021:3), lahyanan internet banking merupakan salah satu pelayanan bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Akses Internet Banking BRI sangat memudahkan bagi para nasabah untuk bertransaksi dari rumah tanpa harus datang ke ATM ataupun Bank.

Syarat untuk Membuat Internet Banking BRI

Bagi kalian yang sebagai nasabah Bank BRI yang tertarik dan ingin untuk menggunakan layanan Internet Banking BRI, kalian harus memenuhi syarat-syarat berikut terlebih dahulu.

  • Merupakan nasabah tabungan Bank BRI (BritAma, BritAma Junio, atau Simpedes) yang memiliki kartu ATM BRI dalam status aktif.
  • Memiliki handphone dengan sim card operator yang telah bekerja sama dengan BRI, seperti Operator GSM: Telkomsel, Indosat dan XL, sedangkan Operator CDMA yaitu: Telkom Flexi, Bakrie Telecom, dan Mobile-8.
  • Memiliki alamat email yang aktif untuk menerima email notifikasi dari transaksi banking BRI nantinya.

Cara Daftar Internet Banking BRI

Untuk membuat Internet Banking BRI, kalian bisa membuatnya sendiri atau pergi ke kantor cabang BRI terdekat untuk membuatnya. Disini akan kami bahas untuk membuat Internet Banking sendiri melalui mesin ATM.

cara daftar internet banking BRI

Seperti yang di lansir pada laman promo.bri.co.id, bagi kalian nasabah BRI yang ingin menjadi pengguna internet banking BRI, kalian dapat mendaftar dengan mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

  1. Pertama pergi ke mesin ATM BRI terdekat
  2. Masukkan kartu ATM BRI pada mesin ATM
  3. Masukkan nomor PIN ATM kalian
  4. Pilih menu lainnya, Pilih Registrasi lalu pilih Internet Banking
  5. Lakukan registrasi awal di ATM BRI dengan membuat password 6 digit numerik sesuai keinginan kalian untuk digunakan pada proses login IB BRI nantinya.
  6. Ulangi lagi password 6 digit tadi yang sudah kalian buat untuk verifikasi. Dan ingat-ingat untuk password yang sudah dibuat tadi, kalo perlu catat pada kertas agar tidak lupa.
  7. Nanti kalian akan mendapatkan User ID yang tercetak pada dalam Struk yang keluar dari mesin ATM, User ID ini terdiri dari 10 digit alfanumerik yang mana 6 digit huruf perpaduan nama nasabah dan 4 digiti acak angka tanggal.
  8. Setelah itu kalian keluar dari mesin ATM, karena proses di mesin ATM sudah selesai dan jangan lupa ambil ATMnya jangan sampai ketinggalan. Selanjutnya tinggal aktivatsi Internet Banking tersebut.
  9. Kalian dapat melakukan Aktivasi BRI internet Banking di halaman ib.bri.co.id melalui HP atau Komputer.
  10. Buka situs web IB BRI di ib.bri.co.id, lalu masukkan User ID  dan password 6 digit BRI internet banking yang telah kalian buat di ATM. Lalu masukkan Kode Captha.
  11. Setelah itu klik "Setuju" apabila kalian sudah membaca syarat dan ketentuan secara menyeluruh
  12. Kalian akan diberikan pilihan untuk mengganti password BRI internet Banking dan memasukkan email
  13. Proses registrasi dan Aktivasi Internet Banking BRI selesai, sekarang kalian bisa menggunakan BRI internet Banking untuk keperluan transaksi.

Nah dengan begitu, sekarang kalian bisa memulai transaksi dengan mudah melalui Internet Banking BRI. Namun apabila kalian ingin mendapatkan m-Token BRI Internet Banking, maka kalian sebagai nasabah harus mendatangi kantor cabang Bank BRI terdekat.

Apabila kalian tidak ingin ribet sendiri karena kurang paham ketika membuat internet banking melalui ATM, kalian bisa membuat Internet Banking melalui kantor cabang BRI terdekat untuk di proses oleh Customer Service. Untuk membuat dan Aktivasi internet Banking melalui Kantor Cabang Bank BRI bisa simak dibawah ini.

Cara Daftar Internet Banking di Kantor Cabang BRI

cara daftar internet banking BRI

Sebelum melakukan aktivasi Internet Banking BRI di cabang BRI, kalain harus memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Memiliki nomor Ponsel Akfit dengan operator yang bekerja sama dengan BRI seperti yang disebut diatas
  • Memiliki email aktif
  • Membawa buku rekening tabungan BRI
  • Membawa Kartu identitas diri seperti SIM, KTP atau Paspor.

