Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

masadi.id - Apakah kalian baru saja mempunyai Laptop baru? Nah, itu tandanya kalian harus segera mengisi laptop tersebut dengan beberapa aplikasi yang wajib ada di laptopmu. Dengan menambah aplikasi yang wajib ada dilaptopmu akan membuat pekerjaanmu lebih optimal. Seperti mengedit dokument, mengakses internet dan membantumu beragam pekerjaan lainnya.

Selain mempermudah urusan dalam pekerjaan, laptop juga kini sudah bisa menjadi sumber hiburan pagi penggunanya loh. Bayangkan saja, dengan perangkat ini yang bisa kalian bawa kemana-mana kini bisa main game dan menonton film favorit kalian dimana saja.

Tapi, untuk mendukung sejumlah aktivitas seperti diatas, tentu kalian harus memasang sejumlah aplikasi yang perlu di Install pada laptop itu terlebih dahulu. Ya meskipun pada dasarnya laptop baru sudah ada software bawaan dari laptop tersebut, tapi biasanya masih terbatas.

Untuk itu kalian perlu meng-instal beberapa aplikasi pilihan yang wajib ada di Laptopmu demi menunjang keoptimalan dalam berbagai aktivitas kalian di laptop tersebut.

Aplikasi yang Wajib di Install pada Laptop Baru

Setiap aplikasi yang di install memiliki fungsi yang berbeda-beda namun tetap saling melengkapi. Jadi semua pekerjaan bisa dengan mudah dilakukan dalam satu device itu.

1. Microsoft Office

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Microsoft Office merupakan software atau program yang wajib ada di laptop. Uursan pekerjaan, sekolah atau perkuliahan lain pasti sangat membutuhkan program Office ini. Kalian bisa membeli lisensi untuk menggunakan dalam waktu bulanan atau tahunan.

Aplikasi Microsoft Office ini menyediakan aplikasi perkantoran yang memang dirancang agar bisa dipakai di OS Windows dan Mac OS X. Sangat berguna untuk membuat dokumen atau mengedit dokumen untuk keperluan pekerjaan atau sekolah.

2. PDF Reader dan Converter

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Program ini untuk membuka file dengan format PDF, Epub, XPS, atau format lainnya. Kalian membutuhkan aplikasi yang bisa membaca format tersebut, ada beberapa rekomedasi aplikasi yang bisa kalian gunakan seperti Adobe Acrobat atau Sumatra PDF.

3. Web Browser/Google Crome

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Saat kalian menginstall sistem operasi di laptop kalian, sebenarnya sudah ada web browser bawaan yang terpasang di laptop atau komputer tersebut. Namu, kalian juga bisa menambah web browser lain seperti Google Chrome atau Mozila Firefox.

Ada banyak fitur-fitur yang mungkin bisa kamu gunakan di browser tersebut. Hanya saja sebelum kalian install, kalian harus lihat dulu spesifikasi laptop dengan software yang akan di install.\

4. Avast Antivirus

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Seperti antivirus lainnya, avast diciptakan untuk melindungi laptop kalian dari virus, malware atau spyware yang mengancam laptop kalian. Avast merupakan antivirus yang paling ringan dan tidak membuat laptop kalian menjadi lambat.

Dengan menginstal Avast Antivirus, maka laptop kalian akan terhindar dari virus yang akan mengganggu laptop kalian.

5. K-Lite Codec Pack

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

K-Lite Codec Pack merupakan kumpulan codec audio dan video untuk Microsoft Windows DirectShow yang memungkinkan sistem operasi dan perangkat lunaknya bisa memainkan berbagai format audio dan vide ynag umumnya tidak didukung oleh sistem operasi itu sendiri.

Jika kalian suka menonton film atau mendengarkan lagi, kalian bisa memasang aplikasi ini di komputer atau laptop baru kalian, agar format audio dan video yang ingin diputar didukung. Buat kalian yang ingin mengunduh aplikasi ini bisa kalian unduh disini.

