Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus sebelum Membelinya, Ini yang Wajib kalian Perhatikan

masadi.id - Bagi seorang pelajar atau pekerja kantoran, laptop sudah seperti menjadi kebutuhan utama dalam menunjang aktivitas belajar atau bekerja. Selain bisa untuk membuka dan mengedit dokumen dengan lebih mudah dan nyaman, laptop juga bisa dipakai untuk video call ke teman atau keluarga. Kebanyakan laptop saat ini sudah dibekali dengan webcam bawaan.

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Dengan ini laptop sudah menjadi perangkat yang mempunyai fungsi yang cukup lengkap, baik itu untuk bekerja, belajar, ataupun untuk hiburan semata seperti nonton video atau memutar musik dan game.

Hingga pada saat ini sudah banyak laptop tersedia dipasaran, dengan harga dan model yang beragam juga. Nah jika kalian berniat untuk membeli laptop baru untuk kegiatan belajar ataupun bekerja di kantor, disini kami berikan sembilan tips membeli laptop baru yang bagus.

12 Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus untuk Dibeli

1. Ukuran Laptop


Pertimbangan ukuran dari sebuah laptop baru yang ingin kalian beli. Ukuran dari layar laptop yang ingin dipilih tentunya mempengaruhi ukuran dari laptop itu. Sebaiknya, pilihlah laptop yang paling sesuai dengan kalian. Dengan begitu kalian akan nyaman saat dibawa kemana-mana karena dimensinya yang kecil.

Laptop yang mobile biasanya memiliki ukuran layar 12,5 inci hingga 13,3 inci. Laptop semacam ini punya berat antara 1 kg sampao 1.5 kg. Meski begitu, sangat jarang laptop dengan ukuran tersebut memiliki spesifikasi yang benar-benar kencang dalam pengoperasianya. Kalian tidak akan menemukan laptop dengan prosesor Intel Core i7 di perengakat sekecil ini.

Apabila kalian membutuhkan laptop yang bertenaga tinggi, baik itu untuk urusan desain ataupun gaming, kalian harus memilih laptop dengan ukuran yang bersar. Pasalnya desain bodi tebal dibutuhkan untuk menyimpan komponen mesin yanag bertenaga.

Biasanya laptop seperti ini punya layar berukuran 14 inci hingga 17,3 inci. Bobotnyya pun bisa mencapai 2 kg.

2. Jenis dan Ukuran Media Penyimpanan/Memori

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Media penyimpanan seperti memori harddisk memang banyak dipilih pada masa lalu. Meski mempunyai kapasitas super besar, biasanya harganya juga terjangkau atau tidak terlalu mahal.

Dibandingkan dengan memori tipe SSD. meski bentuknya yang kecil namun memiliki performa yang kencang. Harganyapun bisa dibilang lebih mahal dari harddisk biasa. Harga SSD 128 GB saja bisa dua kali lipat dari harga harddisk.

Meski begitu, SSD pada saat seperti ini lebih banyak dipilih. Alasannya sederhana, yaitu menawarkan kecepatan yang jauh lebih tinggi dari pada harddisk.

Nah jika kalian butuh laptop yang mempunyai penyimpanan berkapasitas banyak data, sebaiknya pilih saja laptop dengan berbasis harddisk. Namun apabila kalian butuh kecepatan di laptop tersebut, seperti untuk bermain game atau desain, pilih saja SSD. Satu hal yang harus kalian ingat, bahwa laptop dengan SSD berkapasitas besar, biasanya punya harga yang mahal. Biasanya laptop dengan memori SSD 512 GB dihargai lebih mahal dari pada laptop dengan harddisk 2 TB.

3. Desain model Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Jika membicarakan Laptop, tentu hal yang pertama kita lihat dari sebuah perangkat tersebut ialah desainnya. Seiring dengan kemajuan perkembangan teknologi, laptop pun memiliki berbagai inovasi, terutama pada segi desain atau model. Jika dulu laptop banyak berukuran tebal, tapi kini kalian sudah bisa menemukan yang supertipis sekalipun. Kalau dulu layar dan keyboard menyatu, kini sudah ada 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard bisa dilepas dan  pasang kembali atau dilipat hingga 360 derajat.