Untuk langkah-langkah membuat Internet Banking di Kantor Cabang sebagai berikut:

  1. Pertama nasabah datang ke cabang BRI terdekat dengan membawa persyaratan seperti yang disebut diatas.
  2. Mengisi formulir pendaftaran IB BRI dan aktivasinya. Untuk menghemat wajtu, pengisian bisa dilakukan oleh nasabah saat menunggu antrean di customer service CS akan memproses permohonan pendaftaran BRI IB.
  3. Nasabah kemudian akan diberikan pilihan untuk membeli token m-Token BRI.
  4. Setelah m-Token aktif, maka nasabah sudah bisa menggunakan internet banking BRI sepeerti cek saldo, transfer dan sebagainya.

Kini kalian sudah mempunyai Internet Banking BRI yang sudah mendaftar melalui cara diatas. Untuk mempermudah transaksi setiap hari seperti membeli pulsa atau sekedar transfer uang antar rekening, untuk mempermudahkan tersebut kalian perlu menginstal aplikasi BRIMO. Dengan menggunakan Apliaksi BRIMO ini semua kegiatan finansial akan terasa mudah dalam gengaman kalian. Buat kalian yang belum tahu tentang apa aplikasi BRIMO ini, simak selengkapnya dibawah ini.

Mengenal Aplikasi BRIMO atau BRI Mobile

Jika sebelumnya kalian hanya mengenal dengan m-banking atau i-bangking, kini bank BRI ini sudah mengeluarkan layanan baru. Layanan ini khas sekali dengan kebutuhan kalangan milenial seperti saat ini dimana semua ingin serba instan dan mudah. BRImo merupakan aplikasi yang diluncurkan oleh BRI untuk memudahkan kegiatan kalian sehari-hari. Aplikasi ini merupakan layanan transaksi digital dengan cakupan yang luas. Berebeda dengan aplikasi banking yang sudah lebih dahulu ada, BRIMO punya segudang fitur seru untuk kaum milenial,

Fitur yang disediakan oleh Apliaksi BRImo :

  1. Semua fitur yang ada dalam aplikasi BRI Mobile ada dalam BRImo. Misalnya saja layanan m-banking, i-banking, T-Bank BRI, Top Up Brizzi, dan lain sebagainya.
  2. Fitur dompet digital atau uang elektronik.
  3. Fitur pembayaran online untuk berbagai keperluan.
  4. Fitur penarikan uang di ATM via BRImo dengan kode khusus.
  5. Mutasi rekening bahkan selama 1 tahun (di mobile banking hanya 1 bulan).
  6. Bisa membuka rekening baru secara mandiri di aplikasi BRImo.
  7. Mengaktifkan i-banking dengan mudah dan mandiri.
  8. kamu bisa membuat rekening virtual account (VA) dengan nama alias.
  9. Penarikan uang tanpa ATM.
  10. kamu bisa melakukan pembayaran di supermarket, minimarket, hingga merchant yang bekerjasama dengan BRI hanya dengan aplikasi BRImo.
  11. Fitur login menggunakan fingerprint yang jauh lebih aman. Fitur ini juga bisa kamu manfaatkan jika tiba-tiba lupa password.
  12. Fitur face recognition (pengenalan wajah) yang bisa memberikan proteksi ganda pada internet banking kamu. 

Cara Mendapatkan Aplikasi BRIMO

Untuk mendapatkan aplikasi ini kalian bisa download di Playstore atau AppStore melalui HP kalian. Pastikan kalian mendownload aplikasi yang resmi BRImo berasal dari Bank BRI. Ukurannya hanya sekitar 25 mb dan kompatibel untuk berbagai jenis versi Androdi.

Cara Login Aplikasi BRIMO

Setelah kalian download aplikasi BRIMO, tentunya untuk memudahkan transaksi di Internet Banking BRI, kalian perlu login. Untuk login kalian tinggal isikan Username atau User ID dan Password Internet Banking kalian dan klik masuk. Setelah itu kalian bisa menikmati semua layanan yang ada di BRIMO tersebut. Jika kalian belum mempunyai akun, kalian bisa daftar melalui cara diatas.

Nah seperti itulah cara mendaftar Internet Banking BRI secara mandiri atau datang langsung ke Cabang BRI terdekat yanng bisa kalian coba. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan pengetahuan baru buat kalian semua.