6. WinRAR

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

WinRAR merupakan alat kompresi yang paling populer didunia, WinRAR menawarkan cara yang lebih baik untuk mengompress file untuk kebutuhan transfer file yang lebih efisien dan aman. Menyediakan transmisi email cepat dan opsi pilihan penyimpanan data yang terorganisir dengan baik, program ini juga menawarkan solusi untuk pengguna yang bekerja di semua industri dan sektor.

RAR dan WinRAR bisa diinstal dan kompatible dengan OS Windows 10, tersedia dalam lebih dari 50 bahasa dalam 32- dan 64-bit, kompatible dengan beberapa sistem operasi (OS), dan ini adalah satu-satunya perangkat lunak kompresi yang dapat bekerja dengan Unicode.

7. Spotify

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Bagi kalian yang masih sering mengunduh lagu-lagu terbaru melalui web browser? Tinggalkan cara lama itu karena saat ini tren streaming lebih digemari pada era sekarang. Spotify merupakan layanan musik streaming musik gratis yang bsia diinstal di HP atau laptop kalian. Di aplikasi ini kalian bisa menemukan jutaan lagu-lagu baru yang mungkin belum tersedia di situs download yang biasa kalian kunjungi.

Aplikasi ini adalah aplikasi legal karena menyediakan hak digital manajemen yang dilindungi konten dari laber rekaman. Untuk mendengarkan musik di aplikasi spotify kalian hanya perlu jaringan internet saja. Bila kalian membeli premium di Spotify kalian bisa memutar lagu tanpa shuffle dan tanpa iklan.

8. WinAmp

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar musik yang bisa kalian gunakan. Bagi kalian yang enggan menggunakan spotify sebagai aplikasi pemutar musik karena harus streaming dan menggunakan internet, WinAmp bisa menjadi solusi nya bagi kalian yang lebih suka mengunduh lagu di situs internet.

Kalian bisa mengintal Aplikasi WinAmp di laptop dengan mendownloadnya di situs yang ada di internet.

9. Internet Download Manager

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Internet Download Manager atau IDM merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk mengunduh beragam file di internet dengan mudah dan cepat tentunya. IDM mengklaim bahwa kalau aplikasi ini dapat meningkatkan kecepatan unduh hingga lima kali, dengan fotur melanjutkan dan menjdawalkan unduhan yang tersedia.

Selain itu, Internet Download Manager juga memiliki kemampuan untuk melanjutkan dan pemulihan kesalahan yang komprehensif dimana ia dapat memulai kembali unduhan yang rusak atau terputus karena koneksi internet yang hilang, masalah jaringan, komputer mati atau pemadaman listrik yang tak terduga. Kalian bisa mengunduh aplikasi ringan ini disitus resminya. Namun, apliaksi ini merupakan aplikasi berbayar yang mana kalian perlu masukkan lisensi utunk dapat menggunakannya.

10. CCleaner

Aplikasi yang Wajib Diinstal pada Laptop Baru

Salah satu latpop bekerja menjadi lambat atau lemot adalah banyaknya file junk atau cache di laptop tersebut. Junk tersebut bisa berupa cookies browser history dan file-file yang tidak perlu. Namun jika kalian tidak membersihkan secara teratur, maka laptop kalian akan terasa lambat dan mudah lag.

Untuk mengatasi hal tersebut, kalian perlu menginstal aplikasi CCleaner untuk membersihkan file junk yang ada di laptop kalian. CCleaner akan menjaga laptop agar memiliki kinerja yang baik dan cepat, kalian bisa mendownload CCleaner dalam versi gratis ataupun permium dengan berbagai fitur pendukung yang lebih baik.

Nah itulah beberapa aplikasi yang wajib ada di laptop kalian, kalian bisa mengira-ngira aplikasi apa saja yang kalian butuhkan, semua tergantung dari laptop yang kalian gunakan untuk apa.