Memang, desain futuristik bikin orang-orang melirik untuk dilihat. Kendati begitu, yang sebenarnya harus kalian perhatikan adalah ketahanannya, utamanya pada bagian engsel laptop. Lebih baik, kalian rasakan sendiri bagaiman desain dari laptop yang ingin kalian beli.

4. Keyboard Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Tiap merek laptop memiliki desain keyboard tersendiri. Jika kalian hendak menggunakan laptop dengan waktu yang cukup lama, pastikan keyboard itu terasa nyaman di tangan untuk mengetik. Hal ini karena kenyamanan akan berpengaruh terhadap kinerja saat menggunakannya. Yang perlu diperhatikan juga ialah jarak antar tombol, permukaan tombol, hingga responsivitas saat keyboard di tekan. Pastikan juga semua tombol berfungsi dengan baik.

5. Daya tahan Baterai Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Daya tahan sebuah baterai dari laptop yang hendak dibeli menjadi salah satu pertimbanga penting yang wajin kalian perhatikan. Rata-rata laptop yang dijual saat ini memiliki daya tahan baterai kisaran 6-8 jam.

Harus diakui bahwa ketahanan baterai agak sulit diukur karena tergantung dari penggunaan laptop itu sendiri, aplikasi yang dijalankan serta jenis prosesor yang dipakai. Karenanya sangat dianjurkan untuk membaca berbagai ulasa soal laptop baru yang hendak kalian beli.

Pastikan juga bahwa kalian mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin supaya performa tetap bagus dan awet. Misalnya, kalian tidak melakukan charger terus-menerus, tidak menunggu hingga baterai benar-benar habis atau 0% baru kalian charger atau juga mengcahrge dalam keadaan mati.

Namun laptop keluaran seperti jaman sekarang, charger tetap terpasangpun tidak masalah, pasalnya laptop sekarang sudah di bekali sistem yang lebih canggih, seperti akan berhenti mengcharger secara otomatis apabila sudah penuh atau mencapai batas presentase baterai yang ditetapkan oleh penggunanya.

6. Kualitas Layar Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Tidak semua laptop memiliki kualitas layan yang bagus, semua tergantung dari laptop itu sendiri. Oleh karnanya, sebelum membeli laptop baru, pastikan kalian mengetahui jenis layar yang digunakan, resolusinya, dan juga sudut pandang pengalihatan layar laptop.

Ambil contohnya, jika kalian perlu laptop untuk mengerjakan grafis atau desain. Maka kalian bisa memilih laptop dengan panel display yang jenis IPS yang mempunyai ketajaman serta akurasi warna yang tinggi, juga sudut penglihatan yang luuas. Satu hal yang tak dapat dipungkiri yaitu laptop yang mahal memiliki kualitas layar yang lebih bagus dan mumpuni.

Kalian juga harus memperhatikan ukuran dari layar laptop yang dibeli. Sesuaikanlah dengan kebutuhan kalian. Biasanya kebanyakan orang menggunaka laptop yang berukuran 14 inci. Namun jika kalian merasa cukup dengan layar laptop yang lebih kecil, itu terserah pada kalian saja. Semua tergantung dari selera masing-masing.

7. Konetivitas Laptop yang Lengkap

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Dizaman moderen seperti ini, kebutuhan akan WiFi sudah menjadi hal yang paling utama dalam konektivitas. Oleh karena itu, kalian wajib disarankan mencari laptop dengan kelengkapan konektivitas pada laptop yang akan dibeli. Selain dibekali dengan koneksi WiFi, setidaknya pilihan laptop yang mempunyai tiga buah port USB. Serta tak kalah penting yang harus diperhatikan adalah port pendukung lain seperti LAN dan HDMI/VGA.

Namun, perlahan beberapa konektivitas yang awalnya esensial ini mulai menghilang sebab desain dari sebual laptop jaman sekarang menjadi lebih tipis kian sini. Mulai banyak produsen laptop yang membuat model laptop ultrabook yang tipis dan minim port, tetapi dilengkapi dengan adanya USB Type-C yang mendukung arus pertukaran data hingga 40Gbps (apabila mendukung thunderbolt 3). Solusinya masih bisa kalian menggunakan dongle sebagai ekstensi port yang mulai langka.

8. Processor Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Performa dari sebuah laptop ditentukan pada dapur pacu itu sendiri, salah satunya bagian komponen prosesor. Ada beragam jenis prosesir yang dijual di pasaran laptop. Yang perlu kalian ketahui bahwa prosesor apa yang dibutuhkan oleh laptop kalian. Sebagi contoh, baik AMD maupun Intel, prosesor ini merupakan prosesor yang sama-sama dapat diandalkan kualitasnya. Namu, intel terbukti memiliki performa yang lebih baik dibandingkan dengan prosesor AMD.

Intel sendiri juga memiliki beberapa tipe, di antaranya ialah Intel Core i5 dan Core i7 yang terbagi dalam beberapa generasi dan terus mengalami perkembangan arsitektur untuk setiap tahunnya. Jika kalian sering menggunakan laptop untuk beramin game, pastikan Intel Core i7 tersemat pada Laptop kalian, sebab prosesor ini akan memacu kinerja yang lebih cepat.

9. Kapasitas RAM Laptop

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Selain Prosesor, RAM juga merupakan komponen yang sangat memengaruhi kinerja sebuah laptop. Kapasitas RAM antara laptop biasa dengan kapasitar RAM laptop tipe gaming tentu berbeda. Jika menggunakan laptop untuk keperluan bermain Gmae, RAM yang dibutuhkan cenderung akan lebih besar kapasitasnya. Contoh, misal menggunakan Windows 10, maka kalian perlu menggunakan RAM sebesar 8 GB minimum. Semakin besar RAM yang dipasang, maka laptop itu dapat memainkan game-game berat dengan lancar.

10. Pilih Brand Laptop Terbaik

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Laptop memiliki kualitas yang bagus tentu saja tidak lepas dari latar belakang perusahaan yang memproduksinya. Dukungan teknis yang terpenting bagi laptop. Nama merek laptop menjadi bagian dari apa yang membuat laptop pilihan kalian menjadi bernilai lebih.

Kalian harus mempertimbangakn bagaimana pabrikan mengahapi persaingan dalam hal desain, model, nilai dan mutu dan kinerja dan kriteria lainnya. Pastikan laptop yang kalian pilih berasal dari merek produksi perusahaan yang terpercaya kualitasnya.

11. Sesuaikan Budget

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Kalian pasti ingin laptop yang memiliki fungsi yang bagus namun tidak akan menguras dompet dengan berlebih. Dari masa ke masa laptop sudah menjadi lebih terjangkau dari tahun-ketahun sebelumnya. Beberapa laptop bahkan menawarkan harga dibawah 3 sampai 4 juta. Jadi berapa pun anggaran yang kalian miliki, kalian tetap bisa menemukan laptop yang sesuai dengan kebutuhan.

12. Tempat Pembelian Laptop yang Tepat

Tips Memilih Laptop Baru yang Bagus

Bagian tersulit dari seluruh bagian proses ini yaitu menemukan toko laptop yang sempurna yang mudah dicari dan terpercaya. Kalian bisa membeli langsung dari situs web produsen atau dapat pergi ke toko resminya langsung. Jangan takut jika kalian pergi ke toko atau melihat-lihat secara onole semua pilihan yang tersedia dipasar.

Meskipun situs web pabrikan seperti produk Apple, HP, Microsoft dan Dell terkadang sangan banyak juga toko online, banyak juga situs ritel toko laptop dengan harga yang menipu. Perhatikan juga detailnya dan baca spesifikasi di setiap halaman untuk memastikan kamu dapat membandingkan dengan harga yang cocok.

Selain dari 12 tips untuk membeli laptop baru diatas, kalian juga wajib untuk memperhatikan garansi dari laptop tersebut dan juga fitur-fitur pendukung tambahan, keamanan, sampai yang paling penting adalah budget tadi yang sudah disebut diatas.

Nah itu dia tips yang perlu kalian perhatikan dan pertimbangkan sebelum kalian membeli laptop baru. Kalian bisa memilih seperti apa laptop yang nantinya akan dibeli, dan sesuaikan dengan kebutuhan yang kalain butuhkan dengan laptop tersebut. Sekian semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk menjadi referensi kedepannya.